Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unsur Lingkungan Hidup dan Fungsi Lingkungan Hidup Bagi Manusia Secara Lengkap

Definisi Umum Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup adalah dimana manusia, hewan, dan tumbuhan menjadi bagian dari komponen penyusun lingkungan hidup kita satu sama dan lain saling mempengaruhi.Dalam hal ini, manusialah yang punya pengaruh yang paling besar terhadap lingkungan Hidup. Kita dapat mengetahui pengaruh-pengaruh ini dari banyaknya kegiatan manusia dalam mengeksploitasi maupun mengeksplorasi alam baik itu dari sisi ilmu pengetahuan, dana, atau pengembangan teknologi.

    Di dunia ini manusia memiliki pengetahuan dan teknologi, hal ini memberikan banyak keuntungan tersendiri dalam mempertahankan diri maupun beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Dengan begitu, manusia juga mempunyai kewajiban untuk menjaga serta melestarikan komponen penyusun lain dari lingkungan seperti hewan dan tumbuhan agar kehidupan tetap seimbang. Definisi lingkungan hidup secara umum adalah segala yang ada di sekitar manusia serta mempengaruhi aspek-aspek kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung.


Unsur Lingkungan Hidup

Komponen atau unsur lingkungan hidup terdiri atas beberapa unsur, yaitu:
  1. Unsur lingkungan biotik atau hayati. Komponen lingkungan ini terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan atau satwa atau fauna, tumbuhan atau flora.
  2. Unsur lingkungan abiotik. Merupakan komponen lingkungan yang terdiri dari berbagai benda-benda tidak hidup, misalnya tanah, air, udara, iklim, dan sebagainya. Keberadaan suatu lingkungan fisik sangat besar pengaruhnya terhadap kelangsungan hidup berbagai bentuk kehidupan di bumi. Dapatkah anda bayangkan jika air tak ada lagi oksigen di muka bumi?. Dapatkah manusia bernafas?. Tentu saja kehidupan di muka bumi tidak akan berlangsung secara wajar. Akan terjadi bencana kekeringan, banyak hewan, tumbuhan mati. Selain itu, akan terjadi pula perubahan musim, munculnya berbagai penyakit.
  3. Unsur sosial budaya,. Unsur ini adalah lingkungan sosial, budaya yang ada di sekitar manusia. Merupakan sistem nilai, gagasan, keyakinan dalam menentukan perilaku manusia sebagai makhluk sosial.

Lingkungan Hidup dan Permasalahannya

Jenis permasalahan lingkungan hidup semakin meningkat seiring dengan meningkatnya populasi dan eksploitasi sumber daya alam untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di seluruh kawasan dunia.
Berbagai permasalahan lingkungan tersebut yaitu:
  1. Pemanasan global yang menyebabkan meningkatnya suhu lautan dan permukaan bumi sehingga mencairnya es di kutub. Kemudian, meningkatnya permukaan air laut dan juga perubahan pola alami musim yang berakibat terciptanya bencana banjir bandang, salju berlebihan atau penggurunan.
  2. Pencemaran lingkungan berupa pencemaran udara, pencemaran air dan pencemaran tanah. Untuk lebih memahaminya, baca artikel pengertian pencemaran lingkungan.
  3. Penipisan sumber daya alam sehingga memicu konflik antar negara dan kawasan.
  4. Punahnya keanekaragaman hayati, baik itu tumbuhan atau satwa liar.
  5. Penggundulan hutan dan deforestasi.
  6. Pengasaman laut. Ini adalah dampak langsung dari produksi CO2 yang berlebihan.
  7. Penipisan lapisan ozon dan efek rumah kaca.
  8. Terjadinya hujan asam yang disebabkan karena proses pembakaran bahan bakar fosil atau meletusnya gunung berapi. Ia dapat pula terjadi karena vegetasi busuk yang melepaskan sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke atmosfer.
  9. Rekayasa genetika untuk memproduksi makanan atau pertanian. Modifikasi genetik makanan berpotensi meningkatkan racun dan penyakit.

