Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Database Beserta Fungsi , Manfaat ,Komponen dan Jenis-Jenis Database

pengertian database menurut para ahli

Pengertian Database


Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Database adalah representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula. Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Database ( basis data ) atau dengan sebutan pangkalan data ialah suatu kumpulan sebuah informasi yang disimpan didalam sebuah perangkat komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa dengan menggunakan suatu program komputer agar dapat informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query basis data disebut dengan system manajemen basis data ( database management system, DBMS ) dalam system basis data dapat dipelajari dalam ilmu informasi.

Basis data istilah ini berawal dari ilmu computer, walaupun kemudian artinya semakin luas memasukkan hal-hal diluar bidang elektronika. Untuk kesamaan pada basis data ini sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yakni dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.



Pengertian Database Menurut Para Ahli

Database merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer yang secara sistematik agar dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer. Secara konsep Database berupa kompulan dari data-data yang membentuk file yang antara satu dan lainnya terhubung dengan tatacara tertentu untuk membentuk data baru. Selain pengertian diatas, berikut ini adalah pengertian database menurut para ahli
  1. S. Atte

    Pengertian database menurut S. Atte adalah sebuah koleksi data-data yang saling berinteraksi yang ada dalam suatu organisasi atau enerprise dengan macam-macam penggunaan.
  2. Fabbri dan Schwab

    Pengertian database menurut Fabbri dan Schwab adalah sebuah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk dapat meminimalkan pengulangan atau redundancy data.
  3. Chou

    Pengertian database menurut Chou adalah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan dalam tatacara yang khusus sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan suatu organisasi.
  4. Toni Fabbri

    Pengertian database menurut Toni Fabbri adalah sebuah sistem file-file dan data yang terintegrasi dimana file dan data tersebut yang mempunyai sebuah primary key untuk melakukan pengulangan data.
  5. C.J. Date

    Pengertian database menurut C.J. Date adalah kolek data operasional yang sengaja di simpan dan juga dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
  6. Gordon C. Everest

    Pengertian database menurut Gordon C. Everest adalah suatu koleksi atau kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi atau shared, terdefinisi secara formal dan juga terkontrol. Pengontrolan tersebut terpuasat pada suatu organisasi.
  7. Jogiyanto

    Pengertian database menurut Jogiyanto adalah kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya.
  8. Date

    Pengertian database menurut Date adalah sebagai tempat sekumpulan berkas dan juga terkomputerisasi, jadi sistem database menurut Date pada dasarnya adalah sistem terkomputerisasi yang mempunyai tujuan utamanya untuk melakukan pemeliharaan terhadap informasi dan juga membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.

Fungsi Database

Bagi masyarakat awam, mungkin database hanya diartikan sebagai kumpulan data dan informasi yang sepele. Padahal lebih daripada itu, database memiliki beberapa fungsi lain yang mampu mempermudah kinerja seseorang di era penyebaran informasi yang serba cepat ini. Beberapa fungsi lainnya diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Sesuai dengan pengertian database yang mana memungkinkan kita untuk mengelompokkan data dengan tujuan untuk mempermudah identifikasi data. Pengelompokan bisa dilakukan melalui berbagai cara seperti misalnya membuat beberapa tabel atau field yang berbeda. Sebagai contohnya, hal ini sangat berperan bagi pihak perusahaan bank untuk mengumpulkan dan mengakses kembali data-data dari para nasabahnya.
  2. Database juga mampu menghindari data yang tersimpan lebih dari sekali. Pada dasarnya semua kata perintah telah terekam di komputer sehingga bisa ketahuan apabila ada nama file ada data yang ganda.
  3. Database juga mempermudah penggunaan di segala sisi, seperti saat memasukkan data baru ataupun mengupdate data dan menghapusnya. Tentunya database juga memungkinkan kita untuk melakukan riset dari jarak jauh karena sudah memiliki akses untuk menelpon dan berkomunikasi melalui nomor yang tertera.
  4. Menggunakan teknologi ini juga memungkinkan kita untuk menghemat daya penyimpanan pada produk tertentu. Seperti misalnya kita bisa menyimpan data secara langsung melalui server dan jaringan internet sehingga tidak perlu lagi memberdayakan sumber daya manusia untuk menghimpun data yang jumlahnya sangat banyak itu.
  5. Mampu Menghemat Kertas
Penggunaan database juga memungkinkan kita untuk menyimpan file secara digital sehingga tidak perlu lagi menggunakan kertas dalam jumlah banyak. Hal ini pastinya sangat praktis karena kita bisa langsung mengcopy setiap data yang diperlukan tanpa harus menulisnya kembali di kertas.
 

