Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian komet Meliputi Ciri, Bagian Dan Jenis Komet Serta Contohnya

Apa itu komet?

Pengertian Komet adalah benda angkasa yang terang, ditutupi oleh kabut tipis, dan bentuknya menyerupai ekor yang panjang. Komet bergerak mengelilingi matahari, Lintasannya elips dan sangat lonjong sekali tentunya berbeda dari lintasan planet di tata surya. Kata Komet sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Kometes”yang memiliki arti “Rambut Panjang”.
Komet terdiri dari kumpulan partikel debu dan gas yang membeku. Cahaya matahari sering di pantulkan oleh bagian dari komet, sehingga komet terlihat memiliki ekor, panjang ekornya bisa mencapai jutaan km, dan arah ekor komet slalu menjauhi matahari. Cahaya komet sebagian besar merupakan pantulan dari cahaya matahari. Karena komet terlihat seperti memiliki ekor, makan sering disebut dengan bintang berekor.



Sejarah dan Teori Terbentuknya Komet

Kemunculan komet sudah disadari oleh leluhur kita sejak lama, dulunya komet dipercaya sebagai suatu pertanda akan datangnya bencana besar. Bangsa cina saat itu mempercayai bahwa komet ialah objek luar angkasa yang beredar sama halnya dengan planet. Sedangkan bangsa Yunani beranggapan bahwa terlihatnya komet merupakan fenomena atmosfer yang disebabkan oleh uap air dari permukaan bumi. Banyak asumsi dari para ahli tentang fenomena komet dari masa ke masa.Isaac Newton kemudian menemukan metode untuk dapat menghitung orbit sebuah komet. Newton mengungkapkan bahwa komet yang terlihat pada bulan Desember tahun 1680 membentuk orbit parabola yang panjang.
Temuan ilmuan pada masa itu Edmond Halley mendukung teori Newton sehingga diambil suatu kesimpulan bahwa komet yang mereka amati ialah komet yang sama dan komet merupakan objek yang mengelilingi matahari sama seperti kebanyakan objek di tata surya.Komet berasal dari bagian di luar sistem tata surya yang disebut Awan Oort, terdapat triliunan komet di dalam awan oort ini, seiring berjalannya waktu, komet terpisah dari awan dan masuk dalam ruang lingkup gravitasi matahari, komet terbuat dari gas dan debu yang padat juga stabil.Banyak teori dan hipotesis yang diperkenalkan untuk proses terbentuknya komet dalam satu abad terakhir, teori yang paling dapat diterima ialah yang menyebutkan bahwa komet terbentuk pada saat yang sama dengan saat terbentuknya tata surya. Dalam teori ini disebutkan bahwa dulu matahari dikelilingi oleh kabut besar yang terdiri dari material komet.Jarak sabuk komet ini beberapa ratu kali jarak bumi ke matahari, kemudian gangguan dari objek di luar tata surya menyebabkan beberapa material tersebut keluar dari sabuknya sehingga memasuki tata surya, lalu di dalam tata surya mereka dipengaruhi oleh aktivitas planet dan bintang-bintang sehingga jaraknya dengan matahari berbeda-beda.

Karakteristik Komet

Adapun karakteristik komet yang diantaranya yaitu:
  1. Komet adalah kelompok benda langit dengan diameter 8-25 km yang tidak termasuk ke dalam kelompok planet, bintang dan asteroid.
  2. Komet terdiri dari debu dan gas.
  3. Komet mempunyai 3 bagian utama, inti komet, koma dan ekor komet.
  4. Komet mengitari matahari dalam waktu yang berbeda beda dan biasanya orbit komet berbentuk elips.

Ciri Komet

  1. Garis tengah inti komet (nukleus) kira-kira hanya  sekitar 8-25 km, sangat kecil dibandingkan dengan koma.Garis tengah koma bisa mencapai dengan 60.000 km dan penjang ekor koet bisa mencapai 80 juta km
  2. Koma dan ekor komet membalikan cahaya matahari dan bisa dilihat dari bumi bila komet itu cukup dekat. Ekor komet berbeda-beda bentuk dan ukurannya. Jika semakin dekat komet tersebut dengan matahari maka semakin panjanglah ekornya. dan ada pula komet yang tidek berekor.
  3. Komet bergerak mengelilingi matahari berkali-kali,tetapi peredarannya memakan waktu yang lama.
  4. Komet ini di bedakan menurut rentangan waktu orbitnya. Rentangan waktu pendek ialah kurang dari 200 tahun an rentangan waktu yang panjang yaitu lebih dari 200 tahun. Secara umumnya bentuk orbit komet yaitu elips.



