Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Berita Meliputi Syarat, Jenis, Unsur Dan Contoh Berita [ LENGKAP ]

Pengertian Berita Dan Ciri-Ciri Berita Yang Baik

Pengertian Berita

Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.Laporan berita merupakan tugas profesi wartawan, saat berita dilaporkan oleh wartawan laporan tersebut menjadi fakta / ide terkini yang dipilih secara sengaja oleh redaksi pemberitaan / media untuk disiarkan dengan anggapan bahwa berita yang terpilih dapat menarik khalayak banyak karena mengandung unsur-unsur berita.
Stasiun televisi biasanya memiliki acara berita atau menayangkan berita sepanjang waktu. Kebutuhan akan berita ada dalam masyarakat, baik yang melek huruf maupun yang buta huruf.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu berita, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Dean M. Lyle Spencer

Menurut Dean M. Lyle Spencer, pengertian berita adalah kenyataan atau ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembacanya.

2. Mickhel V. Charniey

Menurut Mickhel V. Charniey (Romli, 2009:5), pengertian berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka.

3. Willard C. Bleyer

Menurut Willard C. Bleyer (Romli, 2009:35), berita adalah informasi terkini yang di pilih oleh wartawan untuk dimuat dalam suatu media sehingga menarik minat bagi pembaca.

4. William S Maulsby

Menurut William S Maulsby, pengertian berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.

5. J.B. Wahyudi

Menurut J.B. Wahyudi, arti berita adalah suatu laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memilki nilai penting, menarik bagi sebagian khalayak, masih baru, dan dipublikasikan melalui media massa periodik.

6. Amak Syarifuddin

Menurut Amak Syarifuddin, berita adalah suatu laporan kejadian yang ditimbulkan sebagai bahan yang menarik perhatian publik media massa.

Syarat Berita

Berdasarkan pengertian berita di atas, dapat disimpulkan syarat berita adalah sebagai berikut :
  • Pengertian Berita Merupakan fakta, berita haruslah berdasarkan kejadian atau peristiwa yang benar-benar nyata
  • Terkini, artinya jarak penyiaran berita dengan waktu kejadian tidak telalu jauh
  • Seimbang, artinya berita harus ditulis dan disampaikan dengan seimbang, tidak memihak kepada salah satu pihak.
  • Lengkap, berita haruslah memenuhi unsur-unsur berita sebagaimana akan kita bahas di bawah ini.
  • Menarik, artinya berita harus mampu menarik minat pembaca atau pendengarnya. Berita dapat dikatakan menarik bila bermanfaat bagi pembaca atau pendengarnya, berkaitan dengan tokoh terkenal, berkaitan dengan kejadian penting, humor, aneh, luar biasa atau bersifat konflik.
  • Sistematis, berita seharusnya disusun secara sistematis, urutannya jelas sehingga pembaca tidak kebingungan dalam menangkap isi berita.

Sifat Berita

  1. Aktual (baru). Hal-hal yang baru lebih memiliki nilai berita dibandingkan hal-hal yang terjadi sudah lama.
  2. Jarak (jauh/ dekat). Khalayak lebih tertarik akan kejadian yang terjadi di sekitar mereka dibandingkan dengan kejadian di tempat yang lebih jauh.
  3. Penting. Sesuatu menjadi berita saat dianggap penting, karena berpengaruh pada kehidupan langsung, contoh: UU larangan merokok.
  4. Akibat. Sesuatu menjadi berita karena memiliki dampak yang besar, contoh: penayangan film Fitna di situs YouTube.
  5. Pertentangan/ konflik.
  6. Seks. Contohnya seperti perceraian, perselingkuhan, dan lain sebagainya
  7. Ketegangan. Contohnya seperti saat-saat pelantikan presiden.
  8. Kemajuan-kemajuan. Inovasi baru atau perubahan.
  9. Emosi, segala sesuatu yang apabila dikabarkan akan membuat marah, sedih, kecewa. Contohnya: pemberitaan tentang bayi baru lahir yang ditemukan di tempat sampah.
  10. Humor.


Jenis-Jenis Berita

Adapun beberapa jenis berita dalam jurnalistik menurut pengartiannya yang ada sekarang ini, diantarayaadalah:

1. Straight News

Merupakan berita langsung, ditulis secara singkat, lugas dan apa adanya. Umumnya sebagian besar dalam bagian halaman depan surat kabar berisi berita seperti ini. Jenis dari berita straight news dibagi menjadi 2 macam, yang diantaranya:
  • Hard news : Merupakan berita yang memiliki nilai lebih, berkualitas dan ter-update. Karena sifatsangat penting maka harus segera disampaikan dan diketauhi oleh masyarakat. Biasanya berita bersifat khusus atau mengenai peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba.
  • Soft news : Merupakan berita pendukung, berita yang ringan dan nilai beritanya di bawah hard news.

2. Depth news

Merupakan berita yang mendalam, beritanya ini dikembangkan secara mendalam dan tujuannya untuk mengangkat permasalahan secara lebih mendalam agar mendapatkan lebih banyak informasi.

