Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Menggiring bola Dan Teknik Cara Menggiring Bola Basket Menurut Para Ahli

Pengertian Menggiring Menggiring Bola (Dribbling)
Menggiring bola adalah upaya menguasai bola sambil bergerak dengan cara memantul-mantulkan bola di tempat, memantulkan bola sambil berjalan dan memantulkan bola sambil berlari menuju ke depan/ke lapangan lawan. Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah dengan satu tangan (kiri/kanan). Tujuan menggiring bola adalah untuk mencari peluang serangan, menerobos pertahanan lawan, dan memperlambat tempo permainan.

Menggiring bola basket sering juga disebut mendrible, Drible artinya suatu gerakan memantul-mantulkan bola basket dengan satu tangan menuju daerah pertahanan lawan. Beberapa aktivitas menggiring bola anatar lain menggiring bola ditempat, menggiring bola sambil berjalan, dan menggiring bola sambil berlari.


Dribbling atau teknik menggiring bola basket dapat dilakukan dengan sikap berhenti, berjalan, atau berlari. Pelaksanaannya dapat dilakukan dengan tangan kiri atau tangan kanan.

Menurut Dedy Sumiyarsono (2002:44), cara menggiring bola basket adalah sebagai berikut:
  • Sikap kaki kuda-kuda dengan posisi lutut sedikit ditekuk.
  • Badan condong ke depan, titik berat badan berada diantara kedua kaki.
  • Gerakan tangan ke atas dan ke bawah dengan sumbu gerak di siku, saat gerak bola ke atas maka telapak tangan mengikuti bola ke atas seolah-olah bola melekat pada telapak tangan.
  • Pandangan tidak melihat bola, akan tetapi melihat situasi sekitar.
  • Apabila akan melakukan gerakan mundur atau membalik, usahakan posisi kaki benar-benar berhenti terlebih dahulu dengan cara seluruh telapak kaki menyentuh lantai posisi lutut ditekuk dalam-dalam.
  • Usahakan bola selalu dalam lindungan, dengan cara menutup badan atau menggiring dengan tangan yang jauh dengan lawan dengan posisi kaki kanan menutupi atau sebaliknya.

Sedangkan teknik menggiring bola basket menurut Soebagio Hartoko (1994:36) sebagai berikut:
  • Peganglah bola dengan kedua tangan yang relax, tangan kanan di atas bola, sedang tangan kiri menjadi tempat terletaknya bola.
  • Berdirilah seenaknya dengan kaki kiri agak sedikit di depan kaki kanan.
  • Condongkan badan ke depan mulai dari pinggang.
  • Mulai pantulkan bola dengan tangan kanan, (sebagai permulaan sebaiknya mata masih melihat bola).
  • Gerakan lengan hampir sepenuhnya.
  • Jangan memukul bola dengan telapak tangan, tetapi pantulkan (tekankan) dengan jari-jari dibantu dengan gerakan pergelangan tangan.
  • Jinakkan bola dengan sedikit mengikuti bergeraknya ke atas sebentar dengan jari-jari dari pergelangan tangan, kemudian dipantulkan kembali.
  • Setelah rahasia gerak, watak dan irama dari pantulan dapat dirasakan (get the feeling) dengan sikap berdiri ditempat, memulailah dengan bergerak maju.
  • Mulailah jangan melihat bola, dan percepatlah gerak.
  • Kemudian menggiring dengan agak rendah, rendah, maju, mundur-cepat, secepatnya, berliku, berkelok dengan rintangan dan lawan.

Beberapa aktivitas menggiring bola anatar lain menggiring bola ditempat, menggiring bola sambil berjalan, dan menggiring bola sambil berlari.

1. Menggiring Bola di Tempat
Menggiring bola ditempat dilakukan dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Amati dan peragakan gerakan menggiring bola di tempat dalam permainan bola basket berikut ini.
  1. Sikap awal seperti menangkap atau menerima bola. Kemudian lengan bagian atas tegak lurus dengan lantai, lengan bawah sejajar dengan lantai, pergelangan tangan lemas atau tidak kaku.
  2. Cara mendorong bola dipantul-pantulkan di depan, samping kiri, dan kanan dengan jari-jari tangan terbuka (bukan dipukul-pukul).
  3. Pandangan ke bola lalu akhirnya ke segala arah.

2. Menggiring Bola Sambil Berjalan
Menggiring bola basket juga dapat dilakukan sambil berjalan. Cara melakukannya sama dengan cara memantulkan bola di tempat kemudian dilanjutkan sambil berjalan ke berbagai arah.

3. Menggiring Bola Sambil Berlari
Cara melakukannya sama seperti memantulkan bola di tempat, hanya pantulan bolanya seirama dengan kecepatan lari, penguasaan bola selalu dalam jarak yang dapat dikuasai.

Gerakan menggiring bola basket dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan menggiring bola basket, Dalam kegiatan diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin. Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menggiring bola basket antara lain berikut ini.

a) Menggiring Bola Di Tempat
Latihan menggiring bola dapat dilakukan dengan cara memantulkan bola di tempat terlebih dahulu. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.

