Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Wirausaha Meliputi Ciri, Tujuan, Keuntungan Dan Kelemahan Wirausaha Secara Lengkap

Pengertian Wirausaha Secara Umum dan Menurut Para Ahli Via: Ilmuperhotelan.my.id

Pengertian  Wirausaha

Yang dimaksud dengan wirausaha adalah kemampuan seseorang untuk berdiri sendiri dalam melihat dan mengejar peluang bisnis, lalu menyatukan berbagai sumber daya untuk mengambil keputusan yang tentunya untuk mendapatkan keuntungan sehingga tercapai keberhasilan.
Seorang wirusahawan harus kreatif, inovatif, bekerja keras, mempunyai kemauan dan berjiwa pemimpin. Tapi semuanya itu tidak slalu harus dimiliki, kemauan dan kerja keras dapat menjadi salah satu modal untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Jika dalam bahasa Inggris wirausaha disebut Entrepreneur, diartikan sebagai orang yang mempunyai bakat dalam menilai nilai jual suatu produk. Tentunya untuk berwirausaha harus berani mengambil resiko.

Pengertian Wirausaha Secara Etimologi

Etimologi kata wirausaha adalah berasal dari kata “wira” dan “usaha”. “Wira” berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Kata “wira” juga digunakan dalam kata “perwira”. Sedangkan “usaha” berarti “perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan”. Jadi, secara etimologis/harfiah, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.

Pengertian Wirausaha Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Selain pengertian wirausaha secara umum, para ahli dan pakar memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu wirausaha.Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini pengertian wirausaha menurut para ahli secara lengkap,
  • Menurut Richard Cantillon (1755) Entrepreneurial is an innovator and individual developing something unique and new (wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru). 
  • Menurut J.B Say (1803) Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi. 
  • Menurut Dan Stein dan Jhon F.Burgess (1993) Wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru. 
  • Menurut Encyclopedia of Americana Entrepreneur (wirausahawan) didefinisikan sebagai seseorang yang berani mengambil risiko dengan menyatukan berbagai fungsi poduksi, termasuk modal, bahan baku, tenaga kerja, dan menerima imbalan dalam bentuk laba dari nilai pasar yang dihasilkannya. 
  • Menurut Vernon A. Musselman dan John H. Jackson Wirausaha (wiraswasta) adalah menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. Dalam definisi itu ada kata mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha. Jadi, dalam konsep wirausaha terdapat kemauan menanggung risiko dan keberanian memulai usaha. 
  • Menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004) Wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa di jual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. 
  • Menurut Geoffrey G. Meredit (1995) Wirausaha atau enterpreneur adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan. 
  • Menurut Skinner (1992) Enterpreneur atau wirausaha adalah seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial. 
  • Menurut Say (1996) Wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Wirausaha memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan dan membuat keputusan keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan.



Ciri-Ciri Wirausahawan


Wirausahawan juga memiliki ciri-ciri dan mungkin belum banyak yang tahu akan ciri-ciri yang dimiliki wirausahawan tersebut. Ciri-Ciri tersebut diantaranya:
  • Memiliki keberanian dalam mengambil keputusan serta risiko.
  • Mempunyai daya kreasi serta inovasi tinggi.
  • Dapat berfikir jangka panjang untuk masa depan.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan.
  • Memiliki semangat serta kemauan yang keras.
  • Dapat menganalisis dengan tepat.
  • Memiliki sifat hemat atau tidak konsumtif.

Tujuan Wirausaha

Wirausaha memiliki banyak sekali tujuan, berikut ini beberapa diantaranya,
  • Dapat meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dan berkualitas.
  • Dapat menumbuhkan kesadaran kewirausahaan yang tangguh dan kuat pada masyarakat.
  • Dapat mewujudkan kemampuan para wirausaha sehingga menghasilkan kesejahteraan masyarakat.
  • Dapat membudayakan sikap pantang menyerah, semangat, berperilaku baik dan kewirausahaan pada masyarakat.


