Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan Badan Induk Organisasi Bola Basket Perbasi, NBA Dan FIBA



Apa itu PERBASI?

Persatuan bola basket seluruh indonesia atau yang disingkat “Perbasi” adalah induk organisasi nasional bola basket indonesia. Perbasi didirikan pada 23 oktober 1951, dimana Maladi yang pada saat itu menjabat sebagai sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) meminta Tony Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi bola basket nasional indonesia. Jadi atas kedua prakarsa tokoh inilah Persatuan Basketball Indonesia (Perbasi) terbentuk dengan posisi ketua diduduki oleh Tony Wen, sedangkan Wim Latumeten menjabat sebagai sekretaris. Namun untuk menyesuaikan perbendaharaan bahasa indonesia, pada tahun 1955 namanya diubah menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dan tetap disingkat menjadi PERBASI.


Perbasi menganut sistem vertikal berjenjang, dimulai dengan tingkat perkumpulan, pengurus cabang (pengcab) perbasi, pengurus daerah (pengda) perbasi, hingga kepada pengurus besar (PB) perbasi. Dalam perjalanannya PB Perbasi telah mengalami beberapa kali berganti kepengurusan. Dimana tercatat pengusaha muda Noviantika Nasution juga pernah menjabat menjadi ketua umum PB Perbasi dengan masa jabatan 2006-2010, setelah pada sebelumnya jabatan tersebut dipegang oleh Sutiyoso gubernur DKI. Pada tahun 2010-2015 jabatan ketua umum PB Perbasi dipegang oleh Anggito Abimanyu yang merupakan mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dan pada tanggal 13-14 maret 2015, Danny Kosasih terpilih sebagai ketua umum yang baru hingga sekarang. Setelah mengalahkan Azrul Ananda pada kongres pemilihan maret 2015 tersebut.


Dalam susunan Pengurus PERBASI yang pertama, Tony Wen menduduki jabatan Ketua serta Wim Latumeten, Sekretaris. Segera setelah terbentuknya organisasi bola basket Indonesia ( PERBASI ), organisasi ini menggabungkan diri dan menjadi anggota KOI serta FIBA. Namun demikian, dengan terbentuknya PERBASI, tidak berarti bahwa perjuangan bangsa Indonesia untuk membina dan mengembangkan permainan Bola Basket di tanah air menjadi ringan. Tantangan yang paling menonjol datang dari masyarakat Cina din Indonesia yang mendirikan Bon Bola Basket sendiri, dan tidak mau bergabung dengan PERBASI.Untuk menjawab tantangan tersebut, pada tahun 1955, organisasi bola basket Indinesia ( PERBASI ) menyelenggarakan Konferensi Bola Basket di Bandung yang dihadiri oleh utusan dari Yogyakarta, Semarang, Jakarta dan Bandung.
Keputusan yang paling terpenting dalam Konferensi tersebut ialah PERBASI merupakan satu-satunya organisasi induk olahraga Bola Basket di Indonesia, sehingga tidak ada lagi sebutan Bon Bola Basket Cina dan lain sebagainya. Pada kesempatan itu juga dibicarakan persiapan menghadapi penyelenggaraan kongres yang pertama.Kongres-kongres PERBASI yang telah diselenggarakan sejak berdirinya tahun 1951 sampai akhir tahun 1983 sebagai berikut :
  • Kongres ke – I : Tahun 1957 di Semarang
  • Kongres ke – II : Tahun 1959 di Malang
  • Kongres ke – III : Yang sedianya akan dilangsungkan tahun 1961 di Manado, dibatalkan.
  • Kongres ke – IV : Tahun 1967 di Jakarta
  • Kongres ke – V : Tahun 1969 di Surabaya
  • Kongres ke – VI : Tahun 1974 di Surabaya
  • Kongres ke – VII : Tahun 1977 di Jakarta (bersamaan dengan PON IX).
  • Kongres ke – VIII : Tahun 1981 di Jakarta (bersamaan dengan PON X).
Sejak didirikan tahun 1951, organisasi bola basket Indonesia ( PERBASI ) telah banyak melakukan kegiatan yang sifatnya nasional, regional dan internaisonal, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dalam melaksanakan pembinaan organisasi, PERBASI menganut sistem vertikal berjenjang, yang dimulai dari tingkat perkumpulan, PERBASI Cabang, Pengurus Daerah PERBASI, sampai kepada Pengurus Besar PERBASI.
Di bidang pembinaan, PERBASI mengenal berbagai cara. Selain pertandingan-pertandingan dilakukan melalui jenjang organisasi vertikal, juga dikenal adanya Kejuaraan Nasional Bola Basket Antar Perkumpulan. Disamping itu, sebagai realisasi daripada keputusan Kongres PERBASI ke VIII Tahun 1981, maka mulai tahun 1982 dilaksanakan Kompetisi Bola Basket Utama yang diikuti perkumpulan terkemuka di Pulau Jawa. Berbeda dengan kegiatan-kegiatan lain, Kompetisi ini dianggap sebagai awal pembaharuan dalam pembinaan Bola Basket Indonesia, karena dalam pelaksanaannya mengambil jalan pintas, tanpa mengikuti jalur vertikal. Hal ini langsung ditujukan pada peningkatan prestasi melalui cara yang dinilai paling cepat yakni dengan pembinaan latihan serta pertandingan yang teratur dan terus menerus sepanjang waktu.


Apa itu NBA?

