Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Soft Tenis : Sejarah, Ukuran Lapangan, Ukuran Bola, Peraturan Dasar Pertandingan dan Kompetisi Soft Tennis

Pengertian dan Sejarah Soft Tenis

Soft Tenis adalah olahraga permainan bola kecil yang mirip dengan tenis lapangan yang pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1885. Lapangan yang digunakan sama dengan lapangan tenis biasa, sedangkan raketnya biasanya berukuran lebih kecil dan bobot yang lebih ringan. Yang paling menonjol perbedaannya adalah penggunaan bola karet yang lentur dan lebih ringan dibanding bola tenis biasa yang keras dan memiliki kecepatan yang sangat tinggi apabila dipukul.

Dengan bola yang lebih ringan dan lentur pantulan bola tidak akan jauh dari garis lapangan permainan sehingga secara fisik tidak menguras tenaga yang lebih banyak jika dibandingkan dengan tenis biasa. Keunggulan inilah yang mengakibatkan soft tenis sangat cocok untuk olahraga permainan bagi anak-anak hingga orang tua. Soft Tenis tidak memerlukan lapangan khusus karena menggunakan lapangan tenis biasa.

Perbedaan Soft Tenis dengan tenis biasa terdapat pada bola. BOla yang digunakan untuk Soft Tenis lebih ringan. Selain itu perbedaan lainnya terletak pada raket. Raket yang digunakan pada Soft Tenis berukuran lebih kecil dan ringan dari pada tenis biasa.


Ukuran Lapangan Soft Tenis

Lapangan Soft Tenis ukurannya sama dengan Lapangan tennis, bentuknya persegi panjang yang dibagi menjadi dua bidang permainan oleh bentangan net. Pada masing-masing bidang permainan terdapat garis servis, garis servis tengah, dan garis pinggir permainan tunggal.



Bentuk dan ukuran lapangan Soft Tennis lapangan yang sekarang adalah hasil dari Walter Cloppton Wingfield di tahun 1873 dan telah dipatenkan dua tahun setelahnya yakni 1875.

Menurut paten tersebut, lapangan Soft Tennis haruslah rata dan memenuhi standar ukuran internasional, yakni:
  • Panjang lapangan: 23,78 meter yang dibagi dua bagian sama panjang dengan dipisah oleh net atau jaring.
  • Lebar lapangan permainan tunggal: 8,23 m.
  • Lebar lapangan permainan ganda, ditambah alley 1,37 m pada kedua sisinya.
  • ketebalan garis lapangan: 1 – 2 inchi atau 25,4 – 50,8 mm. Khusus pada garis baseline, maka kiri dan kanan sama panjang.
  • Area pantul yang terletak di dalam lapangan: 6,40 m2.

Ukuran standar lapangan Soft Tennis:
  • Panjang lapangan: 23,77 meter
  • Lebar lapangan: 10,97 meter
  • Jarak garis servis dari garis net: 6,40 meter
  • Jarak garis pinggir permainan tunggal dari garis pinggir lapangan: 1,37 meter
  • Jarak tiang net permainan tunggal: 0,914 meter dari garis pinggir permainan tunggal
  • Jarak tiang net permainan ganda:  0,914 dari garis pinggir lapangan
  • Tinggi net bagian ujung: 1,07
  • Tinggi tiang net: 1,07
  • Tinggi net tengah: 0,914
  • Panjang ruangan: 36,7 meter
  • Lebar ruangan: 18,3 meter


Ukuran Bola Soft Tenis


Bola pada soft tenis terbuat dari karet yang lebih lebih ringan, empuk, tak berbulu, dan jauh lebih lentur dibanding bola tenis biasa yang keras dan memiliki kecepatan yang sangat tinggi apabila dipukul.Dengan bola yang lebih ringan dan lentur pantulan bola tidak akan jauh dari garis lapangan permainan sehingga secara fisik tidak menguras tenaga yang lebih banyak jika dibandingkan dengan tenis biasa. Keunggulan inilah yang mengakibatkan soft tenis sangat cocok untuk olahraga permainan bagi anak-anak hingga orang tua.Bola untuk soft tennis relatif lebih mahal. Sebab, tak satupun toko olahraga yang sudah menyediakan bola sof tennis. Jika dikonversi ke rupiah, harga satu bola mencapai Rp 60 ribu. Sebagai gambaran harga bola tenis berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu.


Peraturan Dasar Pertandingan Soft Tennis

Pertandingan pada Soft Tennis dibagi tunggal dan ganda untuk pria dan wanita dan ganda campuran, sama seperti di tenis lapangan. Satu pertandingan biasanya dimainkan satu set menggunakan sistem best of seven games (pemain yang dapat memenangkan empat game pertama memenangkan pertandingan), apabila terjadi game skor 3-3 maka permainan dilanjutkan hingga salah satu  memenangkan dua game (5-3), apabila terjadi 4-4 dilakukan tie break seperti tenis lapangan. Peraturan pada pertandingan ganda hampir sama dengan pertandingan tuggal, akan tetapi perbedaan pada pertandingan ganda menggunakan best of nine games (pasangan yang telah memenangkan lima game pertama memenangkan pertandingan).


Kompetisi Soft Tennis

Untuk olahraga Soft Tennis, ada kompetisi individu dan tim. Kompetisi dilakukan menggunakan sistem tournament dan menggunakan metode round robin, tergantung pada jumlah peserta. Hasil drawing untuk kompetisi biasanya ditentukan oleh penyelenggara kompetisi. Dalam acara tim, semua partai dimainakan (tunggal, ganda, dan ganda campuran), yang akan diputuskan oleh penyelenggara kompetisi, yang berkompetisi di segala seri, dan tim yang telah memenangkan mayoritas pertandingan menjuarai seri tersebut. Anda dapat melihat jenis kompetisi biasanya di “World Soft Tennis Championship”.




Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Soft Tenis : Sejarah, Ukuran Lapangan, Ukuran Bola, Peraturan Dasar Pertandingan dan Kompetisi Soft Tennis.Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa di share. Trimakasih

Penelusuran yang terkait dengan soft tennis
  • harga raket soft tennis
  • bola soft tenis
  • skor soft tennis
  • tenis lapangan
  • tenis meja

Post a Comment for "Pengertian Soft Tenis : Sejarah, Ukuran Lapangan, Ukuran Bola, Peraturan Dasar Pertandingan dan Kompetisi Soft Tennis"