Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Cara Mengoper dalam Bola Basket Yang Benar

Teknik mengoper bola basket. Dalam permainan bola basket teknik permainan yang harus dikuasai tidak terbatas hanya melempar bola ke ring lawan. Segala sesuatunya dalam teknik dasar bola basket harus dikuasai dengan baik. Teknik yang paling mendasar adalah bagaimana memegang bola basket, juga teknik mengoper bola basket.

Berbicara tentang mengoper bola basket, ada beberapa cara atau teknik mengoper bola basket yang harus dikuasai, karena dalam setiap pertandingan ... penggunaan teknik mengoper tentu disesuaikan dengan kondisinya, terutama pada saat berhadapan dengan hadangan lawan. Dalam kondisi yang berbeda tentu harus menggunakan teknik mengoper bola basket yang berbeda lagi. Itulah pentingnya menguasai semua teknik cara mengoper bola basket.


Berdasarkan peraturan permainan bola basket, teknik mengoper bola harus dilakukan dengan tepat seperti beberapa teknik yang akan kami ulas dengan lengkap berikut ini.
  1. Chest Pass/Operan Dada

Cara mengoper bola basket yang pertama adalah chest pass atau operan dada. Bola dipegang memakai kedua tangan di depan dada dengan ujung jari tangan. Ibu jari letaknya harus berada di belakang bola yakni dekat dengan dada. Sementara untuk posisi kaki adalah triple threat yakni dengan menumpu berat badan pada kaki belakang. Dari posisi ini, berat badan dipindahkan ke depan sambil melangkah untuk melakukan operan dada ini.
Saat melakukan tolakan mengoper bola, pastikan untuk meluruskan dulu tangan sekaligus ibu jari diputar ke arah bawah, jadi posisi tangan menjadi lurus dan diakhiri dengan hentakan pergelangan tangan atau snap. Pandangan mata diarahkan ke bola yang akan dioper dan arah bola harus lurus ke depan.
  1. Bounce Pass/Operan Pantul

Bounce pass adalah cara mengoper bola basket kedua yang berbeda dengan cara pertama. Salah satu tangan ditempatkan pada bagian belakang bola atau juga bisa menggunakan kedua tangan dan baru melepaskan bola. Bola harus menyentuh lantai sekitar dua pertiga dari jarak penerima bola sehingga akan ditangkap saat pantulan bola sudah setinggi pinggang.
Jika bola dipantulkan terlalu dekat pada diri sendiri, maka bola akan melambung tinggi serta lambat sehingga mudah direbut oleh lawan. Lambungan bounce pass ini harus sedekat mungkin dengan penerima bola supaya sulit direbut oleh lawan.
  1. Baseball Pass/Operan Baseball

Setelah memahami semua teknik dasar bermain bola basket, maka anda bisa mulai mengembangkan beberapa teknik passing yang lebih bervariasi. Baseball pass atau operan baseball dilakukan dengan satu tangan untuk mempermudah dalam mengoper atau passing jarak jauh. Operan ini dimulai dengan posisi siap dimana salah satu kaki agak mengarah ke depan dan bola dipegang dengan satu tangan.
Untuk awalnya, bola tetap dipegang dengan kedua tangan dan saat berat badan berpindah ke belakang bola atau diarahkan dari kedua tangan tepat di belakang bahu, maka bola akan dipegang dengan satu tangan dan kemudian dilempar. Saat akan melakukan operan, tangan yang akan mengoper bola diayunkan keatas dan bola dilepaskan saat tangan sudah lurus ke depan.
  1. Over Head Pass/Operan di Atas Kepala

Cara mengoper bola basket over head pass diawali dengan posisi tubuh yang seimbang dan bola dipegang diatas kepala dengan siku mengarah kedalam membentuk sudut 90 derajat. Bola tidak dibawa hingga ke bagian belakang kepala sebab posisi ini akan menyulitkan mengoper bola dengan cepat dan lebih mudah diambil oleh lawan.
Kaki dilangkahkan ke depan sasaran sambil mengumpulkan kekuatan dengan cara bertumpu pada kaki. Selanjutnya, operan dilakukan dengan cepat seperti gerakan menghentak dengan jari mengarah pada target dan telapak tangan menghadap ke bawah.
  1. Back Pass/Operan Belakang

Back pass yang juga merupakan teknik mengoper bola basket dilakukan dengan hanya memakai satu tangan dari balik punggung. Operan ini biasanya dipakai saat akan menyerang dan supaya bisa menerobos pertahanan lawan dengan cepat.


Kuasai Dulu Teknik Dasar Menangkap Dan Mengoper Bola Basket

a. Teknik Menangkap Bola Basket
Teknik menangkap bola basket berkaitan erat dengan teknik mengoper bola basket. Dalam menangkap dan menerima bola basket yang harus di ingat dan diperhatikan adalah:

  • Penerima harus mengamati bola sampai yakin bahwa bola itu dalam penguasaanya
  • Bala harus dijemput dengan pergelangan dan jari yang lentur
  • Jangan mengarah langsung kekuatan bola, tetapi jinakkanlah bola dengan edikit mengikuti arah pergerakan bola, atau pada saat bola sudah menyentuh tangan maka tariklah sedikit tangan ke belakang.

b. Teknik Mengoper bola basket
Teknik mengoper  bola basket dengan menggunakan dua tangan sangat banyak dilakukan ketika bermain. Lemparan ini sangat bermanfaat untuk  operan jarak pendek dengan perhitungan dari kecepatan dan kecermatan. Jarak lemparan yang akurat biasanya sekitar 5 sampai 7 meter. Latihan teknik mengoper bola basket dengan menggunakan dua tangan adalah sebagai berikut:

  • Peganglah bola seperti yang telah diuraikan pada poin a
  • Siku di tekuk dan peganglah bola didepan dada
  • kaki dibuka sejajar dengan sikap kuda-kuda
  • Lutut sedikit ditekuk, badan sedikit condong ke depan. Jaga keseimbangan badan dan tetap rileks.



Penelusuran terkait
  • Sebutkan 4 macam teknik mengoper bola dalam permainan bola basket
  • Teknik operan dalam bola basket dalam cara itu tercermin menjadi yang pertama
  • Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket adalah
  • Cara mengoper bola ke belakang
  • Gerakan spesifik bola basket
  • Gerakan mengoper bola dengan satu tangan dalam permainan bola basket disebut
  • Teknik melempar bola basket
  • Mengoper bola dengan kedua tangan dalam permainan bola basket merupakan operan jarak

Post a Comment for "Teknik Cara Mengoper dalam Bola Basket Yang Benar "