Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tajuk Rencana Meliputi Struktur, Syarat Penulisan dan Contohnya [ LENGKAP ]

Pengertian Tajuk Rencana Dan Tujuannya Beserta Ciri-Cirinya

Pengertian Tajuk Rencana

Tajuk rencana merupakan sebuah ungkapan yang bersifat editorial atau sebagai pandangan yang besifat opini dari suatu media terhadap isu yang berkembang di masyarakat sehingga dapat temukan di mana saja dari berbagai media tv atau sebagai cetak koran.Tajuk rencana memiliki kalimat-kalimat fakta dan opini yang dimana tentunya harus paham terlebih dahulu, karena sebuah ungkapan dari media sering perhatikan lebih dalam untuk mendapatkan informasih yang akurat.Maka tajuk rencana sebuah topik yang akan membahas suatu peristiwa yang hangat dan terdapat sering dibicarakan dalam masyarakat sekitar mengenai berita yang akan terjadi yang berisi opini maupun pendapat mengenai peristiwa.


Pengertian Tajuk Rencana Menurut Para Ahli

1. Sumadiria
Tajuk Rencana adalah sebagai sebuah opini redaksi yang berisi aspirasi, pendapat dan sikap resmi media pers terhadap persoalan potensial, fenomenal, aktual atau kontroversial yang terdapat dalam masyarakat.

2. Dja’far Assegaff
Tajuk Rencana yaitu sesuatu hal untuk dapat membawakan pendapat surat kabar dan dukungan modal atau organisasi yang ada di belakang surat kabar itu.Penulis tajuk rencana yang umumnya adalah seorang pemimpin redaksi atau redaktur senior, haruslah orang yang terpercaya, dan mengetahui kebijakan pemberitaan serta kebijakan surat kabar tempat dia bekerja.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Tajuk Rencana dapat diartikan sebagai suatu karangan pokok dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya.

4. Wikipedia
Tajuk Rencana ialah suatu artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan.Dalam tajuk rencana atau editorial ini biasanya dapat diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang suatu masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca.

Ciri-Ciri Tajuk Rencana

Adapun beberapa ciri tajuk rencana, diantaranya seperti di bawah ini:
  • Umumnya permasalahan yang di bahas berskala nasional, seperti berita nasional yang bisa dijadikan tajuk rencana, atau berita-berita yang bisa memberi dampak kepada masyarakat luas.
  • Berisikan pendapat atau opini mengenai peristiwa yang sedang banyak dibicarakan di masyarakat.
  • Berisikan ulasan-ulasan mengenai suatu permasalahan yang dimuat.
  • Berisikan pikiran yang subyektif dari suatu media massa.


Sifat-Sifat Tajuk Rencana

Beberapa sifat yang dimiliki oleh tajuk rencana, diantaranya seperti di bawah ini:
  • Bersifat krusial dan ditulis secara berkala, hal ini tergantung dari terbitan medianya, misalnya seperti media massa harian, mingguan, dan bulanan.
  • Bersifat menyikapi situasi yang sedang hangat atau banyak di perbincangkan di masyarakat luas, misalnya politik, pemerintahan, sosial, budaya, olahraga dan lain-lain tergantung media massa yang membahasnya.
  • Memiliki konsistensi yang teratur kepada para pembaca, terkait sikap dari media massa yang menulisnya.
  • Berkaitan erat dengan kebijakan media yang bersangkutan, karena setiap media massa memiliki perbedaan kepentingan yang bermacam-macam yang menaungi media massa tersebut.

Fungsi Tajuk Rencana

Berikut ini terdapat beberapa fungsi tajuk rencana, terdiri atas:
  • Menjelaskan berita (explaining the news)
Tajuk rencana menjelaskna berita-berita penting kepada para pembaca. Tajuk rencana berfungsi sebagai guru, menerangkan bagaimana suatu kejadian tertentu berlangsung, serta faktor apa yang diperhitungkan untuk menghasilkan perubahan dalam kebijkana pemerintah.
  • Menjelaskan latar belakang (filling in background)
Tajuk rencana dapat menggabarkan kejadian tersebut dengan latar belakang sejarah, yaitu menghubungkannya dengan sesuatu yang telah terjadi sebelumnya. Tajuk rencana dapat menunjukkan hubungan antara berbagai peristiwa yang terpisah: politik, ekonomi, sosial. Kadang-kadang tajuk rencana memuat suatu pandangan dan menunjukkan kesamaan dengan sejarah, yaitu kesamaan yang bertujuan untuk mendidik masyarakat.
  • Meramalkan masa depan (forecasting the future)
Suatu tajuk rencana menyajikan analisis yang melewati batas berbagai peristiwa sekarang dengan tujuan meramalkan sesuatu yang akan terjadi pada masa mendatang.
  • Menyampaikan pertimbangan moral (passing moral jugment)
Menurut tradisi lama, para penulis tajuk rencana bertugas mempertahankan kata hati masyarakat. Mereka diharapkan memertahankan isu-isu moral dan mempertahankan  posisi mereka. Jadi, para penulis tajuk rencana akan berurusan dengan “pertimbangan nilai”. Mereka berkata pada para pembaca tentang sesuatu yang benar dan salah. Mereka berjuang untuk sesuatu yang benar dan menyerang kebatilan (Rivers, 1994: 23-24).


