Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran, Berat, Dan Tekanan Udara Bola Basket Yang Sesuai Standar

Ukuran, Berat, Dan Tekanan Udara Bola Basket Yang Standar Dan Lengkap
Bola merupakan perlengkapan terpenting dalam permainan bola basket. Karena tidak semua pemain memiliki postur tubuh yang sama maka bola harus bersifat fleksibel sehingga nyaman dikontrol oleh semua pemain. Oleh karena itu harus ditetapkan sebuah standar agar kualitas bola dalam suatu organisasi seperti liga terjamin.

Dalam penerapannya FIBA, NBA, NCAA, dan asosiasi lainnya memiliki peraturan yang berbeda-beda. Hal ini bisa terjadi karena asosiasi tersebut berdomisili di kancah yang berbeda-beda, sehingga kualitas manusianya pun juga berbeda.

Standar ukuran dan berat bola basket diikuti oleh standar tekanan angin yang dimaksudkan untuk membuat pantulan yang dihasilkan semakin maksimal. Bahan dari bola ini umumnya menggunakan kulit berkualitas terbaik yang banyak digunakan di kompetisi basket internasional. Kualitas dari bahan kulit membuat bola memiliki pantulan dan kestabilan yang bagus ketimbang bahan lainnya.

Sedangkan di beberapa negara yang memiliki iklim panas, biasanya bola basket ada yang menggunakan bahan sintetik dan PVC. Kedua bahan ini memiliki tekstur yang lebih keras namun lebih awet untuk digunakan sehari-hari terutama bagi yang baru belajar bermain basket di level junior.


Ukuran Bola Basket Standar

Standar dari ukuran bola basket untuk level nasional dan internasional adalah:
  • Ukuran keliling bola: 75-78 cm
  • Berat bola basket: 600-650 gram
  • Tekanan udara bola: 4,26-4,61 psi
Sebenarnya tidak ada perbedaan ukuran dan berat bola basket standar secara nasional dan internasional. Secara UMUM ukuran dan berat bola basket sudah di tetapkan oleh beberapa organisasi seperti FIBA, NBA dan NCAA.
Walaupun telah ditetapkan secara internasional, namun ada beberapa perbedaan tentang ukuran bola basket standar yang ditetapkan oleh FIBA, NBA dan NCAA :

  • Ukuran Bola Basket Secara untuk standar nasional dan internasional memiliki keliling
    antara 75 cm sampai 78 cm. Sementara untuk berat bola basket di antara 600 gr sampai 650 gr.
  • Ukuran Bola Basket Standar FIBA. Berdasarkan ketetapan FIBA, ukuran bola basket yang disetujui yaitu memiliki keliling 749 mm sampai 780 mm dengan berat bola basket antara 567 gr sampai 650 gr.
  • Ukuran Bola Basket Standar NBA. Untuk pertandingan NBA, ukuran bola basket yang di setujui yaitu 749,3 mm sampai 755,65 mm dengan berat bola basket 623,7 gram/
  • Ukuran Bola Basket Standar NCAA. NCAA menetapkan standar ukuran bola untuk keliling bola antara 749,3 mm sampai 762 mm dengan berat bola basket 567 sampai 623,7 gram.

Ukuran Bola Basket untuk Pertandingan Resmi


  • Ukuran nomor 7: Biasanya digunakan untuk ukuran pertandingan profesional di level atas seperti IBL, NBA, Euroleague dan semua kompetisi FIBA.
  • Ukuran nomor 6: Biasanya digunakan untuk pertandingan sekolah level menengah seperti SMP, pada basket wanita juga sebagian masih menggunakan bola ukuran 6 ini karena lebih ringan dan mudah dikendalikan
  • Ukuran nomor 5: Umumnya digunakan untuk pemula yakni anak-anak yang baru mengenal basket, serta menjadi standar yang digunakan di level elementary school atau SD.


Bahan yang Digunakan untuk Membuat Bola Basket

Bola basket yang baik untuk berlatih dan bertanding adalah yang terbuat dari bahan karet, kulit atau campuran keduanya. Tetapi hindari penggunaan bola yang berbahan dasar plastik atau nilon, karena pantulannya kurang baik.Ukuran bola yang standar yaitu yang berdiameter antara 749 mm dan 780 mm dengan berat antara 567 gram dan 650 gram. Cara mengukur tekanan angin dan kelayakan daya pantul yang sederhana, cukup dengan menjatuhkannya dari atas kepala (1, 8 meter) ke lantai atau tempat datar di mana orang yang melakukannya berdiri.Bila bola memantul kembali kira-kira setinggi pinggang (1, 3 meter), artinya tekanan angin atau daya pantulnya baik dan layak untuk dipakai bermain.

1. Bahan full leather

Dengan menggunakan bahan kulit asli pada seluruh bola basket ini akan menghasilkan kualitas bola yang baik. Dan biasanya bola yang terbuat dari bahan full leather ini digunakan pada pertandingan-pertandingan yang resmi.
Namun di negara Indonesia bola basket berbahan kulit ini kurang cocok karena iklim yang panas, sehingga membuat bola kulit bola cepat terkelupas.

2. Bahan PU Leather

Bola dengan menggunakan kulit dari sintetik ini hasilnya bola tidak terlalu keras serta bola sangat awet ketika dipakai pada lapangan terbuka maupun di lapangan indoor/tertutup.

3. Bahan PVC

Bola basket yang terbuat dari PVC ini cocok bagi mereka yang sedang belajar bermain permainan basket. Jika dibandingkan dengan bola basket berbahan PU leather bola berbahan PVC ini sedikit lebih keras dan bola juga awet ketika digunakan di lapangan luar/terbuka.



Penelusuran terkait
  • Ukuran lapangan bola basket
  • Ukuran Bola Basket Size 3
  • Gambar bola basket dan ukurannya
  • Ukuran ring basket
  • Garis tengah lingkaran pada lapangan bola basket adalah
  • Standar tinggi pantulan bola basket
  • Ukuran bola besar
  • Size bola basket NBA

Post a Comment for "Ukuran, Berat, Dan Tekanan Udara Bola Basket Yang Sesuai Standar"