Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Mailing List Beserta Fungsi, Jenisnya, Kelebihan dan Kekurangan Mailing List

Mailing List Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh
Kecanggihan dunia teknologi informasi dan komunikasi benar-benar telah membantu kehidupan manusia. Berbagai penemuan-penemuan di bidang teknologi dan komunikasi telah terbukti dapat membuat berbagai kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Untuk berkomunikasi saja misalnya, jika sebelum ditemukannya berbagai teknologi canggih manusia harus saling bertatap muka untuk bisa berkomunikasi, maka setelah ditemukannya berbagai teknologi di bidang komunikasi, komunikasi antar manusia dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa harus saling bertatap muka.
Mailing list merupakan salah satu penemuan yang telah terbukti mampu mempermudah kegiatan komunikasi manusia. Dengan menggunakan mailing list, manusia dapat saling berkomunikasi secara berkelompok hanya dengan menggunakan koneksi internet saja, tanpa harus saling bertemu dan bertatap muka. Ada banyak sekali manusia dari seluruh penjuru dunia yang menggunakan mailing list. Semua pengguna mailing list ini saling bekomunikasi dan saling berbagi informasi, berita, dan juga mungkin keluh kesah. Lantas apa sih sebenarnya mailing list itu?
Pengertian mailing list pada dasarnya telah terungkap dari narasi yang telah disampaikan di atas. Mailing list merupakan sebuah wadah yang dapat digunakan untuk berkomunikasi di antara sesama penggunanya untuk berbagi informasi dan berita. Sistem kerja mailing list adalah dengan memanfaatkan akun email. Setiap pemilik akun email dapat bergabung ke berbagai grup mailing list yang disukainya. Hal ini dikarenakan mailing list terbuka untuk siapa saja yang ingin mengaksesnya.


Fungsi Mailing List

Mailing List ini memiliki fungsi sebagai berikut :
Bisa berkomunikasi menggunakan teknologi yang minimalis dan membuat seluruh anggota mailing list dapat menerima sebuah e-mail yang sudah di kirimkan oleh seorang anggotanya dan tidak perlu melakukan pengiriman yang di lakukan satu persatu kepada setiap anggotanya.
Dalam melakukan interaksia atau komunikasi dengan suatu komunitas seperti dengan saudara dalam satu keluarga besar atau dengan teman-teman yang terbesar di seluruh daerah yang telah tersebar. Maka mailing list bisa di manfaatkan pula menjadi jalan untuk dapat memperlancar suatu komunikasi tersebut.



Manfaat Mailing List

Manfaat yang dimiliki oleh Mailing List atau Milis Adalah menjadi sebuah sumber yang dipakai untuk memperoleh banyak informasi dan berbagai jenis informasi. Misalnya saja, ketika Anda membutuhkan pekerjaan, Anda bisa mencari lowongan pekerjaan dengan menggunakan Mailing List ini.Selain itu, dengan menggunakan Mailing List para penggunanya tak perlu susah-susah bertemu di suatu tempat demi membagikan atau memberikan sebuah informasi. Dengan memakai Mailing List, banyak orang dimungkinkan untuk berbagi informasi kapanpun dan dimanapun.

Manfaat lain Mailing List adalah sebagai alat yang memungkinkan komunikasi antarsesama pengguna menjadi lebih mudah, bahkan dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah.Mailing list bisa disebut sebagai fasilitas grup yang memungkinkan para pengguna untuk saling berkomunikasi, bertukar informasi dan lain sebagainya. Fasilitas ini layaknya seperti tempat bagi banyak orang untuk memecahkan masalah atau diskusi guna mendapat jawaban yang telah disetujui.Para anggota dapat bertanya sesuai dengan keinginan dan kemudian mengirimnya ke dalam grup, pertanyaan tersebut nantinya akan diterima oleh semua anggota grup di dalam Mailing List tersebut yang kemudian didiskusikan guna mencari jawaban yang benar.

Macam Jenis Milis

Dibawah ini merupakan macam jenis Milis, Mailing list ini mempunyai dua jenis, ialah sebagai berikut :
  • Announcement-type list, ialah sebuah proses komunikasi yang terdapat pada mailing list yang dilakukan hanya 1 arah, maksudnya ialah anggota pada mailing list itu tidak punya otorisasi untuk membalas hanya menerima pesan atau juga email dari mailing list saja.
  • Discussion-type list, yakni anggota itu bisa berkomunikasi dengan 2 arah, anggota mailing list juga dapat menerima serta mengirim pesan kepada sesama anggota milis.

Kelebihan dan Kekurangan Mailing List

Berikut ini beberapa kelebihan dari Mailing List, antara lain adalah:
  • Anggota grup mailing list dapat mudah menerima informasi terbaru dari anggota lainnya di dalam grup.
  • Sangat mudah dalam mendapatkan informasi-informasi.
  • Dapat menambah relasi
Berikut ini beberapa kekurangan dari Mailing List, antara lain adalah:
  • Kurang praktis, karena pengguna harus membuka email setiap hari agar pesan yang masuk ke dalam email tidak menumpuk.
  • Sistem pengiriman balasan dapat memakan kuota space pada email cukup besar. Hal ini dikarenakan saat mengirim pesan harus disertakan dengan kiriman yang sebelumnya.

Cara Menggunakan Mailing List

  • Pertama kali tentunya anda harus mendaftarkan diri pada grup yang anda minati. Biasanya terdapat pada grup Yahoo atau grup Google.
  • Pada saat anda mendaftar, anda akan diminta untuk mengisi database agar semua informasi anggota grup dapat terangkum rapi.
  • Setelah terdaftar, barulah anda bisa mengirimkan pesan ke mailing bila ada sesuatu yang memang ingin anda sampaikan. Setiap anggota mailing list dapat menuliskan apapun yang ingin disampaikan asal informasi tersebut memang akurat dan terpercaya. Informasi tersebut juga bisa dibroadcast kan anggota lainnya.


Contoh Mailing List

  • Group Yahoo ialah dengan alamat groups.yahoo.com. Untuk dapat mengikuti mailing list ini dibutuhkan email Yahoo.
  • Group Google yakni dengan alamat groups.google.com. Untuk mengikuti mailing list pada group ini maka membutuhkan email google atau GMail.
Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Mailing List, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contohnya, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Mailing List
  • fungsi mailing list
  • pengertian newsgroup
  • cara membuat mailing list
  • jenis layanan mailing list yang berfungsi sebagai forum serta populer di awal tahun 2000 adalah
  • contoh aplikasi mailing list
  • salah satu keunggulan mailing list yaitu
  • fungsi milis
  • mailing list word

Post a Comment for "Pengertian Mailing List Beserta Fungsi, Jenisnya, Kelebihan dan Kekurangan Mailing List"