Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kesenian Menurut Ahli Meliputi Fungsi, Tujuan, dan Macam-Macam Seni

Apa itu pengertian kesenian?

Seni atau art tentu dikenal oleh semua orang. Bahkan bagi anda yang tidak berkecimpung dalam dunia seni Kesenian, bisa saja anda pernah melakukan kesenian. Mengapa demikian? Karena pada hakikatnya seni berbicara mengenai rasa. Seperti kajian ilmu di Eropa yang mengartikan bahwa art atau artvisial adalah barang atau karya dari sebuah kegiatan. Membuat sebuah barang tanpa rasa keindahan tidak cukup dikatakan sebagai seni. Seni dapat kita rasakan atas unsur keindahan yang terkandung di dalamnya seperti pengertian kesenian yang disebutkan oleh Suharto Rijoatmojo, kesenian adalah segala sesuatu ciptaan manusia untuk memenuhi atau menunjukan rasa keindahan.
Berbicara mengenai pengertian kesenian kita tidak hanya membahas mengenai musik atau tari saja tetapi melihat unsur lain yang tersembunyi di balik buah kemampuan pikir yang dibarengi dengan kemampuan fisik manusia. Seperti halnya yang disebut oleh sebagian besar seniman. Menurut seniman, keseniaan merupakan hasil dari unsur budaya manusia. Budaya manusia tersebut tidak lain adalah rasa.

Jika Anda berniat menilik ke belakang Anda tentu akan melihat seberapa jauh perkembangan seni yang terjadi di Indonesia. Sebagai negara yang dikenal dengan warisan budayanya, Indonesia memiliki beragam kisah budaya yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Ditengah kemajuan seperti saat ini, sejauh apa ya perbedaan kesenian masa lampau dan modern? Pertama, jika manusia purba membuat kesenian karena dipengaruhi kekuatan di sekitarnya, manusia modern membuat kesenian dari tujuan penciptanya yang tidak jarang digunakan sebagai wujud kepuasan pribadi. Kedua, unsur magis sangat kental pada kesenian masa lampau.


Pengertian Kesenian Menurut Ahli

1. Drs. Sudarmaji

Drs. Sudarmaji adalah seorang pelukis sekaligus kritikus seni rupa. Menurutnya, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang. lebih lanjut ia menjelaskan bahwa seni bukan hanya sebuah karya akan tetapi tumbuh menjadi sebuah manifestasi batin yang didalamnya kan menggugah suatu pengalaman yang memiliki keindahan dengan menggunakan berbagai media dalam berkesenian seperti media bidang, garis, warna, tekstur, volum, dan juga galap serta terang.

2. Ahdian Karta Miharja

Menurutnya Ahdian Karta Miharja seni merupakan kegiatan jiwa yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk & isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam jiwa penerimanya.

3. Drs. Popo Iskandar

Seni menurut Drs. Popo Iskandar digambarkan dengan sebagai sarana komunikasi yang diungkapkan dalam sebuah karya sehingga dapat memberikan suatu bentuk pengalaman berupa kesadaran sosial bagi manusia dalam menjalani kehidupanya baik di skala kelompok maupun masyarakat luas.

4. J.J Hogman

Seni menurut J.J Hogman memiliki tiga poin atau tiga pilar utama, yaitu ideas, activities, dan artifact. Ideas bisa diartikan dengan wujud seni sebagai suatu yang kompleks dari ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya. Sedangkan activities dapat diartikan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam berkesenian. Dan terakhir artifact dapat diterjemahkan sebagai wujud seni melalui hasil karya yang dihasilkan oleh manusia.

5. Aristoteles,

Aristoteles menjelaskan dan memaparkan bahwa seni sejatinya adalah sebuah peniruan terhadap alam yang memiliki sifat tepat guna atau ideal, sesuai dengan proporsi alam. Akan tetapi pendapat ini bisa menampik kekuatan seni yang sejatinya bisa diekspresikan bahkan jika sebuah karya tersebut adalah hanya dimiliki oleh imajinasi seseorang dan bersifat tidak mungkin.

6. Plato & Rousseau

Tidak hanya Aristoteles yang mejelaskan bahwas seni merupakan tiruan alam, Plato dan Aristoteles juga berpendapat bahwa seni merupakan sebuah tiruan alam yang mencakup keseluruhan segi dari alam semesta ini.

7. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara menjelaskan dengan detai bahwa seni adalah suatu tindakan atau aktifitas dari perbuatan yang dilakukan oleh manusia yang bermula dari perasaan, yang diidentikan dengan perasaan yang indah-indah yang akhirnya dapat dan sampai ke jiwa dan memiliki pengaruh emosional terhadap perasaan yang ditimbulkan dari melihat atau mendengar sebuah seni.

8. Drs. Suwaji Bastomi

Seni merupakan sebuah kegiatan atau aktifitas batin bagi seseorang yang nantinya akan menghasilkan pengalaman estetika berupa karya yang agung dan memiliki daya tarik yang membuat orang lain merasa takjub dan haru.

9. Schopenhaur

Seni merupakan kegiatan yang menyenangkan melalui penciptaan sesuatu bentuk (hasil karya). Sebagai contoh Schopenhaur menyatakan bahwa semisal seni musik akan sangat dicintai oleh semua orang dari berbagai kalangan walaupun seni musik dianggap sebagai sebuah seni yang paling abstrak akan tetapi selalu menjadi seni yang dapat dinikmati.

10. Eric Ariyanto

Erik Ariyanto menjelaskan bahwa seni adalah suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

11. Kutjaraningrat

Kutjaraningrat menerangkan bahwa seni pada dasarnya adalah suatu ide atau gagasan yang timbul dari manusia yang kemudian diwujudkan atau direalisaikan dalam bentuk sebuah benda yang akhirnya disebut sebagai karya seni. Benda-benda tersebut akan memiliki sebuah ide, gagasan, nilai, norma, dan aturan sesuai tindakan berpola dari manusia dalam menjalani kehidupanya di masyarakat.

12. William A. Haviland

Willian A. Haviland menjelaskan bahwa seni adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan suatu imajinasi manusia secara kreatif didalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

13. Irving Stone

Irving Stone menjelaskan bahwa sebuah seni merupakan seseuatu yang sangat fundamental dalam kehidupan manusia, Stone bahkan menganggap bahwa seni adalah sebagai suatu kebutuhan dasarbagi manusia seperti halnya roti atau anggur. Stone menegaskan dengan sangat tajam bahwa seni memang adalah salah satu bagian dalam kehidupan manusia yang bersifat pokok, seni tidak dianggap sebagai sesuatu yang mewah, dan mengecap bahwa orang yang tidak menggap seni adalah sebagian dari dasar hidup mereka adalah orang-orang yang tidak utuh secara lahir rohani.

14. Nuning. Y Damayanti

Dra. Nuning Y.Damayanti menjelaskan kesenian sebagai yang dahulu hanya sebuah proses dalam kehidupan manusia yang memiliki kesamaan kedudukan dengan ilmu. Saat ini kemudian menganggap seni sebagai bahan dari ekspresi dari keratifitas yang dihasilkan oleh manusia.

15. Ira Andriati, M.Sn

Menurut Ira Adriati, M.Sn, seni merupakan proses & produk dari memilih medium, & suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, & suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, dan untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.


Fungsi Seni Bagi Sosial

Manusia adalah mahluk sosial yang memiliki kebutuhan akan interaksi dengan orang lain dan lingkungannya. Dalam hal ini seni juga berfungsi sebagai media untuk pemenuhan kebutuhan sosial tersebut.

1. Seni Sebagai Media Agama/ Kepercayaan

Seni punya peranan penting dalam penyampaian pesan religi/ agama kepada manusia. Hal ini bisa kita lihat dari busana/ pakaian, upacara pernikahan, upacara kematian, lagu rohani, kaligrafi, dan lain-lain.
Contoh fungsi seni dalam agama dapat kita lihat pada Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Relief yang terdapat di dinding Candi tersebut merupakan ilustrasi kitab suci agama Budha dan Hindu.

2. Seni Sebagai Media Pendidikan

Seni juga punya peranan penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu
  • Pendidikan formal; pendidikan di lingkungan sekolah
  • Pendidikan non formal; pendidikan di lingkungan masyarakat
  • Pendidikan informal; pendidikan di lingkungan keluarga
Melalui seni, individu dapat belajar tentang nilai-nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya seorang siswa dapat belajar musik atau drama, dimana kegiatan ini dapat mengekspresikan diri mereka kepada orang lain.

