Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Wushu Beserta Jurus yang di Pergunakan Secara Lengkap


Pengertian Wushu

Wushu (武術 atau 武术; Hanzi: wǔshù) secara harafiah berarti "seni bertempur/bela diri". Ini merupakan istilah lain dari kung fu yang lebih dahulu populer, yang berarti "ahli" dalam bidang tertentu, sehingga dalam bela diri sering ada istilah wingchun kungfu, hunggar kungfu dan lain-lain, yang artinya ahli wing chun, ahli hunggar dan sebagainya.


Kata Wushu berasal dari dua kata yaitu “Wu” dan “Shu”. Arti dari kata “Wu” adalah ilmu perang, sedangkan arti kata “Shu” adalah seni. Sehingga Wushu bisa juga diartikan sebagai seni untuk berperang atau seni beladiri (Martial Art). Namun seni perang bukan hanya seni gerak badan, tapi mencakup hal yang lebih luas, yaitu seni menggerakan pasukan, mengatur logistik, mengatur strategi dan sebagainya. Jadi untuk Kata Wushu arti yang paling tepat adalah seni beladiri atau Martial Art.

Di dalam wushu, kita juga mempelajari seni, olahraga, kesehatan, beladiri dan mental. Mempelajari Wushu tidak hanya terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan gerakan fisik dan kekerasan saja, tetapi juga melibatkan pikiran. Mempelajari Wushu berarti kita juga belajar mengolah pernafasan, memahami anatomi tubuh kita, dan juga mempelajari ramuan atau obat-obatan untuk memperkuat tubuh maupun untuk pengobatan. Semua aliran kung fu atau Seni bela diri yang berasal dari China tradisional, baik keras atau lembut dapat disebut Wushu. Wushu keras termasuk tinju selatan Nanquan dan tinju panjang Changquan. Wushu lembut termasuk tinju Taiji, Telapak Baguazhang, dan tinju xingyiquan. Adapun seni beladiri Wushu yang telah dikembangkan oleh etnis China yang menetap di wilayah Asia Tenggara (terutama Indonesia) seringkali disebut dengan istilah Kuntao.


7 macam jurus standarisasi internasional (Wu Shu Jing Sai Tao Lu) yang diperlombakan pada kejuaraan internasional adalah: 
  1. Tinju Utara (Chang Quan/Long fist)
  2. Tinju Selatan ( Nan Quan/Southern fist)
  3. Jurus Golok (Dao Su/Broadsword Play)
  4. Jurus Pedang (Jian Su/Sword Play)
  5. Jurus Toya (Gun Su/Staff Play)
  6. Jurus Tombak (Qiang Su/Spear Play)
  7. Jurus Tai Chi (Tai Chi Quan/ Shadow Boxing) 
 
Pertandingan wushu dibagi menjadi 2 kategori antara lain.

1. Taolu (seni)

Taolu memamerkan gaya berikut: Changquan, Nanquan, Taijiquan, Daoshu. Tidak ada perbedaan kategori taolu pria dan wanita.Taolu melibatkan pola seni bela diri dan manuver yang pesaing dihakimi dan diberikan poin menurut aturan tertentu. Bentuknya terdiri dari gerakan dasar (stances, tendangan, meninju, salto, melompat, menyapu dan melempar) berdasarkan Kategori agregat gaya seni bela diri Cina tradisional dan dapat diubah untuk kompetisi untuk menyorot satu dari kekuatan. Bentuk-bentuk kompetitif memiliki batas waktu yang dapat berkisar dari 20 detik untuk beberapa gaya eksternal untuk lebih dari lima menit untuk gaya internal. Modem wushu pesaing ini semakin melatih di udara teknik seperti 540, 720, dan bahkan 900 derajat melompat dan tendangan untuk menambahkan lebih banyak kesulitan dan gaya untuk mereka bentuk. 

2. Sanda (tarung) 

Kategori sanda pria terbagi menjadi 6 kelas: 
52 kg, 56 kg, 60 kg, 65 kg, 70 kg, 75 kg. 
Kategori wanita hanya terbagi menjadi 2 kelas: 
52kg, 60kg. 

Kadang-kadang disebut juga sanshou atau Lei tai, adalah sebuah metode pertempuran moderen dan olahraga yang dipengaruhi oleh tinju tradisional Cina, metode gulat Cina yang disebut Shuai jiao dan teknik Cina bergulat lain seperti Chin Na. Ia memiliki semua aspek tempur wushu.Sanda muncul seperti Kick boxing atau Muay Thai, tetapi mencakup banyak lagi bergulat Tehnik. Sanda pertempuran kompetisi sering diadakan bersama kompetisi taolu. 
 

