Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Geologi Menurut Para Ahli, Macam Geologi, Cabang Ilmu Geologi, Tugas Ahli Geologi Dan Aplikasinya Lengkap

Pengertian Geologi Dan Aplikasinya Lengkap

Pengertian Geologi

Geologi adalah, kata geologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “geos” yang artinya bumi dan “logos” yang artinya ilmu. Jadi dapat diartikan geologi yaitu suatu ilmu yang mempelajari material bumi secara menyeluruh, misalnya seperti: asal mula, struktur, penyusun kerak bumi, berbagai macam proses yang sedang berlangsung setelah pembentukannya, maupun yang sedang berlangsung, sampai dengan keadaan dari bumi saat ini.
Atau definisi geologi adalah suatu ilmu pengetahuan kebumian yang mempelajari semua tentang planet bumi beserta isinya. Yaitu kelompok ilmu yang mengupas mengenai berbagai sifat dan bahan yang membentuk planet bumi, strukturnya, maupun proses yang sedang berjalan didalam dan diatas permukaan planet bumi.Ilmu geologi mempelajari dari benda yang ukurannya sangat kecil seperti atom, sampai benda yang ukurannya besar seperti samudra, benua, pulau, pegunungan dan lain-lain.
Orang yang ahli di bidang geologi disebut dengan geologist, dia bertugas untuk melakukan penelitian untuk mengungkap misteri-misteri yang masih belum terpecahkan yang menyelimuti proses-proses yang berkaitan dengan material-material yang membentuk planet bumi ini, gerakan-gerakan maupun perubahan yang terjadi misalnya seperti gempa bumi, meletusnya gunung berapi, serta mencari dan menemukan bahan tambang yang bisa diambil di dalam perut bumi seperti minyak bumi, gas, dan bahan tambang lainnya. Tugas dari seorang ahli geologi juga mempelajari berbagai sifat bencana alam diantaranya seperti banjir, longsor, gempa bumi, gunung berapi dan lain sebagainya. Ahli geologi juga dapat meramalkan atau memperkirakan bagaimana cara untuk menghindari bencana alam tersebut.


Pengertian Geologi Menurut Para Ahli

  • Holmes (1965) - Geologi adalah ilmu yang menggambarkan evolusi bumi dan penduduknya, sejak awal pembentukannya sampai sekarang, yang dapat diakui di batu.
  • Katili (1970) - Geologi adalah Pengetahuan menyelidiki lapisan batuan geologi di kerak bumi.
  • Written & Brooks (1972) - Geologi adalah ilmu bumi ke asal, struktur, komposisi dan sejarah (termasuk perkembangan kehidupan) serta proses yang telah menyebabkan keadaan saat bumi seperti ini.
  • Bates & Jackson (1990) - Geologi adalah ilmu yang mempelajari planet ini, terutama mengenai bahan penyusunnya, sebuah proses yang terjadi padanya, hasil dari proses, sejarah planet dan kehidupan bentuk sejak bumi terbentuk.
  • Munir (1996) - Geologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang gejala yang terkait dengan pembentukan bumi, keberadaan bumi, serta fenomena lain yang terkait dengan bentuk alami.
  • Noer Aziz M., dkk (2002) - Geologi adalah studi tentang bumi dan Bumi sebagai seluruh kelompok studi, asal, struktur, komposisi, sejarah (termasuk perkembangan kehidupan) dan proses alami yang sudah ada dan sedang berlangsung, yang membuat keadaan bumi seperti itu hari ini.

Macam -Macam Geologi

Geologi dibagi menjadi 2 macam yakni geologi fisik dan geologi dinamis. dibawah ini merupakan penjelasan dari macam-macam geologi yang dibagi kedalam 2 yakni sebagai berikut :

Physical geology (geologi fisik)

adalah ilmu yang menkhususkan dalam meneliti atau mempelajari berbagai sifat fisik dari suatu planet khusunya bumi, contohnya seperti susunan serta komposisi dari material-material yang membentuk bumi, selaput udara yang menyelubungi diatas permukaan bumi, khususnya bagian yang melekat serta berinteraksi dengan planet bumi, kemudian selaput air atau yang disebut juga dengan hidosfir, dan juga berbagai proses yang bekerja diatas permukaan bumi yang di picu oleh adanya suatu energi dari matahari serta tarikan gaya berat planet bumi. Proses itu  bisa disebut dengan pelapukan, pengikisan, pemindahan dan juga pengendapan. Itulah definisi dari physical geology atau geologi fisik.

