Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Biaya Peluang Meliputi Fungsi, Ciri, Manfaat,Cara Menghitung dan Contohnya

Pengertian Biaya Peluang Ciri-Ciri Dan Contohnya

Pengertian Biaya Peluang

Dalam hidup ini, tentunya setiap manusia selalu dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, terutama dalam maslah perekonomian. Dalam dunia ekonomi terdapat istilah yang dikenal dengan “Biaya Peluang” atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “Opportunity Cost”.
Pengertian biaya peluang adalah suatu biaya yang muncul akibat dari memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa peluang alternatif yang tersedia. Atau biaya peluang dapat diartikan sebagai biaya yang harus dikorbankan untuk mendapatkan suatu pilihan lain.
Biaya peluang dapat disebut sebagai biaya yang dikorbankan, sehingga biaya ini tidak di ambil dan tidak dipergunakan. Karena alasan dan kondisi tertentu seseorang akan membuat suatu pilihan. Biaya peluang muncul karena di latar belakangi oleh kebutuhan, karena kita sebagai manusia memiliki kebutuhan yang banyak maka untuk memenuhinya mengharuskan memilih dan menentukan mana yang menjadi kebutuhan prioritas, sehingga pilihan iniah yang menimbulkan munculnya biaya peluang.


Pengertian Biaya Pelunag Menurut Para Ahli

Biaya peluang juga diartikan sebagai berikut menurut dari para ahli yang intinya:
  • N. Gregoru Mankiw mengemukakan jika biaya peluang merupakan segala sesuatu yang wajib Anda korbankan agar dapat mengorbankan sesuatu.
  • Robert B. Ekelund, Jr serta Robert D. Tollison, biaya peluang adalah biaya penggunaan sumber daya ekonomi dengan maksud untuk tujuan yang tertentu yang di ukur berdasarkan ukuran keuntungan yang tidak jadi diperoleh yang disebabkan karena tidak memilih alternatif atau pilihan tersebut dibandingkan dengan komodini yang diperoleh sebagai gantinya yang disebabkan karena memilih alternatif lain.
  • Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, mengemukakan jika keputusan untuk memilih biaya peluang disebabkan karena memilih 1 hal di dalam dunia kelangkaan yang menyebabkan harus menyerahkan sesuatu yang lainnya. Sehingga biaya peluang adalah nilai barang ataupun jasa yang paling berharga yang hilang.
Dari pengertian biaya peluang tersebut, maka biaya kesempatan tersebut muncul disebabkan karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas sehingga manusia mau tidak mau harus memilih untuk menentukan prioritas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga dalam memenuhi kebutuhannya tersebut membutuhkan biaya yang harus dikorbankan. Biaya peluang ini bisa dihitung dengan 2 cara yaitu:
  • Dihitung dari nilai peluang yang tidak dipilih atau yang dikorbankan, jika ada 2 pilihan.
  • Dihitung dari nilai peluang yang terbaik yang dikorbankan jika terdapat lebih dari 2 pilihan



Fungsi Biaya Peluang Dalam Bisnis

Biaya Peluang adalah konsep yang berguna yang membantu organisasi atau bisnis untuk menilai tidak hanya apa yang mereka peroleh dengan mengambil keputusan tertentu, tetapi juga untuk merefleksikan apa yang hilang karena tidak memilih tindakan yang berbeda ketika kelangkaan sumber daya memaksa kita untuk memilih suatu tindakan.
Biaya peluang bukan jenis biaya yang biasanya ditangkap dalam sistem akuntansi seperti biaya penggajian dan biaya overhead. Karena itu dapat memaksa organisasi untuk melihat gambaran yang lebih besar ketika mengevaluasi keputusan bisnis.
Konsep biaya peluang diterapkan di berbagai bidang akuntansi manajemen termasuk:
  • Penilaian investasi
  • Pembiayaan hal yang relevan
  • Pemrograman linier
  • Biaya modal
  • Membuat keputusan

Ciri Ciri Biaya Peluang

Terdapat beberapa karakteristik dari biaya alternatif. Berikut ciri ciri biaya peluang:
  • Cara menghitung opportinity cost tidak selalu dikaitkan dengan uang. Namun dapat dihubungkan dengan kebahagiaan, waktu, benefit yang diperoleh di masa mendatang, dan lainnya.
  • Mempunyai banyak possibility terkait dengan kegunaannya.
  • Penetapan pilihan opportunity cost tergantung maksud dan kondisi setiap individu/perusahaan.
  • Biaya peluang pada umumnya merupakan kebutuhan sekunder maupun tersier.
 