3. Seni Sebagai Media Informasi

Melalui seni juga kita bisa menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan lebih mudah. Misalnya penggunaan poster yang bernilai seni dimana di dalamnya terdapat informasi tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi, dan penyampaian program pemerintah.

4. Seni Sebagai media Hiburan

Sebagian besar yang berkaitan dengan hiburan mengandung unsur seni dimana para pelaku seni dapat mengekspresikan diri secara aktif atau pasif. Seorang seniman dapat merasakan senang, marah, terharu, ketika karyanya disukai atau tidak disukai orang lain.
Begitupun individu yang melihat, mendengar, merasakan sebuah karya seni. Manusia bisa merasa terhibur ketika melihat sebuah lukisan, menonton bioskop, atau menonton sebuah konser musik.


Macam-Macam Seni

Lalu apa saja jenis-jenis seni itu?. Apabila ditinjau dari keterpaduan antara kebudayaan dan kesenian, secara umum dengan menyimpulkan pendapat para pakar maka batasan-batasan seni dibagi menjadi 5 jenis atau macam ialah:
  1. Seni Rupa. Seni rupa adalah suatu wujud karya manusia yang mengandung unsur keindahan.
  2. Seni Musik. Seni musik atau seni suara adalah keterpaduan antara kreativitas seni yang diserap melalui indra pendengaran.
  3. Seni Tari. Seni Tari adalah keterpaduan antara kreativitas seni yang diserap melalui indra penglihatan.
  4. Seni Drama/Theater. Seni Theater adalah keterpaduan antara kreativitas seni peran atau lakon yang umumnya dimainkan di atas panggung.
  5. Seni Sastra. Seni Sastra adalah keterpaduan antara kreativitas seni yang dikemukakan melalui susunan rangkaian bahasa baik lisan maupun tulisan yang dapat menimbulkan rasa senang tanpa pamrih bagi orang yang membacanya.


Tujuan  Dan Fungsi Seni

  • Tujuan Religi/Keagamaan
Karya seni sebagi pesan religi atau keagamaan. Contoh : kaligrafi, busana muslim/muslimah, dan lagu-lago rohani Seni yang digunakan untuk sebuah upacara yang berhubungan dengan upacara kelahiran, kematian, ataupun pernikahan. Contoh : Gamelan yang dimainkan pada upacara Ngaben di Bali yakni gamelan Luwang, Angklung, dan Gambang. Gamelan di Jawa Gamelan Kodhok Ngorek, Monggang, dan Ageng.
  • Tujuan Pendidikan
Seni sebagai media pendidikan misalnya musik. Contoh : Ansambel karena didalamnya terdapat kerjasama, Angklung dan Gamelan juga bernilai pendidikan dikarenakan kesenian tersebut mempunyai nilai sosial, kerjasama, dan disiplin. Pelajaran menggunakan bantuan karya seni. Contoh : gambar ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah atau dokumenter, poster, lagu anak-anak, alat peraga IPA.
  • Tujuan Komunikasi
Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti pesan, kritik sosial, kebijakan, gagasan, dan memperkenalkan produk kepada masyarakat. Melalui media seni tertentu seperti, wayang kulit, wayang orang dan seni teater, dapat pula syair sebuah lagu yang mempunyai pesan, poster, drama komedi, dan reklame.
  • Tujuan Rekreasi/Hiburan
Seni yang berfungsi sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan, Sebuah pertunjukan khusus untuk berekspresi atau mengandung hiburan, kesenian yang tanpa dikaitkan dengan sebuah upacara ataupun dengan kesenian lain.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian seni, fungsi seni, dan jenis-jenis seni secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Kesenian
  • pengertian kesenian dan contohnya
  • pengertian kesenian pdf
  • pengertian kesenian brainly
  • pengertian kesenian dan kebudayaan
  • pengertian kesenian daerah
  • pengertian kesenian rakyat
  • pengertian kesenian indonesia
  • pengertian kesenian tradisional menurut para ahli

Post a Comment for "Pengertian Kesenian Menurut Ahli Meliputi Fungsi, Tujuan, dan Macam-Macam Seni"