Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Vendor Beserta Fungsi, Tugas, dan Jenis Vendor Secara Lengkap

Arti Vendor serta Fungsi, Tugas, Tanggung Jawab, dan Jenisnya

Apa arti Vendor / Supplier

Arti vendor adalah Pihak yang menyediakan bahan ataupun jasa untuk memenuhi keperluan bisnis. Atau vendor bisa merupakan suatu perusahaan, lembaga, ataupun perorangan yang menyediakan bahan baku maupun jasa yang dapat diolah kembali untuk kepentingan bisnis. Bahan-bahan yang disediakan oleh pihak vendor sendiri tentu dibutuhkan oleh perusahaan lain terutama untuk proses produksi. Vendor juga tidak hanya menyediakan bahan baku saja, ada juga yang melakukan penyuplaian barang setengah jadi hingga yang menjual jasa yang sangat diperlukan perusahaan.
Contohnya sepeti perusahaan yang ingin memproduksi mesin jahit, tentu untuk membuat suatu mesin jahit dibutuhkan berbagai macam komponen. Misalnya perusahaan tersebut membutuhkan dinamo dengan spesifikasi tertentu, lalu memesan kepada vendor unuk dibuatkan dinamo yang sesuai dengan yang diinginkan.
Dengan demikian fungsi vendor yaitu untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau perusahaan bahwa barang atupun jasa yang dibutuhkan bisa terpenuhi sebaik mungkin.


Baca Juga: Pengertian Game Online Meliputi Sejarah, Jenis, dan dampak Positi Negatif Nya

Fungsi Vendor

Mengacu pada arti vendor yang sudah  dijelaskan di atas, fungsi vendor merupakan sebagai pihak yang memastikan tersedianya barang atau juga jasa yang dibutuhkan sebuah perusahaan untuk kegiatan atau aktivitas operasionalnya.Dengan kata lain, sebuah perusahaan membutuhkan vendor pada saat bahan baku atau juga pekerjaan tertentu tidak dapat disediakan sendiri sehingga membutuhkan pihak lain untuk menyediakannnya. Produk yang dibeli dari vendor itu dapat berupa bahan baku, bahan penolong, barang setengah jadi, atau jasa untuk dapat melakukan pekerjaan tertentu.

Keberadaan vendor tersebut sangat penting untuk kelancaran operasional suatu bisnis. Itulah sebabnya mengapa tiap-tiap perusahaan senantiasa memperhatikan serta juga mengawasi kualitas kerja vendor yang menjadi rekanannya.Tiap-tiap permasalahan yang terjadi pada vendor akan berdampak pada perusahaan rekanannya. Contohnya; masalah distribusi akan berdampak pada ketepatan waktu pengiriman, berdampak pada kualitas bahan, berdampak pada kualitas produk yang dihasilkan, serta lain sebagainya.


Tugas dan Tanggung Jawab Vendor

Pada dasarnya tugas vendor adalah memastikan bahwa kebutuhan barang atau jasa suatu perusahaan dapat tersedia dengan baik. Sesuai dengan arti vendor yang telah dijelaskan di atas, adapun tugas-tugas vendor adalah sebagai berikut:
  • Memenuhi setiap permintaan dari perusahaan yang menjadi rekanannya sesuai dengan kesepakatan.
  • Memastikan setiap produk (barang atau jasa) yang dijual kepada konsumennya adalah produk yang berkualitas.
  • Memastikan pengiriman barang/ jasa sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.
  • Memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang bersaing kepada konsumennya.

Arti Vendor dan Jenis-Jenisnya

Vendor dapat dibedakan berdasarkan jenis produk yang dijual, yaitu barang dan jasa. Ada vendor yang khusus menjual produk berbentuk bahan baku, barang setengah jadi, dan bahan pendukung. Ada juga vendor yang khusus menjual produk berbentuk jasa.

1. Vendor Penyedia Barang

Vendor penyedia barang adalah lembaga atau perorangan yang menjual produk berupa barang kepada suatu perusahaan guna mendukung operasional perusahaan tersebut.
Contoh; Sebuah pabrik kain membutuhkan mesin-mesin yang dapat menghasilkan kain. Maka pabrik kain tersebut akan mencari vendor yang menjual mesin penghasil kain.

2. Vendor Penyedia Jasa

Vendor penyedia jasa adalah lembaga atau perorangan yang menjual jasa dalam bentuk keahlian tertentu kepada perusahaan lain.
Contoh; Perusahaan kain membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan kain hasil produksinya ke perusahaan ritel. Maka perusahaan kain tersebut akan bekerjasama dengan vendor yang memiliki spesialisasi dalam pengiriman barang.



Kesimpulan Pembahasan
Dari pembahasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa arti vendor adalah pihak yang menyediakan bahan baku ataupun jasa untuk kebutuhan bisnis, vendor bisa berupa perusahaan, lembaga, ataupun perorangan.
Vendor sangat dibutuhkan untuk memasok kebutuhan bahan baku demi memenuhi kebutuhan produksi, jika kebutuhan akan bahan ataupun jasa terpenuhi maka bisnis dapat berjalan dengan lancar.
Tapi jika ada permasalahan pada Vendor maka efeknya akan langsung berakibat pada perusahaan lain yang menjadi rekan bisnisnya. Jadi supaya produksi dapat berjalan dengan baik maka harus memilih vendor yang benar-benar tepat.

Baca Juga: Senam Lantai Lengkap Gambar ,Gerakan dan Ukuran Lapangan Lengkap

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti vendor, fungsi, tugas, dan jenis vendor secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Penelusuran yang terkait dengan Vendor
  • contoh vendor
  • vendor adalah wikipedia
  • vendor pernikahan adalah
  • perbedaan vendor dan tender
  • apa itu vendor procurement
  • kerja di vendor
  • bisnis vendor
  • contoh data vendor

Post a Comment for "Pengertian Vendor Beserta Fungsi, Tugas, dan Jenis Vendor Secara Lengkap"