Manfaat Perhitungan Biaya Peluang

a. Membuka Kesempatan Usaha & Meminimalkan Risiko

Dengan memanfaatkan biaya peluang, Anda akan memiliki sejumlah perbandingan dalam menentukan keputusan yang dirasa cocok dan tidak membawa faktor risiko yang cukup besar jika terjadi sesuatu di luar dari dugaan. Selalu ada risiko dalam menjalankan usaha, namun dengan adanya perhitungan biaya peluang, maka Anda sudah meminimalkan peluang terjadinya risiko, karena sangat tidak mungkin menghilangkannya secara keseluruhan.

b. Membantu Perhitungan  Modal

Modal juga merupakan salah satu dasar faktor yang mendukung bisnis Anda. Di zaman sekarang sudah banyak pihak-pihak yang ingin meminjamkan modal dengan syarat dan ketentuan berlaku. Modal untuk membangun sebuah bisnis memang tidak sedikit butuh biaya yang banyak di samping biaya tambahan jika ada pengeluaran yang harus dikeluarkan dengan mendadak. Biaya peluang membantu Anda untuk memprediksi berapa kisaran modal yang harus Anda miliki sebelum membangun sebuah bisnis dengan rencana dan keseriusan.

c. Mempermudah Menentukan Prioritas

Sebagai seorang pengusaha, tentunya Anda memiliki banyak ide tentang peluang bisnis yang ingin dijalani. Tetapi menjalankan semua bisnis yang membutuhkan banyak biaya dan energi dalam waktu yang bersamaan kadang akan terkesan rumit dan membutuhkan banyak biaya.  Agar Anda bisa menjalankan bisnis yang paling penting, ekonomis, dan berpotensi mendatangkan keuntungan banyak lebih dulu, maka biaya peluang akan membantu Anda untuk memiliki prioritas atau sesuatu yang harus Anda pilih lebih dahulu dibanding yang lain.

d. Menghemat Pengeluaran Usaha

Karena dengan adanya perhitungan biaya peluang, maka perusahaan akan memiliki prioritas. Ini berarti, sama halnya perusahaan tidak membutuhkan dana tambahan untuk pembiayaan yang tidak perlu dan berfokus pada pembiayaan pokok menyangkut prioritas usahanya, sehingga menimbulkan dampak penghematan pengeluaran secara tidak langsung.


Cara Menghitung Biaya Peluang

Sebagai lulusan terbaik dari sebuah perguruan tinggi terkemuka, Lampard mendapat 5 tawaran pekerjaan. Di Jakarta Rp6.000.000,- Medan Rp4.000.000,- Irian Rp6.000.000,- Tangerang Rp7.000.000,- Bali Rp4.500.000,. Dari lima tawaran tersebut, tinggal dua tawaran yang menarik hati Lampard. Lampard memutuskan memilih bekerja di Jakarta dengan gaji Rp6.000.000,- per bulan.

Pilihan Lampard untuk bekerja di Jakarta telah menghilangkan peluang terbaiknya untuk bekerja di Tangerang dengan gaji Rp7.000.000,- per bulan. Karena opportunity cost selalu diukur dari nilai peluang terbaik yang dikorbankan atau yang tidak dipilih maka besarnya biaya peluang yang ditanggung Lampard dengan bekerja di Jakarta adalah sebesar Rp7.000.000,- per bulan.Biaya peluang muncul, karena adanya pilihan yang dilakukan individu-individu, perusahaan, dan masyarakat atas kelangkaan yang dihadapi. Seperti diketahui, sumber-sumber daya ekonomi yang tersedia sangat terbatas, sehingga memaksa manusia untuk melakukan pilihan dalam kehidupannya. Pilihan yang dibuat akan mengakibatkan pengorbanan pada pilihan yang lain, dan timbulah biaya peluang.

Biaya peluang adalah biaya yang dikorbankan untuk menggunakan sumber daya bagi tujuan tertentu, yang diukur dengan manfaat yang dilepasnya karena tidak menggunakannya untuk tujuan lain. Sederhananya biaya peluang adalah biaya yang dikorbankan untuk memperoleh sesuatu yang lain.

Contohnya, ketika lulus SMA Farida mendapat dua tawaran pekerjaan. Tawaran pertama sebagai pelayan toko di dekat rumah dengan gaji Rp. 400.000,- per bulan. Sedang tawaran lain sebagai pramusaji si sebuah rumah makan di kotanya dengan gaji Rp. 900.000,- per bulan. Dengan beberapa pertimbangan, diantaranya ingin dekat dengan keluarga, akhirnya Farida memutuskan bekerja sebagai pelayan toko. Dengan mengambil keputusan sebagai pelayan toko, berarti Farida telah menghilangkan peluang untuk bekerja sebagai pramusaji yang sebenarnya bisa memberikan pendapatan sebesar Rp 900.000,- per bulan. Dengan demikian, biaya peluang yang ditanggung Farida dengan memilih bekerja sebagai pelayan toko adalah sebesar Rp.900.000,- per bulan.Intinya dalam pengambilan keputusan biaya peluang tergantung pada tujuan dan situasi individu yang bersangkutan.