Baca Juga:

Pengertian Kependudukan , Masalah Kependudukan Dan Lingkungan Serta Hubungannya


Syarat-syarat Sebuah Tajuk Rencana

Agar tujuan, ciri-ciri, dan struktur tajuk rencana dapat tersampaikan dengan baik, ada beberapa sifat tulisan ini yang harus diperhatikan sebagai syarat. Berikut ini adalah beberapa syarat yang mutlak harus dimiliki:

a. Bahasa Semiformal

Tulisan ini biasa didapati di surat kabar sehingga tidak dapat digolongkan menjadi tulisan yang ilmiah. Karena hal ini pula, bahasa yang digunakan tidak harus sangat baku dan formal. Gunakanlah bahasa semiformal yang akrab kalian jumpai sehari-hari, namun dengan ejaan dan kaidah yang baik dan benar.

b. Isi Singkat dan Padat

Tajuk rencana bukanlah esai atau makalah. Cukup tuliskan masalah dan opini secara ringkas. Hindari pernyataan yang berulang-ulang. Meskipun demikian, pastikan masalah, opini, dan saran tersampaikan dengan baik dan menyeluruh.

c. Pilih Isu yang Relevan

Tajuk rencana bersifat memberikan informasi dan pandangan terkini mengenai topik hangat di masyarakat. Jadi saat menulisnya, pastikan isu yang kalian pilih merupakan persoalan yang memang ramai diperbincangkan dan berdampak besar bagi kehidupan masyarakat.

d. Harus Fungsional

Tulisan yang dibuat bukanlah hanya untuk memaparkan masalah, namun juga mengemukakan gagasan penyelesaian persoalan. Pastikan saran solusi tersebut masuk akal dan dapat diaplikasikan agar tajuk rencana kalian benar-benar fungsional dalam membantu masalah yang sedang dihadapi masyarakat.


Cara Membuat Tajuk Rencana

Dalam sebuah perbincangan yang mengenai cara membuat topik tentang tajuk rencana memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan adalah .
  • Memiliki Ide topik yang akan dibahas
  • Memiliki tahapan seleksi dan pencarian data yang terkait
  • Memiliki pembobotan substansi dari materi dan tesis
  • Memiliki penulisan tentang tajuk rencana yang akan di bahas.
Pembuatan topik tajuk rencana harus diperhatikan judul yang penting atau teks yang akan di buat sehingga dapat dengan mudah untuk menyusun karangan cerita dan tertarik untuk membacanya.


Format Penulisan Tajuk Rencana

Adapun format atau aspek yang perlu diperhatikan dalam sebuah tajuk rencana, diantaranya:
  • Judul, terkait dengan topik/ isu yang akan dibahas
  • Latar belakang. menjelaskan sepintas akan isu/ topik.
  • Tokoh. Mengungkapkan tokoh-tokoh yang terkait (opsional)
  • Masalah. Mengutarakan masalah yang terjadi dalam isu.
  • Peristiwa, hal-hal yang terjadi pada isu
  • Opini penulis terkait dengan isu tersebut
  • Saran, terhadap permasalahan yang muncul pada isu tersebut
  • Kesimpulan, ringkasan dari pembahsan.
  • Anggota redaksi, mengenakan tim yang terlibat dalam pemberitaan dalam surat kabar.

Contoh Tajuk Rencana


Sahabatkah Singapura? 
Pernyataan Menteri Senior Singapura Lee Kuan Yew mendapat reaksi keras Jakarta. Berbagai kalangan mendesak pemerintah Indonesia mengambil sikap tegas atas pernyataan Lee, yang berpotensi memicu ketegangan dua negara bertetangga itu. 
Seperti diberitakan The Straits Times, Senin (18/2), Lee mengatakan, Singapura berada dalam kondisi berisiko terhadap serangan teroris karena para pimpinan teroris masih berkeliaran bebas di Indonesia. Menurutnya lagi, sarang para tersangka teroris yang berada di Singapura, Malaysia, dan Filipina, diatur oleh para pimpinan di negara tetangga Indonesia. 
Pernyataan Lee — tokoh yang sangat berpengaruh dan dipercaya mewakili sikap politik luar negeri Singapura — terlalu berlebihan dan hanya mungkin diucapkan oleh seorang tokoh dari negara yang berniat buruk pada tetangganya. Sopan santun diplomatik tidak mengenal pernyataan semacam itu, kecuali Lee memiliki agenda tersembunyi terhadap Indonesia dan tidak lagi melihat Indonesia sebagai sahabat Singapura. 
Lee perlu kembali mengingat, Indonesia tidak pernah sedikit pun menuduh Singapura tempat persekongkolan kelompok tertentu dan mengambil keuntungan dari krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia. Itu karena Indonesia — negara yang menunjung tinggi adab dan kesopanan diplomatik — tahu batas-batas kepatutan… dst. (Republika, Sabtu, 23 Februari 2002).

Sumber:  (1) ASM Romli, Jurnalistik Praktis untuk Pemula, Rosdakarya 2005. (2) ASM Romli, Jurnalistik Terapan, BaticPress 2003.
Demikianlah pembahasan yang singkat tentang pengertian tajuk rencana, jika kamu menemukan beberapa kesalahan mohon di maafkan dan semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Tajuk Rencana
  • struktur tajuk rencana
  • contoh tajuk rencana 2018
  • tajuk rencana kompas
  • fungsi tajuk rencana
  • tajuk rencana 2019
  • contoh tajuk rencana 2019
  • makalah tajuk rencana
  • contoh tajuk rencana beserta fakta dan opini

Post a Comment for "Pengertian Tajuk Rencana Meliputi Struktur, Syarat Penulisan dan Contohnya [ LENGKAP ]"