Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Negara Maju Meliputi Ciri-Ciri Negara Maju dan Contoh Negara Maju

Pengertian Negara Maju, Ciri-Cirinya, dan Contohnya di Setiap Benua

Pengertian Negara maju

Yang dimaksud dengan Negara maju adalah sebutan bagi negara-negara yang memiliki standar hidup relatif tinggi, dengan ekonomi yang merata, dan teknologi yang maju. Atau Negara maju dapat di artikan sebagai negara yang tingkat kualitas hidup masyarakatnya memiliki kesejahteraan hidup yang tinggi, baik itu dari segi perekonomian yang merata maupun teknologi yang maju. Negara dengan GDP (Gross Domestic Product) per kapita cukup tinggi dapat disebut sebagai Negara Maju. Negara yang memiliki GDP per kapita tinggi, tetapi tidak mengembangkan dan memiliki perindustrian yang beragam tidak bisa di sebut sebagai Negara Maju.
Selain sebutan Negara maju, ada juga sebutan Negara Berkembang. Negara berkembang merupakan sebutan bagi negara-negara yang pendapatannya per kapita-nya rendah, sehingga perekonomiannya belum merata, dengan infrastruktur yang belum merata dan perkembangan sumber daya manusia yang masih kurang atau tertinggal. Keberhasilan pembangunan di suatu negara dapat dijadikan acuan untuk menentukan suatu negara dikatakan maju atau masih berkembang. Negara yang sudah berhasil dalam pembangunan sering disebut dengan negara maju, sedangkan negara yang masih sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan disebut dengan negara berkembang.
Beberapa indikator yang dapat menilai suatu Negara sudah bisa di sebut Maju atau masih Berkembang, misalnya pada Pendapatan per kapita yang merupakan indikator penting dalam mengukur kesejahteraaan rakyat pada suatu Negara. Karena suatu negara dapat di katakana telah makmur jika pendapatan perkapitanya tinggi. Lalu dari angka jumlah penduduk miskin, karena tingkat kesejahteraan suatu negara dapat dilihat dati tingkat angka kemiskinan penduduknya juga, semakin rendah angka kemiskinan maka Negara tersebut dapat di katakana maju.


Ciri - Ciri Negara Maju

1. Angka Pengangguran Rendah

Salah satu ciri-ciri negara maju adalah rendahnya tingkat pengangguran di negara tersebut. Tingkat pengangguran yang rendah adalah ciri-ciri negara maju yang paling spesifik. Perekonomian suatu negara tidak akan bisa berjalan secara maksimal jika lapangan kerja dan jumlah wirausaha masih terhitung rendah. Satu-satunya jenis pengangguran yang umumnya ada di negara maju adalah pengangguran friksional. Pengangguran friksional terjadi dikarenakan adanya peralihan tenaga kerja dari satu pekerjaan ke lainnya. Para pengagguran di negara maju biasanya justru mendapatkan jaminan sosial dari pemerintah. Meskipun begitu, jaminan ini tidak mereka jadikan sebagai sebuah sarana untuk bermalas-malasan. Mayoritas warga di negara maju akan merasa malu jika  mendapatkan jaminan ini, sehingga mereka akan berusaha sekuat mungkin untuk segera mendapatkan pekerjaan baru.

2. Pendapatan Per Kapita Tinggi
Pendapatan per kapita umumnya menjadi tolak ukur yang digunakan untuk menilai tingkat kemajuan sebuah negara. Sektor pendapatan per kapita dapat menunjukkan berapa pendapatan yang berhasil dicapai oleh rata-rata penduduk selama setahun di negara maju. Berdasarkan data dari Bank Dunia, negara maju harus memilki kriteria pendapatan per kapita di atas 10,726 US Dollar per tahun.

3. Laju Pertumbuhan Hidup Rendah
Angka kelahiran merupakan salah satu faktor pendukung untuk menilai apakah sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara maju. Negara maju umumnya memiliki tingkat pertumbuhan hidup yang rendah, yakni di bawah 1 persen pertumbuhan penduduk per tahun. Rendahnya tingkat pertumbuhan penduduk ini didukung oleh tingginya tingkat kesadaran tentang keluarga berencana, penundaan usia nikah dan kemajuan teknologi fasilitas kesehatan.