  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan.
  3. Kemudian  pantul-pantulkan bola dengan tangan kanan di tempat.
  4. Jika sudah lancar di tempat, maka lakukan gerak menggiring bola sambil berjalan, kemudian dilanjutkan dengan berlari.

b) Menggiring Bola Mundur, Maju, dan Menyamping
Latihan enggiring bola dapat dilakukan dengan gerakan maju, mundur, dan menyamping secara bergantian dalam satu rangkaian latihan. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.

  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan didepan dada.
  3. Kemudian lakukan menggiring bola sambil bergerak mundur.
  4. Jika sudah lancar menggiring bola mundur, maka lanjutkan dengan gerakan sambil bergerak menyamping ke arah kanan dan kiri.

c) Menggiring Bola Zig Zag.
Latihan menggiring bola dapat dilakukan dengan cara melewati rintangan berupa bangku atau cones. Gerakan ini juga dinamankan gerakan menggiirng bola secara zig-zag. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.

  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan di depan dada.
  3. Tempatkan cones/kursi sebanyak 4 sampai 5 buah dalam jarak 15 – 20 meter.
  4. Kemudian lakukan menggiring bola secara zig-zag (berkelok-kelok) melalui rintangan sambil berjalan.
  5. Jika sudah lancar melakukan menggiring sambil berjalan, maka lakukan menggiring bola sambil berlari dengan melewati rintangan.
  6. Pembelajaran ini dilakukan secara perorangan atau kelompok dan dilakukan 3 – 5 kali putaran.


Prinsip-Prinsip Teknik Menggiring Bola Basket

Untuk melakukan teknik menggiring bola basket yang baik, perlu diketahui bahwa ketika menggiring bola dianjurkan pemain untuk melatih beberapa teknik dalam menggiring bola basket agar bola tetap stabil dan tidak lepas dari kendali kita. Beberapa prinsip teknik menggiring bola tersebut di antanya yaitu:
  • Kontrol jari-jari tangan
Dalam melakukan gerakan menggiring bola basket, langkah ini termasuk dalam langkah permulaan yang sangat penting untuk dikuasai sebelum melakukan teknik-teknik menggiring bola yang lebih sulit tingkatannya maupun tingkat mahir. Kontrol bola pada gerakan dribble sesuai dengan posisi yang diharapkan, karena itu butuh kontrol jari-jari tangan yang tapat agar bola terarah dengan baik.
  • Bertahan dengan posisi tubuh tetap rendah
Pada teknik dribble atau menggiring bola basket, hal penting yang harus diperhatikan adalah posisi tubuh. Pertahankan agar tubuh tidak terlalu meninggi dengan sedikit membungkuk. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kengatur keseimbangan tubuh ketika menggiring bola dan membawa bola memasuki aera lawan tim.
  • Tegakkan posisi kepala
Ketika menggiring bola basket, pastikan kepalaa tidak dalam keadaan menunduk, tapi harus ditegakkan. Berbeda dengan posisi tubuh yang agak membungkuk. Jangan menundukkan kepala dengan pandangan terlalu fokus ke arah bola.  Namun arahkan pandangan ke arah lawan untuk mengetahui posisi lawan, sehingga jika ada kesempatan maka pemain dapat melewati dari penjagaan pemain lawan.
  • Kombinasi 2 tangan
Pada teknik dribble atau menggiring bola basket memang tidak diperbolehkan untuk melakukan dribble atau menggirng bola dengan kedua tangan sekaligus. Namun boleh untjk dikombinasikan dengan tangan satunya. Di saat melakukan penyerangan, ada banyak pemain bola basket melakukan trik atau gerakan mengecoh pergerakan lawan dengan mengkombinasikan kedua tangan di saat melakukan gerakan dribble atau menggiring bola.
  • Protect the Ball
Dalam teknik dribble atau menggiring bola basket, penting untuk memperhatikan ketika memperoleh bola dan di saat menggiring bola. Pemain lawan pastinya akan datang untuk merebut bola dari yang kita bawa. Teknik melindungi bola ini diperlukan agar bola tidak terbut oleh pemain lawan, dan jiika mampu mempertahankannya sampai akhirnya bisa mencetak angka.

Tujuan Menggiring Bola Basket

Setelah kita membahas berbagai jenis teknik menggiring bola atau dribble, kurang rasanya jika tidak sekaligus membahas tentang tujuan menggirng bola basket. Nah, berikut ini merupakan beberapa tujuan menggiring bola basket:
  • Mempercepat menuju ke area tim lawan untuk bisa memasukkan bola ke keranjang ring lawan.
  • Memudahkan untuk menerobos area pertahanan lawan sehingga adanya kesempatan untuk mencetak poin.
  • Menghambat permainan lawan dengan menggoyahkan pertahanan lawan.
  • Bola akan lebih sulit direbut oleh pemain lawan.



Penelusuran terkait
  • Menggiring bola basket dilakukan menggunakan
  • Tujuan menggiring bola tinggi dalam bermain basket adalah
  • Cara menggiring bola tinggi dalam basket
  • Cara menggiring bola basket yang benar adalah brainly
  • MELAKUKAN shooting dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan cara
  • Jelaskan variasi menggiring bola dalam permainan bola basket
  • Yang tidak termasuk cara menggiring bola dalam permainan bola basket adalah
  • Latihan menggiring bola basket secara zig-zag adalah

Post a Comment for "Pengertian Menggiring bola Dan Teknik Cara Menggiring Bola Basket Menurut Para Ahli"