3. Investigation news

berita investigasi (Bitcoin Magazine)
Investigasi news merupakan berita yang dikembangkan berdasarkan sebuah penelitian ataupun penyelidikan yang dilakukan dari berbagai sumber. Berita ini hampir mirip dengan depth news, bedanya adalah padadepth news hanya melaporkan peristiwa yangterjadi secara mendalam saja.

4. Interpretative News

Merupakan berita yang dikembangkan dengan pendapat maupun penelitian yang dilakukan oleh penulisnya.

5. Opinion news

Merupakan berita tentang pendapat seseorang. Misalnya pendapat mahasiswa, pejabat, para ahli mengenai suatu kejadian atau peristiwa.


Ciri-Ciri berita yang baik

Beberapa ciri dari berita yang baik, diantaranya adalah:
  • Menarik perhatian
  • Terkini atau aktual
  • Dipercaya
  • Jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana

Unsur-unsur yang Harus Ada dalam Berita

Berita itu mengandung berbagai unsur-unsur penting yang harus terdapat di dalamnya. Unsur-unsur tersebut adalah adalah 5W + 1H, penjelasannya dibawah ini :
  • What, yakni berita itu harus memuat informasi mengenai/tentang apa yang sedang terjadi.
  • Who, yakni berita itu harus memuat informasi mengenai/tentang siapa saja yang terlibat dalam kejadian yang diberitakan.
  • Why, yakni berita itu harus memuat informasi mengenai/tentang alasan/latar belakang kejadian yang diberitakan.
  • When, yakni berita itu harus memuat informasi mengenai/tentang kapan kejadian yang diberitakan terjadi.
  • Where, yakni berita itu harus memuat informasi mengenai/tentang lokasi kejadian.
  • How, yakni berita itu harus memuat mengenai/tentang bagaimana kejadian yang diberitakan tersebut bisa terjadi.


Bagian Berita

Setelah mempelajari beberapa penjelasan mengenai pengertian berita dan juga jenis-jenis berita, yang perlu dipelajari selanjutnya adalah bagian berita. Agar menjadi sebuah berita yang dapat disampaikan kepada masyarakat, dalam berita terdapat bagian-bagian yang menyusun berita tersebut. Berikut adalah beberapa bagian-bagian berita

1. Headline

Bagian berita yang satu ini juga dapat disebut dengan judul, kemudian dalam berita juga dilengkapi dengan anak judul. Hal tersebut mempunyai tujuan untuk memudahkan para pembaca berita, supaya nantinya si pembaca paham atas peristiwa atau kejadian yang diberitakan. Biasanya di dalam berita juga terdapat sebuah dukungan berupa gambar supaya lebih menarik.

2. Deadline

Pada umumnya deadline terdiri atas nama media masa, tempat terjadinya peristiwa dan tanggal terjadinya peristiwa. Bagian ini memiliki tujuan yaitu untuk menunjukan tempat terjadinya peristiwa kepada masyarakat. Selain itu tujuan dari bagian ini juga untuk menampilkan media masa yang menyampaikan berita.

3. Lead

Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah berita. Karena bagian inilah yang nantinya akan menentukan berita ini akan dibaca oleh masyarakat atau tidak. Dengan kata lain bagian ini adalah inti dari sebuah berita. Bagian ini memiliki fungsi yaitu untuk menggambarkan seluruh isi berita secara ringkas.

4. Body

Bagian ini merupakan tubuh dari sebuah berita. Isi dari bagian ini adalah kejadian yang dilaporkan secara singkat, padat dan jelas. Dengan penulisan berita yang singkat, padan dan juga jelas maka pembaca akan mudah menangpak isi dari tubuh berita ini. Body juga dapat diartikan sebagai bagian dari perkembangan sebuah berita.

Metode Penulisan Berita

Piramida terbalik ialah struktur penulisan yang penyajiannya dibuat dengan tulisan yang umum yang ditulis oleh seorang penulis maupun wartawan. Menggunakan metode piramida terbalik mempunyai maksud agar yang membaca berita bisa dengan segera mendapat inti dari berita tersebut dapat diketahui.
Pada zaman sekarang yang serba cepat tentunya berita juga harus mengedepankan inti informasi agar bisa dengan cepat diketahui orang yang membacanya.
Di dalam berita online sekarang ini banyak yang menggunakan struktur piramida terbalik yaitu inti informasi di taruh pada paling atas atau awal paragraf kemudian di tunjang dengan informasi informasi pendukung.
Bagi pembaca sekarang ini, struktur piramida terbalik dapat memudahkan pembaca mengetahui inti dari berita tersebut. karena pembaca berita terutama anak muda suka ingin mengetahui lebih cepat dan akan jenuh apabila inti berita tidak segera di berikan.


