Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Squash : Sejarah, Cara Menghtung Set, Ukuran Lapangan, Peralatan, Peraturan dan Cara Melakukan Servis

Materi Squash Secara Lengkap Via: Referensisiswa.my.id

Pengertian Squash

Squash adalah olahraga indoor menggunakan raket dan bola yang dipantulkan ke tembok dengan saling berbalasan dengan lawan main. Di dinding tempat memantulkan bola dipasangi garis khusus untuk menjadi batas apakah bola masuk atau keluar. Garis ini pula yang menjadi penentu skor permainan.Olahraga ini awal mulanya dimainkan di Inggris pada 1800-an. Setelah itu, berkembang di negara jajahannya seperti Malaysia, Hongkong, hingga Australia. Baru setelah 1907, Amerika Serikat pertama kali membentuk sebuah organisasi bernama United States Squash Association.


Baca Juga: Pengertian Tekwondo : Istilah, Fisosofi Sabuk, dan Teknik Dasar/ Gerakan Taekwondo

Sejarah Squash

Hampir semua olahraga raket (raqquet) berasal dari Prancis pada abad pertengahan. Permainan tersebut dinamakan Court Tennis atau Tenis Lapangan sebab pertama kali dimainkan oleh Biarawan (monk) di halaman Biara. Kemudian permainan tersebut diangkat oleh raja-raja dan bangsawan. Dari olahraga inilah muncul permainan lain seperti Squash raket, Paddle ball, Racket Ball dan Platform Tennis. Kini di seluruh dunia memainkan bermacam olahraga raket. Berbagai pertandingan mulai diatur, ada kompetisi untuj orang muda, orang yang berumur relatif tua dan juga kejuaraan wanita.


Cara Menghtung Set dan Angka Permainan Olahraga Squash

Setiap permainan Squash terdiri dari lima set, tetapi jika salah seorang pemain telah memenangkan tiga set, maka ia adalah pemenangnya.

Dua macam penilaian angka dalam olah raga Skuas :

  1. Sistem tradisional - menyatakan bahwa hanya pemain yang melakukan servis (orang pertama yang mulai memukul bola) yang berhak memperoleh angka jika pemain lawan gagal mengembalikan bola hasil pukulan sang pemain atau melakukan kesalahan.
  2. Sistem Amerika - menyatakan bahwa pemenang setiap rally berhak mendapatkan angka tanpa memedulikan apakah sang pemenang adalah orang yang melakukan servis atau bukan.
Dalam pertandingan internasional, sistem penilaian angka yang digunakan adalah sistem tradisional. Dengan menggunakan sistem tradisional, setiap set akan dimenangi jika seorang pemain mencapai 9 poin, sementara dalam sistem Amerika, poin yang harus dicapai adalah 11 poin.


Ukuran Lapangan Olahraga Squash


Squash adalah olahraga yang dimainkan dalam setengah lapangantenis lapangan. Olahraga ini biasanya dimainkan di ruangan tertutup di lapangan dengan ukuran panjang 9,75 meter serta lebar 6,4 meter. Dapat dimainkan untuk partai tunggal, bisa pula partai ganda menggunakan jaring seperti badminton atau tenis. Pada bagian lapangan dipasangi board dengan jarak 14-25 mm dari permukaaan dinding.
Lapangan Olahraga Squash

Munculnya bunyi akibat benturan bola dan board akan memperlihatkan bahwa pukulan terlalu rendah. Terdapat  garis merah yang menghubungkan titik-titik dengan tinggi 4,57 meter pada dinding depan. Ada juga dinding neon di garis merah mendatar yang melintang dengan tinggi 2,47 meter di bawah garis keluar.


Peralatan Squash

Raket kayu seberat 227 gram sampai 284 gram, dengan daun (hitting surface) yang berdiameter 17 cm, yang diberi senar. Bola squash kosong bergaris tengah 4,4 cm, yang terbuat dari karet hitam keras. Namun pada tahun 1976 diperkenalkan lebih kecil lagi, lebih ringan dan lebih mental.


Peraturan Permainan

Bermain squash adalah memukul bola ke dinding depan sampai bola berbalik ke daerah di mana lawan berdiri, kemudian lawan harus mengembalikan sebelum bola melambung dua kali di atas lantai. Ide dasarnya sama dengan raquet ball dan paddle ball. Bola dapat mengenai beberapa dinding dan permainan tennis berlanjut selama pemukulan bola ke dinding depan masih diperkenankan
 

Cara Melakukan Servis

  1. Satu kaki harus berada dalam "arena servis".
  2. Posisi bola berada di udara saat melakukan pukulan (servis).
  3. Bola harus jatuh diatas garis servis.
  4. Bola yang diservis kembalu mental dari dinding depan ke lantai di belakang garis pendek.



Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Squash : Sejarah, Cara Menghtung Set, Ukuran Lapangan, Peralatan, Peraturan dan Cara Melakukan Servis. Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa di Share. Trimakasih

Penelusuran yang terkait dengan Olahraga Squash
  • manfaat olahraga squash
  • olahraga squash di surabaya
  • sarana dan prasarana olahraga squash
  • squash fruit adalah
  • raket squash
  • wikipedia squash
  • squash drink artinya
  • squash drink adalah
  • squash sayuran
  • ukuran standar lapangan squash
  • squash adalah minuman yang berbentuk
  • sayur squash adalah

Post a Comment for "Pengertian Squash : Sejarah, Cara Menghtung Set, Ukuran Lapangan, Peralatan, Peraturan dan Cara Melakukan Servis"