Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas Tentang Negara Burundi - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Burundi Secara Lengkap

Profil dan Peta Negara Burundi
Burundi (bahasa Prancis: Burundi), Republik Burundi (bahasa Prancis: République du Burundi, Templat:Lang-rn) adalah sebuah negara terkurung daratan di daerah Danau Besar di tengah benua Afrika. Negara ini berbatasan dengan Rwanda di utara, Tanzania di selatan dan timur, dan Republik Demokratik Kongo di barat. Meskipun negara ini tidak mempunyai batas laut, banyak dari perbatasan baratnya bersebelahan dengan Danau Tanganyika. Nama negara ini berasal dari bahasa Bantu, Kirundi. Negara ini sangat miskin. Dibanding Indonesia, pendapatan perkapitanya 400 kali lebih kecil daripada Indonesia

Tanpa batas laut, menghadapi tekanan penduduk dan memiliki sumber daya alam yang sedikit, Burundi merupakan salah satu negara termiskin dan mempunyai paling banyak konflik di Afrika dan di dunia. Ukurannya yang kecil menutupi masalah besar yang dihadapinya dalam mencari penyelesaian klaim supremasi dari minoritas Tutsi yang berkuasa dengan permintaan partisipasi politik dari suku mayoritas Hutu.


Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Pakistan - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Pakistan Secara Lengkap

Sejarah berdirinya Negara Burundi

Burundi merupakan sebuah kerajaan merdeka sejak abad ke-16. Asal-muasal kerajaan Burundi sendiri masih diselimuti mitos. Menurut beberapa legenda, Ntare Rushatsi, pendiri dinasti pertama, datang dari Rwanda pada abad ke-17; sumber-sumber lain yang lebih tepercaya memberikan kemungkinan bahwa Ntara berasal dari Buha, di tenggara, dan mendirikan kerajaannya di wilayah Nkoma. Hingga jatuhnya kerajaan pada tahun 1966, ia merupakan salah satu taut terakhir dengan sejarah Burundi di masa lalu.
Pada tahun 1903, Burundi menjadi jajahan Jerman dan diserahkan kepada  Belgia pada Perang Dunia II. Ia kemudian menjadi bagian dari mandat Liga Bangsa-Bangsa Belgia, Ruanda-Urundi pada tahun 1923, dan kemudian Wilayah Kepercayaan  PBB di bawah otoritas Belgia setelah Perang Dunia II.

Sejak merdeka pada tahun 1962 hingga pemilu pada tahun 1993, Burundi dikuasai serangkaian diktator militer, seluruhnya dari kelompok minoritas Tutsi. Periode tersebut dipenuhi kerusuhan etnis termasuk kejadian-kejadian besar pada tahun 1964, 1972 dan akhir 1980-an. Pada tahun 1993, Burundi mengadakan pemilu demokratis pertamanya, yang dimenangi Front untuk Demokrasi di Burundi (FRODEBU) yang didominasi suku Hutu. Pemimpin FRODEBU Melchior Ndadaye menjadi presiden Hutu Burundi pertama, namun beberapa bulan kemudian dia dibunuh sekelompok tentara Tutsi. Pembunuhan ini lalu mengakibatkan terjadinya perang saudara.

Perang saudara antar suku Hutu dan Tustsi terus berlanjut hingga tahun 1996, saat mantan presiden Pierre Buyoya mengambil alih kekuasaan dalam suatu kudeta. Antara tahun 1993 dan 1999, perang antaretnis antara suku Tutsi dan Hutu telah mengakibatkan korban sebanyak 250.000 jiwa. Pada Agustus 2000, persetujuan damai ditandatangani hampir seluruh kelompok politik di Burundi yang menjelaskan rencana menuju perdamaian. Kemudian pada tahun 2003, gencatan senjata disetujui antara pemerintah Buyoya dan kelompok pemberontak Hutu terbesar, CNDD-FDD.
Burundi di bagi menjadi 17 provinsi, 117 komune, dan 2.638 koline (hills). Provincial governments are structured upon these boundaries. In 2000, the province encompassing Bujumbura was separated into two provinces, Bujumbura Rural and Bunjumbura Mairie.


