Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Komitmen Secara Umum, Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Komitmen Secara Lengkap

Pengertian Komitmen Secara Lengkap

Definisi dan Pengertian Komitmen secara Umum

Jika dikaji dari segi terminologis, istilah komitmen pada dasarnya berasal dari bahasa Latin yaitu dari kata “commiter” yang artinya adalah menyatukan, menggabungkan, mengerjakan, dan mempercayai. Jika diartikan dari asal katanya, maka komitmen merupakan sikap setia dan tanggung jawab yang ditunjukkan oleh seseorang yang telah memutuskan untuk bergabung ke dalam aktivitas keanggotaan lembaga tertentu.
Menurut para ahli sendiri, pengertian komitmen adalah suatu janji yang diucapkan seseorang kepada dirinya sendiri dan orang lain, yang dicerminkan dari setiap tindakan atau pun perilaku yang dijalankannya. Menurut para ahli, komitmen sangat berkaitan erat dengan watak, sifat, dan karakter yang ada dalam diri seseorang.

Baca Juga: Desentralisasi Adalah Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Tujuan, Bagian-bagian, Kelebihan, Kelemahan, Beserta Dampaknya

Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli

Istilah komitmen banyak digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari bidang organisasi, dunia kerja, hubungan manusia, dan lain-lain. Agar lebih memahami apa pengertian komitmen, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Steers dan Porter

Menurut Steers dan Porter (1983), arti komitmen adalah suatu keadaan dimana individu menjadi terikat oleh tindakannya sehingga akan menimbulkan keyakinan yang menunjang aktivitas dan keterlibatannya.

2. Welsch dan La Van

Menurut Welsch dan La Van (2001), pengertian komitmen adalah adalah sebuah dimensi perilaku yang penting dan dapat digunakan untuk menilai keterikatan karyawan pada perusahaan.

3. Greenberg

Menurut Greenberg (2005), arti komitmen adalah kesediaan seorang karyawan untuk memihak pada suatu organisasi tertentu dan tujuan-tujuannya serta berniat untuk memelihara keanggotaan dalam organisasi tersebut.

4. Sri Kuntjoro

Menurut Sri Kuntjoro, arti komitmen organisasi adalah rasa identifikasi, keterlibatan, dan loyalitas yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasinya.

5. Griffin

Menurut Griffin, pengertian komitmen organisasi adalah suatu sikap yang menunjukkan sampai sejauh mana seseorang mengenal dan mau terikat dengan organisasinya. Jika seorang anggota memiliki komitmen yang tinggi, maka ia akan melihat dirinya sebagai anggota organisasi yang sejati.

Ciri-Ciri Komitmen


Komitmen di dalam diri seseorang timbul karena adanya rasa tanggungjawab terhadap sesuatu. Sebagian orang berkomitmen karena menyukai yang dilakukannya, sedangkan sebagian orang lainnya berkomitmen karena adanya perasaan takut kehilangan sesuatu jika tidak menjalankan komitmennya.
Adapun ciri-ciri komitmen adalah sebagai berikut:
  1. Adanya perjanjian yang disepakati, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap pihak lain.
  2. Terdapat tujuan atau goal tertentu yang ingin dicapai setelah melaksanakan komitmen.
  3. Semua pihak yang terlibat dalam suatu komitmen harus bertanggungjawab dengan isi perjanjian.
  4. Adanya kesetiaan (loyalitas) dari semua pihak terhadap tujuan yang ingin dicapai.

Contoh Komitmen Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dibawah ini merupakan contoh komitmen dalam kehidupan sehari-hari.

Komitmen Untuk Diri Sendiri

Komitmen untuk diri sendiri didasari oleh keinginan pribadi untuk hal yang lebih baik. Contohnya seseorang berkomitmen untuk berhemat ketika ingin membeli barang tertentu, memegang komitmen olahraga tiap hari agar sehat, berkomitmen pada dietnya supaya badan tetap langsin, dan berbagai hal yang dilandasi oleh keinginan diri sendiri.

Komitmen pada keluarga

Contoh komitmen dalam keluarga motivasi berhemat atau kerja keras agar memiliki hidup yang lebih baik. Komitmen ini berbeda dengan komitmen untuk diri sendiri. Komitmen pada keluarga tidak hanya mementingkan diri sendiri melainkan mencakup tanggung jawab atas keluarga.

Komitmen Kerja

Dalam buku yang berjudul “Human Resource Management Review” ditulis oleh John Meyer dan Natalie Allen pada tahun 1991 menyatakan bahwa tiga model komitmen kerja seseorang untuk perusahaannya. 3 Model komitmen kerja seseorang untuk perusahaannya adalah sebagai berikut.
  • Cinta Terhadap Pekerjaan (Affective Commitment).
  • Takut Kehilangan (Continuance Commitment).
  • Memiliki Rasa Kewajiban (Normative Commitment).

Komitmen Dalam Hubungan

Komitmen berfungsi guna mempertahankan suatu hubungan, baik dalam hubungan pernikahan maupun pacaran. Seorang pasangan dalam pacaran akan saling mejaga komitmen mereka agar tidak putus hubungan.

Komitmen Terhadap Lingkungan

Orang yang memahami pengertian komitmen biasanya ia peduli terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan karena kelompok pecinta alam sudah menanamkan tanggung jawab yang besar guna terus menjaga lingkungan pada diri mereka. Motif komitmen terhadap lingkungan dapat berupa komitmen afektif atau komitmen normatif, bahkan dapat dilengkapi dengan Continuance Commitment.

Baca Juga: Pengertian/Definisi Paradigma Meliputi Teori Paradigma, Macam-Macam, dan Contoh Paradigma


Penelusuran terkait
  • Jelaskan pengertian komitmen
  • Arti komitmen dan konsisten
  • Contoh komitmen pribadi
  • Mending pacaran atau komitmen
  • Komitmen adalah brainly
  • Komitmen dalam hubungan tanpa status
  • Jelaskan pengertian komitmen kebangsaan
  • Komitmen itu seperti apa

Post a Comment for "Pengertian Komitmen Secara Umum, Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Komitmen Secara Lengkap"