Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penghitungan Penilaian Skor Bola Basket atau Perolehan Poin Dalam Permainan Bola Basket

Begini Cara Menghitung Skor Basket Secara Profesional
Bola basket merupakan salah satu olahraga secara tim berjumlah 5 orang yang menggunakan bola yang di mainkan menggunakan tangan dan di masukan ke ring basket lawan . Untuk bisa menentukan tim mana yang menang, bisa dinilai dengan yang mengumpulkan poin paling banyak di antara kedua tim yang sedang bertanding.

Dalam permainan bola basket permainan berlangsung dalam 4 babak dengan ketentuan waktu 4×10 menit. Untuk diketahui, dalam permainan bola basket tidak ada istilah seri atau pertandingan berakhir imbang. Dan jika di waktu normal berakhir sementara kedudukan masih sama kuat, maka akan di lanjutkan dengan perpanjangan waktu atau di kenal juga overtime selama 5 menit untuk melanjutkan pertandingan dan mencari pemenangnya.


Jika dalam permainan bola kaki satu kali cetak gol ke gawang mendapatkan satu nilai, berbeda dengan permainan bola basket yang ternyata memiliki 3 point yang berbeda tergantung dari posisi mana sang pemain memasukkan bola ke ring.Prinsip dalam permainan bola basket adalah semakin jauh maka semakin besar, artinya semakin jauh pemain melemparkan bola dan masuk ke ring maka point yang akan diperoleh timnya juga akan semakin besar. Lalu apa pentingnya mengetahui pembagian perhitungan skor ini? Ada banyak manfaatnya, diantaranya:
  • Jika kamu seorang pemain basket maka dengan mengetahui skor yang dapat kamu peroleh dari suatu lemparan kamu menjadi bisa memperhitungkan kira-kira lemparan seperti apa yang harus tim mu lakukan untuk memperjauh rentang nilai dari lawan atau untuk mengejar nilai lawan.
  • Jika kamu seorang penonton maka kamu mengetahui kenapa nilai yang bertambah setiap lemparan mungkin berbeda, sehingga jika terjadi kecurangan kamu bisa ikut protes tentunya dengan pemahaman yang benar.

Artinya ada banyak manfaat untuk mengetahui sistem pembagian point dalam permainan bola basket, langsung saja selanjutnya akan dijelaskan mengenai Begini Cara Menghitung Skor Basket Secara Profesional. 

1.Tembakan 1 point
Skor terendah dalam permainan bola basket ini bisa didapatkan jika pemain basket melakukan lemparan bebas atau free throw pada titik penalti, penalti biasanya dilakukan 2 kali setiap pelanggaran. Tembakan bebas ini biasanya diberikan jika tim lawan sudah melakukan 5 kali pelanggaran tim.

2.Tembakan 2 point
Skor 2 point dapat diperoleh jika bola masuk ring karena:
  • Hasil lay up dari dalam garis pinalti;
  • Pemain dari tim lawan melakukan lemparan bunuh diri atau memasukkan ke dalam ring tim-nya sendiri;
  • Bola menyentuh ring basket pada lemparan bebas terakhir kemudian disentuh pemain dengan cara yang benar;
3.Tembakan 3 point
Point tertinggi dari permainan basket ini dapat diperoleh saat pemain berhasil melakukan tembakan dari luar garis penalti. Tentunya tidak mudah untuk mendapatkan point tertinggi dalam permainan basket ini, butuh fokus yang tinggi untuk bisa memasukkan bola ke dalam ring dari posisi yang jauh.
 
4.Jika pemain tidak sengaja memasukkan bola dari bagian bawah jaring maka permainan dilanjutkan dengan bola loncat antar dua pemain.