4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Semakin Cepat Dan Pesat
Di negara maju, para ilmuwan didukung oleh pemerintah dengan memberikan berbagai fasilitas terbaik guna menunjang proses observasi yang mereka lakukan. Fasilitas laboratorium yang lengkap dan gaji berstandar tinggi merupakan salah satu penunjang semangat bagi para ilmuwan yang membuat mereka bisa melakukan inovasi dengan baik. Observasi dan inovasi para ilmuwan pun tidak hanya berhenti pada titik laporan atau presentasi saja, namun hasil dari inovasi tersebut akan diaplikasikan di berbagai bidang, seperti militer, kedokteran, produksi, pengembangan ilmu pengetahuan bahkan teknologi ruang angkasa.

5. Industri Dan Jasa Menjadi Sektor Perekonomian Utama
Industri di negara maju rata-rata memproduksi suatu barang yang bernilai jual tinggi, seperti pesawat terbang, mobil, elektronik hingga alat-alat berat lainnya. Sementara itu, profesi yang banyak digeluti oleh masyarakat di bidang jasa antara lain pendidikan, hiburan, konsultan dan jasa keuangan.

6. Menghargai Waktu Dan Kesetaraan Gender Dijunjung Tinggi
Disiplin, jujur, bertanggung jawab serta profesional dalam menyelesaikan pekerjaan merupakan sekelumit sikap positif yang ada di dalam masyarakat negara maju. Dengan adanya sikap tersebut, mayoritas warga di negara maju dapat mengoptimalkan sumber daya secara maksimal dalam menjalankan pembangunan.

7. Sistem Pendidikan Yang Baik
Seluruh penduduk di negara maju rata-rata sudah melek huruf alias bisa membaca dan menulis dengan lancar. Pemerintah di negara maju memberikan jaminan berupa pendidikan dasar kepada seluruh rakyatnya. Umumnya pendidikan di negara maju memiliki fasilitas lengkap serta ruang belajar yang nyaman di kelasnya. Tak heran jika kecakapan sosial dan kemandirian peserta didik dalam mengembangkan potensinya merupakan salah satu sistem pendidikan sering digunakan di negara maju.


Faktor yang Mempengaruhi Negara Maju


Suatu negara bisa menjadi maju atau tidak karena berbagai hal. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi suatu negara menjadi maju. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi negara maju :
  1. Jumlah penduduk yang rendah, serta diimbangi dengan pertumbuhan penduduk yang rendah pula.
  2. Memiliki stabilitas politik dan keamanan yang baik.
  3. Terdapat hubungan internasional yang baik dengan negara lain.

Contoh Negara Maju

Mayoritas negara maju berada di wilayah benua Eropa, utamanya yang tergabung dalam Uni Eropa. Berikut ini adalah beberapa contoh dari negara maju yang terletak di Benua Amerika, Australia, Asia dan juga Eropa

a. Contoh Negara Maju di Benua Asia

Singapura, Jepang, Hong Kong, Korea Selatan, Israel, Taiwan.

b. Contoh Negara Maju di Benua Eropa

Austria, Denmark, Estonia, Belgia, Perancis, Republik Cheko, Yunani, Irlandia, Luxemburg, Italia, Belanda, Portugal, Rusia, Swedia, Spanyol, Monaco, Malta, Slovenia, Norwegia, Siprus, Vatikan, dan masih banyak lagi.

c. Contoh Negara Maju di Benua Amerika

Hanya ada dua negara yaitu Kanada dan Amerika Serikat 

d. Contoh Negara Maju di Benua Australia dan Oceania

Australia dan Selandia Baru


Baca Juga: Pengertian Geologi Menurut Para Ahli, Macam Geologi, Cabang Ilmu Geologi, Tugas Ahli Geologi Dan Aplikasinya Lengkap


Itulah penjelasan tentang arti negara maju, semoga dapat kamu pahami dan semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Negara Maju
  • pengertian negara maju dan berkembang
  • daftar negara maju 2019
  • negara maju di dunia 2019
  • indikator negara maju
  • karakteristik negara maju
  • ciri ciri negara maju
  • negara maju dan berkembang di asia tenggara
  • 10 negara maju di dunia
  • karakteristik negara maju dan berkembang
  • ciri-ciri negara maju dan berkembang ips kelas 9
  • pengertian negara maju dan berkembang menurut para ahli
  • syarat negara maju

Post a Comment for "Pengertian Negara Maju Meliputi Ciri-Ciri Negara Maju dan Contoh Negara Maju"