Contoh Biaya Peluang

  • Contoh Biaya Peluang dalam Kehidupan Sehari-hariBayangkan kamu punya uang sebesar Rp20.000.000. Dengan jumlah uang sebesar itu, kamu punya kesempatan untuk jalan-jalan ke Eropa atau membeli sepeda motor.Apabila kamu memilih untuk membeli motor, maka kamu akan kehilangan kesempatan untuk jalan-jalan ke Eropa. Begitu pula sebaliknya, apabila kamu memilih untuk jalan-jalan ke Eropa, maka kamu kehilangan kesempatan untuk punya motor. Nah, “kesempatan yang hilang” itulah yang kita sebut sebagai biaya peluang,
  • Contoh Biaya Peluang yang Terjadi di MasyarakatSetelah lulus kuliah, Aji mendapatkan dua buah tawaran pekerjaan, yakni untuk bekerja sebagai staff manajemen di PT XYZ dan bekerja sebagai marketing properti di PT OPQ. Jika Aji memutuskan untuk jadi staff manajemen di PT XYZ, maka kesempatan bekerja jadi marketing properti pun hilang. Berdasarkan contoh ini, biaya peluang yang harus ditanggung Aji adalah bekerja sebagai marketing properti di PT OPQ, sebab Aji memutuskan untuk bekerja jadi staff manajemen dan kehilangan kesempatan jadi marketing.
  • Contoh Biaya Peluang yang Terjadi di PerusahaanPerusahaan PT Widyatama memiliki sebuah sumber daya berupa ruko sebagai aset perusahaan. Pilihannya, PT Widyatama bisa menyewakan ruko tersebut atau menggunakan ruko tersebut sebagai warehouse. Apabila disewakan, ruko tersebut bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan Rp250.000.000 per tahun. Tetapi, apabila jadi disewakan, maka perusahaan harus menanggung biaya peluang untuk menggunakan ruko tersebut menjadi warehouse.
  • Suatu perusahaan mempunyai sebuah sumber daya seperti gedung sebagai aset perusahaan tersebut. Pilihan yang ada yaitu perusahaan tersebut dapat menyewakan gedung tersebut atau kah menggunakan gedung tersebut sebagai sarana usaha. semisalnya sewa gedung tersebut di hargai dengan Rp 150.000.000,- pertahun maka perusahaan tersebut memperoleh keuntungan sesuai nilai sewa gedung tersebut namun kehilangan kesempatan atau peluang untuk menggunakan gedung tersebut sebagai sarana usaha perusahaan.
  • Rifki setelah lulus kuliah mendapatkan dua buah tawaran kerja, yaitu tawaran untuk bekerja sebagai staff akuntansi dari PT A dan tawaran sebagai Customer service di Bank ABC. Bila Rifki memutuskan bekerja sebagai staff akuntansi di PT A, maka Rifki kehilangan kesempatan bekerja sebagai customer service di Bank ABC. Berdasarkan ilustrasi ini maka biaya peluang yang ditanggung Rifki adalah bekerja sebagai Customer Servis di Bank ABC, karena rifki kehilangan atau mengorbankan kesempatan bekerja sebagai CS di Bank ABC.
  • Syamsul berkeinginan membeli bakso dan mie ayam, namun uang yang dimiliki syamsul hanya cukup untuk membeli salah satu dari yang diinginkan yaitu membeli bakso saja atau membeli mie ayam saja. Akhirnya syamsul memutuskan untuk menggunakan uangnya untuk membeli Bakso sehingga syamsul kehilangan kesempatan untuk membeli mie ayam. Berdasarkan ilustrasi tersebut maka biaya peluangnya adalah satu mangkuk mie ayam, karena syamsul kehilangan kesempatan untuk membeli mie ayam


Kesimpulan Pembahasan

Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa pengertian biaya peluang adalah suatu biaya yang muncul akibat dari memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa peluang alternatif yang tersedia.
Ciri-ciri dari biaya peluang,yaitu: 1). Perhitungan terhadap biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang; 2). Saat mengambil keputusannya tergantung terhadap situasi dan tujuan; 3). Umumnya biaya peluang berhubungan dengan kebutuhan sekunder dan tersier.

Demikian pembahasan tentang arti biaya peluang secara umum, semoga dapat di pahami dan bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan kamu, jika terdapat kesalahan dalam kata-kata mohon di maafkan, cukup sekian dan terimakasih.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Biaya Peluang
  • contoh soal biaya peluang
  • menghitung biaya peluang atau opportunity cost
  • contoh biaya peluang brainly
  • biaya peluang adalah brainly
  • contoh soal biaya peluang brainly
  • contoh biaya peluang pada kesempatan kerja
  • cara menghitung biaya peluang brainly
  • ciri-ciri biaya peluang
  • biaya peluang pdf
  • kapan terjadinya biaya peluang
  • contoh opportunity cost
  • macam macam biaya peluang

Post a Comment for "Pengertian Biaya Peluang Meliputi Fungsi, Ciri, Manfaat,Cara Menghitung dan Contohnya"