Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Efisien Menurut Para Ahli dan Contoh Pekerjaan Yang Efisien

Pengertian Efisien

Pengertian efisien merupakan suatu usaha yang mengharuskan seseorang menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, selamat serta tepat waktu, dan juga tanpa mengeluarkan banyak biaya. Pekerjaan efisien dilakukan dengan cara mengevaluasi atau membuat perbandingan dengan masukan dan pengeluaran yang diterima. Efisien juga memiliki arti sebagai cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan dengan sumber daya yang diolah secara bijak, hemat uang, waktu dan juga tenaga yang tidak banyak terbuang.

Dari semua pengertian yang ada bisa disimpulkan bahwa efisiensi terbagi menjadi dua unsur penting yaitu sumber daya, atau tenaga yang digunakan dan hasil atau output yang dari sumber daya tersebut. Nah dalam mengelola sumber daya menjadi produk tersebutlah yang disebut efisiensi. Efisiensi ini menyangkut mekanisme kerja, sistem penggajian, sistem birokrasi, sistem hirarki dalam organisasi, faktor kepemimpinan, dan masih banyak lagi variabel lainnya yang bisa mempengaruhi efisiensi kerja atau efisiensi organisasi. Telah sedikit disinggung diatas bawa efisiensi tidak berjalan sendiri, ada konsep lain yang juga ikut menyertainya yaitu efektivitas. Nah, efektivitas disini berarti pencapaian tujuan. Bertolak belakang dengan efisiensi yang sangat memperhatikan penghematan dan pemanfaatan sumber daya sebaik mungkin. Efektivitas tidak memperhatikan hal-hal tersebut, yang diperhatikan hanya bagaimana caranya agar organisasi bisa mencapai tujuan dengan modal sebesar apapun dan serumit apapun tujuan harus tetap tercapai. Sedangkan pengertian efisien tidak demikian


Jika kedua konsep ini diterapkan secara berdampingan pada suatu organisasi maka, organisasi bisa meningkatkan produktivitas kerja, dan produktivitas outputnya secara maksimal, yang pada akhirnya pendapatan organisasi atau kinerja organisasi akan semakin meningkat, menjadi lebih mampu bersaing dengan lingkungan dan lain sebagainya. Sebuah organisasi harus mampu bekerja dengan konsep yang efektif dan efisien, efektif disini berarti bisa mencapai tujuan, sedangkan efisien disini perbandingan terbaik antara usaha dan hasil. Jadi sudah jelas kiranya bahwa pengertian efisien menitikberatkan pada dua hal yaitu sumber daya ( input) dan hasil (output). Bagaimana input tersebut diproses sebaik mungkin untuk menghasilkan output yang berkualitas dengan kuantitas yang besar juga.


Pengertian Efisien Menurut Beberapa Ahli

Para ahli juga memberikan gagasan sendiri mengenai efisien. Berikut ini merupakan pengertian efisien menurut beberapa ahli di antaranya adalah

  • Efisien merupakan suatu usaha untuk mencapai tujuan yang maksimal dengan meminimalisir pengeluaran sumber daya.
  • Efisien merupakan penggunaan sumber daya seperti biaya, waktu, dan usaha atau tenaga, untuk mencapai tujuan dalam melakukan kegiatan.
  • Efisien merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu usaha dengan mengeluarkan sedikit uang, waktu, dan tenaga untuk mencapai hasil atau target yang maksimal
  • Efisien merupakan cara atau kemampuan untuk mendapatkan hasil dan tujuan yang maksimal, namun hanya menggunakan sumber daya yang sedikit. Sehingga tidak mengeluarkan biaya, tenaga, dan waktu yang terlalu banyak.
  • Efisien adalah suatu cara yang tepat untuk menghasilkan tujuan dengan maksimal sesuai dengan yang diinginkan atau yang dikehendaki.
  • Efisien merupakan suatu cara untuk mencapai atau tujuan dengan biaya dengan jumlah yang sama, Namun tujuan atau hasil yang maksimal.

Perbedaan Efektif dan Efisien

  1. Efektif merupakan pencapaian tujuan atau target dalam batas waktu yang telah ditentukan tanpa harus memperdulikan biaya yang sudah dikeluarkan. Sedangkan efisien merupakan pencapaian target dengan biaya dalam jumlah yang sama atau sedikit demi menghasilkan suatu hasil yang lebih besar.
  2. Efektif adalah suatu pekerjaan atau hal lainnya yang dianggap berhasil jika tepat waktu sesuai dengan yang telah diharapkan. Sedangkan Efisien merupakan suatu usaha untuk menghasilkan segala sesuatu sesuai dengan yang dikehendaki atau yang diinginkan.
  3. Efiktif adalah suatu hal yang bisa mencapai hasil akhir sesuai dengan waktu yang diinginkan seseorang. Sedangkan Efisien merupakan kemampuan di dalam bekerja guna memberikan hasil yang terbaik dengan meenggunakan sedikit waktu, uang atau hal lainnya.
  4. Efektif adalah perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran dalam berbagai aktifitas disuatu kegiatan, sehingga pencapaian tujuan itu bisa dipenuhi dari beberapa banyaknya kualitas dan kuantitas hesil kerja dan juga batas waktu yang sudah ditetapkan. Sedangkan Efisien adalah suatu aktifitas meminimalisir pemborosan serta kerugian sumber daya guna melaksanakan dan menghasilkan sesuatu.
  5. Efektif adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan suatu hasil yang sesuai dengan keinginan karena sesuatu yang efektif, maka bisa memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan Efisien adalah kemampuan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan untuk memberikan hasil yang memuaskan namun tidak memboroskan waktu, energi dan juga uang.

Contoh Pekerjaan Yang Efektif dan Efisien

  • Melakukan Jual Beli Online Perkembangan teknologi yang berkembang pesat membuat seseorang menginginkan suatu pekerjaan yang efektif dan efisien, memanfaatkan teknologi, kini orang-orang lebih memilih transaksi jual-beli secara online.
  • Dinda harus memindahkan barang dengan sepeda motor selama 3 kali sedangkan Radit hanya perlu memindahkan barang satu kali saja dengan truk Dimana dinda berkeja secara efektif sedangkan Radit bekerja secara efisien karena dia menggunakan truk untuk menghemat waktu dan tenaga.
  • Pekerjaan yang efektif selanjutnya adalah mengambil contoh dari maskapai merpati airlines dimana mereka pernah mengalami kebangkrutan sehingga pemerintah mengeluarkan dana untuk membantu maskapai tersebut terhindar dari kebangkrutan lama.


Penelusuran terkait
  • Pengertian efektif dan efisien wikipedia
  • Pengertian efisiensi menurut para ahli
  • Pengertian efisiensi menurut para ahli tahun 2016
  • contoh bekerja efektif dan efisien dalam kehidupan sehari-hari
  • Efisien artinya
  • Contoh efisiensi di sekolah
  • Contoh kalimat efisien
  • Efisien adalah brainly

Post a Comment for "Pengertian Efisien Menurut Para Ahli dan Contoh Pekerjaan Yang Efisien"