Karakteristik Wirausaha

Adapun beberapa sifat dari wirausahawan adalah 
  1. yakin, mandiri, optimistis, dan individualis dalam hal hal tertentu, 
  2.  senantiasa mempunyai effort untuk dapat terus beprestasi, tabah, punya tekad yang kuat, senang bekerja keras, dan juga energik serta berinisiatif, 
  3. mempunyai kemampuan mengambil risiko dan suka tantangan,
  4. dapat berperan sebagai pemimpin, supel, dan terbuka terhadap kritik dan saran yang bersifat membangun, 
  5.  mampu berinovasi dan berkreasi, fleksibel, dan mempunyai relasi yang luas, 
  6. mempunyai cara pandang dan persepsi serta proyeksi terhadap masa depan, dan
  7.  berkeyakinan bahwa hidup adalah kerja keras yang harus diusahakan. 
 

Tahap-Tahap Dalam Wirausaha

Terdapat beberapa tahapan dalam memulai kegiatan wirausaha, diantaranya adalah tahapan persiapan, tahapan memulai, tahapan melaksanakan, dan tahapan mempertahankan usaha.

1. Persiapan

Disini anda dituntut untuk membuat planning dan mengeluarkan berbagai ide dan gagasan untuk mulai berwirausaha. Termasuk juga memikirkan tentang sistem permodalan dan prosedur dalam menjalankan usaha anda.

2. Memulai

Lihatlah peluang yang ada dan mulailah untuk melakukan usaha yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam memulai wirausaha, anda tidak boleh gampang menyerah karena memang tidak ada usaha yang dimulai tanpa kerugian terlebih dulu.

3. Melaksanakan Usaha

Dalam tahapan ini anda akan mengelola berbagai macam aspek dalam wirausaha yang meliputi pembiayaan, sumber daya manusia, organisasi, kepemimpinan, penngambilan keputusan, dan hal hal lainnya berikut pemasaran produk sampai pada tahap evaluasi.

4. Mempertahankan Usaha

Tahapan ini adalah tahapan yang sulit untuk dilalui karena disamping anda harus bersaing dengan kompetitor, anda juga dituntut untuk dapat terus berinovasi dan mengembangkan usaha yang telah anda pertahankan tadi. Tentu saja semuanya dilakukan untuk mencapai tujuan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, selain untuk mendapatkan profit yang sebesar besarnya.


Macam-macam Kewirausahaan

Ada 3 jenis bentuk entrepreneurship itu sendiri, di antaranya adalah :

1. Kewirausahaan Bisnis Kecil

Kewirausahaan bisnis kecil adalah usaha kecil-kecilan seperti toko kelontong, penjual es dan makanan, konsultan, agen perjalanan, online shop, tukang kayu, tukang pipa, tukang listrik, dan masih banyak contoh bisnis kecil lainnya.Mereka adalah contoh orang  yang menjalankan bisnisnya sendiri tanpa mempekerjakan karyawan atau keluarga. Namun, jika mengandalkan tenaga diri sendiri maka bisa dikatakan hampir tidak menguntungkan.

2. Kewirausahaan Skala Perusahaan Besar

Sebagian besar perusahaan tumbuh melalui inovasi yang terus berkembang dalam menawarkan produk baru. Perubahan selera pelanggan, teknologi baru, undang-undang, pesaing baru, dll dapat menciptakan tekanan dan saat itulah, sebuah perusahaan harus berinovasi untuk membuat produk yang sepenuhnya baru dan unik untuk  dijual ke pelanggan di pasar baru.Kewirausahaan dalam skala ini adalah bagaimana mengembangkan produk agar laku di pasaran dengan ide yang imajinatif dan inovatif

3. Kewirusahaan Sosial atau Social Entrepreneurship

Social Entrepreneurship adalah seseorang yang inovatif, fokus pada penciptaan produk dan layanan yang memecahkan kebutuhan dan masalah sosial. Tidak seperti perusahaan pada umumnya, tujuan Social Entrepreneurship adalah membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, tidak mengambil pangsa pasar atau menciptakan kekayaan bagi pemilik bisnis saja.


