Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Game Online Meliputi Sejarah, Jenis, dan dampak Positi Negatif Nya

Pengertian Game Online, Sejarah, Hingga Jenisnya

 Pengertian Game Online

Game dapat diartikan sebagai hiburan, tapi istilah game saat ini sering diartikan dengan video game hal ini Karena semakin pesatnya perkembangan teknologi. Dalam game seorang pemain menggunakan kelincahan intelektualnya pada arena permainan untuk membuat keputusan dan menunjukan aksi permainannya, tentu pemain memiliki target yang ingin dicapai dalam video game yang dimainkannya.
Sementara itu pengertian game online adalah video game yang dapat dimainkan jika perangkat (Komputer, smartphone, tablet, dan konsol game) terhubung ke jaringan Internet. Jadi jika seseorang ingin bermain game maka perangkatnya harus terhubung ke internet kalu tidak kemungkinan besar tidak bisa bermain. Tujuan dibuatnya game online tentunya untuk menghasilkan uang bagi pengembangnya, dan sebagai kepuasan tersendiri bagi para pemain karena bisa bermain dengan banyak orang di seluruh dunia. Dengan bermain video game secara online maka seorang pemain dapat bermain dan terhubung dengan pemain lain dengan begiitu mereka saling berinteraksi dalam bentuk video game.


Sejarah Game Online

Perkembangan game online tentu tidak lepas dari perkembangan tren teknologi itu sendiri. Game online yang saat ini kita kenal telah jauh berbeda dengan ketika game online diperkenalkan pada pertama kalinya. Pada awal kemunculannya, game online hanya dapat menyambungkan 2 orang saja untuk bermain game secara bersama – sama.
Hal ini berkembang dengan kehadiran LAN, WAN, bahkan internet. Lalu munculah game online dengan kemampuan real time sharing sehingga banyak pemain bisa bermain secara bersamaan. Game online yang populer adalah game dengan tema perang atau pesawat yang seringkali digunakan untuk kepentingan militer yang akhirnya dikomersialkan karena sudah tidak up to date.
Anda yang merupakan gamer sejati tentu telah mengenal game online yang bernama TANTRA, RAGNAROK, SEAL, atau DOTA 2. Ini adalah permainan yang mengawali demam game online di Indonesia.

Perkembangan Game Online di Indonesia

Game Online diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1999 dengan kehadiran Counter Strike. Game bertemakan perang kelompok bersenjata ini dengan cepat menjadi populer di seluruh dunia. Hampir semua warnet menginstall permainan ini pada setiap unit komputernya.
Dikutip dari kuyngegaming.com, tercatat ratusan judul game online yang telah beredar di dunia. Sebut saja Clash Of Clan (COC), PUBG Mobile, Chess Rush, bahkan Mobile Legends. Ini menandakan betapa besarnya antusiasme para game di Indonesia.
 ,

 Jenis - Jenis Game Online

1. Real Time Strategi (RTS)

Real Time Strategi atau sering disingkat RTS adalah jenis game peperangan yang biasanya meminta pemainnya untuk mengatur strategi yang baik untuk memenangkan permainan. Dalam game tersebut Anda sebagai seorang pemain harus mampu mengelola sebuah negara atau tim yang Anda pilih, baik SDM-nya, SDA-nya, perekonomiannya, pemerintahannya, dan masih banyak lagi.
Dalam game ini Anda diharapkan dapat mengambil keputusan yang bijak agar Negara yang Anda pimpin bisa lebih maju daripada yang sebelumnya. Keputusan yang Anda ambil akan menentukan kemajuan dari negara atau tim yang Anda pimpin. Contoh dari game RTS adalah Age of Empire, Rise of Nations, dan Warcraft.