 Fungsi Lingkungan Hidup Bagi Manusia

1. Sebagai tempat untuk bertahan hidup
Lingkungan hidup merupakan suatu tempat dimana di dalamnya terdapat unsur-unsur yang saling memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Seperti :
  • Ketersediaan udara yang sangat diperlukan untuk sistem pernafasan baik bagi manusia maupun makhluk hidup yang lainnya. Selain itu, udara juga sangat diperlukan untuk membantu proses fotosintesis pada tumbuh-tumbuhan.
  • Ketersediaan sinar matahari yang bermanfaat sebagai sumber energi cahaya
  • Ketersediaan air yang dipergunakan untuk minum, mandi, irigasi, pembangkit listrik, dan lain sebagainya.
  • Ketersediaan hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sumber nutrisi, yaitu berupa produk hewani dan nabati. Selain sebagai sumber nutrisi, keberadaan hewan dan tumbuhan juga dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan seperti berupa pakaian.
  • Ketersediaan lahan yang merupakan suatu kebutuhan bagi manusia untuk mendirikan sarana dan prasarana yang dapat membantu menunjang kehidupan manusia seperti bangunan tempat tinggal, sarana pendidikan, sarana hiburan, dan lain sebagainya.
2. Sebagai tempat untuk bersosialisasi
Manusia merupakan makhluk sosial. Mereka tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang yang lain. Lingkungan hidup menjadi tempat yang strategis bagi manusia untuk menciptakan tempat tinggal yang baik, dimana dalam satu lingkungan tersebut terdiri dari kumpulan manusia yang hidup saling berdampingan, bekerja sama, dan saling tolong menolong.
3. Sebagai tempat untuk mencari kekayaan
Banyak sekali kekayaan alam yang terkandung dalam lingkungan hidup, seperti keberadaan barang-barang tambang seperti emas, perak, batu bara, nikel, minyak bumi, dan barang tambang lainnya. Barang-barang tambang tersebut merupakan salah satu sumber utama bagi pendapatan manusia, dimana barang-barang tambang tersebut nantinya dapat diolah menjadi berbagai jenis produk seperti perhiasan, bahan bakar, dan lain sebagainya. Selain barang-barang tambang tersebut, ketersediaan hewan dan tumbuhan juga ikut mendukung perekonomian manusia, seperti untuk peternakan, perkebunan, pertanian, nelayan maupun sebagai bahan baku serta bahan mentah untuk industri.
4. Tempat untuk mendapatkan hiburan
Dalam hidup, manusia tidak hanya membutuhkan makanan, pakaian, maupun tempat tinggal saja. Akan tetapi mereka juga memerlukan hiburan agar terhindar dari rasa jenuh dan stress. Di lingkungan sekitar kita banyak sekali menyediakan saran maupun prasarana guna mencukupi kebutuhan tersebut, seperti dengan adanya danau, gunung-gunung, taman, peternakan, pantai  dan lain sebagainya.
5. Sebagai sarana edukasi
Lingkungan hidup juga menyediakan sarana pembelajaran bagi manusia, dimana kita bisa melakukan hal-hal untuk menambah wawasan kita seperti dengan mengadakan penelitian lingkungan, study, dan lain sebagainya.
6. Sebagai sumber kebudayaan
Lingkungan hidup juga memiliki peran yang penting dalam perkembangan seni budaya, dimana lingkungan sangat berpengaruh terhadap tingkah laku manusia yang menjadi salah satu unsur pembentuk budaya.


 Penelusuran yang terkait dengan Lingkungan Hidup
  • unsur-unsur lingkungan hidup
  • pengertian lingkungan hidup secara umum
  • contoh lingkungan hidup
  • pengertian lingkungan hidup menurut para ahli
  • macam macam lingkungan hidup
  • komponen lingkungan hidup
  • pengertian lingkungan hidup dan contohnya
  • pengertian masalah lingkungan hidup

Post a Comment for "Unsur Lingkungan Hidup dan Fungsi Lingkungan Hidup Bagi Manusia Secara Lengkap"