Nomor-nomor Pada Taolu 

A. Nomor Tangan Kosong 

1. Changquan (pukulan panjang)

Mengacu pada gaya wushu bergaya/ciri khas panjang, seperti : Chaquan, Huaquan, Hongquan, “banjir tinju” Shaolinquan, tetapi bentuk wushu yang bergaya moderen ini awalnya berasal dari gerakan dan gaya tradisional dari utara; dimana orang-orang utara hidup/tinggal dekat dengan ibukota, dimana kehidupan mereka lebih damai dan aman serta didukung oleh tanah yang subur, sehingga mereka tidak sekuat orang-orang selatan.Gaya Changquan adalah yang paling banyak dilihat dari bentuk wushu, di dalamnya sudah termasuk kecepatan, kelincahan, kegesitan, akurasi, dan fleksibilitas. Selain itu, Changquan atau jurus utara ini menitik beratkan pada tendangan, memiliki serangan panjang dan cepat, teknik loncatan dan putaran yang indah.Gerakan Changquan sulit untuk dilakukan/ dipraktekkan dalam waktu singkat, karena membutuhkan fleksibilitas yang besar dan badan yang atletis. Kebanyakan dari para praktisinya sudah berlatih sejak usia muda. 

2. Nanquan atau tinju selatan

Mengacu pada gaya wushu yang berasal dari China selatan, didalamnya termasuk : 
Hongjiaquan (Hung Gar), Cailifoquan (Choy Li Fut), Yongchunquan (Wing Chun).Gaya Nanquan dikenal dengan pukulannya yang kuat dan keras, gerakan kuda-kuda yang stabil, memiliki posisi sikap badan yang rendah serta gerakan tangan yang rumit dan cepat untuk serangan-serangan jarak dekat. Serangannya efektif dan efisien serta mematikan, didukung oleh teriakan dan gertakan dalam menyerang. Bentuk wushu yang bergaya moderen ini awalnya berasal dari gerakan dan gaya tradisional dari selatan; dimana orang-orang wilayah selatan China tinggal di daerah yang kurang subur dan dekat pelabuhan, sehingga mereka menjalani kehidupan yang keras. 

3. Taijiquan (Tai chi chuan) 

Merupakan gaya wushu dikenal lambat dan gerakannya terlihat santai.Taijiquan sudah ditetapkan sebagai metode latihan untuk lanjut usia, dan kadang dikenal sebagai “Tai chi” di negara Barat atau untuk orang lain sudah terbiasa dengan wushu. Bentuk wushu ini merupakan kombinasi moderen yang didasarkan pada Yang style Taijiquan, juga termasuk gerakan Chen, Wu, dan Sun style. Taiji juga sering disebut sebagai ilmu bayangan. Gerakan-gerakan dari Taiji terkesan lambat, lembut, memutar secara kontinue dan tidak terputus.Permainan jurus Taiji ini sekilas terlihat tidak begitu istimewa, tetapi jika diselami lebih dalam lagi akan terlihat kesempurnaan jurus ini. 

Jurus Taiji merupakan jurus yang susah untuk dimengerti karena memiliki makna dan pengertian yang sangat dalam, ada anggapan bahwa Taiji merupakan ilmu yang paling sempurna. Taiji banyak digunakan untuk latihan kesehatan dan olahraga. 
Dalam ajang Sea Games atau Asian Games, nomor Taijiquan biasanya (dipertandingkan bersama dengan dijumlahkan).


B. Nomor Senjata Pendek


4. Daoshu

Mengacu pada semua golok, gaya wushu yang cocok dengan senjata ini adalah gaya changquan. Sehingga golok dikenal mempunyai karakter permainan yang galak, ganas, pemberani, cepat, bertenaga, tangkas sangat gesit. Gerakannya didominasi oleh bacokan seni tusukan, gerakan menangkis dan menyerang terkombinasi dengan apik. tangan yang tidak memegang golok mempunyai peran sebagai penyeimbang gerakan dan keindahan jurus. 

5. nandao (nandao, atau golok selatan) 

dalam stander wushu, golok pada nomor nandao lebih panjang dan diubah sehingga hanya satu yang digunakan (aslinya sepasang). seperti juga pada toya selatan (nan gun) dan jurus-jurus selatan lainnya, golok selatan juga memiliki gerakan yang galak dan keras, disertai dengan suara teriakan dan gerakan patah-patah dan tegas, cepat, gesit dan bertenaga. 

6. jian (pedang bermata dua) 

mengacu pada semua pedang bermata lurus (straight sword). gaya wushu yang cocok dengan senjata ini adalah gaya changquan. pedang bergerak lembut tetapi tetap terlihat "gentlement". gerakannya mirip burung hong, banyak gerakan memutar, menangkis dan menusuk. gerakan-gerakannya lincah, lembut, gentel dan sangat cepat. penekanan jurus pedang ini terletak pada pergelangan tangan. Jurus pedang terlihat sangat gampang untuk  dimainkan tetapi dilihat dari segi tekniknya pedang adalah jurus yang sangat tinggi tekniknya dan sangat sulit untuk dimainkan. Dalam ajang sea games atau asian games, nomor pedang/jian biasanya dipertandingkan bersama nomor tombak/qiangshu(diperankan oleh seorang atlet, nilainya dijumlahkan).

