Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Cara Dribbling Dalam Bola Basket Beserta Jenis Macam Dribbling

Dribbling dalam bola basket. Berikut ini pengertian dan teknik cara menjalankan dribbling dalam bola basket. Pengertian dribbling dalam permainan bola basket tidak akan lepas dari bagaimana membawa bola dan melindunginya dari lawan yang berusaha merebut bola. Dribble yaitu suatu cara membawa bola ke depan dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan atau secara bergantian bagus dengan berjalan atau berlari. Ini yaitu salah satu teknik dasar bola basket yang harus dipegang oleh setiap pemain bola basket.

Bagaimanapun juga untuk memenangkan permainan bola basket, diperlukan teknik pengendalian bola, melindunginya dari sergapan lawan, sampai mampu memasukkan bola ke ring basket. Untuk itulah teknik dribbling atau mendribble bola basket diperlukan kepandaiannya. Lalu bagaimana cara mendribble bola basket .



Cara Melakukan Dribble pada Bola Basket

  • Posisi awal adalah berdiri, sebelum menerima bola pastikan anda memiliki posisi yang siap untuk menerima dan menahan bola menggunakan teknik dribbling
  • Ketika bola diumpankan kepada anda, maka langkah selanjutnya adalah memegang bola tersebut menggunakan kedua tangan dan melanjutkannya dengan melakukan sentuhan pantulan bola pertama dan kedua dengan menggunakan satu tangan ataupun dua tangan
  • Pantulkan bola pada jari jari tangan sehingga bolah lebih mudah dikontrol
  • Ikuti arah bola dan berikan tenaga saat bola dipantulkan, dan berikan tangkapan yang kuat saat bola ditangkap
  • Lakukan dribbling tanpa melihat bola dan fokuslah di arah depan untuk bersiap melangkah untuk perpindahan posisi
  • Lakukan satu langkah satu dribble secara konsisten menggunakan kedua tangan dan kaki yang berlawanan
  • Lindungi bola dengan tubuh serta lengan luar anda, lakukanlah dribble dekat dan jauh baik dengan kecepatan lambat ataupun dipercepat
  • Bentuk kuda-kuda yang kuat saat menguasai bola, jangan biarkan pemain lain mengambil alih possession


Tujuan Pemain Melakukan Dribble Bola Basket

Basketball dapat dimainkan tanpa adanya dribble namun permainannya akan menjadi lebih membosankan jika hanya melakukan umpan langsung dari satu pemain ke pemain lainnya. Tujuan melakukan dribble diantaranya:
  • Menguasai possession, tiap possession diberikan waktu 24 detik, tiap tim memiliki strateginya sendiri-sendiri untuk mencetak angka dengan memanfaatkan waktu tersebut. Tiap detiknya bisa dimanfaatkan dengan melakukan dribble bola
  • Memindahkan bola, salah satu cara cepat memindahkan bola tanpa rasa khawatir bola direbut adalah dengan melakukan dribble, sang pemain akan mendapatkan ruang yang lebih terbuka untuk mengeksekusi peluang
  • Menunggu pemain, biasanya tiap pemain memiliki penjaganya masing-masing, untuk menunggu pemain tersebut lepas dari penjagaan adalah dengan melakukan dribble untuk memecah konsentrasi penjagaan lawan
  • Menembus kerumuman, dribble sangat efektif digunakan untuk menembus kerumuman pemain belakang lawan di paint area. Dengan perpaduan banyak gerakan lain, dribble akan menghasilkan output yang lebih cepat ketimbang passing
  • Transisi, dalam momen transisi atau fastbreak, cara cepat untuk membawa bola menuju ring basket lawan adalah dengan melakukan dribbling sambil berlari. Yang kemudian bisa diakhiri dengan Lay Up Shoot ataupun Dunk untuk mencetak angka
  • Membuat peluang, tiap pemain memiliki bakat untuk menciptakan tembakannya sendiri. Hal inilah yang ada pada prinsip dribbling, pemain akan lebih mudah mengontrol dan mengeksekusi setiap peluang jika didahului dengan dribbling.


