Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Senam Lantai di indonesia dan Dunia Beserta Peraturan Pada Senam Lantai

Sejarah dan peraturan senam lantai

Sejarah Senam Lantai

Senam lantai sendiri sudah di kenal sejak tahun 1912 silam di Indonesia. Yang mana saat itu Belanda masih menjajah, dan senam ini masuk dalam kurikulum sekolah, dan dari situlah masyarakat Indonesia mulai mengenal senam.Senam lantai mulai tersebar di Indonesia pada tahun 1916. Pencetus dari tersebarnya senam lantai di Indonesia adalah Dr. H. F. Dan pada tahun 1918 kursus senam lantai mulai didirikan tepatya di kota Malang. Selain itu Bandung juga bisa di bilang sebagai pelopor tersebarnya senam di Indonesia,  Karena sekolah senam pertama kali didirikan di Bandung.Namun pada tahun 1942 segala aktifitas senam harus terhenti karena pada saat itu Jepang menjajah Indonesia dan melarang semua kegiatan senam. Lalu setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1963, akhirnya Indonesia resmi mendirikan organisasi senam yang di beri nama PERSANI. Organisasi PERSANI dibentuk oleh tokoh- tokoh olah raga Indonesia pada saat itu.Dan Indonesia pertama kali mengikuti perlombaan senam lantai internasional. Perlombaan senam ini dikenal dengan nama GANEFO, dan diikuti oleh negara-negara seperti Rusioa, Cina, Korea, Mesir dan Indonesia.


Penemu Senam Lantai

Senam lantai sudah ada sejak zaman dulu, dan membuat orang-prang sulit memastikan siapa penemu dari olah raga ini.Walau begitu, terdapat beberapa tokoh penting yang menyumbangkan keilmuannya dalam metodologi senam lantai seperti Archange Tuccaro.
Beliau merupakan pemain akrobat yang berasal dari Italia. Selain menjadi atlet, beliau juga merupakan seorang penulis, yang mana salah satu karya tulisnya membuatnya dikenal sebagai Bapak Metodologi Gymnastic.


Sejarah Lengkap Senam Lantai di Dunia

China

Sejarah senam berasal dari negri Yunani, akan tetapi untuk senam lantai sendiri berawal dari negri tirai bambu, yaitu Cina. Para biara-biara Cina kuno sudah mengenal bentuk-bentuk sederhana dari gerakan senam lantai sejak tahun 2700 sebelum masehi.

Awalnya, para biarawan Cina kuno mengenal gerakan tersebut bukan sebagai gerakan senam lantai tetapi suatu gerakan untuk bela diri dan pengobatan. Ctatan peninggalan gerakan sederhana dalam senam lantai terdapat di dalam kitab warisan kong hu cu dan muridnya, kitab tersebut banyak menceritakan gerakan-gerakan sederhana yang bertujuan untuk pengobatan.


India

Ada yang mengatakan senam lantai juga berasal dari india, negara india memang telah lama terkenal dengan negara yang mempunyai gerakan khusus untuk pengobatan dan teknik pernafasan.

Salah satu teknik pengobatan yang banyak dihubungkan dengan gerakan senam lantai adalah yoga, apabila dilihat-lihat gerakan yoga mempunyai banyak kemiripan dengan gerakan yang ada di senam lantai. Salah satu gerakan yang mirip dengan gerakan yoga adalah gerakan kayang yang terdapat dalam yoga juga ada di dalam gerakan senam lantai.

Senam yoga menuntut kelenturan gerakan tubuh dan pengambilan nafas yang dinamis, hal tersebut banyak ditemukan dalam gerakan senam lantai modern pada masa sekarang. Dahulu orang india mempercayai gerakan yoga sebagai suatu gerakan yang dipercaya dapat menyembuhkan rasa sakit dan juga gerakan untuk memuja para dewa dalam kepercayaan yang mereka anut.


Mesir

Sejarah senam lantai juga bisa kita lihat pada piramida yang ada di mesir, banyak piramida-piramdia mesir yang menggambarkan dan menjelaskan tentang senam lantai. Piramida mesir menceritakan suatu gerakan yang dulu dilakukan oleh para nenek moyang mereka. Pada saat itu mereka menceritakan tentang kehidupan mereka dan di dalam cerita tersebut terdapat beberapa gerakan yang jika dilihat-lihat mirip dengan gerakan senam lantai, bahkan beberapa peneliti berpendapat dari gambar yang ada di peramida tersebut bahwa leluhur mereka mengenal gerakan-gerakan yang mirip dengan gerakan yoga di india juga gymnastic jerman kuno yang di dalamnya terdapat gerakan-gerakan sederhana yang ada di senam lantai.

Berdasarkan fakta-fakta yang telah dijelaskan di atas, memberikan kesimpulan bahwa olahraga senam lantai bukan olahraga yang baru ditemukan pada abad ke-20, namun sangat jauh sebelum itu. Pada dasarnya gerakan senam dari waktu ke waktu tidak jauh berbeda, akan tetapi seiring perkembangan zaman, gerakan senam mulai banyak dikembangkan dan dibagi kedalam berbagai jenis, salah satunya adalah senam lantai.


Jenis-Jenis/Macam-Macam Senam


Pada zaman kini ini perkembangan senam aneka macam macam-macamnya, oleh lantaran itu dibatasi aktivitas senam yang dikelola oleh Persatuan Senam Dunia Federation Internasionale de Gimnastique atau disingkat dengan nama FIG. Menurut FIG, senam terbagi atas 6 kelompok. Penjelasannya menyerupai berikut.