Lambang Negara dan Bendera Negara Burundi


  1. Nama Resmi - Republik Burundi
  2. Ibu Kota - Bujumbura
  3. Lokasi - Burundi terletak di Benua Afrika diantara 3.2836° Lintang Selatan dan 29.8293° Bujur  Timur.
  4. Perbatasan - Perbatasan Darat:   Utara    : Rwanda  ,Barat    :Republik Demokratik Kongo, Timur   : Tanzania
  5. Luas Wilayah - 27.830 km2
  6. Iklim - Tropis
  7. Populasi  - 9,2 juta jiwa (est. 2014 IMF) 8,985 juta jiwa (2013 IMF)
  8. Bentuk Negara - Republik
  9. Hari Nasional - Hari Kemerdekaan, 1 Juli (1962)
  10. Lagu Kebangsaan - Burundi Bwacu (Burundi Kita)
  11. Kelompok Etnik - Hutu (Bantu) 85%, Tutsi (Hamitic) 14% ,Twa (Pygmy), Eropa, Asia Selatan 1%
  12. Agama - Katolik 60%, Protestan dan Anglikan 15%, Kepercayaan tradisional 20-25%, Islam 5%
  13. Bahasa Resmi - Kirundi dan Perancis (resmi) ,Swahili (sepanjang Danau Tanganyika dan wilayah Bujumbura), Inggris
  14. Mata Uang - Burundian Franc (BIF) (1 US$ = 1542 BIF)
  15. Komoditas Utama Ekspor - Kopi, kapas, jagung, sorgum, ubi, pisang, singkong, daging, susu, kulit hewan
  16. Komoditas Impor Utama - Barang modal, produk minyak bumi, dan bahan pangan


Pembagian Wilayah Administratif Burundi


Burundi di bagi menjadi 17 provinsi, 117 komune, dan 2.638 koline (hills). Pemerintah provinsi disusun berdasarkan batas-batas ini. Pada tahun 2000, provinsi yang mencakup Bujumbura dipisahkan menjadi dua provinsi, Bujumbura Rural dan Bunjumbura Mairie.
Berikut daftar provinsi di Burundi:
  • Bubanza
  • Bujumbura Mairie
  • Bujumbura Rural
  • Bururi
  • Cankuzo
  • Cibitoke
  • Gitega
  • Karuzi
  • Kayanza
  • Kirundo
  • Makamba
  • Muramvya
  • Muyinga
  • Mwaro
  • Ngozi
  • Rutana
  • Ruyigi


Geografi Negara Burundi

a.       Letak Geografis dan Letak Astronomis
Berdasarkan letak geografisnya, Negara Burundi adalah Negara yang terletak di kawasan Benua Afrika. Negara ini tidak memiliki lautan, karena Burundi berada di tengah benua dan berbatasan dengan danau yang besar, yaitu di ujung utara Danau Tanganyika. Negara Burundi sering disebut "jantung Afrika,” Burundi meliputi wilayah 27,834 kilometer persegi dan terletak di antara 2º30’ dan 4º30’ Lintang Selatan dan antara 28º50’ dan 30º53'30’ Bujur Timur. Dibatasi ke Utara oleh Rwanda, ke Barat oleh Republik Demokratik Kongo, dan ke Timur dan Selatan oleh Tanzania, Burundi adalah bagian dari Timur Tengah Afrika. Ini adalah bagian dari wilayah danau besar dan lembah-lembah keretakan, yang meluas melalui Afrika Tengah dari Laut Merah ke Danau Malawi melalui Ethiopia.
b.      Luas
Luas wilayah Negara Burundi adalah 27,834 km2 (145), dengan rincian :
Luas
Total
27,834 km2 
Perairan (%)
7,8%
c.       Batas-Batas Wilayah
Perbatasan Darat: Utara    : Rwanda
Barat     : Republik Demokratik Kongo
Timur    : Tanzania
d.      Iklim
Burundi memiliki "moderat” iklim tropis dengan suhu rata-rata antara 23 dan 24ºC. Ini adalah hadiah dari alam untuk memiliki rata-rata dekat daerah Khatulistiwa yang dikenal untuk panas dan kelembaban. Di Bujumbura kota mana panas, suhu rata-rata sekitar 25ºC. Negara ini memiliki dua musim penting: musim kemarau dari bulan Juni sampai September dan musim hujan dari Februari-Mei. Waktu yang tersisa terdiri dari musim menengah- setengah kering dan setengah-hujan-dengan musim hujan yang pendek antara September dan Desember dan musim kering pendek antara Januari dan Februari. Vegetasi ini subur dan pertanian penting.


