Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Cara Memegang Bola Basket Yang Benar dan Macam Macam Cara Memegang Bola Basket

Cara Memegang Bola Basket yang Paling Benar
Cara memegang bola basket merupakan kunci keberhasilan seorang pemain melakukan lemparan, tangkapan, menembak, atau menggiring dengan baik.
Adapun cara memegang bola basket menurut Dedy Sumiyarsono (2002: 12) adalah dengan dua tangan, Posisi telapak tangan merupakan corong besar sedangkan posisi bola terselip diantara telapak tangan. Posisi bola melekat dibagian telapak tangan bagian atas, jari-jari membuka lebar dengan posisi rileks, kedua ibu jari terletak dekat dengan badan dibagian belakang bola, menghadap kearah tengah kedepan.

Memegang bola dengan benar adalah modal utama dalam bermain bola basket. Jika memegang ini tidak baik, maka gerakan selanjutnya akan kurang baik juga [Nuril Ahmadi (2007: 13)].



Cara Memegang Bola Basket

Dalam permainan bola basket, teknik cara memegang bola yang benar akan mendukung jalannya permainan sehingga strategi dapat dijalankan sesuai yang ditetapkan. Lalu bagaimana sih cara memegang bola basket yang benar?  Cara memegang bola basket adalah : diawali dengan sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks. Walaupun sepertinya agak ribet, namun kalau teknik ini dipraktekkan ... sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Cara Memegang Bola Basket untuk Pemula

Berikut cara memegang bola basket yang biasa diterapkan oleh para pemain profesional di lapangan pertandingan.
  1. Diawali dengan sikap tangan membentuk mangkuk besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan.
  2. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola.
  3. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan.
  4. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan.
  5. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.


Macam Macam Cara Memegang Bola Basket

Mangkok Besar


Yakni tangan yang membentuk seperti mangkok besar pada sikap awalnya. Bola basket dipegang menggunakan kedua tangan sehingga akan membentuk seperti mangkok besar yang melindungi bola. Cara ini sangat tepat untuk menjaga bola karena memiliki kendali yang kuat pada bola.

Jari Jari Tangan

Cara memegang bola yang selanjutnya yakni dengan cara meletakan jari jari ke area bola membentang ke area tengah. Antara jari yang satu dengan yang lainnya diberikan jarak namun tidak terlalu jauh atau melebar. Jalur garis pada bola basket dapat mempermudah untuk melakukan teknik ini dengan lebih baik.

Meremas Bola

Selain ujung jari dan ibu jari, cara efektif untuk memegang bola yang kuat adalah dengan meremas bola dengan kuat sehingga bola tersebut akan lebih kuat di genggaman tangan. Cara ini juga cara paling aman untuk menjaga bola baik saat permainan offense maupun defense untuk menghindari turnover.

Satu Tangan

Memegang bola basket bisa dilakukan dengan satu tangan, biasanya teknik ini digunakan untuk menahan bola yang singkat dan ingin melakukan lemparan atau passing cepat dengan satu tangan. Memegang bola dengan satu tangan ini sangat riskan dilakukan oleh pemain yang tak memiliki kekuatan tangan yang baik, dan sangat baik untuk beberapa pemain bertangan besar yang ingin melakukan gerakan dengan sesimpel mungkin.Gerakan tangan dapat bervariasi saat memegang bola basket, namun semuanya dikondisikan terhadap kemampuan yang anda miliki. Jika teknik yang satu ini sudah dikuasai, maka anda bisa melanjutkan ke teknik yang lebih advance dalam permainan bola basket ini.

Menggunakan Ibu Jari, Telunjuk, Jari Tengah dan Jari Manis


Saat memegang bola, pastikan bahwa kita juga menggunakan ibu jari, telunjuk, jari tengah serta jari manis. Justru pada waktu memegang bola basket ini, ujung-ujung jarilah yang bertugas menjaga bola agar tidak jatuh dan tetap pada genggaman kita. Pada poin ini yang dimaksudkan adalah bahwa ujung jari lebih banyak bekerja daripada bagian telapak tangan kita.
Dengan menekan ujung-ujung jari yang sudah disebutkan tadi pada bola yang dipegang menuju ke dalam. Jangan heran apabila telapak tangan tidaklah menempel pada bola sewaktu kita sudah menekankan ujung-ujung jari tadi pada bola. Ini adalah cara memegang yang benar sehingga tak perlu ragu ketika telapak tangan tak menyentuh bola.


Pura-pura Mengoper Bola


Kedua tangan kita perlu lebih dulu terbiasa memegang bola untuk kemudian dioper kepada teman satu tim. Saat pegangan kurang pas, kita bisa saja salah mengoper atau bola justru bisa dengan mudah lepas dari pegangan. Oleh karena itu, latihan pura-pura mengoper ini adalah salah satu langkah penting dalam meningkatkan pegangan bola basket di tangan.
Cara paling tepat pada latihan ini adalah dengan menggerakkan bola seperti hendak melempar atau mengoper namun kemudian menggunakan ujung-ujung jari yang telah menempel pada bola untuk memberikan tekanan dan menahannya kembali. Ini adalah cara yang otomatis mampu membiasakan tangan kita dalam menggerakkan bola selama masih di dalam pegangan. Dan juga dengan cara ini, kita mampu mengendalikan bola lebih baik sambil memperkuat pegangan pada bola.



Penelusuran terkait
  • sebutkan jenis-jenis melempar pada bola basket
  • Sikap tangan dalam memegang bola basket adalah
  • Bagaimana cara memegang bola basket yang benar
  • posisi jari-jari tangan pada saat memegang bola dalam bola basket adalah
  • Bagaimana cara melempar bola dari depan dada
  • Posisi badan yang tepat saat memegang bola basket
  • Memegang bola adalah teknik dasar dalam permainan
  • Cara memegang bola basket saat Shoot

Post a Comment for "Teknik Cara Memegang Bola Basket Yang Benar dan Macam Macam Cara Memegang Bola Basket"