Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Pelanggaran Dalam Bola Basket Dan Kesalahannya Secara Lengkap

Pelanggaran dalam Bola Basket
Pelanggaran dalam bola basket merupakan hal yang harus dihindari dalam permainan bola basket, ini untuk memastikan permainan berjalan dengan sportif. Ada beberapa pelanggaran atau kesalahan dalam permainan bola basket yang perlu pahami oleh setiap pemain bola basket. Setiap permainan cabang olah raga dibatasi oleh aturan yang ditentukan sehingga masing - masing tim tidak dapat bermain seenaknya, termasuk dalam cabang olah raga bola basket.

Peraturan permaianan bola basket diberlakukan agar setiap regu bermain dengan sportif sehingga permainan berjalan dengan menarik. Setiap regu yang melakukan kesalahan atau pelanggaran akan menerima hukuman, ini bisa menjadi faktor terjadinya kekalahan. Jadi bermain bola basket tidak sekedar belajar tentang teknik dasar bola basket, lebih dari itu memahami dan mematuhi peraturan permainan juga penting.


Aturan bola basket

Permainan olahraga bola basket ini dilakukan di lapangan basket dengan ukuran panjang 28,5 meter dan ukuran lebar 15 meter. Apa saja posisi utama dalam permainan bola basket? Yang pertama adalah forward. Forward bertugas untuk mencetak poin dan memasukkan bola ke dalam ring tim lawan. Yang kedua adalah defense, pemain bagian defense ini bertugas untuk menghadang lawan. Sedangkan yang ketiga adalah play maker, pemain yang ada di posisi play maker adalah bertugas untuk mengatur alur bola dan merancang strategi permainan di dalam timnya.


Teknik bola basket

Dalam permainan bola basket, juga ada aturan dan teknik dasar yang harus di ketahui oleh setiap pemainnya, diantaranya yaitu :
  1. Drible – Teknik dasar permainan bola basket terus berkembang dari awal ketika baru diciptakan. Yang pertama dan paling terkenal adalah teknik dribble atau teknik menggiring. Teknik dribble ini bertujuan untuk membawa bola menghindari tim lawan atau mengumpan bola ke tim sendiri. Tujuan dribble ini adalah membawa bola ke arah ring tim lawan. Dribble ada dua jenis, yaitu dribble tinggi dan dribble rendah. Dribble tinggi dilakukan dengan cepat untuk memasuki daerah pertahanan lawan. Dribble tinggi dapat dilakukan dengan berlari atau jalan cepat ketika si pemain yang melakukan dribble berada jauh dari pemain lawan. Kedua adalah dribble rendah yang mana dribble ini dilakukan ketika pemain ingin mencari celah dilapangan saat pemain dari tim lawan terlihat lengah.
  2. Mengumpan – Teknik yang kedua adalah teknik mengumpan. Teknik mengumpan dilakukan untuk memberikan bola kepada rekan satu tim. Teknik mengumpan dilakukan setelah teknik menggiring.
  3. Passing – Ada 6 jenis passing yang umum, yang pertama adalah overhead passing, Chest Pass, Baseball Pass, Bounce Pass, Hook Pass, dan yang terakhir adalah Under Pass. Selain teknik dribble dan passing sebenarnya masih banyak teknik dalam permainan bola basket ini.
Dalam permainan olahraga tentu yang diperhatikan tidak hanya cara bermain saja, tapi juga berbagai macam jenis pelanggaran yang kemungkinan dapat terjadi. Sebagai pemain, kita wajib tahu apa saja pelanggaran yang terjadi di permainan bola basket. Teknik bermain yang baik namun tak diimbangi dengan permainan yang sesuai aturan maka akan merugikan tim. Bisa jadi membuahkan pelanggaran atau malah didiskualifikasi dari pertandingan.



