Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas Tentang Negara Kuwait - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Kuwait Secara Lengkap

Peta dan Profil Negara Kuwait

Kuwait (bahasa Arab: دولة الكويت Dawlat al-Kuwait) adalah negara monarki yang kaya akan minyak di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara. Pada tahun 2014, Kuwait memiliki penduduk dengan jumlah 4,2 juta jiwa; 1,3 juta jiwa merupakan warga negara Kuwait, dan 2,9 juta jiwa merupakan pendatang.
Pada tahun 2001 hingga 2009, Kuwait menempati urutan tertinggi dalam Indeks Pembangunan Manusia di seluruh Jazirah Arab.

Kuwait mencakup wilayah seluas 17.818 km2, termasuk sejumlah pulau lepas pantai (900 kmz), yang semuanya tidak didiami, kecuali P. Faylakah. Di sebelah selatan daratan utama terletak bekas daerah netral seluas kira-kira 9.220 km2, yang sejak tahun 1922 dikuasai secara bersama-sama oleh Kuwait dan Arab Saudi sampai daerah ini kemudian dibagi antara kedua negara tersebut pada tahun 1966. Garis pantainya hanya 190 km di sepanjang pantai barat, yang menjorok jauh ke dalam (Teluk Kuwait) dan memberikan tempat yang luas serta terlindung bagi pelabuhan Kuwait.
Daratan utama Kuwait merupakan daerah yang berombak-ombak dan di sana-sini terpotong oleh pegunungan yang rendah, antara lain Peg. Ahmadi. Tanah ini melandai dari barat daya ke barat laut. Sebuah cekungan terdapat di sekitar Wadi’ al-Batin di daerah perbatasannya dengan Irak. Meskipun permukaan tanahnya tampak seragam, ciri khas masing-masing daerah sangat penting.
Pegunungan Ahmadi, misalnya, memungkinkan minyak mentah mengalir secara alami dari ladang minyak Al-Burgan ke terminal minyak di daerah pantai. Kota Kuwait (dari kata kut, yang berarti benteng) pada mulanya didirikan di sebuah tanjung yang mudah dipertahankan di pantai selatan Teluk Kuwait.

Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Italia - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Italia Secara Lengkap

Profil Negara Kuwait

Berikut dibawah ini adalah Profil Negara Kuwait :
Nama Lokal : Dawlat al Kuwayt
Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
Kepala Negara : Emir SABAH al-Ahmad al-Jabir al-Sabah (sejak 29 Januari 2006)
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri JABIR AL-MUBARAK al-Hamad al-Sabah (sejak 30 November 2011)
Ibukota : Kuwait City
Luas Wilayah : 17,818 km2
Jumlah Penduduk : 2.832.776 jiwa
Pertumbuhan Penduduk : 1,53%
Angka Kelahiran : 19,6 bayi per 1000 penduduk
Bahasa Resmi : Arab
Agama : Islam 76,7%, Kristen 17,3%, agama lainnya 6%
Mata Uang : Dinar Kuwait (KD)
Hari Kemerdekaan : 19 Juni 1961 (dari Inggris)
Hari Nasional : 25 Februari 1950
Lagu Kebangsaan : Al-Nasheed Al-Watani” (National Anthem)
Kode Domain Internet : .kw
Kode Telepon : 965
Pendapatan Per Kapita : US$ 71.300,-
Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 301,1 miliar
Lokasi : Benua Asia Barat (Kawasan Timur Tengah)

Lambang Negara dan Bendera Negara Kuwait




Bendera
Bendera Kuwait merupakan bendera triwarna horisontal hijau, putih, dan merah dengan trapesium hitam di sisi kiri (di sisi yang dipasang di tiang bendera). Arti warna bendera ini berasal dari puisi Safie Al-Deen Al-Hali, yaitu putih untuk “perbuatan kita", hitam untuk “pertempuran kita", hijau untuk “tanah kita" dan merah untuk “pedang kita".