Bagian- bagian Komet

Tidak sesimple planet yang bentuknya cenderung bulat pepat di kedua kutubnya, komet memiliki beberapa bagian yang tersekat- sekat seperti bagian inti, ekor dan lain sebagainya. Lalu apa saja keterangan bagian- bagian komet tersebut? Berikut ini merupakan bagian- bagian komet yang perlu kita ketahui:
  1. Inti komet
Inti komet merupakan bagian yang paling terlihat dari bumi ketika posisi komet masih jauh dari matahari. Bagian inti ini juga merupakan bagian yang paling padat. Diamater dari inti ini mencapai beberapa kilometer  berbeda- beda antara satu komet dengan lainnya. Inti komet ini terbentuk dari penguapan bahan- bahan es yang sangat mudah menguap menjadi gas- gas yang terlihat berpijar.
  1. Koma
Bagian kedua dari komet adalah koma. Koma merupakan daerah yang penuh kabut atau daerah yang mirip dengan tabir yang menyelimuti inti komet. Daerah ini sebagai daerah yang pekat karena terkena uap dari inti komet yang semakin mengepul apabila dekat dengan matahari.
  1. Lapisan hidrogen
Lapisan hidrogen juga merupakan salah satu bagian dari komet. Lapisan hidrogen ini adalah lapisan yang menyelubungi koma sehingga tidak tampak olehmata manusia. Awan di lapisan ini sangat tebal hingga diamaternya bisa bisa mencapai 20 juta kilometer.
  1. Ekor
Ekor komet adalah bagian yang paling menakjubkan dari komet. Bagian ini yang paling banyak menyita perhatian dan sekaligus sebagai sebab nama komet ini. Ekor komet merupakan gas bercahaya yang terjadi ketika komet lewat di dekat matahari. Ekor ini adalah bagian yang terbakar oleh matahari. Ketika terbakar maka bagian ini akan membentuk sebuah ekor dan ukurannya bsa sangat panjang hingga berpuluh- puluh kilometer.


Jenis-Jenis Komet

Terdapat dua (2) jenis komet, yakni jenis komet dengan berdasarkan lintasnya dan berdasarkan jumlah kemunculannya, penjelasannya sebagai berikut :

Jenis Komet berdasarkan Lintasannya

Apabila di lihat dari bentuk ataupun panjang lintasannya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Komet Berekor panjang - Komet berekor panjang ini merupakan komet yang mempunyai lintasan yang sangat jauh, komet ini akan melalui daerah-daerah di angkasa yang dingin sekali sehingga akan menyerap gas-gas di daerah yang dilaluinya. Saat komet ini mendekati matahari, komet jenis ini akan melepaskan gas-gas sehingga akan membentuk koma serta juga ekor yang panjang sekali. Contoh dari komet yang mempunyai ekor panjang adalah komet halley yang dapat bisa terlihat itu sekitar 76 tahunan sekali.
  2. Komet berekor pendek - Komet berekor pendek ini Merupakan komet yang lintasannya itu pendek, sehingga hal tersebut menyebabkan komet ini menyerap gas-gas pada daerah yang telah di lewatinya  itu juga sedikit. Jadi pada saat komet jenis ini mendekati matahari gas-gas yang dilepaskan pun juga sedikit sehingga akan terlihat memiliki ekor yang pendek, serta ada juga yang terlihat hampir tidak mempunyai ekor. Contoh dari komet yang berekor pendek ini seperti misalnya komet Encke yang melintas dan mendekati matahari itu sekitar 3,3 tahun sekali.

Jenis Komet Berdasarkan Jumlah Kemunculannya

Apabila di lihat dari jumlah kemunculannya jenis komet ini, diantaranya sebagai berikut:
  1. Komet Nonperiodik - Merupakan suatu komet yang kemunculannya itu hanya sekali. Komet jenis ini diperkirakan mempunyai orbit yang sangat panjang serta lama untuk melewati satu putaran. Contoh dari komet nonperiodik ialah komet Arend-Roland, komet Ikeya-Seki, komet Lulin, komet Brooks,  dan komet Kohoutek
  2. Komet Periodik - Merupakan suatu komet yang kemunculannya itu beberapa kali pada saat dilihat dari Bumi. Komet periodik ini rata-rata mempunyai jarak orbit yang lebih pendek yang membuat untuk kembali pada satu titik yang sama itu dapat ditempuh dalam waktu yang juga lebih cepat. Sehingga hal tersebut tidak mengherankan kalau komet periodik ini dapat dilihat beberapa tahun sekali. Contoh dari komet periodik yakni komet Hartley, komet Kopff, komet Halley,  serta komet Encke.


Contoh – Contoh Komet

Nih, ada beberapa contoh-contoh nama komet yang harus kamu tahu, diantaranya sebagai berikut:

1. Komet Halley

Komet Halley yaitu sebuah komet yang muncul atau yang bisa terlihat oelh mata manusia di bumi itu sekitar 76 tahunan sekali.Komet halley sangat terkenal dibandingkan dengan komet yang lainnya. Karena, komet halley sangat terang dan punya ekor yang panjang jadi bisa terlihat oleh mata manusia tanpa dengan bantuan alat teleskop.

