Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Customer atau Pelanggan , Jenis – Jenis Pelanggan, Karakteristik dan Contohnya

SEPUTAR PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS PELANGGAN (CUSTOMER)

Pengertian Pelanggan

Pelanggan adalah suatu lembaga, instansi, organisasi atau juga perorangan yang membeli barang atau jasa dari perusahaan secara rutin atau terus menerus karena barang yang di belinya dapat bermanfaat baginya. Dan dapat di Tarik kesimpulan bahwa orang-orang tersebut adalah yang memberikan perhatian penuh kepada produk atau jasa dari perusahaan tersebut.Pelanggan bukan hanya dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaann tetapi si pelanggan dapat menginginkan rasa ingin di hormati dan termasuk menjadi bagaian terpenting dari sebuah perusahaan.

Kepuasan yang di dapatkan oleh para pelanggannya pada saat menggunakan produk atau jasa yang di tawarkan dapat membangkitkan emosi dari pelanggan dan dapat mengevaluasi tentang pengalaman pada saat menggunakan produk atau jasa di perusahaan tersebut.Hasil dari evaluasi itu dapat membuat perusahaan menjadi baik dan dapat menjadi buruk, mak perusahaan di tuntut untuk dapat memberikan suatu produk atau jasa yang di berikan kepada pelanggan dengan kualitas terbaik. Tidak hanya produk yang di hasilkan tetapi juga pelayanan yang ada tidak luput dari penilaian para pelanggan.

Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli

Greenberg, 2010

Menurut Greenberg, Pelanggan adalah seorang individu atau kelompok yang memebeli produk fisik atau jasa dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor seperti harga, kualitas, tempat, pelayanan dan lain sebagainya berdasarkan keputusan mereka sendiri.

Nasution, 2001

Menurut Nasution, Pelanggan adalah semua orang yang membeli suatu produk tertentu baik berupa barang atau jasa.


Jenis-jenis Pelanggan

  • Pelanggan Internal
Pelanggan internal merupakan pelanggan yang tidak mengonsumsi suatu barang ataupun jasa secara langsung. Pelanggan tipe ini membeli barang ataupun jasa untuk dijual kembali oleh orang lain. Pelanggan jenis ini dapat berupa produsen suatu barang ataupun agen penjualan yang bekerja sama dengan perusahaan penyedia barang ataupun jasa. Pelanggan jenis ini akan didapatkan oleh perusahaan dengan jalan memberikan berbagai keuntungan untuknya. Dengan memberikan keuntungan yang lebih untuk pelanggan ini, maka pelanggan ini akan tetap setia menjadi pelanggan perusahaan Kita.Contoh : pegawai kantor pemasaran, bagian HRD dsb.
  • Pelanggan Eksternal
Pelanggan eksternal merupakan pelanggan yang secara aktif langsung mengonsumsi barang ataupun jasa yang mereka beli. Pelanggan jenis ini sering juga disebut sebagai konsumen akhir. Pelanggan tipe ini biasanya berhasil didapatkan oleh sebuah perusahaan dikarenakan mutu dan kualitas dari barang ataupun jasa yang dirasakan oleh pelanggan ini. Dengan memberikan kualitas terbaik dari barang ataupun jasa yang kita jual, kita akan mendapatkan komitmen yang besar dari pelanggan eksternal ini.Contoh : pelanggan warteg yang makan di warteg, pelanggan operator Telkomsel, XL dsb
  • Pelanggan Antara
Merupakan kelompok ataupun orang yang bertindak sebagai perantara produk akan tapi bukan sebagai pemakai akhir dari produk perusahaan. Misalnya seperti agen perjalanan yang bertindak sebagai pemesan kamar penginapan untuk para pemakai akhir atau seperti distributor yang bertindak dalam mendristribusikan produk-produk perusahaan. Contoh : retailer dan dealer motor.

Beberapa Karakteristik Customer/ Pelanggan

Secara umum, setiap customer memiliki karakter yang berbeda satu dengan lainnya. Hal tersebut disebabkan karena berbagai faktor, misalnya latar belakang keluarga, pendidikan, lingkungan, dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah beberapa karakter customer dan cara menghadapinya:
  1. Customer pemarah; pelanggan pemarah harus dihadapi dengan tenang, sabar, dan mendengarkan perkataannya dengan baik. Pahami penyebab kemarahannya dan berikan penjelasan dengan cara seramah mungkin.
  2. Customer pendiam; pelanggan seperti ini membutuhkan cara khusus untuk mendapatkan perhatiannya. Misalnya; mengajak bicara dan membuatnya nyaman, mencoba akrab dengannya dan menanyakan mengenai barang yang dibutuhkannya.
  3. Customer tak sabaran; pelanggan seperti ini membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Terkadang pelanggan tak sabaran meminta banyak hal dalam waktu singkat sehingga dibutuhkan kesabaran juga untuk menghadapinya.
  4. Customer detail; pelanggan seperti ini harus ditangani oleh seseorang yang memiliki pengetahuan luas tentang suatu produk. Pasalnya, pelanggan tersebut akan banyak bertanya mengenai produk tersebut dan detail.
  5. Customer hemat; pelanggan seperti ini umumnya mencari produk yang sedang diskon atau sedang turun harga. Menjelaskan kelebihan suatu produk dan batas waktu diskon akan membuat pelanggan hemat cenderung akan segera membeli.

Ada banyak hal yang menjadi alasan seseorang menjadi pelanggan sebuah barang / jasa, antara lain :
  • Kebutuhan yang kuat sekali terhadap sebuah barang / jasa tertentu, contohnya :
    • Pelanggan sarapan pagi di sebuah kafe / restoran yang disebabkan lokasi kafe / restoran tersebut adalah satu-satunya yang terdekat dengan rumah atau kantor tempatnya bekerja.
    • Pelanggan bus pagi yang disebabkan karena bus tersebut adalah satu-satunya bus yang lewat di depan rumah dan melintas di depan kantor tempatnya bekerja juga.
    • Pelanggan operator telepon tertentu karena operator itu adalah satu-satunya penyedia jaringan internet yang cepat.
  • Nilai atau keuntungan yang didapatkan dari sebuah barang / jasa tertentu tidak didapatkan pada barang / jasa sejenis lainnya, contohnya :
    • Rasa yang khas sekali pada satu menu tertentu di sebuah restoran dapat membuat seseorang menjadi ketagihan dan menjadi pelanggan tetap di restoran tersebut.
    • Wangi yang sangat disukai dan tidak ditemui di binatu lain, hal ini juga dapat membuat seseorang menjadi pelanggan tetap di sebuah binatu.
    • Pelayanan yang ramah dan menyenangkan di sebuah salon / spa dapat membuat seseorang menjadi seorang pelanggan tetap di sebuah salon / spa.


itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian pelanggan dan jenis-jenis pelanggan yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga dapat bermanfaat ya!

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Pelanggan
  • pengertian pelanggan secara umum
  • pengertian pelanggan tradisional
  • karakteristik pelanggan
  • pengertian pelanggan potensial
  • pengertian pelanggan atau konsumen
  • macam macam pelanggan
  • tipe-tipe pelanggan
  • contoh pelanggan perantara

Post a Comment for "Pengertian Customer atau Pelanggan , Jenis – Jenis Pelanggan, Karakteristik dan Contohnya"