Lambang negara
Lambang Kuwait (bahasa Arab: شعار الكويت) menampilkan seekor elang emas Quraisy yang sedang mengembangkan sayap dengan perisai bergambar bendera di dada. Kedua sayapnya yang terbuka lebar membentuk lingkaran yang di dalamnya terdapat gambar kapal tradisional "Boom", yang melambangkan tradisi kelautan negara ini. Elang Quraisy melambangkan tradisi falconry bangsa Arab dan keterkaitan pada suku asal Nabi Muhammad SAW. Di atas gambar kapal terdapat tulisan dalam bahasa Arab yang memiliki arti 'Negara Kuwait' (Daulat Al Kuwait).


Geografi Negara Kuwait

Letak
Terletak di timur laut Arab Saudi dan juga merupakan ujung terdalam Teluk Arab.

Luas wilayah
17,818 km2 (sekitar ½ luas Provinsi Jawa Barat)

Batas negara
Kuwait berbatasan langsung dengan Irak dan Arab Saudi

Kondisi daratan
Hampir semua wilayah negara ini datar dan bergurun pasir dengan bukit-bukit kecil.

Iklim
Pada musim panas (Mei – Agustus) suhu bisa mencapai 50 derajat Celsius sementara di musim dingin (November – Januari) suhu bisa turun hingga 0 derajat Celsius. Di antara kedua musim tersebut ada musim peralihan yang suhunya sekitar 20 – 30 derajat. Curah hujan minim (25mm-180mm), sebagian besar jatuh antara bulan Oktober dan April. Iklim Kuwait adalah salah satu yang terpanas dan terkering di dunia.

Topografi
Wilayah bagian barat lebih tinggi daripada wilayah bagian timur. Tidak terdapat sungai dan danau. Al-Jahra (50 km sebelah barat Kota Kuwait) merupakan kota oasis sehingga menjadi pusat pertanian yang dialokasikan menjadi daerah penghasil buah-buahan dan sayuran. Kuwait memiliki dua pulau besar, yaitu pulau Boubyan (pangkalan militer) dan pulau Failakha (daerah wisata).

Sumber daya alam
Kuwait sangat kaya dengan cadangan minyak dan gas alam. Cadangan minyak yang sudah diketahui sebesar 96,8 miliar barel, merupakan 10% cadangan minyak dunia dan nomor 6 di dunia (OPEC, 2018). Cadangan  gas alam sebesar 1,498 triliun meter kubik. Kuwait memiliki sumber air bersih di Al-Rawdatayn dan Al-Shiqāyā, namun tidak mencukupi kebutuhan air bersih nasional. Kebutuhan air bersih didapat melalui penyulingan air laut.

Provinsi
Kuwait memiliki 6 Governorates atau setara Provinsi, yaitu Al Asimah (Kuwait City), Hawally, Mubarak Al Kabir, Ahmadi, Farwaniya dan Jahra.

Penduduk
Menurut data Kuwait Public Authority for Civil Information/PACI per Juni 2019, jumlah penduduk Kuwait adalah 4.651.009 orang yang terdiri dari 1.416.495 WN Kuwait (30,45%) dan 3.234.514 WNA (69,55%). Penduduk WNA di Kuwait berasal dari negara-negara di Timur Tengah (1.263.426 orang), Asia (1.885.913 orang), Afrika (54.306 orang), Eropa (17.198 orang), Amerika Utara (19.274 orang), Amerika Selatan (1.838 orang) dan Australia (1.559 orang).

Pemerintahan

Sebagai sebuah emirat, negara Kuwait diperintah oleh seorang emir (raja atau pemimpin), yang dipilih oleh dan dari antara anggota Dinasti Sabah. Emir inilah yang berwenang menunjuk perdana menteri dan mengangkat para menteri yang dipilih perdana menteri tersebut untuk menjalankan roda pemerintahan sehari-hari.
Majelis Nasional, yang dibentuk berdasarkan Konstitusi 1962, bertugas menyusun undang-undang, dan para anggotanya dipilih untuk masa bakti 4 tahun oleh para warga negara sipil pria yang telah dewasa. Tetapi pada tahun 1985 badan legislatif ini dibubarkan akibat perselisihan tajam dengan pihak pemerintah.