2. First Person Shooter (FPS)

First person shooter atau dikenal dengan singkatan FPS adalah jenis game online yang berhubungan dengan tembak-menembak dengan sudut pandang orang pertama. Dalam permainan ini Anda bisa memilih sendiri karakter yang ingin Anda mainkan karena setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menembak.
Tentunya, dalam game online ini Anda tidak bermain sendiri meskipun Anda tidak bisa bertatap muka dengan lawan main Anda secara langsung. Biasanya, game ini memiliki tema melumpuhkan penjahat atau melumpuhkan tim yang lain. Contoh dari game FPS adalah Point Blank, Duke Nuke 3D, Quake Blood, dan Perfect Dark.

3. Role Playing Game (RPG)

Role playing game adalah jenis permainan online yang memiliki karakter-karakter khayalan yang tentunya hanya ada dalam sebuah dongeng belaka. Di sini para pencinta game RPG bisa memilih sendiri karakter yang ingin dimainkannya. Permainan game online tersebut dikatakan berhasil jika Anda bisa mengikuti alur cerita dengan baik dan bisa memerankan karakter tersebut dengan baik.
Ada 2 jenis RPG yang dikenal di dunia maya, yaitu LARP (Live Action Role Playing) dan MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Game Playing). Contoh dari jenis game online RPG adalah The Lord of The Rings Online, Final Fantasy, dan Ragnarok.

4. Life Simulation Game

Jenis game online yang dikenal dengan Life Simulation Game ini adalah permainan yang memiliki karakter yang dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan manusia di dunia nyata. Dalam game ini Anda harus mengendalikan karakternya untuk melakukan hal-hal seperti manusia seperti belajar, berbelanja, berinteraksi, bekerja, dan masih banyak lagi.

Tentunya, Anda juga memiliki lawan main yang berasal dari komputer yang berbeda dan mungkin menjadi tetangga di dunia virtual tersebut. Agar anda bisa menguasai game ini dengan baik, cobalah melakukan kegiatan karakter sesuai perintah yang diberikan. Contoh dari life simulation game di antaranya adalah SimLife dan Second Life.

5. Vehicle Simulation

Vehicle simulation adalah game yang mengharuskan pemainnya untuk bisa mengoperasikan kendaraan, baik kendaraan darat, air, maupun laut seperti versi aslinya. Secara tidak langsung pemain harus mengerti versi kendaraan aslinya agar ia dapat mengoperasikan kendaraannya dengan sempurna. Contoh dari game Vehicle Simulation adalah Flight Gear, Tram, dan Orbiter.

6. Game Aksi (Action)

Game aksi adalah salah satu jenis game yang membutuhkan ketangkasan dari orang yang memainkan game ini. Tentunya, daya reflek juga sangat dibutuhkan agar karakter yang dimainkannya dapat memenangkan pertandingan. Biasanya dalam game ini Anda diharuskan untuk memainkan sebuah karakter yang sedang menjalankan sebuah misi tertentu.
Dalam sebuah misi Anda biasanya harus melewati berbagai macam rintangan yang ada di dalamnya. Selain itu, Anda juga biasanya harus mengalahkan musuh atau menyelamatkan karakter lain. Dengan begitu, ketangkasan dan reflek dari pemain sangat dibutuhkan untuk memenangkan game ini.

7. Game Petualangan (Adventure)

Ketika Anda memilih game petualangan untuk dimainkan, maka secara tidak langsung Anda akan melakukan petualangan di dunia maya. Dalam memainkan game online yang sifatnya petualangan, tokoh yang Anda mainkan tentunya adalah tokoh-tokoh khayalan yang biasanya terdapat pada film yang ada di TV ataupun bioskop.

Jenis game petualangan ini biasanya mengambil tema memecahkan sebuah misteri atau kasus, memburu harta karun, serta menyelamatkan karakter lain. Tentunya Anda akan merasa menjadi petualang sejati ketika memainkan game ini.  Jadi bagi anda yang suka berpetualang di dunia nyata, tak ada salahnya anda mencoba jenis permainan online ini.

