Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kerjasama Meliputi Manfaat, Bentuk, dan Contoh Kerjasama

Pengertian Kerjasama Dan Manfaatnya Lengkap Umum Via: Blogiseng.web.id
Pengertian Kerjasama

Yang dimaksud dengan kerjasama adalah suatu pekerjaan yang di kerjakan oleh dua orang ataupun lebih untuk mencapai tujuan atau target yang sebelumnya telah direncanakan dan disepakati bersama. Atau kerjasama dapat diartikan sebagai tindakan-tindakan dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan dan demi keuntungan bersama.
Biasanya dalam sebuah perusahaan atau lembaga-lembaga kerjasama tim telah menjadi sebuah kebutuhan untuk mewujudkan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Kerjasama tim akan menjadi suatu dorongan sebagai energi maupun motivasi bagi setiap individu yang tergabung dalam sebuah tim kerja. Jika kerjasama tim dapat berjalan dengan baik, maka kelancaran berkomunikasi maupun rasa tanggung jawab pada setiap individu yang ada di dalam tim kerja akan terbentuk.

Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli

Dalam sosiologi, definisi kerja sama adalah bentuk interaksi sosial dengan sifat asosiatif yang terjadi ketika ada kelompok masyarakat yang punya pandangan sama untuk mewujudkan tujuan bersama. Berikut adalah pengertian kerjasama menurut para ahli:

1. Pamudji

Menurut Pamudji, pengertian kerjasama adalah pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antarindividu bekerja bersama sama sampai terwujud tujuan yang dinamis. Lebih lanjut ia berpendapat bahwa unsur utama kerjasama ada tiga yakni adanya individu individu, adanya interaksi dan adanya tujuan yang sama.

2. Charles H. Cooley

Seorang ahli bernama Charles H. Cooley berpendapat, kerjasama akan timbul jika orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama dan sekaligus memiliki pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri untuk memenuhi kepentingan kepentingan tersebut.

3. Rosen

Menurut Rosen, pengertian kerjasama adalah sumber yang dianggap sangat efisien untuk kualitas pelayanan terutama dalam konteks kerjasama bidang ekonomi khususnya jual beli.

4. Thomson dan Perry

Menurut Thomson dan Perry, pengertian kerjasama adalah kegiatan yang mempunyai tingkatan berbeda dimulai dari tahapan koordinasi juga kooperasi sampai terjadinya kolaborasi dalam suatu kegiatan kerjasama.

5. Tangkilisan

Menurut Tangkilisan, pengertian kerjasama adalah sumber kekuatan yang muncul dalam sebuah organisasi sehingga bisa mempengaruhi keputusan juga tindakan organisasi.
 
 

Macam-Macam Bentuk Kerjasama

Bentuk-bentuk dari kerjasama. yaitu sebagai berikut :
  • Koalisi (Coalition), yakni gabungan dari 2 lembaga organisasi atau juga lebih yang meimiliki tujuan yang sama, mereka bekerjasama agar mencapai tujuan mereka tersebut.
  • Tawar menawar (Bargaining), yakni membentuk kerjasama mengenai kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara 2 orang atau lebih.
  • Bekerja sama (Joint Venture), yakni kerja sama dalam mengerjakan proyek-proyek tertentu agar dapat cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
  • Atas dasar kerukunan, yakni kerjasama yang didasari karena kerukunan sesama manusia,  sebuah kerjasama yang didasari dengan kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
  • Cooptation, yakni sebuah proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan suatu organisasi, hal ini menjadi sebuah upaya menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi.

Bentuk-bentuk Kerjasama

Adapun bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat adalah sebagai berikut:
  1. Bargaining yaitu perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa antarindividu maupun antar kelompok. Dalam arti yang lebih luas, bargaining adalah nilai tawar. Bargaining dilakukan agar proses kerja sama dapat memberi keuntungan secara adil bagi kedua belah pihak.
  2. Kooptasi yaitu proses penerimaan unsu-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi, sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinya kegoncangan atupun kekacauan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan.
  3. Koalisi yaitu gabungan atau kombinasi dua kelompok atau lebih yang memiliki tujuan sama dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Contoh dalam kehidupan nyata yaitu dua atau lebih partai politik berkoalisi untuk mengajukan seorang calon kepala daerah.
  4. Joint Venture, yaitu bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua orang/ perusahaan dalam melaksanakan suatu pekerjaan/ proyek.
  5. Atas dasar kerukunan adalah kerjasama yang didasari adanya kerukunan sesama makhluk manusia, kerjasama atas dasar kerukunan biasanya tidak akan mengharapkan upah/ imbalan. Misalnya dalam hal bergotong royong membangun fasilitas umum, kerja bakti kebersihan lingkungan dan yang lainnya.
  6. Merger - Secara sederhana, merger diartikan sebagai penggabungan dengan melibatkan dua perseroan atau lebih yang nanti melahirkan perseroan baru. Merger juga bisa disebut dengan akuisisi sebuah perusahaan untuk dikembangkan. Dalam hal ini, salah satu perusahaan akan tetap berdiri dan sisanya akan dilebur kedalam perusahaan tersebut.Kebaikan sistem merger ini bisa melebur kompetitor dan menciptakan perusahaan yang baru namun lebih kuat dalam menghadapi persaingan pasar. Selain itu,tujuan utama merger adalah memperbesar modal dan mengembangkanjalur produksi. 
  7. Waralaba atau Franchisingn - Waralaba ini adalah pemanfaatan kekayaan intelektual sebuah bidang usaha/ merk yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. Sistem ini juga bisa dikatakan sebagai jalur pendistribusian terkahir kepada konsumen, namun pihak frenchisor memberikan hak pada pelaku bisnis untuk memakai nama, merk dan prosedur khasnya.Jenis usaha yang paling sering menggunakan sistem ini adalah kedai minuman, jajanan dan kuliner lainnya. Uniknya, waralaba luar negeri lebih banyak peminatnya karena sudah tumbuh besar. Namun demikian, bukan berarti waralaba lokal tidak bagus karena banyak sekali waralaba lokal yang bertumbuh pesat.