Keuntungan Dan Kelemahan Wirausaha

A. Keuntungan wirausaha
Keuntungan yang bisa di dapat jika berwirausaha, diantaranya:
a. Terbukanya peluang untuk menunjukan kemampuan dan potensi
Seorang wirausahawan tentunya dia harus memiliki kemampuan dan juga potensi untuk berbisnis. Dia akan melihat peluang bisnis lalu berbisnis dengan kemampuan dan potensi yang dia miliki.
b. Terbukanya peluang untuk dapat mencapai tujuannya sendiri
Seorang wirausahawan dia akan melihat peluang dan berbisnis untuk mencapai tujuan yang telah dia tentukan sendiri. Seorang wirausahawan tidak akan bergantung kepada banyak orang, karena dia menjalankan bisnisnya dengan kemampuan dan potensi yang dia miliki.
c. Terbukanya peluang untuk mendapatkan manfaat dan keuntungan yang maksimal.
Dengan menjadi wirausahawan maka peluang untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal dapat diraih, karena bisnis yang diaturnya merupakan hasil dari kerja kerasnya sendiri.
d. Terbukanya peluang untuk menjadi pemimpin atau bos
Karena seorang wirausahawan membuat dan memulai bisnisnya sendiri, tentunya dia akan menjadi seorang pemimpin atau bos dalam perusahaannya.
e. Terbukanya peluang untuk membantu masyarakat
Maksudnya seorang wirausahawan dapat membantu orang lain dalam mendapatkan pekerjaan, misalnaya mempekerjakan orang lain dan memberikan upah dalam bisnis atau perusahaan yang dia pimpin.

B. Kelemahan Wirausaha
Adapun kelemahan jika berwirausaha, diantaranya:
a. Pendapatan yang tidak pasti dan menanggung beban resiko
Pendapatan berwirausaha tentunya tidak akan pasti atau tetap. Seorang wirausahawan tidak di gaji/upah oleh pimpinan atau bos-nya, karena dia sendiri yang menjadi bos-nya. Setiap menjalankan bisnis tentunya resiko selalu ada entah itu resiko rugi atau penghasilan yang menurun dll. Tapi setiap resiko dapat di antisipasi dan dikurangi dengan menjalankan manajemen yang baik.
b. Kerja keras dan jam kerja yang panjang
Untuk menjadi seorang wirausaha yang berhasil, tentunya harus bekerja keras dan pantang menyerah dalam berbisnis. Seorang wirausahawan memiliki jam kerja yang panjang karena dia menjalankan bisnisnya sendiri terkadang jam kerjanya-pun tidak menentu.
c. Kualitas kehidupan yang rendah sampai usaha/bisnisnya berhasil.
Untuk menjadi seorang wirausahawan yang berhasil tentunya tidaklah instant, Tapi membutuhkan proses yang panjang untuk mencapai keberhasilan tersebut. Dimulai dari kualitas hidup yang rendah, dan jika menemukan keberhasilan tentu kualitas hidupnya akan meningkat.
d. Tanggung jawabnya sangat besar
Seorang wirausahawan memiliki tanggung jawab yang besar, karena banyak sekali keputusan-keputusan yang harus diambil dalam menjalankan bisnisnya. Banyak sekali wirausahawan yang baru memulai menjalankan bisnisnya tapi dia kurang menguasai permasalahan yang dihadapinya, tapi hal seperti itu dapat digunakan untuk melatih diri dan meningkatkan pengalaman.


Itulah penjelasan mengenai pengertian wirausahawan, pengertian wirausaha, pengertian kewirausahaan serta apa saja yang terkandung dalam ketiganya. Semoga dapat menambah wawasan. Ingat, dari pengertian wirausahawan dapat disimpulkan bahwa mereka adalah yang mau mencoba disaat orang lain hanya sekedar menikmati hasil.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Wirausaha
  • pengertian wirausaha dan wirausahawan
  • pengertian wirausaha menurut para ahli
  • pengertian wirausaha brainly
  • pengertian wirausaha secara umum
  • pengertian wirausaha secara singkat
  • pengertian wirausaha dan peluang usaha
  • pengertian wirausaha menurut skinner
  • pengertian wirausaha secara etimologi

Post a Comment for "Pengertian Wirausaha Meliputi Ciri, Tujuan, Keuntungan Dan Kelemahan Wirausaha Secara Lengkap"