Manfaat Database

Sebelum mengetahui apa saja jenis perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menyusun database, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika bekerja dengan sistem database:

1. Tidak Terjadi Redudansi Basis Data

Seperti yang sudah disinggung pada pengertian database sebelumnya, database bisa membantu meminimalkan redudansi data. Redudansi sendiri merupakan terjadinya data-data ganda dalam berkas-berkas yang berbeda.

2. Integritas Data Terjaga

Database memastikan integritas data yang tinggi dimana database akan memastikan keakuratan, aksesbilitas, konsistensi dan juga kualitas tinggi pada suatu data.

3. Independensi Data Terjaga

Database menjaga independensi data dimana orang lain tidak dapat merubah data meskipun data bisa diakses.

4. Kemudahan Berbagi Data

Menggunakan perangkat lunak database bisa digunakan untuk berbagi data atau informasi dengan sesama pengguna lainnya.

5. Menjaga Keamanan Data

Database menjamin keamanan suatu informasi dan data, dimana Anda bisa menyisipkan kode akses untuk data-data tertentu yang tidak bisa diakses bersama.

6. Kemudahan Akses Data

Dengan database bisa memudahkan untuk mengakses dan mendapatkan data karena semua data terorganisir dengan baik.


Tipe dan Jenis dari Database

Sebuah database umumnya meliputi data yang dipakai pengguna, dari tiap pengguna tersebut tentu punya kepentingan berbeda-beda. Dengan adanya tipe database ini, maka bisa dengan mudah mengelompokkan data menjadi beberapa jenis dengan menggunakan fungsi dan kegunaannya sendiri-sendiri.
Berikut ini merupakan tipe – tipe database:

1. Operational Database

Pada tipe operational database yang bisa menyimpan data dengan rinci dan detail supaya mudah diakses.

2. Relational Database

Ada juga relational database. Tipe database satu ini memang cukup populer sebab pengguna bisa mencari atau mengakses informasi pada tabel berbeda.

3. Distributed Database

Tipe lainnya yakni distributed database yang bisa mendistribusikan suatu data dengan cara tersebar dan tetap saling berkaitan serta bisa diakses bersama. Database tipe ini biasanya dipakai lembaga atau perusahaan. Tentu saja perusahaan atau lembaga tersebut yang punya beberapa cabang, sehingga bisa memudahkan pengguna mengakses data ditempat satu ketempat lain.

4. External Database

Ada juga external database yang memberikan akses ke bagian eksternal. Disini data disimpan dan digunakan untuk kepentingan komersial. Aksesnya juga cukup mudah sebab digunakan untuk publik dan lebih efisien.

5. Analytical Database

Kumpulan data ini berguna untuk mengolah data yang inputnya diambil dari database jenis external dan juga database operational.

6. Data Warehouse Database

Warehouse yang dalam bahasa Indonesia adalah gudang merupakan kumpulan gudang data dari tahun yang telah dilalui sebelumnya hingga masa sekarang.

7. End – User Database

Jenis penggunaan database ini merupakan untuk pengguna terakhir saja dari berbagai macam dan jenis database.

8. Navigational Database

Database navigasi ini ialah berfungsi untuk mendapatkan atau mencari database dengan berpaduan dari referensi suatu objek.