Keterangan:
1. Posisi tembak point 3
2. Posisi tembak point 2
4. Posisi tembak free throw 1 point



Cara Membaca Boxscore Bola Basket

Tahukah anda apa itu boxscore?  Boxscore adalah alat yang menampilkan rangkuman dari statistik pertandingan yang detail hingga ke stats pemain-pemainya. Di sebuah pertandingan basket, dengan melihat boxscore, anda dapat mengevaluasi pertandingan dan performa suatu tim.

Di dalam suatu pertandingan basket, selain skor bola basket ... terdapat stats-stats yang penting untuk dicatat, yakni sebagai berikut:
  • Minutes (MIN). Menandakan waktu bermain suatu pemain dalam satuan menit.
  • Field Goals (FG). Menandakan jumlah tembakan yang diambil suatu pemain. Field Goals biasanya dipisah menjadi 2: FG dan 3P. Field Goals sendiri adalah kombinasi dari 2P FG(tembakan 2 point) dan 3P FG(tembakan 3 point). Field Goal: dipisah menjadi FGM-A (Field Goal Made: Jumlah field goal masuk) dan FGA (Field Goal Attempts: Jumlah field goal yang dilakukan)
  • 3 Point Field Goal: dipisah menjadi 3PM-A (3Point Made: Jumlah tembakan 3Point masuk) dan FGA (3Point Attempts: Jumlah tembakan 3Point yang dilakukan)
  • Free Throw (FT). Menandakan jumlah free throw yang dilakukan suatu pemain.
  • FT juga dibagi menjadi FTM-A (Free Throw Made: jumlah free throw masuk dan Free Throw Attempts: jumlah free throw yang dilakukan).
  • Points (P/PTS). Menandakan jumlah point yang didapatkan suatu pemain.
  • Rebound (REB). Menandakan jumlah rebound yang didapatkan suatu pemain. Rebound dibagi menjadi 2: yaitu OFF (Offensive Rebound: rebound dari tembakan yang dilakukan ketika sedang menyerang) dan DEF (Defensive Rebound: rebound dari tembakan yang dilakukan musuh).
  • Assist (A/AST). Menandakan jumlah assist yang dilakukan suatu pemain. Assist adalah operan terakhir sebelum terjadi suatu Field Goal. Bila penembak harus melakukan sesuatu untuk menghindari musuh, maka operan tersebut BUKAN merupakan assist.
  • Personal Foul (F/PF). Menandakan jumlah foul yang didapatkan suatu pemain. Gabungan dari total personal foul dari suatu tim dalam satu kuarter disebut Team Foul, dan bila telah melebihi batas (biasanya 5), maka tim lawan akan mendapatkan free throw setiap kali tim tersebut melakukan foul.
  • Steal (S/STL). Menandakan jumlah steal yang didapatkan suatu pemain. Steal adalah usaha merebut bola yang berhasil dari musuh ketika bola sedang dalam posesi musuh.
  • Block (B). Menandakan jumlah block yang diambil suatu pemain. Block adalah usaha menggagalkan tembakan dari pemain lawan dengan tangan kita. Bila kita berhasil mengeblok musuh maka kita akan mendapatkan Blocked Shots (BS), sedangkan bila tembakan kita diblok musuh maka kita akan mendapatkan Blocked Against (BA).
  • Turn Over (TO). Menandakan berapa kali suatu pemain melepaskan posesi bola ke musuh. Bila musuh melakukan steal pada kita atau kita mengakibatkan suatu bola mati yang menjadi milik musuh, maka kita akan mendapatkan Turn Over.


Penelusuran yang terkait dengan Penghitungan Penilaian Skor Bola Basket
  • jelaskan istilah three point dalam permainan bola basket
  • perolehan poin dalam permainan bola basket
  • sistem permainan bola basket
  • teknik dasar bola basket
  • rangkuman materi bola basket
  • peraturan waktu bola basket
  • latar belakang bola basket
  • jelaskan pengertian permainan bola basket

Post a Comment for "Penghitungan Penilaian Skor Bola Basket atau Perolehan Poin Dalam Permainan Bola Basket"