Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas Tentang Negara Guinea - Sejarah, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Guinea Secara Lengkap

Peta Guinea

Secara resmi disebut Republik Guinea, bahasa Prancis: République de Guinée), adalah sebuah negara di Afrika Barat. Sebelumnya diketahui sebagai Guinea Prancis (bahasa Inggris: French Guinea), sekarang negeri ini kadang-kadang disebut Guinea-Conakry untuk membedakannya dengan tetangganya, Guinea-Bissau. Ibu kota, pusat pemerintahan, dan kota terbesarnya adalah Conakry.
Ibu kota Guinea adalah Conakry. Itu menjadi modal pada tahun 1904 dan telah tumbuh secara signifikan sejak saat itu. Statistik pada tahun 2014 menunjukkan bahwa populasinya adalah 1.660.973. Tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di Conakry termasuk Taman Botani Conakry, Istana Kepresidenan, Museum Nasional Sandervalia, dan Fouta Djallon. Iklim kota adalah musim hujan tropis yang sering dipengaruhi oleh angin Harmattan.
Guinea adalah negara Afrika yang mencakup 245.857,00 km2 di mana 0,06% adalah air dan 245.717,00 km2 adalah tanah. Ini membuatnya menjadi negara ke-77 terbesar di dunia dan sedikit lebih kecil dari Oregon. Koordinat geografisnya adalah 11 00 N, 10 00 W dan Conakry adalah ibu kotanya.
.Guinea bertetanggaan dengan Sierra Leone, Liberia, dan Pantai Gading. Sungai Niger bermulai di Guinea dan terus hingga ke arah timur.Guinea memiliki 24 suku etnis. Yang paling dominan adalah suku-suku Fula, Mandinka, dan Susu


Sejarah

Guinea-Bissau, resmi Republik Guinea-Bissau sebuah negara yang berada di Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Senegal di utara dan Guinea di sebelah selatan dan timur, dan Samudera Atlantik di sebelah barat. Negara ini mencakup 36.125 km², dengan populasi sekitar 1.600.000 jiwa.
Guinea-Bissau dulu merupakan bagian dari Kerajaan Kaabu, yang merupakan bagian dari Kekaisaran Mali. Bagian dari kerajaan ini bertahan hingga abad ke-18, sementara beberapa bagian lainnya adalah bagian dari Kekaisaran Portugal. Kemudian Guinea-Bissau menjadi bagian dari koloni Portugal, Guinea Portugal pada abad ke-19. Setelah kemerdekaan, dideklarasikan pada 1973 dan diakui pada 1974, nama ibu kotanya, Bissau, ditambahkan ke dalam nama negara untuk menghindari kekeliruan dengan negara Guinea.
Guinea-Bissau memiliki sejarah ketidakstabilan politik sejak meraih kemerdekaannya dan tidak ada presiden terpilih yang berhasil menyelesaikan jabatannya selama lima tahun penuh. Pada malam 12 April 2012, para anggota militer negara ini terlibat dalam sebuah kudeta dan menangkap presiden sementara dan calon presiden terdepan. Pihak militer masih belum mengumumkan pemimpin bagi negara ini.\ Meskipun demikian, mantan Wakil Kepala Staf, Jenderal Mamadu Ture Kuruma telah ambil peduli akan nasib negara ini dalam masa transisi dan mulai bernegosiasi dengan pihak-pihak oposan.
Hanya 14% dari populasi yang berbicara dalam bahasa resmi, Portugal. Kebanyakan populasi (44%) berbicara dalam bahasa Kriol, sebuah Bahasa kreol berbasis Portugal, dan sisanya berbicara dalam bahasa Afrika. Agama utama adalah Agama tradisional Afrika dan Islam, dan Kristen (kebanyakan Katholik) adalah minoritas.

Pendapatan per kapita negara ini adalah salah satu yang terendah di dunia.Guinea-Bissau adalah anggota dari Uni Afrika, Komunitas Ekonomi Negara Afrika Barat, Organisasi Kerjasama Islam, Uni Latin, Komunitas Negara Berbahasa Portugal, La Francophonie, dan Zona Perdamaian dan Kerjasama Atlantik Selatan. Guinea-Bissau dulu merupakan bagian dari Kerajaan Kaabu, yang merupakan bagian dari Kekaisaran Mali.Bagian dari kerajaan ini bertahan hingga abad ke-18, sementara beberapa bagian lainnya adalah bagian dari Kekaisaran Portugal. Guinea Portugal juga dikenal, dari kegiatan ekonominya sebgai Pantai budak. Laporan awal dari bangsa Eropa yang telah mencapai daerah ini termasuk bajak laut Venesia, Alvise Cadamosto pada tahun 1455,pelayaran pada tahun 1479–1480 yang dilakukan oleh pedagang Flemish-Perancis, Eustache de la Fosse, dan Diogo Cão yang mencapai Sungai Kongo pada tahun 1480-an dan mencapai tanah Bakongo.

