Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Bola Basket Yang Harus Kamu Ketahui

Macam Passing dalam Permainan Bola Basket Beserta Gambarnya
Teknik passing dalam bola basket berikut ini harus dikontrol oleh tiap pemain bola basket. Kata "passing" mungkin istilah dalam permainan bola basket yang tak asing lagi di alat pendengar kita semua, namun bagaimana sistem melaksanakannya? Melainkan sebelum saya menerangkan tentang teknik dasar passing dalam permainan bola basket, secara khusus dahulu akan saya jelaskan mengenai pengertian passing.

Passing yakni salah satu teknik yang harus dikontrol oleh pemain basket. Pengertian passing secara awam dalam olahraga bola basket yakni mengumpan atau mengoper bola ke teman setim. Passing dalam bola basket awam dilaksanakan dengan satu maupun kedua tangan. Lalu bagaimana teknik passing bola basket itu dilaksanakan? tentunya berbeda dengan dribbling dalam bola basket.

Pada halaman sebelumnya sudah disinggung mengenai teknik dasar bola basket, dan passing yakni salah satunya. Karena ragam passing dalam permainan bola basket itu ada beberapa ragam, karenanya berikut ini yakni penjelasan teknik passing dalam bola basket menurut macamnya.



Cara Melakukan Passing Bola Basket yang Benar

Ada beragam cara melakukan operan atau umpan bola basket ke rekan tim yang benar. Tentu selain teknik lemparan yang juga harus tepat, soliditas tim atau chemistry juga perlu diperbaiki.
  • Lihat posisi dan arah rekan tim berlari
  • Gunakan operan dengan dua tangan jika ingin melakukan passing dengan power yang lebih kuat dengan jarak yang jauh
  • Gunakan operan satu tangan ketika rekan tim berada dalam keadaan dekat atau saat possession kalian dijaga ketat oleh defender lawan yang tak memungkinkan untuk melakukan operan dua tangan
  • Arahkan bola ke arah target yang mudah diterima rekan tim, salah satunya adalah dengan mengumpan bounce pass dengan tinggi sedada atau over head pass dengan tinggi diatas kepala
  • Jarak rekan menentukan power passing yang diberikan, jika rekan ada di area 1-5 meter maka berikan passing dengan tenaga yang lembut sehingga tidak berisiko terjadi turnover karena rekan tim sulit menerima bola. Dan berikan power yang lebih besar untuk rekan tim yang jauh, hal ini karena pertama untuk mencegah pemain lawan melakukan antisipasi steal, dan yang kedua biasanya rekan tim lebih siap menerima umpan kencang dari jarak jauh.
  • Jika ingin melakukan umpan terobosan, perhatikan kecepatan berlari rekan tim serta seimbangkan dengan arah mereka berlari. Pastikan bola berakhir tepat didepan rekan tim
  • Jika ingin melakukan umpan lob untuk memberi chance alley oop pada rekan tim, pastikan jenis umpan ini harus terlatih dengan baik karena membutuhkan chemistry untuk melakukannya
  • Pastikan memberi umpan dengan kreatif dan hindari potensi turnover karena umpan dengan kualitas rendah

Jenis Jenis Passing (no 1-3 adalah jenis passing standar).
  • Bounce Pass
  • Chest Pass
  • Overhead Pass
  • Baseball Pass
  • Behind the back pass

1. Bounce pass
Sesuai namanya bounce artinya memantul, maka bounce pass adalah memberikan bola ke kawan dengan cara dipantulkan ke tanah. Teknik bounce pass dilakukan dengan cara  memantulkan bola ke lantai  dengan titik pantul 2/3 jarak kita ke target kawan. Lalu bagaimana cara melakukan teknik passing bola basket yang satu ini?  berikut ini adalah teknik cara melakukan Bounce pass :
  • Metode pelaksanaannya (sikap permulaan) sama dengan operan setinggi dada.
  • Bola dilepaskan atau didorong dengan tolakan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan dengan jarak kira-kira 1/3 dari penerima.
  • Pandangan mata ke arah bola yang dipantulkan, kemudian ke penerima
  • Bila berhadapan dengan lawan,maka sasaran pantulan bola berada di samping kanan atau kiri lawan.

2. Chest Pass



Operan dada adalah salah satu jenis operan dasar dalam permainan bola basket. Adapun pelaksanaannya adalah bola dipegang dengan kedua tangan ditahan ke depan dada dengan ujung jari kedua tangan, ibu jari harus berada di belakang bola dengan tangan dan ujung jari menyebar ke arah sisi bola. Posisi siku dekat tubuh, kemudian letakkan kaki pada posisi triple threat dengan tumpuan berat badan pada kaki yang belakang. Pindahkan berat badan ke depan ketika melangkah untuk melakukan operan.

