Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sumur Resapan Meliputi Manfaat, Tata Cara Perencanaan, Cara Membuat dan Prinsip Kerja Sumur Resapan Pembahasan Lengkap

Manfaat Sumur Resapan dan Cara Membuat Sumur Serapan

Pengertian Sumur Resapan 

sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan yang jatuh di atas atap rumah atau daerah kedap air dan meresapkannya ke dalam tanah.

Sumur resapan berfungsi memberikan imbuhan air secara buatan dengan cara menginjeksikan air hujan ke dalam tanah. Sasaran lokasi adalah daerah peresapan air di kawasan budidaya, permukiman, perkantoran, pertokoan, industri, sarana dan prasarana olahraga serta fasilitas umum lainnya.
Sumur resapan merupakan sumur atau lubang pada permukaan tanah yang dibuat untuk menampung air hujan agar dapat meresap ke dalam tanah. Sumur resapan ini kebalikan dari sumur air minum. Sumur resapan merupakan lubang untuk memasukkan air ke dalam tanah, sedangkan sumur air minum berfungsi untuk menaikkan air tanah ke permukaan. Dengan demikian, konstruksi dan kedalamannya berbeda. Sumur resapan digali dengan kedalaman di atas muka air tanah, sedangkan sumur air minum digali lebih dalam lagi atau di bawah muka air tanah.

Penerapan sumur resapan sangat dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa fungsi sumur resapan bagi kehidupan manusia adalah sebacial pengendali banjir, melindungi dan memperbaiki (konservasi) air tanah, serta menekan laju erosi.Sumur resapan dapat dikatakan sebagai suatu rekayasa teknik konservasi air, berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur galian dengan kedalaman tertentu. Fungsi utama dari sumur resapan ini adalah sebagai tempat menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah.


Manfaat Sumur Resapan

  • Sebagai Sumber Air Untuk Keperluan Konsumsi
Manfaat sumur resapan yang pertama adalah sebagai salah satu sumber air utama untuk keperluan konsumsi. Keperluan konsumsi yang dimaksud dalam point ini adalah konsumsi sebagai air minum dan juga sebagai bahan makanan sehari-hari. Karena air merupakan salah satu elemen penting dalam kebutuhan konsumsi, terutama kebutuhan pangan manusia. Hampir semua bahan makanan dan juga minuman diolah dengan menggunakan bantuan air, atau menambahkan air di dalamnya. Karena itu, sumur resapan akan sangat baik untuk membantu mendukung proses konsumsi pangan dari masyarakat dan juga warga sekitar.
  • Dimanfaatkan Untuk Mencuci Pakaian
Manfaat sumur resapan yang kedua adalah untuk mencuci pakaian. Karena sumur resapan merupakan salah satu sumber air yang merupakan jenis air bersih. Itu artinya, sumur resapan merupakan air yang aman untuk digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk keperluan mencuci, baik mencuci pakaian, maupun mencuci peralatan rumah tangga. Mencuci pakaian dan juga peralatan rumah tangga dengan menggunakan air yang berasal dari sumur resapan akan jauh lebih aman dan juga jauh lebih bersih daripada harus mencuci dengan menggunakan air dari aliran sungai atau penampungan air setempat. Biasanya air sungai atau penampungan air umum sudah terkontaminasi oleh berbagai macam bakteri yang kita tidak pernah tahu jumlahnya dan juga jenis-jenis bakterinya. Karena itu, pergunakanlah sumur resapan dengan baik untuk membantu mendukung kebutuhan untuk mencuci dan juga membersihkan pakaian dan juga peralatan rumah tangga.
  • Dimanfaatkan Untuk Mandi
Manfaat sumur resapan lainnya adalah untuk dimanfaatkan airnya sebagai keperluan mandi. Karena mandi, mencuci merupakan kebutuhan primer yang paling utama yang dibutuhkan oleh manusia. Untuk kelengkapan mandi pastinya dibutuhkan kondisi air yang sangat baik serta tidak memiliki bakteri yang berbahaya. Penggunaan sumur resapan merupakan salah satu solusi efektif untuk membantu menjawab kebutuhan anda dalam menghadapi persoalan air bersih untuk mandi.
Karena penggunaan sumur resapan sebagai sumber air untuk mandi jauh lebih baik penggunaannya, dibandingkan menggunakan air dari aliran sungai untuk mandi. Aliran sungai saat ini sudah memiliki banyak kandungan kuman dan juga bakteri yang membahayakan bagi tubuh, jika digunakan terlalu sering,  dapat menyebabkan munculnya berbagai macam gangguan kesehatan, terutama gangguan kesehatan kulit. Pemanfaatkan air dari sumur resapan merupakan hal yang sangat baik, karena biasanya sumur resapan memiliki kandungna air yang bersih dan juga tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Namun demikian, hal ini juga tergantung dari kondisi tanah dari sumur resapan itu sendiri. Ada beberapa sumur resapan yang dapat menghasilkan air yang memilki kualitas air yang kurang baik. Oleh karena itu kita harus pintar dalam memilih  lokasi pembuatan sumur resapan, agar sumur resapan yang kita buat dapat benar – benar bermanfaat untuk kebutuhan kita sehari – hari.
  • Sebagai Salah Satu Sumber Air Utama Di Suatu Daerah
Manfaat sumur resapan berikutnya yaitu dapat menjadi andalan bagi para warga dan juga masyarakat sekitar untuk menjadi sumber air utama di lingkungan tempat tinggalnya. Sumur resapan biasanya memiliki kandungan air yang melimpah yang tergantung dengan iklim di Indonesia , kecuali pada musim kemarau yang berkepanjangan. Biasanya, sumur resapan dimanfaatkan oleh warga dan juga masyarakat sekitar sebagai sumber air utama dari kebutuhan kehidupan mereka sehari-hari. Karena sumur resapan adalah salah satu pengembangan teknologi penyimpanan air yang sangat bermanfaat. Masyarakat dan juga warga tidak perlu jauh-jauh mencari sumber air alami dari mata air untuk memperoleh air bersih, hanya dengan memanfaatkan sumur resapan saja akan lebih efektif dalam mempersingkat waktu, dan juga sangat bermanfaat bagi kebutuhan sehari – hari.
  • Untuk kepentingan irigasi
Manfaat lainnya dari sumur resapan adalah untuk membantu keperluan irigasi, Irigasi biasanya digunakan untuk mengairi suatu lahan dan untuk membendung air. Ketika irigasi mengalami gangguan seperti kekurangan air, biasanya irigasi menggunakn sumur resapan untuk menambah bendungan air yang terdapat dalam saluran irigasi. Sumur resapan biasanya di manfaatkan untuk irigasi dalam jumlah yang kecil.  Biasanya irigasi digunakan untuk mengairi lahan pertanian, membersihkan tanah, memberantas hama dan tujuan irigasi yang lainnya. Sehingga sumur resapan juga memiliki peran penting untuk membantu irigasi ketika irigasi bermasalah kekurangan untuk membendung air.
  • Menjadi Alternatif Sebagai Saluran Air Pam
Bagi anda yang sudah terbiasa untuk memanfaatkan air dari aliran Pam maka mungkin anda juga pernah mengalami masalah dalam saluran air pam. Biasanya masalah yang paling sering terjadi adalah pendistribusian air yang sedikit, dikarenakan beberapa hal, seperti pipa yang pecah, atau adanya maintanence. Ketika hal ini terjadi, maka sumur resapan merupakan salah satu sumber air yang sangat membantu masyarakat untuk memperoleh air bersih. Sehingga warga sekitar biasanya membuat sumur resapan untuk cadangan ketika air pam mengalami kerusakan akan warga sekitar tidak terlalu terganggu dengan kerusakan air pam yang segera di cegah melalui air sumur resapan