2. Komet Hyakutake

Komet hyakutake yaitu sebuah komet yang mempunyai ekor sangat panjang dibanding dengan komet yang lainnya dan komet ini diberi nama Hayakutake, karena komet ini ditemukan oleh astronom dari Jepang yaitu Yuji Hyakute.Periode orbitnya ini, mencapai 15.000 tahun, karena disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi planet raksasa di tata surya, yang periode orbitnya mencapai 72.000 tahun.Jadi, buat bisa melihat lagi komet hayakutake ini diperlukan waktu sekitar 72.000 tahun.

3. Komet Encke

Komet Encke yaitu sebuah komet yang mempunyai periode sekitar 3,3 tahun, dan komet Encke mempunyai ekor yang pendek.Nama komet Encke ini berdasarkan orang yang melakukan perhitungan terhadap lintasan orbitnya, yaitu Johann Franz Enncke, sedangkan yang menemukannya yaitu Pierre Mechain.

4. Komet McNaught

Komet McNaught yaitu komet yang ditemukan pada tanggal 7 agustus 2006 oleh astronom yang bernama H. McNaught, jadi komet ini diberi nama sesuai dengan nama penemunya.Komet McNaught ini mendekati jarak terdekat dengan matahari (perihelion) pada tanggal 12 januari 2007, yang merupakan komet paling terang sejak 40 tahun terakhir dan bisa terlihat oleh mata, tanpa bantuan alat teleskop.

5. Komet West

Komet West ini terlihat pada tahun 1976, dan komet west adalah salah satu komet yang terang pada saat melintasi tata surya bagian dalam.Komet ini kira-kira mempunyai periode orbit sekitar 558.000 tahun, lama banget yak!

6. Komet Hale – Bopp

Komet hale-bopp yaitu sebuah komet yang paling banyak diamati pada abad 20, karena komet ini termasuk komet yang paling terang dalam sejarah modern dan bisa terlihat oleh mata manusia selama 18 bulan.

7. Komet Shoemaker Levy-9

Pada tahun 1994, komet Shomaker-Levy 9 ini terjebak oleh gaya tarik Jupiter dan masuk kedalam atmosfer Jupiter. Komet ini lalu menabrak Jupiter dan meninggalkan lubang sebesar bumi.

8. Komet Ikeya-Seki

Komet Ikeya-Suki adalah komet yang ditemukan secara independen oleh Kaoru Ikeya dan Tsutomu Seki. Pada tanggal 18 September 1965, pertama kali diamati sebagai objek teleskopik samar.Perhitungan pertama orbitnya itu pada tanggal 21 Oktober, yaitu sekitar 450.000 kilometer diatas pemukaan dan mungkin akan jadi sangat terang.Saat mendekati perihelion, pengamat mengatakan kalo itu jelas terlihat di langit siang hari disamping Matahari. Di Jepang, dimana mencapai perihelion pada tengah hari, terlihat bersinar pada besarnya -10.Ikeya-Seki merupakan anggota dari Sungrazers Kreutz, yang adalah fragmen dari sebuah komet besar yang pecah pada 1106.


Kesimpulan

Jadi pengertian komet yaitu benda angkasa yang terang, ditutupi oleh kabut tipis, dan bentuknya menyerupai ekor yang panjang. Komet bergerak mengelilingi matahari, lintasannya elips dan sangat lonjong sekali tentu berbeda dari lintasan planet di tata surya.
Bagian komet diantaranya Inti, koma, lapisan hidrogen, dan ekor. Ciridari komet yaitu memiliki ekor saat mendekati matahari, ekornya bergerak menjauh dari matahari, lintasannya berbentuk elips dan sangat lonjong, merupakan benda angkasa yang tersusun dari debu dan es.
Beberapa komet yang pernah terlihat misalnya seperti Komet: Halley muncul 76 tahunan sekali, Hyakutake ditmukan tahun 1996, Encke terlihat 3,3 tahun sekali, West terlihat tahun 1976, McNaught ditemukan tahun 2006, dsb.


Demikian pembahasan tentang definisi komet, semoga dapat di pahami dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Komet
  • contoh komet
  • contoh komet dan planet
  • pengertian asteroid
  • ciri-ciri komet
  • gambar komet
  • mengapa ekor komet selalu menjauhi matahari
  • persamaan komet dan planet
  • pengertian meteor
  • contoh gambar komet
  • pengertian komet brainly
  • komet halley muncul setiap
  • bagian komet yang akan berpijar menjauhi matahari ketika berada di dekat matahari adalah

Post a Comment for "Pengertian komet Meliputi Ciri, Bagian Dan Jenis Komet Serta Contohnya"