Manfaat Kerjasama

Termasuk salah satu sebuah aspek dalam kolaborasi yang bertujuan ada yang ingin dicapai. Mengingat hal ini, jelas bahwa kerja sama ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi pihak-pihak yang bekerja sama.
Manfaat kolaborasi dari tujuan bersifat non-finansial dan finansial. Kerjasama memiliki beberapa keunggulan atau manfaat, diantaranya ialah sebagai berikut:
  • Kerjasama mempromosikan dengan upaya individu untuk bekerja lebih efektif, produktif, dan efisien.
  • Kerjasama untuk mempromosikan penciptaan sinergi untuk mengurangi biaya operasi dan meningkatkan daya saing.
  • Kerjasama mempromosikan persaingan dalam mencapai tujuan dan meningkatkan produktivitas.
  • Kerjasama untuk mendorong terciptanya adanya sebuah hubungan yang harmonis antara pihak-pihak terkait dan memperkuat rasa solidaritas.
  • Kerjasama untuk mendorong adanya partisipasi dalam situasi dan keadaan yang terjadi di lingkungan Anda sehingga Anda secara otomatis berpartisipasi dalam pelestarian dan pelestarian situasi dan kondisi yang baik.
  • Kerjasama untuk menciptakan sebuah praktik yang sehat dan untuk meningkatkan semangat terhadap kelompok.
Dalam kerjasama, manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa untuk dipisahkan dari komunitas mereka, untuk mencapai sebuah tujuan tertentu yang tidak dapat dicapai sendirian, diperlukan kerja sama untuk menciptakan interaksi antar individu.

Unsur Unsur Kerjasama

Adapun unsur-unsur dalam kerjasama diantaranya yaitu:
  • Dua orang atau lebih - Hal ini berarti kerjasama akan ada jika terdapat minimal dua orang/pihak yang melakukan kesepakatan.Untuk itu, sukses tidaknya kerjasama yang dilakukan ditentukan oleh peran kedua orang atau kedua pihak yang bekerjasama tersebut. 
  • Aktivitas - Ini menunjukkan bahwa kerjasama terjadi karena adanya aktivitas yang dikehendaki bersama, sebagai alat untuk mencapai tujuan dan membutuhkan strategi bisnis/usaha. 
  • Tujuan/Target - Ini merupakan aspek yang menjadi sasaran kerjasama usaha tersebut, biasanya keuntungan baik secara finansial maupun nonfinansial yang dirasakan atau diterima oleh kedua pihak. 
  • Jangka waktu tertentu - Hal ini menunjukkan bahwa kerjasama dibatasi oleh waktu, artinya ada kesepakatan antara kedua pihak kapan kerjasama yang dilakukan akan berakhir. Hal ini biasanya dilakukan setelah tujuan atau target yang dikehendaki sudah tercapai.

Cara Membangun Kerjasama

Adapun hal-hal yang diperlukan diperhatikan dalam membangun kerjasama, diantaranya:
  • Penentuan Tujuan Kerjasama
  • Persiapan Profil
  • Membuat sebuah pesan yang positif
  • Menghargai setiap perbedaan pendapat dan kebiasaan rekan kerja
  • Berfokus kepada kualitas
  • Memberi tawaran bantuan
  • Menunjukan sikap antusiasme


Pentingnya Kerjasama dan Contoh Kerjasama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang dimana mereka tidak dapat hidup sendiri, jadi harus membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalankan hidupnya. Jadi dapat dikatakan bahwa dibutuhkan kerjasama dalam menjalankan kehidupan.
Misalnya seperti pada keluarga kita, yang setiap hari kita biasanya selalu berkumpul bersama keluarga. Keluarga kita hidup di lingkungan masyarakat, jadi kita harus rukun termasuk berperilaku untuk gotong-royong/bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama dan tentunya selalu menjaga kerukunan dalam bermasyarakat.
Beberapa contoh kerjasama di lingkungan sekitar kita misalnya: Bekerjasama dalam membersihkan rumah dan halamannya bersama keluarga, Lalu dilingkungan sekolah bekerjasama melaksanakan piket bersih-bersih kelas, dan dilingkungan masyarakat kerja bakti membersihkan lingkungan supaya lingkungan menjadi bersih dan bebas dari ancaman penyakit.

Berikut ini beberapa contoh kerjasama Lainnya:
  • Setiap anggota keluarga mengerjakan tugas masing-masing yang telah disepakati.
  • Setiap anggota keluarga harus berkata jujur dan bertutur kata sopan dan santun.
  • Setiap anggota keluarga harus saling berbagi satu sama lain.
  • Saling membantu saat ada yang kesulitan.
  • Bekerja sama membersihkan kelas dan lingkungan sekolah.
  • Belajar kelompok.
  • Kerja bakti membersihkan lingkungan.
  • Melakukan kegiatan siskamling bersama.
  • Dan lain sebagainya.



Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan dengan cara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Kerjasama, jenis-jenis dan manfaatnya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Kerjasama
  • pengertian kerjasama menurut para ahli
  • apa pengertian kerjasama brainly
  • apa pengertian kerjasama pkn
  • pengertian kerjasama dalam keberagaman
  • tujuan kerjasama
  • apa manfaat kerjasama
  • pengertian kerjasama tim
  • 5 bentuk kerjasama dan contohnya

Post a Comment for "Pengertian Kerjasama Meliputi Manfaat, Bentuk, dan Contoh Kerjasama"