Geologi dinamis

Geologi dinamis merupakan studi (ilmu) geologi yang mempelajari dan juga yang membahas tentang sifat-sifat dinamika bumi. Sisi ini berkaitan atau berhubungan dengan berbagai macam perubahan yang terdapat pada bagian bumi, yang diakibatkan oleh terdapatnya gaya yang dipicu oleh energi yang bersumber dari dalam perut bumi, contohnya ialah seperti aktivitas magma yang bisa menghasilkan vulkanisme, gerak litosfir yang disebabkan oleh adanya arus konveksi, gempa bumi serta juga gerak pembentukan cekungan pengendapan juga pegunungan. point -point diatas merupakan definisi dari geologi dinamis.

 Cabang Ilmu Geologi

Cabang-cabang ilmu geologi adalah sebagai berikut ini:
  1. Mineralogi - Mineralogi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang krimin (Kristal dan mineral), sifat dan ciri-ciri fisik kristal dan mineral yang terdapat dalam batuan.
  2. Petrologi - Petrologi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang batuan secara megaskopis, genesa batuan, struktur, tekstur, komposisi, manfaatnya, dan penamaan batuan yang terdapat di atas permukaan bumi. Petrologi memiliki cabang ilmu yang disebut petrografi. Petrografi adalah salah satu cabang ilmu petrologi yang mempelajari batuan secara mikroskopis dengan bantuan mikroskop polarisasi.
  3. Stratigrafi - Stratigrafi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang batuan, penyebarannya, komposisi, ketebalan, umur, keseragaman, sifat lapisan maupun genesa batuan tersebut. Stratigrafi dalam SSI ada litostratigrafi dan vulkanostratigrafi.
  4. Paleontologi - Paleontologi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang fosil dan jejak jejak yang terdapat dalam batuan, sehingga kita bisa menginterpretasikan keadaan masa lampau. Berdasarkan jenis dan ukuran fosil, paleontologi dapat dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:Makropaleontologi merupakan salah satu cabang ilmu paleontologi yang mempelajari tentang fosil secara megaskopis, yaitu dengan mata telanjang tanpa bantuan alat. Dan Mikropaleontologi merupakan salah satu cabang ilmu paleontologi yang mempelajari tentang fosil secara mikroskopis, dengan bantuan mikroskop.
  5. Vulkanologi - Vulkanologi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang sifat, ciri, genesa gunung api, serta dampak terhadap kehidupan sekitar gunungapi.
  6. Seismologi - Seismologi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang gempa bumi.
  7. Sedimentologi - Sedimentologi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang batuan sedimen, yang terdiri atas klasifikasi, jenis dan macamnya, serta genesa batuan sedimen.
  8. Geologi Struktur - Geologi struktur merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang struktur geologi.dimana struktur geologi dapat berupa patahan dan lipantan yang medeformasi permukaan bumi. Deformasi adalah perubahan roman muka bumi yang sudah tidak seperti semula dalam skala waktu dan ruang.
  9. Geologi Pertambangan - Geologi pertambanganj merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang mineral dan bahan-bahan tambang yang memungkinkan dapat dimanfaatkan untuk keperluan industri.
  10. Geomorfologi - Geomorfologi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang bentang alam dan proses-proses geomorfologi yang bekerja pada suatu daerah.
  11. Geologi Minyak Bumi (GMB) - GMB merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang minyak dan gas bumi.
  12. Geofisika - Geofisika merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang pembentukan keadaan permukaan bumi dan atmosfer seperti perubahan iklim dan beberapa sifat-sifat fisik bumi secara keseluruhan termasuk gempa, gaya berat, gaya magnet, gradien suhu, dan sebagainya yang dapat mempengaruhi permukaan bumi.
  13. Geokimia - Geokimia merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang komposisi (kimia) dalam bumi.
  14. Geologi Sejarah - Geologi Sejarah merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang sejarah kehidupan yang ada di permukaan bumi yang meliputi peradaban manusia di permukaan bumi dan pengaruhnya terhadap lingkungan.
  15. Geologi Ekonomi - Geologi Ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang kandungan mineral ekonomis, menghitung cadangan serta nilai ekonomis cebakan mineral yang terdapat dalam batuan.
  16. Geologi Teknik - Geologi Teknik merupakan salah satu cabang ilmu gelogi yang mempelajari tentang keadaan permukaan bumi yang dikaitkan dengan