Profil Negara Guinea

Berikut ini adalah profil Negara Guinea.
  • Nama Lengkap : Republik Guinea (Republic of Guinea)
  • Nama Lokal : Republique de Guinee
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Alpha CONDE (sejak 21 December 2010)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Ibrahima FOFANA (sejak 22 May 2018)
  • Ibukota : Conakry
  • Luas Wilayah : 857 km2
  • Jumlah Penduduk : 527.440 jiwa (2020)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2,76% (2020)
  • Angka Kelahiran : 36,1 bayi per 1000 penduduk (2020)
  • Bahasa Resmi : bahasa Perancis
  • Etnis : Fulani (Peuhl) 33,4%, Malinke 29,4%, Susu 21,2%, Guerze 7,8%, Kissi 6,2%, Toma 1,6%, etnis lainnya 0,4% (estiamsi 2018)
  • Agama : Islam 89,1%, Kristen 6,8%, animisme 1.6%, agama alinnya 0,1%, tidak beragama 2,4% (estimasi 2014)
  • Hari Kemerdekaan : 2 Oktober 1958 (dari Perancis)
  • Hari Nasional : 2 Oktober 1958 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Liberte” (Liberty)
  • Kode Domain Internet : .gn
  • Kode Telepon : 224
  • Mata Uang : Franc Guinea (GNF)
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 2.200,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$27,97 miliar (2017)
  • Lokasi : Benua Afrika (Afrika Barat)

Lambang Negara dan Bendera Guinea

Sumber Gambar: ilmupengetahuanumum.com

Geografi Negara Guinea

Guinea memiliki ketinggian rata-rata 472 m di atas permukaan laut. Ini memiliki iklim panas dan lembab dengan musim hujan di musim hujan Juni hingga November dan cuaca ringan di musim kemarau dari Desember hingga Mei. Medannya sebagian besar datar, dengan interior berbukit hingga pegunungan.
Guinea memiliki populasi 12.093.349 menjadikannya yang terbesar ke-75 di dunia. Bahasa Perancis adalah bahasa resmi. Kelompok etnis utama yang dilaporkan termasuk Fulani, Malinke, dan Susu. Mayoritas negara adalah Muslim.
Bahasa Perancis adalah bahasa resmi yang digunakan di Guinea. Bahasa ini memiliki 26 huruf yang membentuk alfabet Latinnya. Ini juga populer karena orientasi Romantisnya. Bahasa daerah yang paling banyak digunakan di Guinea adalah Fula. Bahasa minoritas yang digunakan di Guinea termasuk Zialo, Kissi, dan Kpelle.

Demografi Negara Guinea

Populasi Guinea terdiri dari 24 kelompok etnis. Etnis Mandinka yang juga dikenal sebagai Mandingo atau Malinké sebanyak 29,8% populasi. Kebanyakan etnis Mandinka tinggal di Prefektur Kankan dan Kissidougou. Etnis Fulas atau Fulani (32,1%) sebagian besar tinggal di wilayah Futa Djallon.Etnis Soussou (19,8%) sebagian besar tinggal di sekitar ibu kota Conakry, Forécariah, dan Kindia. Kelompok etnis yang lebih kecil sebanyak 18,3% populasi yang terdiri dari etnis Kpelle, Kissi, Zialo, dan Toma.Sekitar 10.000 orang non-Afrika tinggal di Guinea yang sebagian besar berasal dari Lebanon, Prancis, dan Eropa.