Komponen-Komponen Database

Komponen-komponen pada database atau basis data diantaranya sebagai berikut ini:
a. Data
Pada database data akan tersimpan secara terintegrasi, karena database merupakan suatu kumpulan dari berbagai macam file, sehingga disusun dengan cara menghilangkan bagian-bagian file yang redudansi atau file yang rangkap. Dengan database maka data-data yang tersimpan dapat digunakan secara bersama-sama, database dapat diakses oleh pengguna dalam waktu bersamaan.

b. Hardware
Hardware disebut juga dengan perangkat keras yaitu perangkat yang dapat diraba secara fisik atau lebih tepatnya perangkat yang mempunyai fisik. Perangkat keras yang digunakan untuk database misalnya seperti second storage salah satunya yaitu harddisk yang digunakan untuk menyimpan data. Lalu perangkat input misalnya seperti keyboard, dan perangkat output misalnya seperti printer yang digunakan untuk mencetak data.

c. Software
Software disebut juga dengan perangkat lunak, perangkat ini tidak memiliki fisik berfungsi sebagai perantara antara user dengan data yang ada pada database. Software yang ada pada sistem database biasanya seperti Database Management System atau disingkat DBMS yang berfungsi untuk membantu user supaya dapat mengakses database. 

d. User
User yang menggunakan database umumnya dibagi menjadi beberapa bagian seperti:
1. System Engineer
Merupakan tenaga ahli yang memiliki tanggung jawab dalam implementasi database, selain itu system engineer juga bertanggung jawab atas mengadakan peningkatan serta melaporkan jika terjadi kesalahan pada sistem tersebut kepada pihak lain yang bersangkutan.
2. DBA (Database Administrator)
Database Administrator merupakan user yang tugasnya mengelola sistem database secara keseluruhan.
3. Programer
Merupakan user yang tugasnya membuat aplikasi menggunakan bahasa pemerograman supaya databese dapat di akses menggunakan aplikasi tersebut.
4. End-User
Merupakan user yang mengakses database menggunakan program aplikasi yang dibuat oleh programer atau end-user dapat dikatakan juga sebagai pemakai database saja jadi tidak melakukan pengelola sistem secara menyeluruh atau memprogram aplikasi.



Beberapa Contoh Aplikasi Database

Inilah beberapa contoh aplikasi database yang sering digunakan dan pada umumnya termasuk kedalam sistem basis data rasional, diantaranya seperti:
a. MySQL
Setiap pengguna dapat menggunakan MySQL secara bebas, karena software database ini gratis. Pada umumnya MySQL dapat digunakan untuk mengelola database yang cukup banyak dan bisa digunakan untuk aplikasi berbasis web. MySQL menggunakan bahasa SQL (Structured Query Language) untuk mengakses data yang ada dalam database.

b. Oracle
Oracel merupakan salah satu aplikasi database yang terkenal, di kembangkan oleh Oracle Corporaton. Aplikasi atau sofware database ini umumnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar karena aplikasi database ini berbayar. Oracle menggunakan bahasa SQL (Structured Query Language) untuk mengakses data yang ada dalam database.

c. Microsoft Access
Aplikasi database Microsoft Acces merupakan anggota dari Microsoft Office yang dikeluarkan oleh Microsoft. Pada umumnya aplikasi database ini digunakan untuk perusahaan kecil sampai menengah.

d. Microsoft SQL Server
Merupakan aplikasi database yang dikeluarkan oleh microsoft, atau sering disebut juga dengan SQL server. Pada umumnya SQL server dirancang untuk aplikasi atau software yang berbasis kepada client-server. Aplikasi database ini berbayar dan ada juga yang gratis tapi memiliki keterbatasan.

Demikianlah pembahasan seputar pengertian database dan beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa di dapatkan jika menggunakannya, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat kesalahan.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Database
  • pengertian database dan contohnya
  • pengertian database server
  • pengertian database menurut para ahli
  • pengertian database mysql
  • pengertian database design
  • fungsi database
  • jenis database
  • komponen database
  • pengertian database secara luas dan sempit
  • manfaat database bagi perusahaan
  • macam macam database
  • pengertian database karyawan

Post a Comment for "Pengertian Database Beserta Fungsi , Manfaat ,Komponen dan Jenis-Jenis Database "