Prinsip-Prinsip Dasar Geologi

Nicolaus Steno (1665) dikenal sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan prinsip-prinsip dasar geologi yang hingga saat ini masih dipakai dalam penafsiran lapisan batuan sedimen.Niel Stensen merupakan nama asli dari Nicolaus Steno yang lahir di Copenhagen, Denmark pada 10 Januari 1638.Pada tahun 1656 belajar di Universitas Copenhagen yang kemudian melanjutkan ke Amsterdam dan Leyden dI Belanda.Pada tahun 1665 Stensen pindah ke Florence di Itali menjadi ahli fisika pada Grand Duke of Tuscany. Disini Niel merubah namanya kedalam bahasa latin menjadi Nicolaus Steno.Adapun prinsip dasar geologi yang sangat penting dalam ilmu geologi adalah prinsip horisontalitas, superposisis dan kesinambungan lateral pada perlapisan batuan sedimen.
  • Horisontalitas (Horisontality)
Kedudukan awal pengendapan suatu lapisan batuan adalah horisontal, kecuali pada tepi cekungan memiliki sudut asli (initiap-dip) karena dasar cekungannya yang memang menyudut.
  • Superposisi (Superposition)
Dalam kondisi normal (belum terganggu), perlapisan suatu batuan yang berada pada posisi paling bawah merupakan batuan yang pertama terbentuk dan tertua dibandingkan dengan lapisan batuan diatasnya.
  • Kesinambungan Lateral (Lateral Continuity)
Pelamparan suatu lapisan batuan akan menerus sepanjang jurus perlapisan batuannya. Dengan kata lain apabila pelamparan suatu lapisan batuan sepanjang jurus perlapisannya berbeda lithologinya maka dikatakan bahwa perlapisan batuan tersebut berubah facies. Dengan demikian, konsep perubahan facies terjadi apabila dalam satu lapis batuan terdapat sifat fisika, kimia dan biologi yang berbeda satu dengan lainnya.




Tugas Ahli Geologi

Seorang ahli geologi mempunyai tugas melakukan penelitian-penelitian untuk mengungkapkan misteri yang masih menyelimuti proses-proses yang berhubungan dengan bahan-bahan yang membentuk bumi, gerak-gerak dan perubahan yang terjadi seperti gempa-bumi dan meletusnya gunung api. Di samping itu, juga mencari dan mencoba menemukan bahan-bahan yang kita butuhkan yang diambil dari dalam bumi seperti bahan tambang dan minyak dan gas bumi.
Dengan semakin majunya peradaban dimana banyak benda-benda kebutuhan manusia dibuat yang memerlukan bahan-bahan tambang seperti besi, tembaga, emas dan perak, kemudian juga batu bara dan minyak bumi sebagai sumber energi, dan karena mereka ini harus diambil dari dalam bumi, maka Ilmu Geologi kemudian berkembang sebagai ilmu terapan, yang dalam hal ini berfungsi sebagai penuntun penting di dalam eksplorasi. 

Selain itu, seiring berkembangnya penghuni bumi, dimana sebelumnya pemilihan wilayah pemukiman bukan merupakan masalah, sekarang ini pengembangan wilayah harus memperhatikan dukungan terhadap lingkungan yang ditentukan oleh faktor-faktor geologi agar pembangunannya tidak merusak keseimbangan alam. Karena itu tugas seorang ahli geologi di samping apa yang diuraikan diatas, juga mempelajari sifat-sifat bencana alam, seperti banjir, longsor, gempa-bumi dll; meramalkan dan bagaimana cara menghindarinya.



Aplikasi atau Contoh Penerapan dari Ilmu Geologi

Aplikasi dari ilmu geologi merupakan hal yang penting pada beberapa bidang yang lainnya. Pemanfaatan ilmu geologi ini semakin berkembang dan semakin di perlukan saat ini, dan berikut ini contoh bidang yang memerlukan aplikasi dari ilmu geologi:
  • Petroleoum geology (Perminyakan) yaitu digunakan untuk mengetahui jebakan-jebakan minyak bumi dan gas bumi.
  • Miming geology (Pertambangan) yaitu untuk mengetahui proses pembentukan endapan mineral yang sifatnya ekonarris, yang sangat diperlukan oleh manusia.
  • Hydrogeology (Hidrologi) yaitu untuk mempelajari tentang kejadian pemanfaatan air tanah.
  • Environment geology (Geologi lingkungan) yaitu geologi sangat dibutuhkan untuk mengevaluasi interaksi antar manusia dengan lingkungannya.
  • Engineering geology (Geologi tekhnik) yaitu untuk mempelajari hubungan antar ilmu geologi dengan berbagai problem ketekhnikan.
Demikian artikel yang mengupas tentang pengertian geologi dan aplikasinya, semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan manfaat.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Geologi
  • pengertian geologi menurut para ahli
  • materi geologi
  • cabang ilmu geologi
  • pengertian geomorfologi
  • ruang lingkup geologi
  • pengertian geologi dasar
  • geologi adalah brainly
  • pengertian geologi teknik

Post a Comment for "Pengertian Geologi Menurut Para Ahli, Macam Geologi, Cabang Ilmu Geologi, Tugas Ahli Geologi Dan Aplikasinya Lengkap"