Tata Cara Perencanaan Sumur Resapan Air Hujan untuk Lahan Pekarangan:

  1. Sumur resapan harus berada pada lahan yang datar, tidak pada tanah berlereng, curam atau labil.
  2. Sumur resapan berjarak minimal 5 meter dari tempat penimbunan sampah dan septic tank dan berjarak minimal 1 meter dari fondasi bangunan.
  3. Kedalaman sumur resapan bisa sampai tanah berpasir atau maksimal 2 meter di bawah permukaan air tanah. Kedalaman muka air (water table) tanah minimum 1,50 meter pada musim hujan.
  4. Struktur tanah harus mempunyai permeabilitas tanah (kemampuan tanah menyerap air) minimal 2,0 cm per jam yang berarti dalam satu jam mampu menyerap genangan air setinggi 2 cm.

Bentuk sumur resapan dapat berupa segi empat atau silinder dengan kedalaman tertentu dan dasar sumur terletak di atas ketinggian muka air tanah.

Cara Membuat Sumur Resapan:

  1. Buat lubang sumur dengan diameter 80 - 100 cm sedalam 1,5 m. Perlu diperhatikan supaya kedalaman ini tidak mencapai atau melebihi muka air tanah.
  2. Perkuat dinding sumur, gunakan buis beton, pasangan bata kosong (tanpa plesteran) atau pasangan batu kosong. Hal ini supaya menjaga agar dinding sumur tidak gugur dan longsor.
  3. Buatlah saluran water inlet yang mengalirkan air hujan dari talang air ke dalam sumur resapan dengan menggunakan pipa paralon.
  4. Buatlah saluran pembuangan water outlet dari sumur resapan menuju selokan. Saluran ini berfungsi mengeluarkan limpahan air saat sumur resapan kelebihan air. Ketinggian pipa pembuangan harus lebih tinggi dari ketinggian permukaan air pada selokan. Hal ini supaya saat hujan deras, air selokan tidak mengalir masuk sumur resapan.
  5. Isilah bagian bawah sumur resapan air dengan koral setebal 15 cm.
  6. Tutup bagian atas sumur resapan dengan plat beton. Di atas plat beton ini dapat diurug dengan tanah.
 