1. Senam Artistik (artistik gymnastics)

Senam ini diartikan sebagai senam yang menggabungkan aspek tumbeling dan akrobatik unuk mendapat efek-efek artistik dari gerakan-gerakan yang dilakukan. Efek artistik didapat dari besaran (ampliudo) gerakan serta kesempurnaan gerak dalam mengasai tubuh ketika melaksanakan sebagai posisi. Gerakan-gerakan tumbling digabung dengan akrobatik yang dilaksanakan secara terkontrol, sehingga bisa menawarkan efek mengejutkan yang mengandung rasa keindahan.

2. Senam Ritmik Sportif (sportif rhythmic gymnastics)

Senam ini ialah senam yang dikembangkan dari senam irama sehingga sanggup diperbandingkan.

3. Senam Akrobatik (acrobatc gymnastic)

Senam akrobatik ialah senam yang mengandalkan akrobatik dan tumbling, sehingga latihannya banyak mengandung salto dan putarannya harus mendarat ditempat-tempat yang sulit.

4. Senam Aerobik Sport (sports aerobic)

Senam aerobik sport merupakan senam pengembangan dari senam aerobik. Senam aerobik yang berupa tarian atau kalistenik tertentu digabung dengan gerakan-gerakan akrobatik yang sulit.

5. Senam trampoline (trampolinning)

Senam ini merupakan pengembangan dari satu bentuk latihan yang dilakukan diatas trampoline. Trampoline adalalah sejenis alat pantul yang terbuat dari rajutan kain yang dipasang pada kerangka besi yang bentuknya segi empat, sehingga mempunyai daya pantul yang sangat besar.

6. Senam umum (general gymnastics)

Senam umum ini menyerupai senam-senam aerobik, senam pagi, SKJ, senam perempuan termasuk kedalam senam umum.




Macam – macam peraturan pada senam lantai menurut tingkat kompetisinya :

Peraturan senam lantai pada ( kompetisi I ) :
  • Berkelompok / beregu
  • Setia regu harus beranggotakan 6 orang baik putra atuapun putri
  • Terdiri dari rangkaian wajib dan juga rangkaian pilihan. Untuk putra ada enam alat sedangkan untuk putri ada empat alat.
  • Juara beregu merupakan regu dengan jumlah nilai yang terbanyak.
  • Nilai maksimum untuk putra adalah 12 nomor pertandingan X 50 = 400 ( wajib dan juga pilihan) 4 nomor pertandingan X 50 = 200 ( untuk pilihan ).
  • Nilai maksimum untuk puteri adalah 8 nomor pertandingan x 50 = 400 (wajib dan juga pilihan) 4 nomor
    pertandingan x 50 = 200 (untuk pilihan)
Peraturan senam lantai pada kejuaraan serba bisa ( kompetisi II ) :
  • Peserta atau finalis diambil 36 pesenam terbaik dari hasil kompetisi satu 1
  • Pesenam di batasi hanya dapat 3 pesenam dari 3 negara / daerah
  • Hanya melakukan rangkaian pilihan ( untuk putera 6 alat, sedangkan puteri 4 alat )
  • Juara pada kompetisi 1 wajib dan pilihan , di tambah dengan nilai kompetisi 2 pada semua alat
  • Nilai maksimum putra = 120 sedangkan untuk putri = 80
Peraturan senam lantai, kejuaraan perorangan per alat ( Kompetisi III ) :
  • Finalis di ambil 8 pesenam dari hasil terbaik pada kompetisi 1 pada alat yang di gunakan.
  • Pesenam dibatasi, hanya 2 pesenam yang dapt ikut dari tiap Negara / daerah dan hanya 3 alat yang boleh di ikuti.
  • Putera 6 alat sedangkan putri 4 alat
  • Juara perorangan per alat merupakan pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari kompetisi 1 di tambah dengan kompetisi 3
Ukuran alat yang di perbolehkan pada perlombaan senam lantai :
Ukuran alat senam lantai untuk putera :
  • Floor exercise ( lantai ) dengan ukuran 12 x 12m
  • Pommel horse ( kuda – kuda pelana ) dengan ukuran panjang 1,60m tinggi 1,10m
  • Rings ( gelang – gelang ) dengan ukurang tinggi 2,55m dan jarak 0,50m
  • Horse vault ( kuda – kuda lompat ) dengan ukuran panjang 1,60m dan tinggi 1,35m
  • Parllelber ( palang sejajar ) dengan ukuran panjang 3,50m jarak 0,48 – 0,52m dan tinggi 1,75m
  • Horizontal bar ( palang tunggal ) dengan ukuran panjang 2,40 dan tinggi 2,55m
Ukuran alat senam lantai untuk puteri :
  • Horse vault ( kuda – kuda lompat ) dengan ukuran panjang 1,60m tinggi 1,20m
  • Uneven bars ( palang bertingkat ) dengan ukuran panjang 2,40m, tinggi palang bawah 1,50 dan tinggi palang bagian atas 2,30m
  • Balance beam ( balok keseimbangan ) dengan ukuran panjang 5,00m dan tinggi 1,20m
  • Floor exercise ( lantai ) dengan ukuran 12 x 12m

Demikian Penjelasan Tentang Sejarah Senam Lantai di indonesia dan Dunia Beserta Peraturan Pada Senam Lantai Semoga Bermanfaat.


Penelusuran yang terkait dengan peraturan senam lantai
  • peraturan senam lantai brainly
  • teknik senam lantai
  • tujuan senam lantai
  • sejarah senam lantai
  • jenis jenis senam lantai
  • teknik dasar senam lantai
  • gerakan senam lantai
  • peraturan senam irama
  • manfaat senam lantai
  • macam-macam senam lantai
  • alat senam lantai
  • induk organisasi senam lantai

Post a Comment for "Sejarah Senam Lantai di indonesia dan Dunia Beserta Peraturan Pada Senam Lantai"