Populasi Negara Burundi

Burundi memiliki populasi 11.099.298 menjadikannya yang terbesar ke-80 di dunia. Kirundi, Prancis, dan Inggris adalah bahasa resmi. Kelompok etnis utama yang dilaporkan adalah Hutu dan Tutsi. Penduduknya sebagian besar terdiri dari orang Kristen Katolik dan Protestan.
Dua bahasa Burundi yang diakui secara resmi adalah Prancis dan Kirundi. Dari bahasa-bahasa ini, Kirundi adalah yang paling banyak digunakan. Itu milik subkelompok Bantu dari keluarga bahasa Niger-Kongo yang lebih besar. Ahli bahasa membantah jumlah konsonan yang digunakan dalam bahasa ini dengan perkiraan berkisar antara 19 dan 26. Kirundi juga menggunakan 5 suara vokal. Bahasa ini digunakan oleh sekitar 98% populasi, menjadikan Burundi salah satu dari satu-satunya negara di Afrika di mana sebagian besar penduduknya berbicara dalam satu bahasa asli. Bahasa Perancis di sini adalah produk sampingan dari era kolonial Belgia. Bahasa ini dituturkan oleh hanya 3% hingga 10% dari populasi dan terutama digunakan oleh pejabat pemerintah. Swahili adalah salah satu bahasa minoritas yang paling banyak digunakan dan dapat didengar terutama di wilayah Danau Besar Afrika di negara itu. Mengunjungi Burundi dapat menghadirkan tantangan unik bagi pelancong, yang mungkin tidak terbiasa dengan bahasa Kirundi. Mempelajari beberapa frasa kunci sangat dianjurkan.

Pemerintahan Negara Burundi

Burundi adalah negara merdeka. Ia memperoleh kemerdekaan pada tahun 1962. Konstitusinya terakhir diratifikasi pada tahun 1992. Pemerintah Burundi dilaksanakan di bawah sebagai republik demokratik yang representatif di mana Presiden bertindak sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Negara ini saat ini sedang transisi ke jenis pemerintahan ini setelah bertahun-tahun perang saudara dan kerusuhan politik. Legislasi dilaksanakan oleh Parlemen bikameral, yang terdiri dari Senat (49 kursi) dan Majelis Nasional (118 kursi). Kedua majelis Parlemen bertemu di Istana Kongres (dikenal sebagai Palais des Congres de Kigobe) yang terletak di ibu kota Bujumbura. Anggota Majelis Nasional dipilih untuk melayani masa jabatan 5 tahun berdasarkan perwakilan proporsional, sementara Senator dipilih oleh dewan komunal dengan 2 perwakilan dari masing-masing provinsi.

 Islam di Burundi

Islam merupakan agama minoritas di Burundi.  Merujuk kepada data kementerian luar negeri Amerika Serikat tahun 2010, diperkirakan sekitar 2-5% penduduk Burundi beragama Islam. Menurut data pada Pew Research Center, pada 2009 jumlah Muslim di Burundi sekitar 180 ribu jiwa atau dua persen dari total populasi. Namun, berdasarkan data The World Factbook dalam situs CIA yang diperbarui setiap pekan, populasi Muslim di Burundi mencapai 10 persen dari total penduduk. Agama mayoritas di negara itu adalah Kristen yang mencapai  67 persen. Sisanya adalah agama pribumi, yang dipeluk oleh 23 persen penduduknya.

Muslim Burundi berasal dari suku dan bangsa yang beragam. Selain penduduk asli Burundi (Hutu dan Tutsi, konon telah berada di Burundi sejak abad 15), Muslim Burundi juga berasal dari Rwanda. Selain itu, ada pula Warabu (sebutan bagi pedagang Arab dan Oman yang telah tinggal di Burundi), serta Bahindi (orang-orang India dan Pakistan yang juga telah lama bermukim di Burundi).

 Selain mereka, orang-orang Afrika Barat juga memasuki Burundi dalam beberapa dekade terakhir. Mereka adalah para pedagang dari Mali, Senegal, dan Pantai Gading yang datang untuk mengimpor pakaian dan kain atau bertransaksi emas yang ditambang dari Kongo. Banyak dari mereka kemudian meninggalkan Burundi saat konflik pecah pada 1993. Sisanya tetap tinggal dan membuka toko-toko kecil di pasar pusat atau di Bwiza.

Satu hal yang menarik dari muslim pribumi Burundi, meskipun mereka berasal dari dua suku yang dalam sejarahnya tak pernah akur, namun setelah memeluk Islam mereka hidup bersaudara dan tak lagi terlibat dalam pertikaian antar etnis yang begitu keras sejak Negara tersebut merdeka. Muslim Burundi memainkan peran teramat penting dalam proses rekonsiliasi kedua belak pihak yang berteru di negara tersebut di era 1990-an.





Demikian Penjelasan Tentang Sekilas Tentang Negara Burundi - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Burundi Secara Lengkap, Semoga Bermanfaat

Penelusuran terkait
  • Agama negara Burundi
  • Keadaan alam negara Burundi
  • Luas negara Burundi
  • Agama yang ada di negara Burundi
  • Ekonomi Burundi
  • Pendidikan Burundi
  • Negara Rwanda
  • Jumlah penduduk Burundi

Post a Comment for "Sekilas Tentang Negara Burundi - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Burundi Secara Lengkap"