Bahasa resmi Guinea adalah bahasa Prancis. Selain bahasa Prancis, masyarakat juga menggunakan bahasa Pular, Maninka, Susu, Kissi, Kpelle, dan Loma.Sekitar 85% populasi Guinea memeluk agama Islam, 8% orang Kristen, dan 7% beragama pribumi. Sebagian besar Muslim Guinea adalah seorang Sunni. Sekolah yurisprudensi Maliki dipengaruhi oleh Sufisme. Terdapat orang Ahmadiyah dan sedikit Syiah di Guinea.
Gereja Kristen di Guinea adalah Katolik Roma, Anglikan, Baptis, Advent Hari Ketujuh, dan Evangelis. Saksi-Saksi Yehuwa aktif di negara ini dan telah diakui oleh Pemerintah.Ada komunitas kecil Baha’i di Guinea. Ada sejumlah kecil umat Hindu, Buddha, dan kelompok agama tradisional Tionghoa di komunitas ekspatriat.



Pemerintah Negara Guinea

Guinea adalah negara merdeka. Ia memperoleh kemerdekaan dari Prancis pada tahun 1958. Konstitusinya terakhir diratifikasi pada tahun 1990.Guinea adalah negara merdeka yang diperintah oleh seorang presiden. Presiden bertugas mengatur negara dan pemerintah. Dalam melaksanakan tugasnya kepada pemerintah, ia menunjuk seorang Perdana Menteri dan seorang Kabinet. Selain eksekutif, pemerintahan Guinea juga termasuk kontribusi dari pengadilan dan parlemen. Idealnya, pemilihan umum di Guinea harus dilakukan setiap lima tahun sekali.

Ekonomi Negara Guinea

PDB Guinea adalah $ 16.080.000.000,00 (USD) dengan $ 1.300,00 (USD) per kapita. Ini menjadikannya ekonomi terbesar ke 152 dan warganya yang ke-211 terkaya di dunia. Mata uang Guinea adalah Franc (GNF).Mitra ekspor utamanya adalah India, Spanyol, dan Irlandia. Ekspor utamanya adalah bauksit, emas, dan berlian. Mitra impor utamanya adalah Cina, Belanda, dan India. Impor utamanya meliputi produk minyak bumi, logam, dan mesin.

Islam di Guinea

Penduduk Guinea mayoritas beragama Islam, menjadikan negara ini sebagai salah satu negara berpenduduk muslim mayoritas di dunia. Penduduk di negara ini terdiri dari 24 (dua puluh empat) etnis dan suku. Suku terbesarnya dalah suku Fula (40%), Mandingo (30%), dan suku terbesar ketiganya adalah suku Susu (20%), Nama suku yang terdengar aneh untuk orang Melayu, karena sama dengan nama minuman.
Merujuk kepada data statistik  tahun 2005 yang lalu, pemeluk Islam di Guinea mencapai 85% dari total penduduk negeri tersebut. Sebagian besar muslim Guinea merupakan muslim Suni bermazhab Maliki dan aliran sufi Qodiri dan Tijanu. Guinea merupakan bekas negara jajahan Francis sejak 1891 namun pengaruh Guinea di negara ini sangat lemah.
Guinea merdeka dari Prancis tahun 1958, Ahmed Sékou Touré, seorang muslim yang beraliran Marxist naik menjadi presiden pertama namun sama sekali tidak berpihak kepada Islam. Baru ketika popularitasnya merosot tajam di tahun 1970-an, dia mulai merapat ke berbagai institusi Islam untuk melegatimasi kekuasaannya. Touré's wafat di tahun 1984 dan jalinan kerjasama antara komunitas Islam yang merupakan mayoritas di negara tersebut terus terjalin hingga hari ini.


Hubungan Bilateral

  • Politik
Hubungan diplomatik RI-Guinea dibuka pada tahun 1963. Kedua negara saling dukung dalam berbagai fora internasional antara lain Guinea mendukung pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C periode 2016-2017.
  • Ekonomi dan Perdagangan
​Di bidang ekonomi, nilai perdagangan Indonesia-Guinea sebesar USD 29,9 juta pada tahun 2016, menurun 32% dibanding tahun 2015 (USD 44 juta) dengan surplus di pihak Indonesia.​
  • ​Sosial-Budaya
Dalam kurun waktu 2012 - 2015, belum ada warga negara Guinea yang berhasil menerima beasiswa dari Pemerintah Indonesia.


Penelusuran terkait
  • Negara Guinea-Bissau
  • Sejarah Guinea-
  • Negara Guinea Khatulistiwa
  • Iklim negara Guinea
  • Profil negara Guinea-Bissau
  • Ibukota Guinea-Bissau
  • Agama di Guinea
  • Agama di Guinea-Bissau

Post a Comment for "Sekilas Tentang Negara Guinea - Sejarah, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Guinea Secara Lengkap"