Contoh Teks Berita Singkat Tentang Banjir


Contoh yang pertama adalah teks berita tentang kejadian banjir di sebuah daerah. Dalam teks berita tersebut di dalamnya akan turut dijelaskan tentang kapan, dimana, siapa korbannya,serta  bagaimana kejadiannya. Berikut teks berita dengan judul “Kali Brantas Meluap, 2 Desa Terendam Banjir Hampir 3 Meter”.
Peristiwa banjir bandang akhirnya terjadi lagi. Kali ini menimpa beberapa desa di daerah sekitar kali Brantas. Banjir bandang tersebut diduga disebabkan karena intensitas hujan yang turun deras mulai jam 20.00 WIB hingga 06.00 WIB. Setidaknya sudah 2 desa yang terendam akibat kejadian ini.
Diantara warga korban yang rumahnya tergenang air, sudah mulai mengungsi ke kampung sebelah. Diperkirakan karena kejadian ini ada sekitar 165 kepala keluarga terpaksa kehilangan tempat tinggalnya. Pemerintah juga sudah tanggap dengan memberikan bantuan yang diperlukan. Seperti air bersih, makanan, minuman, pakaian, serta obat-obatan.
Menurut catatan, sebelumnya juga pernah terjadi banjir di wilayah ini tepatnya sekitar 3 tahun yang lalu. Namun diperkirakan, banjir bandang kali ini jauh lebih besar daripada tahun sebelumnya. Dugaan sementara, kejadian ini akibat dari masyarakat kali Brantas sendiri yang membuang sampah sembarangan di sekitaran kali Brantas.
Hal ini lah yang kemudian membuat banjir bandang datang menimpa daerah tersebut. Apalagi saat seperti ini ketika musim hujan datang.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan 


Teks berita ada juga yang menerangkan tentang peristiwa kecelakaan. Seperti contoh di bawah ini tentang kecelakaan yang terjadi jalan Tol Cipali yang diduga karena rem blong. Dalam teks berita ini akan dijelaskan secara cukup terperinci tentang kejadian tersebut. Simak uraian selengkapnya berikut ini
Telah terjadi peristiwa kecelakaan sekitar dini hari tadi tanggal 5 mei 2015 tepatnya di Jalan Tol Cipali. Kecelakaan ini melibatkan sebuah mobil mewah yang dikemudikan oleh seorang anak di bawah umur. Pengendara ditengarai bernama Bagus. Dirinya diduga mengemudikan mobil dengan kecepatan diatas 130 KM/jam.
Mobil bernomor polisi B 5643 itu terlihat oleh cctv menabrak pembatas jalan. Kejadian ini diduga karena rem mobil blong. Untungnya, mobil Ferrari hitam itu tidak sampai membuat kecelakaan yang hebat. Hal tersebut karena saat kejadian tol dalam keadaan sepi dan kebetulan sudah dini hari.
Kecelakaan yang bisa dikategorikan tunggal  tersebut juga tidak sampai merenggut korban jiwa. Hanya saja, bagus si pengendara mobil terlihat mengalami luka berat. Hingga saat ini dirinya masih dirawat intensif di salah satu rumah sakit terdekat.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kebakaran


Kejadian kebakaran juga sering menjadi topic beberapa teks berita. Seperti contoh teks berita di bawah ini yang membahas tentang kejadian kebakaran di sebuah rumah. Diduga kejadian tersebut akibat meletakkan lilin yang kurang berhati-hati. Simak contoh paragraf berita ini dengan judul “Diduga karena lilin, rumah habis dilalap si jago merah”.
Kejadian tak terduga terjadi di salah satu perumahan Griya Suci Permai di Gresik kemarin malam sekitar pukul 21.00 WIB. Rumah milik keluarga Pak Agus tersebut kini habis tak bersisa akibat kebakaran. Diduga peristiwa itu terjadi akibat salah satu penghuni rumah yang kurang berhati-hati meletakkan lilin.
Siska, anak pak Agus mengaku jika dirinya sempat menaruh lilin di atas lemari kayu di kamarnya. Sesaat sebelum dirinya pergi menginap ke rumah saudaranya. Untungnya tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Pemilik rumah, Pak Agus saat itu sedang pergi tahlillan ke rumah tetangga perumahan. Sang anak siska sedang menginap ke rumah saudara mereka.
Sementara istri pak Agus sendiri sedang pulang ke kampung halamannya. Namun pemilik rumah ditafsir menderita kerugian ratusan juta rupiah akibat kejadian ini. Termasuk ikut terbakarnya sejumlah dokumen penting. Yaitu akta kelahiran, ijazah, serta beberapa surat-surat penting lainnya.


Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian berita, ciri-ciri, syarat, unsur, serta beberapa jenis berita. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Berita
  • pengertian berita menurut para ahli
  • pengertian berita dan unsur unsurnya
  • pengertian berita brainly
  • pengertian berita olahraga
  • pengertian berita utama
  • jelaskan pengertian berita menurut j.b. wahyudi
  • ciri-ciri berita
  • pengertian berita dan contohnya

Post a Comment for "Pengertian Berita Meliputi Syarat, Jenis, Unsur Dan Contoh Berita [ LENGKAP ]"