8. Game Aksi Petualangan

Mungkin tadi Anda sudah mengetahui jenis game aksi dan game petualangan. Namun, apa jadinya jika kedua jenis game ini dipadukan menjadi satu jenis game yang sedikit berbeda. Game aksi petualangan biasanya mengharuskan Anda untuk memainkan sebuah tokoh karakter yang sedang menguak sebuah misteri atau mencari solusi dari masalah yang dihadapinya.


Dampak Positif Pengaruh Game Online


  • Menambah Aktivitas Otak
Salah satu dampak positif game online yang bisa Anda rasakan yaitu menambah dan mengasah aktivitas otak. Tentu saja, pada setiap permainan dibutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat fokus mencapai skor tertinggi. Selain itu, sambil menyelesaikan misi dibutuhkan strategi tepat sehingga memaksa otak Anda untuk mencari inovasi agar dapat menang melawan musuh. 
  • Melatih Rasa Kesportifan Terhadap Lawan
Pengaruh game online selanjutnya yaitu dapat melatih rasa sportifan pada lawan. Hal ini dapat membuat Anda lebih siap menerima kekalahan tanpa rasa putus asa ataupun kemenangan dengan rendah hati. Cara seperti ini dapat membuat Anda bermain lebih jujur mengikuti aturan yang berlaku. 
Biasanya permainan olahraga online ini tidak hanya dipelajari oleh para orang dewasa saja, namun anak-anak hingga remaja pun bisa mengerti makna dari bermain game online. Permainan online memang dapat dimainkan oleh hampir segala usia namun pastikan Anda juga mengawasi anak-anak agar tidak berlebihan dalam memainkannya.  
  • Mengasah Kemampuan Kerja sebagai Tim 
Di dalam area permainan online seringkali dibutuhkan kerjasama tim untuk mendapatkan sebuah kemenangan dan bonus. Oleh karena itu, Anda pun akan dilatih agar terbiasa berkomunikasi aktif bersama tim untuk saling membantu dan mendukung. 
Komunikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur strategi antar pemain agar semakin kompak melawan musuh.  Hal ini sangat penting supaya kemenangan lebih mudah diperoleh. 
  • Membiasakan Diri dengan Lebih dari Satu Aktivitas
Agar dapat mencapai kesuksesan dalam bermain game online, dibutuhkan keahlian yang baik. Oleh karena itu, Anda membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat melakukan hal tersebut. Kebiasaan tersebut dapat menghasilkan dampak positif game online yaitu terbiasa melakukan lebih dari satu kegiatan secara bersamaan. 
  • Menghibur Diri dengan Aktivitas Berbeda
Berbagai aktivitas yang kita hadapi memang seringkali menimbulkan rasa bosan. Perasaan seperti itu dapat mempengaruhi menurunnya kinerja seseorang baik anak-anak di sekolah hingga orang dewasa yang sudah bekerja. Jadi, mulailah mencari aktivitas berbeda seperti bermain game online untuk menghibur diri dan mengembalikan semangat.


Dampak Negatif Pengaruh Game Online

Salah satu dampak negatif yang diakibatkan dari game online yaitu: 
  • Menimbulkan efek ketagihan, 
  • Membuat orang terisolir dari kehidupan disekitarnya, 
  • Membuat orang menjadi malas, Mengganggu kesehatan, 
  • Menimbulkan masalah psikologis apabila terlalu dipikirkan,
  • kurang tidur, dll.

Demikian pengertian game online dilengkapi dengan jenisnya, semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan. Jika ditemukan kesalahan dalam pembahasan di atas mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Game Online
  • pengertian game online dan dampaknya
  • pengertian game online brainly
  • jenis-jenis game online
  • dampak positif game online
  • pengaruh game online
  • kerangka teori game online
  • tujuan game online
  • konsumsi game online oleh pelajar

Post a Comment for " Pengertian Game Online Meliputi Sejarah, Jenis, dan dampak Positi Negatif Nya"