7. taijijian (pedang taiji)

gaya/ jurus pedang yang dimainkan berdasarkan gaya/ jums taijiquan.sama halnya dengan taijiquan, taijijian juga memiliki karakter yang lembut, mengalir, kontinu, serta tidak terputus.gerakan taijijian tentunya mengadopsi gerakan pedang dimana didalamnya terdapat gerakan memotong, menebas,  dan menusuk.Gerakan taijijian tentunya mengadopsi gerakan pedang dimana didalamnya terdapat gerakan memotong, menebas,  dan menusuk.
 

C. Senjata Panjang


8. Gunshu (Gunshu) 

Senjata tongkat panjang/stick (toya) yang terbuat dari kayu lilin putih. Gaya wushu yang cocok dengan senjata ini adalah gaya Changquan. Toya terkenal sebagai nenek moyang dari segala jenis senjata, karena banyak senjata yang dikembangkan dari toya. Toya merupakan senjata yang populer dan praktis. Karakter gerakan toya adalah gerakan cepat memukul, menotok, menyapu, menangkis, menekan, sontekan ke atas, benenaga. Gerakan toya sering berubah-ubah dengan cepat sehingga cukup membingungkan tetapi gerakannya tampak hidup dan lincah. Gun Shu lebih dominan dimainkan dengan tangan kanan serta lebih banyak main di belakang badan 

9. Nangun (nangun/ Toya selatan) 

Sama seperti Gun/toya, tetapi menggunakan gaya/style Nanquan yang memiliki karakter lebih bertenaga dan keras. Ukuran toyanya biasanya sedikit lebih pendek sedikit dari pada Gun Shu, serta sedikit lebih besar.Karena toya ini merupakan jurus selatan/south style, maka gerakannya tampak patah-patah tetapi keras, bertenaga dan mematikan. Nan Gun lebih dominan dimainkan dengan tangan kanan, serta lebih banyak main di depan badan. Dalam gaya Nangun juga terdapat teriakan yang mengiringi jurus sebagai penambah semangat. 

10. Qiang ( atau tombak) 

Tombak lentur dengan ciri khas rumbai merah yang melekat pada ujung tombak yang terbuat dari besi yang tajam.Ujung tombaknya juga banyak variasi bentuknya. Gaya wushu yang cocok dengan senjata ini adalah gaya Changquan.Jurus Qiang/ tombak ini benumpu pada sisi mata/ ujung tombak yang tajam, berbeda dengan Gun/ Nangun (toya) yang bisa menggunakan kedua sisi.Tombak juga disebut sebagai "raja" dari segala senjata karena bisa mewakili karakter senjata pendek maupun panjang, bisa bergerak seperti toya, gesit seperti pedang, ganas seperti golok. Gerakannya cepat dan gesit, berputar, mematuk ke segala arah seperti ular. Selain untuk menyerang tombak bisa dipakai untuk menangkis, membanting, menekan dan menerobos.
 

D. Nomor Koreografi Grup/ berpasangan 


11. Duilian atau nomor berpasangan/grup dan Jiti 

Pertunjukan gerakan secara grup Duilian atau dual event adalah bentuk pertunjukan koreografi yang berupa tarung/ sparring dengan senjata, tanpa senjata/ tangan kosong, atau bahkan tangan kosong melawan senjata.Duilian biasanya membutuhkan tindakan perancangan/koreografer sebelumnya, dimana sinkronisasi sena kecocokan gerakan sangat penting.Sedangkan Jiti atau grup event, adalah bentuk gerakan jurus yang terkoordinasi, dan dimainkan secara oleh beberapa orang sekaligus (secara berkelompok/ kolektif).Dalam seluruh nomor wushu diatas, biasanya diiringi musik instrumen rekaman, atau sekelompok pemain musik tradisional yang menemani koreografi selama pertunjukan. Karpet yang digunakan dalam pertandingan nomor-nomor berkelompok juga lebih besar dari yang digunakan dalam pertandingan nomor individual. 
 

E. Nomor Tradisional 

Selain kategori modern diatas, ada juga beberapa nomor lainnya yang dipertandingkan secara terbatas, yang dilakukan terpisah dari pertandingan rutin/ wajib, yaitu kategori/ nomor Tradisional. Nomor kategori ini biasanya hanya dilakukan di Tiongkok saja. Beberapa nomor/gerakan tangan kosong yang populer dipertandingkan antara lain : 
  • Baguazhang Eight Trigrams Palm
  • Bajiquan Eight Extremes Fist/Boxing
  • Chaquan Cha Fist/Boxing
  • Huaquan Hua Fist/Boxing
  • Wing Chun (Yongchunquan) Eternal Spring 
Sedangkan nomor/gerakan senjata nya antara lain :
  • Shuangdao- Double Broadsword
  • Shuangjian- Double Straight-Sword
  • Shuanggou- Double Hook-sword
  • Sanjiegun- Three Section Staff
  • Dadao- Great Sword

Penelusuran yang terkait dengan teknik dasar wushu
  • teknik dasar wushu sanshou
  • sejarah wushu
  • nama nama gerakan wushu
  • macam-macam jurus wushu

Post a Comment for "Pengertian Wushu Beserta Jurus yang di Pergunakan Secara Lengkap"