Prinsip Kerja Sumur Resapan

Prinsip kerja dari sumur resapan adalah menyalurkan dan menampung air hujan ke dalam sebuah lubang atau sumur, agar air hujan dapat memiliki waktu tinggal di permukaan tanah lebih lama sehingga sedikit demi sedikit air dapat meresap ke dalam tanah. Di bawah tanah, air yang meresap ini akan merembes masuk ke dalam lapisan tanah yang disebut lapisan tidak jenuh, dimana pada berbagai jenis tanah, lapisan ini masih bisa menyerap air. Dari lapisan tersebut, air akan menembus kedalam permukaan tanah (water table), dimana dibawahnya ada air tanah (ground water), yang terperangkap dalam lapisan akuifer. Dengan demikian, masuknya air hujan ke dalam tanah akan membuat imbuhan air tanah akan menambah jumlah air tanah dalam lapisan akuifer.

Dengan prinsip kerja dari sumur resapan tersebut, maka jika kita hendak membuat sumur resapan pada area halaman rumah kita, kita akan menyalurkan air hujan yang turun di area rumah kita menuju sumur resapan, termasuk air hujan yang turun pada genting atap rumah yang nantinya mengalir menuju talang air. Dari talang, air kita salurkan ke sumur resapan dengan menggunakan pipa (biasanya menggunakan pipa paralon).
Sedangkan air hujan yang turun selain di area genteng atap rumah, dapat kita salurkan menuju sumur resapan dengan cara membuat semacam selokan atau got kecil di area rumah kita, yang dibuat dengan kemiringan tertentu, sehingga nantinya air yang masuk ke dalam selokan atau got tersebut dapat mengalir menuju sumur resapan.
Untuk membuang kelebihan air yang masuk kedalam sumur resapan, kita bisa membuat pipa pembuangan, yang nantinya berfungsi mengalirkan kelebihan air di dalam sumur resapan menuju saluran drainase/saluran pembuangan di dekat rumah kita.



Sering di Tanyakan:

1.Berapa kedalaman sumur resapan?
Sumur resapan berjarak minimal 5 meter dari tempat penimbunan sampah dan septic tank dan berjarak minimal 1 meter dari fondasi bangunan. Kedalaman sumur resapan bisa sampai tanah berpasir atau maksimal 2 meter di bawah permukaan air tanah. Kedalaman muka air (water table) tanah minimum 1,50 meter pada musim hujan.

2.Apa tujuan pembuatan sumur resapan?
Beberapa fungsi sumur resapan bagi kehidupan manusia adalah sebacial pengendali banjir, melindungi dan memperbaiki (konservasi) air tanah, serta menekan laju erosi. .Fungsi utama dari sumur resapan ini adalah sebagai tempat menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah.

3.Apa yang dimaksud dengan sumur resapan?
Sumur resapan berfungsi sebagai tempat menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah. Mengapa perlu membuat Sumur Resapan? Manfaat utama dari sumur resapan adalah untuk mempertahankan aliran permukaan sehingga dapat mencegah banjir sekaligus mempertahankan dan meningkatkan tinggi permukaan air tanah.

4.Bagaimana cara membuat sumur resapan?
Cara Membuat Sumur Resapan:
  1. Buat lubang sumur dengan diameter 80 - 100 cm sedalam 1,5 m. ...
  2. Perkuat dinding sumur, gunakan buis beton, pasangan bata kosong (tanpa plesteran) atau pasangan batu kosong. ...
  3. Buatlah saluran water inlet yang mengalirkan air hujan dari talang air ke dalam sumur resapan dengan menggunakan pipa paralon.
5.Apa yang terjadi jika daerah resapan air semakin berkurang?
akibat jika daerah resapan air semakin berkurang maka persediaan air suatu wilayah akan berkurang maka jika musim kemarau tiba akan menyebabkan terjadinya kekeringan dan jika musim hujan tiba maka dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir.

Penelusuran yang terkait dengan cara kerja sumur resapan
  • konstruksi sumur resapan
  • cara membuat sumur resapan
  • makalah sumur resapan
  • biaya pembuatan sumur resapan
  • cara membuat sumur resapan septic tank
  • detail sumur resapan
  • spesifikasi sumur resapan
  • membuat sumur resapan adalah salah satu cara untuk menjaga ketersediaan

Post a Comment for "Pengertian Sumur Resapan Meliputi Manfaat, Tata Cara Perencanaan, Cara Membuat dan Prinsip Kerja Sumur Resapan Pembahasan Lengkap"