Induk organisasi bola basket ketiga yang mungkin perlu kita ketahui adalah NBA, alias National Basketball Association. NBA merupakan induk organisasi bola basket pria di Amerika Serikat. Mereka juga lah yang menyelenggarakan liga basket NBA yang ada di Amerika Serikat. Liga basket NBA ini bisa kita bilang sebagai kiblatnya olahraga bola basket di seluruh dunia, karena merupakan liga basket dengan hype terbesar dan kualitas permainan tertinggi di dunia.

Organisasi bola basket NBA dibentuk pertama kalinya pada tanggal 6 Juni, 1946 di kota New York. Pada awalnya, organisasi ini tidak bernama NBA, namun justru BAA, yang merupakan singkatan dari nama Basketball Association of America.Baru kemudian pada tanggal 3 Agustus 1949, BAA berubah nama menjadi National Basketball Association, hal ini dipicu oleh kesepakatan merger dengan sesama lembaga basket lainnya: National Basketball League (NBL).

Sejak tahun 2014 (tanggal 1 Februari), organisasi bola basket NBA dipimpin oleh seorang pria berkacamata bernama Adam Silver selaku commisioner. Silver menggantikan komisioner sebelumnya, David Stern, yang  telah 30 tahun menjabat sejak tahun 1984.Dalam menyelenggarakan pembinaan pemain, organisasi bola basket NBA bekerjasama dengan badan organisasi lainnya yang bernama NCAA (National Collegiate Athletic Association). NCAA merupakan badan yang memiliki hak pengelolaan turnamen olahraga level kampus, termasuk turnamen basket NCAA (seperti LIBAMA di Indonesia). Pemain yang mentas dari kampusnya, terutama dari turnamen NCAA, bisa memilih untuk mengikuti NBA Draft (pemilihan rookie yang akan diambil ke dalam roster tim NBA), sehingga regenerasi pemain basket terus berlangsung.

Untuk pengelolaan liga bola basketnya, organisasi bola basket NBA menerapkan sistem yang nampak cukup unik, namun sebenarnya lazim digunakan di beragam cabang olahraga khas Amerika Serikat (seperti Hoki, American Football, dan Baseball).Dengan 30 tim yang ikut serta dalam kompetisinya (29 tim di area Amerika Serikat dan 1 tim di area Kanada), organisasi bola basket NBA membagi tim-tim tersebut menjadi 2 wilayah, yaitu wilayah Timur (Eastern Conference) sebanyak 15 tim dan wilayah Barat (Western Conference) 15 tim sesuai dengan lokasi masing-masing tim.

Setiap tim akan bermain sebanyak total 82 kali dalam satu musim reguler, kemudian di akhir musim akan diambil 8 tim terbaik dari kedua wilayah untuk mengikuti babak PlayOff.Babak PlayOffs berlangsung sama seperti babak Knock Out dalam kejuaraan di sepak bola, namun dengan sistem pertandingan Best of 7, yaitu kedua tim harus bertanding sebanyak 7 kali atau minimal memenangkan 4 pertandingan agar bisa melanjutkan ke babak selanjutnya. Tim yang memenangkan babak PlayOffs akan melanjutkan langkahnya hingga didapat Best of East dan Best of West.Kedua tim tersebut akan bertanding di pertandingan yang bertajuk NBA FINALS untuk memperebutkan trofi yang dinamakan Larry O’Brien Trophy.

Apa itu FIBA?

FIBA atau Federation international de baskeball ini sendiri merupakan salah satu badan atau organisasi yang mengatur olah raga basket secara internasional, dan bertempat di Jenewa , Swiss. FIBA ini sendiri pertama kali didirikan pada tanggal 18 juni 1932, dengan beberapa Negara pendirinya yaitu ada Yunani, Italia, Ragentina, Latvia, Swiss, Rumania, Portugal dan Cekoslawakia. Organisasi bakset internasional ini sendiri seirng melaksanakan berbagai macam kejuaran basket diantaranya seperti kejuaraan dunia FIBA, kejuaran bola bakset saat ada Olimpiade, berbagai macam turnament yang dilakukan antara klub dan masih banyak lagi berbagai macam turnamen yang lainnya.
Untuk di tanah air sendiri badan induk organisasi yang mengurusi olahraga basket ini sendiri disebut dengan PERBASI atau yang merupakan singkatan dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia, yang pertama kali didirikan pada tahun 1955. Dengan adanya organisai ataupun badan yang mengurusi ataupun menangani olah raga basket ini tentu saja semakin membuat berbagai macam kejuaran bola basket yang akan dilakukan baik itu antara negara atau secara lokal jadi lebih terorganasi lagi, dan tentu saja memiliki berbagai macam jenis peraturan yang harus ditaati dan tidak boleh dilanggar. Karena salah satu hal utama yang harus diterapkan saat melakukan olah raga adalah rasa sportif.



Penelusuran terkait
  • Badan tertinggi bola basket Dunia adalah
  • Kejuaraan Bola basket internasional dan nasional
  • Bola basket FIBA
  • Induk organisasi olahraga bola basket nasional adalah
  • Waktu istirahat dalam permainan bola basket adalah
  • Logo bola basket internasional
  • Jumlah pemain bola basket
  • Induk organisasi bola voli di Indonesia adalah

Post a Comment for "Pengenalan Badan Induk Organisasi Bola Basket Perbasi, NBA Dan FIBA"