Perekonomian

Kuwait adalah penghasil minyak mentah terbesar ke-5 di Timur Tengah dan memiliki kira-kira 15 persen dari cadangan minyak dunia. Minyak dari ladang minyak Al” Burgz’in, Maqwa dan Ahmadi] kemudian diteruskan ke terminal minyak di Mina-al-Ahmadi. ladang-ladang minyak di utara, termasuk di Raudhatayn, Ash-Sabiriyah, dan Bahrah, juga disalurkan dengan pipa ke Minaal-Ahmadi.
Ladang-ladang minyak lainnya ada di daratan dan di lepas pantai. Sebagian besar hasilnya diekspor sebagai minyak mentah, tetapi ada pula yang diolah di pabrik pengilangan negara di Ash-Shu’aybah.
Daerah industri Ash-Shu’aybah tidak hanya mencakup pabrik petrokimia dan pengilangan minyak, melainkan juga instalasi pembangkit tenaga listrik dan pabrik penyulingan air laut yang menggunakan gas alam dari ladang minyak Al-Burgz’in. Perusahaan pemerintah dan perusahaan swasta yang dibiayai oleh pemerintah menghasilkan pupuk, batu bata, pipa asbes, tepung, bahan makanan, dan minuman ringan.
Cadangan air di Kuwait sangat sedikit; bahkan cadangan air payau dari Raudhatayn dan Sulaibiyah pun tidak cukup untuk mengairi tanah yang dapat dibudidayakan. Untuk mengatasi keadaan ini, Kuwait telah mengadakan percobaan dan penelitian mengenai budidaya tanaman tanpa tanah dan jenis hewan ternak yang dapat menyesuaikan diri dengan keadaan Kuwait. Unggas dan biri-biri bibit unggul telah diperkenalkan. Meskipun demikian, negeri ini masih harus mengimpor bahan pangan dan hasil pertanian lain.
Industri perikanan telah dimodernisasi sejak tahun 1959. Hasil udang secara teratur dikirimkan ke Eropa dan Amerika Serikat. Program percobaan di bidang peternakan udang juga sedang dilaksanakan, tetapi secara komersial belum dapat dimanfaatkan.

Kuwait memiliki jaringan jalan raya yang sangat bagus sepanjang lebih dari 1.900 km.. Penerbangan untuk hubungan udara regional dan internasional dilayani oleh perusahaan milik pemerintah (Kuwait Air) dan empat belas perusahaan penerbangan lain. Kuwait juga merupakan tempat persinggahan bagi kapal dari berbagai perusahaan pelayaran.
Minyak mentah beserta produk-produknya mencakup sekitar 90 persen dari ekspor Kuwait. Pembeli utamanya adalah Jepang, Italia, Amerika Serikat, Jerman Barat, Perancis, dan Inggris. Barang-barang impornya meliputi mesin, alat-alat transportasi, barang-barang hasil industri, dan bahkan makanan, dengan pemasok utama Jepang, Amerika Serikat, Jerman Barat, Inggris, Italia, dan Perancis.
Tradisi lama perdagangan transito di Kuwait masih berjalan hingga kini, dan negeri ini masih menjadi pedagang perantara dalam banyak mata dagangan di Teluk Persia.

Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Burundi - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Burundi Secara Lengkap


Sumber Gambar: kemlu.go.id

Pembagian Wilayah administratif Negara Kuwait

Kuwait dibagi menjadi 6 kegubernuran (muhafadhah):
  • Al Ahmadi
  • Al Farwaniyah
  • Al Asimah
  • Al Jahra
  • Hawalli
  • Mubarak Al-Kabeer

Demikian Penjelasan Tentang Sekilas Tentang Negara Kuwait - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Kuwait Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Sekilas Tentang Negara Kuwait - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Kuwait Secara Lengkap"