Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas Tentang Negara Kirgizstan - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Kirgizstan Secara Lengkap

Profil Negara Kirgizstan (Kyrgyzstan) Sumber Gambar: nationsonline.org

letak negara Kirgistan

Terletak di Asia Tengah, Kirgistan memiliki 4.573,00 km perbatasan dengan Cina (1.063 km), Kazakhstan (1.212 km), Tajikistan (984 km) dan Uzbekistan (1.314 km). Kyrgzstan belum meratifikasi penetapan batas tahun 2001 dengan Kazakhstan.
Ibukota Kirgistan adalah Bishkek. Ini juga merupakan kota terbesar di negara ini, serta pusat budaya dan ekonomi. Kota ini terhubung dengan baik oleh jalan utama dan jalur kereta api. Bishkek mengalami iklim benua panas dan kering dengan suhu dengan kisaran 3 derajat Celcius pada Januari hingga 31 derajat Celcius pada Juli. Selama musim panas, kekeringan disaksikan disertai oleh badai petir. Di musim dingin, badai salju dan kabut tebal sering terjadi.
Kirgistan adalah negara Asia yang mencakup 199.951,00 km2 dimana 4,08% adalah air dan 191.801,00 km2 adalah tanah. Ini menjadikannya negara terbesar ke-85 di dunia dan sedikit lebih kecil dari South Dakota. Koordinat geografisnya adalah 41 00 N, 75 00 E dan Bishkek adalah ibu kota.
Namanya berasal dari kombinasi kata Turki “kyrg” dan “yz”.
Kode ISO-nya adalah KG.

Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Senegal - Sejarah, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Senegal Secara Lengkap

Demografi Negara Kirgistan

Populasi Kirgizstan diperkirakan 6,389,500 juta jiwa pada tahun 2019.[42] Dari mereka, 34,4% berada di bawah usia 15 tahun dan 6,2% lebih dari 65 tahun. Negara ini pedesaan: hanya sekitar sepertiga dari penduduknya yang tinggal di daerah perkotaan. Kepadatan penduduk rata-rata 25 orang per km².
  • Agama

Islam adalah agama yang paling dominan di Kirgistan: 80% dari populasi adalah Muslim, sementara 17% penduduk merupakan penganut Kristen Ortodoks Rusia dan 3% agama lain. Sebuah laporan 2009 Pew Research Center menunjukkan persentase yang lebih tinggi dari umat Islam, dengan 86,3% dari populasi Kirgistan merupakan penganut Islam. Mayoritas Muslim adalah Muslim non-denominasi dengan persentase sekitar 64% sedangkan sekitar 23% adalah Sunni, dan merupakan pengikut Mazhab Hanafi. Ada juga komunitas kecil Ahmadiyah, meskipun belum diakui oleh negara.
  • Kelompok etnis

Kelompok etnis terbesar bangsa ini adalah suku Kirgiz, orang-orang Turki, yang terdiri 72% dari populasi (perkiraan 2013). kelompok etnis lainnya termasuk bangsa Rusia (9,0%) di utara dan bangsa Uzbek (14,5%) yang hidup di selatan Kirgizstan. Minoritas kecil seperti suku Dungan (1,9%), Uighur (1,1%), Tajik (1,1%), Kazakh (0,7%), dan Ukraina (0,5%) dan etnis minoritas kecil lainnya (1,7%). Negara ini memiliki lebih dari 80 kelompok etnis.

Kirgiz memiliki sejarah penggembala semi-nomaden, yang tinggal di tenda-tenda bulat disebut yurt dan menggembalakan domba, kuda dan yak. Tradisi nomaden ini diselenggarakan musiman, setiap keluarga menggiring ternak mereka ke padang rumput di puncak gunung (atau jailoo) di musim panas.