27 Jenis Pelanggaran dalam Bola Basket dan Hukumannya

Berikut adalah beberapa jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yang menjadi bagian dalam peraturan permainan bola basket.
  1. Foul adalah melanggar pemain musuh dengan reaching atau posisi defense yang salah. Hukumannya, wasit akan langsung memberikan peringatan kepada pemain tersebut.
  2. Foul out. Pelanggaran yang mana pemain telah melakukan 5 kali foul biasa (FIBA), 6 kali foul (NBA) atau telah melakukan technical foul 2 kali dalam sekali pertandingan. Maka hukuman bagi pemain yang terkena foul out harus keluar dari lapangan pertandingan oleh wasit.
  3. Three seconds violation. Pelanggaran yang dilakukan pada saat pemain berada di area free throw selama 3 detik. Hukumannya, wasit akan langsung memberi peringatan kepada pemain tersebut.
  4. Offensive 3 second. Pelanggaran yang terjadi akibat pemain diam di area tim lawan selama 3 detik pada saat lawan defense. Bola berpindah ke pihak lawan oleh keputusan wasit.
  5. Deffensive 3 second. Pelanggaran yang disebabkan karena diam di area tim sendiri selama 3 detik pada saat lawan tengah melakukan offense. Maka wasit kemudian memutuskan tim lawan diizinkan melakukan 1 throw-in.
  6. 24 second violation. Pelanggaran pemain team A karena tidak melakukan shoot/lay-up/dunk ke ring lawan melewati batas 24 detik. Maka wasit memutuskan bola berpindah ke pihak team B.
  7. Back ball. Pelanggaran yang terjadi akibat pemain membawa bola kembali ke wilayah pertahanan padahal telah melalui garis tengah.
  8. Blocking foul. Pelanggaran yang terjadi karena melakukan pelanggaran keras ketika menghalangi pemain musuh.
  9. Team Foul. Pelanggaran dilakukan oleh satu tim per babaknya. Apabila sudah mencapai 5 point maka akan diberikan free throw pada musuh.
  10. Pushing. Pelanggaran karena mendorong musuh.
  11. Traveling / Walking. Pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan 2 langkah tanpa adanya dribble.
  12. Double Dribble. Pelanggaran yang terjadi akibat pemain melakukan dribble kembali setelah berhenti melakukan dribble.
  13. Shot clock violation. Melakukan serangan lebih dari 24 detik ( NBA ) atau 30 detik ( FIBA ) sebelum bola menyentuh ring.
  14. 8 second violation. Pelanggaran pada saat pemain membawa bola pada wilayah sendiri melebihi 8 detik. Maka hukuman yang akan diberikan wasit adalah bola diberikan atau dialihkan kepada tim lawan.
  15. Jumping. Pelanggaran yang terjadi pada saat pemain mau melakukan shooting sambil melompat tetapi tidak jadi melakukannya.
  16. Offensive foul. Pelanggaran yang terjadi akibat kita menabrak lawan pada saat dia sedang melakukan defense yang benar.
  17. Personal foul. Pelanggaran yang terjadi karena menghalangi pergerakan lawan dengan cara defense yang tidak benar. Untuk personal foul atau pelanggaran perorangan ini, maksimal 4 kali foul dan apabila seseorang pemain melakukan lebih dari 4 kali, pada foul ke 5 akan langsung wasit kenai foul out.
  18. Technical foul. Pelanggaran yang terjadi pada saat pemain melakukan protes yang berlebihan terhadap wasit, menghina wasit, dan sebagainya.
  19. Unsportsmanlike foul. Pelanggaran yang terjadi pada saat pemain dengan sengaja atau tidak sengaja menciderai lawan.
  20. Back court. Pelanggaran yang terjadi karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah.
  21. Illegal dribble. Pelanggaran yang terjadi karena menghentikan bola sesaat disalah satu tangan atau kedua tangan kemudian mendribbelnya kembali.
  22. Crayying the ball. Kesalahan pemain karena mendribble dengan memutar bola.
  23. Illegal use hand. Kesalahan yang dilakukan pemain karena memukul salah satu anggota tubuh musuh.
  24. Elbow. Pelanggaran yang terjadi karena menyikut lawan.
  25. Holding. Pelanggaran yang disebabkan karena menarik lawan dengan maksud menguasai bola dari lawan.
  26. Charging. Kesalahan yang dilakukan pemain karena menabrak lawan yang sudah menepati posisinya.
  27. Disqualifying foul. Tindakan unsperman like yang menyolok dari seorang pemain, pemain yang dilarang masuk, pemain pengganti, pelatih, asisten pelatih atau pengikut regu.


Demikianlah jenis-jenis pelanggaran dalam permainan bola basket dan penjelasannya. Penting untuk dihindari setiap pemain dan tim agar permainan bisa berjalan sportif dan adil.

Penelusuran terkait
  • Sistem permainan bola basket
  • Penyebab free throw dalam basket
  • Hukuman Pelanggaran perseorangan dalam permainan basket adalah
  • Makalah Tentang foul dalam permainan bola basket
  • Tata cara permainan bola basket
  • Teknik dasar bola basket
  • Pengertian foul dalam permainan bola basket
  • Jelaskan tujuan dibuatnya peraturan permainan dalam bola basket

Post a Comment for "Jenis Pelanggaran Dalam Bola Basket Dan Kesalahannya Secara Lengkap"