Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagian/Komponen Lapangan Tenis Meja Seperti Net, Meja Tenis Hingga Ukuran Lapangan Tenis Meja

Tenis Meja ialah suatu olahraga yang dimainkan minimal 2 orang dalam permainan tunggal/single atau 4 orang yang dimainkan ganda(satu regu 2 orang) yang saling berlawanan.Olahraga Tenis meja di adaptasi dari tenis lapangan dengan sebagian regulasi yang disesuaikan. Tenis Meja di mainkan di sebuah meja yang terdapat net di tengahnya. Bola yang diaplikasikan ialah bola seluloid yang khusus dijadikan untuk olahraga tenis meja. Raket yang diaplikasikan ialah terbuat dari kayu yang bagian depan dan belakang nya dilapisi karet. Raket tenis meja biasanya disebut juga dengan bet.

Tenis meja populer di kalangan si kecil muda ataupun yang dikalangan orang tua. Berbeda dengan tenis lapangan yang menguras daya, tenis meja dapat dimainkan tanpa menguras daya yang banyak. Keppopuleran tenis meja di kalangan orang tua juga karena elemen tersebut.

Baca Juga: Teknik Cara Mengoper dalam Bola Basket Yang Benar

Tenis meja biasanya disebut juga dengan ping pong membutuhkan sebuah landasan berupa meja yang diaplikasikan sebaga lapangan. Meja ping pong memiliki standar dan ketetapan tertentu dari organisasi tenis meja dunia. Berikut ini kita akan membahas lebih detil tentang lapangan tenis meja.

Bagian Lapangan Tenis Meja

Lapangan tenis meja memiliki sebagian bagian seharusnya yang seharusnya ada. Bagian yang seharusnya ada di meja/lapangan tenis meja ialah net, garis dan penopang net. kecuali bagian seharusnya tersebut terdapat bagian pendorong ialah roda meja. Roda meja tenis memudahkan kita saat ingin bermain tenis meja di daerah lain atau untuk menyesuaikan kontur tanah supaya posisi meja dapat lurus dan seimbang
 

Net Tenis Meja


Net atau jaring dalam tenis meja diaplikasikan sebagai pembatan antar pemain dan pembatan tinggi minimal bola. Apabila kau memukul bola terlalu rendah maka akan terbendung oleh net.Kecuali net kita membutuhkan penopang net yang diaplikasikan memperkuat net saat terkena bola.


Tata tenis meja menyebutkan bahwa saat kita memukul bola serve/bola pertama dan mengenai net kemudian memantul ke daerah lawan maka serve akan diulang. Net untuk tenis meja tenis memiliki standar yang seharusnya ditiru. Standar ukuran Net di indonesia mencontoh regulasi PTMSI sebagai induk organisasi tenis indonesia. Berikut ini ialah ukuran standar Net Tenis Meja:

– Panjang Net = 183 cm
– Lebar / Tinggi Net = 15,25 cm
– Jarak Meja Ke Tiang = 15,25 cm
– Luas Net = 0,279075 meter persegi

Bahan Meja Tenis


Bagian yang satu ini ialah bagian lebih-lebih dalam Tenis Meja, Tanpa adanya sebuah meja maka kau tak dapat bermain tenis meja. Meja untuk ping pong memiliki standar bahan yang seharusnya disamakan. Bahan meja tenis seharusnya memiliki tingkat pantulan yang layak dengan standar.Bahan yang bagus untuk meja tenis ialah multiplex. Bahan Multiplex lebih kuat dan kokoh. Bahan ini juga ternyata bendung lama. Bahan Multiplex yang lebih berat dari bahan bahan lain akan menjadikan lapangan lebih stabil dan akan menjaga lapangan dari goncangan.
Ukuran Lapangan Tenis Meja

Standar dari PTMSI mengacu pada federasi tenis dunia/ITTF. Ukuran ini memungkinkan kita untuk dapat menyesuaikan permainan tenis meja kita di tingkat nasional ataupun internasional. Berikut ini ialah standar ukuran lapangan tenis layak dengan regulasi dari PTMSI dan ITTF:

Ukuran Lapangan Tenis Meja


– Panjang = 274 cm
– Lebar = 152,5 cm
– Tinggi meja dari lantai lapangan = 76 cm
– Tebal garis sisi = 2 cm
– Luas = 4,1785 meter persegi


Penelusuran yang terkait dengan Komponen Lapangan Tenis Meja
  • lapangan tenis meja beserta ukurannya
  • membuat meja pingpong dari triplek
  • biasanya lapangan tenis meja berupa meja yang terbuat dari bahan kayu
  • papan tenis meja
  • harga triplek tenis meja
  • harga lapangan tenis meja
  • organisasi tenis meja yang didirikan tahun 1951 adalah
  • keterangan lapangan tenis meja

Post a Comment for "Bagian/Komponen Lapangan Tenis Meja Seperti Net, Meja Tenis Hingga Ukuran Lapangan Tenis Meja"