Kirgizstan mengalami perubahan dalam komposisi etnis setelah kemerdekaan. Persentase etnis Kirgiz meningkat dari sekitar 50% pada tahun 1979 menjadi lebih dari 70% pada 2013, sementara persentase kelompok etnis Eropa (Rusia, Ukraina dan Jerman) serta Tatar turun dari 35% menjadi sekitar 7%.Persentase etnis Rusia turun dari 29,2% pada tahun 1970 menjadi 21,5% pada tahun 1989. Sejak tahun 1991, sejumlah besar orang Jerman, yang pada tahun 1989 berjumlah 101.000 orang, telah berimigrasi ke Jerman.Penduduk Kyrgyzstan menurut kelompok etnis 1926-2014



Peta Negara Kirgizstan

Geografi di Kirgistan

Kirgistan memiliki ketinggian rata-rata 2.988 m di atas permukaan laut. Memiliki iklim kontinental yang kering di daerah pegunungan, subtropis di barat daya, dan beriklim sedang di kaki bukit. Medannya terdiri dari pegunungan, lembah, dan lembah.


Iklim di Kirgistan

Iklimnya bervariasi di setiap wilayah. Lembah Fergana dataran rendah di barat daya adalah subtropis dan sangat panas di musim panas , dengan suhu mencapai 40 ° C (104 ° F). Kaki bukit utara beriklim sedang dan Tian Shan bervariasi dari benua kering ke iklim kutub , tergantung pada ketinggian. Di daerah terdingin suhu di bawah nol untuk sekitar 40 hari di musim dingin, dan bahkan beberapa daerah gurun mengalami hujan salju konstan pada periode ini. Di dataran rendah suhu berkisar dari sekitar -6 ° C (21 ° F) pada bulan Januari hingga 24 ° C (75 ° F) pada bulan Juli. 

Populasi di Kirgistan

Kirgistan memiliki populasi 5.727.553 menjadikannya yang terbesar ke 114 di dunia. Mayoritas negara tinggal di daerah pedesaan.
Kirgistan adalah bahasa resmi; Uzbek dan Rusia digunakan secara luas. Kelompok etnis utama adalah Kyrgyz diikuti oleh Uzbek. Kelompok agama yang paling umum adalah Muslim, dengan minoritas Ortodoks Rusia yang signifikan.
Di Kirgistan, ada banyak bahasa yang digunakan. Namun, diperkirakan Kirgistan dituturkan sekitar 70% dari populasi negara itu, menjadikannya bahasa mayoritas. Ada beberapa sub-bahasa lain di wilayah ini. Komposisi asli bahasa Kirgistan ada dalam nada-nada Turkik, tetapi bertahun-tahun kemudian nada-nada itu digantikan oleh alfabet Perso-Arab. Dinyatakan bahwa Kirgistan adalah negara bilingual di mana negara tersebut menggunakan bahasa Kirgistan dan Rusia.

Lambang Negara dan Bendera Kirgizstan

Lambang Negara dan Bendera Kirgizstan




Pembagian Wilayah Administratif Kirgizstan

Kirgizstan dibagi kepada 7 Provinsi (jamak: Oblast(область), oblasttar (областтар)) dari bahasa Rusia yang berarti daerah atau provinsi). Ibu kota, Bishkek dan kota terbesar kedua Osh secara administratif adalah kota independen (shaar) dengan status sama dengan provinsi. Provinsi dan kota-kota independen, adalah sebagai berikut:
Kyrgyzstan provinces map.png
  1. Kota Bishkek
  2. Batken
  3. Chui
  4. Jalal-Abad
  5. Naryn
  6. Osh
  7. Talas
  8. Provinsi Issyk Kul
  9. Kota Osh
Oblast kemudian dibagi lagi kepada raions (distrik), yang diperintah para pejabat yang dilantik oleh pemerintah pusat. Komunitas luar kota, yang berjumlah hingga 20 permukiman kecil, mempunyai kekuasaan sendiri dengan wali kota dan dewan kota.

Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Seychelles - Sejarah, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Seychelles Secara Lengkap


Demikian Penjelasan Tentang Sekilas Tentang Negara Kirgizstan - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Kirgizstan Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Sekilas Tentang Negara Kirgizstan - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Kirgizstan Secara Lengkap"