Jenis Macam Dribbling Dalam Bola Basket

Seiring dengan permainan bola basket, teknik dribbling juga harus disesuaikan dengan
kondisinya, sehingga bola dapat dikuasai dan dipertahankan. Untuk itu macam dribbling juga lebih dari satu. Berikut ini adalah macam - Macam dribbling dalam bola basket yaitu :  
  1. Change of pace dribble – Dribble ini adalah yang paling umum dalam bolabasket dan digunakan untuk membuat pemain bertahan berfikir bahwa pelaku dribble akan memperlambat atau mempercepat tempo dribble. 
  2. Low or control dribble – Dribble ini adalah yang paling umum dalam bolabasket dan digunakan untuk membuat pemain bertahan berfikir bahwa pelaku dribble akan memperlambat atau mempercepat tempo dribble. 
  3. High or speed dribble – Ketika pemain berada di lapangan terbuka dan harus bergerak secepatnya denganbola, maka ia akan menggunakan dribble ini. Ketika berlari dengan cepat, pemain akan mendorong bola di depannya dan membiarkannya melambung ke atas setinggi pinggulnya. Tangan yang mendribble tidak berada di atas bola melainkan di belakang bola. 
  4. Crossover dribble – Yaitu mendribble bola dengan memindahkan bola dari tangan yang satu kearah tangannya yang lain. Gerakan ini sangat bagus untuk memperdaya pemain bertahan. Namun bola bisa dicuri bila tidak dilakukan dengan baik, karena bola tidak terjaga. 
  5. Behind the back dribble  – Jenis dribble ini digunakan ketika pemain mengganti arah supaya terbebas dari pemain bertahan. Bola digerakkan dari satu sisi tubuh ke sisi tubuh yang lain dengan mengayunkannya di belakang tubuh. 
  6. Between the legs dribble – Dribble ini adalah cara yang cepat untuk memindahkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain melewati sela kaki. Digunakan ketika pen-dribble dijaga dengan ketat atau ingin mengganti arah.
  7. Reverse dribble – Dribble ini dikenal juga dengan nama spin dribble atau rol dribble. Dribble ini dilakukan untuk mengganti arah dan memantulkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain ketika dijaga dengan ketat. Dribble ini harus dilakukan dengan cepat saat pen-dribble mendorong bola ke lantai dan berputar mengelilingi pemain bertahan.

Bentuk Latihan Dribbling (Menggiring Bola)

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menggiring bola basket antara lain berikut ini.
a) Menggiring Bola di Tempat
Latihan menggiring bola dapat dilakukan dengan cara memantulkan bola di tempat terlebih dahulu. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.


  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan.
  3. Kemudian pantul-pantulkan bola dengan tangan kanan di tempat.
  4. Jika sudah lancar di tempat, maka lakukan gerak menggiring bola sambil berjalan, kemudian dilanjutkan dengan berlari.
b) Menggiring Bola Mundur, Maju, dan Menyamping
Latihan menggiring bola dapat dilakukan dengan gerakan maju, mundur, dan menyamping secara bergantian dalam satu rangkaian latihan. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.


  1. Menggiring bola maju dan mundur
  2. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  3. Pegang bola dengan kedua tangan didepan dada.
    Kemudian lakukan menggiring bola sambil bergerak mundur.
    Jika sudah lancar menggiring bola mundur, maka lanjutkan dengan gerakan sambil bergerak menyamping ke arah kanan dan kiri.
c) Menggiring Bola Zig Zag
Latihan menggiring bola dapat dilakukan dengan cara melewati rintangan berupa bangku atau cones. Gerakan ini juga dinamakan gerakan menggiring bola secara zig-zag. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.

  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan di depan dada.
  3. Tempatkan cones/kursi sebanyak 4 sampai 5 buah dalam jarak 15–20 meter.
  4. Lakukan menggiring bola secara zig-zag (berkelok-kelok) melalui rintangan sambil berjalan.
  5. Jika sudah lancar melakukan menggiring sambil berjalan, maka lakukan menggiring bola sambil berlari dengan melewati rintangan.
  6. Pembelajaran ini dilakukan secara perorangan atau kelompok dan dilakukan 3–5 kali putaran.



Penelusuran terkait
  • Teknik dribbling dalam permainan bola basket sangat penting sebagai dasar kemahiran
  • MELAKUKAN shooting dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan cara
  • Cara melakukan dribbling sepak bola
  • Teknik shooting bola basket
  • Dribble adalah brainly
  • Dribbling adalah
  • macam-macam dribble
  • Variasi menggiring bola basket

Post a Comment for "Teknik Cara Dribbling Dalam Bola Basket Beserta Jenis Macam Dribbling "