Pada saat melakukan tolakan untuk mengoper bola, luruskan lengan dan putar ibu jari ke bawah, sehingga tangan lurus dan diakhiri dengan sentakan pergelangan tangan (snap). Pandangan mata tetap kearah bola yang dioper dan arah bola harus lurus ke depan.

3. Overhead Pass
Operan di atas kepala sering di pakai dalam permainan bola basket terutama pada saat pemain dijaga ketat dan bola harus melewati lawan, sehingga operan ini digunakan untuk melepaskan diri dan melakukan terobosan mengelakkan serangan lawan. Seperti pada waktu melakukan operan pantul, operan di atas kepala merupakan pilihan untuk mengumpan teman yang berada di low post. adapun pelaksanaan operan ini dimulai dengan posisi badan yang seimbang, pegang bola di atas kepala dengan siku ke dalam dan berbentuk sudut 90 derajat. Jangan bawa bola ke belakang kepala, karena dalam posisi tersebut susah untuk melakukan operan dengan cepat, dan mudah di curi oleh lawan, kaki melangkah ke depan sasaran, kumpulkan kekuatan maksimal dngan bertumpu pada kaki, kemudian dilanjutkan dengan operan cepat. Pada saat melakukan gerakan lecutan, jari mengarah kepada target dan telapak tangan ke bawah.
Teknik cara melakukan Overhead pass :
  • Cara memegang bola sama dengan lemparan dari depan dada, hanya saja posisi permulaan bola di atas kepala sedikit di depan dahi dan siku agak ditekuk.
  • Bola dilemparkan dengan lekukan pergelangan tangan yang arahnya agak menyarong ke bawah disertai dengan meluruskan lengan.
  • Lepasnya bola dari tangan menggunakan jentikan ujung jari tangan.

4. Baseball Pass


Operan baseball dalam permainan bola basket sering dipakai oleh pemain yang berlari. Operan ini dilakukan dengan satu tangan, akan mempermudah mengoper untuk melakukan passing jarak jauh. Operan ini dimulai dengan posisi siap dengan salah satu kaki agak ke depan dan bola dipegang oleh satu tangan. Pada awalnya bola juga ditahan oleh tangan yang lainnya, yang tidak mengoper bola. Ketika berat badan berpindah ke belakang bola lalu diarahkan oleh kedua tangan tepat di belakang bahu dari sisi yang akan melempar. Pada saat akan mengoper, tangan yang melalukakn operan mengayun ke depan atas. Bola dilepaskan ketika tangan lurus ke depan., teknik passing bola basket yang lain dari yang di atas, teknik ini  adalah cara-cara melakukan baseball pass menurut standar permainan bola basket :
  • Posisi Badan Siap dengan salah satu kaki maju ke depan dan bola dipegang dengan satu tangan.
  • Untuk awalan, bola dipegang oleh tangan yang lainnya, tepatnya yang tidak mengoper bola
  • Pindahkan berat badan ke belakang kemudian arahkan bola dengan menggunakan ke dua tangan tepat di belakang bahu dari sisi yang akan melempar bola.
  • Ketika akan melakukan operan bola, tangan yang melakukan operan mengayun ke depan atas
  • Lepaskan bola ketika tangan lurus ke depan.

5. Behind the Back Pass



Teknik passing dalam bola basket yang satu ini caranya unik sekali. Behind theBack Pass dalam permainan bola basket adalah mengoper bola dari belakang. Saat melakukan teknik dasar passing ini, pemain memegang bola dengan satu tangan yang berada tepat di belakang punggung. Saat melemparkan bola ke teman tim, di lakukan dengan cepat. Ada al yang perlu diperhatikan juga mengenai teman yang akan di jadikan sasaran untuk menangkap bola, tepatnya adalah teman yang posisinya dekat dan siap menerima bola.




Penelusuran terkait
  • Sebutkan dan jelaskan beberapa gerak spesifik passing mengumpan dalam permainan bola basket
  • Posisi lengan saat melakukan teknik dasar passing dalam permainan bola basket adalah
  • Teknik dasar passing dalam bola basket
  • Pada permainan bola basket teknik passing dibedakan menjadi macam
  • Bagaimana cara melakukan passing chest pass dan overhead pass dalam permainan bola basket
  • Sebutkan macam macam passing operan dalam permainan bola basket
  • Passing terdiri dari
  • Bagaimana cara melakukan teknik operan dada chest pass dalam permainan bola basket

Post a Comment for "Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Bola Basket Yang Harus Kamu Ketahui"