Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Asal Usul Permaianan Bola Voli Secara Singkat dan Jelas

Permainan BOLA VOLI: Pengertian, Peraturan, Teknik Dasar Bola Voli

Pengertian Permainan Bola Voli


Permainan Bola Voli adalah suatu cabang olahraga yang dilakukan dengan mem-volley bola di udara hilir mudik di atas net, dengan maksud dapat menjatuhka bola di dalam petak lapangan lawan untuk mencari kemenangan dalam bermain. Yang dimaksud mem-volley adalah memukul bola sebelum bola jatuh mengenai lapangan, gerakan mem-volley dan memantulkan bola ke udara dapat dilakukan menggunakan seluruh tubuh dengan syarat sentuhan atau pantulannya harus sempurna.


Sejarah Bola Voli

Permainan bola voli-bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1985. ia adalah seorang Pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christian Association (YMCA) di kota Holyoke, Massachusetts, AmerikaSerikat. Nama permainan in semula disebut “Minonette” yang hamper serupa dengan permainan badminton. Jumlah pemain di sini tak terbatas sesuai dengan tujuan semula yakni untuk mengembangkan kesegaran jasmani para buruh di samping bersenam secara missal. William G. Morgan kemudian melanjutkan idenya untuk mengembangkan permainan tersebut agar mencapai cabang olah raga yang dipertandingkan.

Nama permainan kemudian menjadi “volley ball yang artinya kurang lebih mem-volibola
Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahun 1951. setelah tahun 1962 perkembangan bnola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan banyaknya klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air.Hal ini terbukti pula dengan data-data peserta pertandingan dalam kejuaran nasional. PON dan pesta-pesta olahraga lain, di mana angka menunjukkan peningkatan jumlahnya. Boleh dikatakan sampai saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah perbolavolian Indonesia, PBVSI telah dapat mengirimkan tim bola voli yunior Indonesia ke kejuaraan Dunia di Athena Yunani yang berlangsung dari tanggal 3-12 september 1989. tim bola voli yunior putra Indonesia ini dilatih oleh Yano Hadian dengan dibantu oleh trainer Kanwar, serta pelatih dari Jepang Hideto Nishioka, sedangkan pelatih fisik diserahkan kepada Engkos Kosasih dari bidang kepelatihan PKON (pusat kesehatan olahraga nasional) KANTOR MENPORA. Dalam kejuaraan dunia bola voli putra tersebut, sebagai juaranya adalah :
  • Uni Sovyet
  • Kuba
  • Jepang
  • Yunani
  • Brazil
  • Polandia
  • Bulagaria

Sedangkan Indonesia sendiri baru dapat menduduki urutan ke 15.Dalam periode di bawah pimpinan ketua Umum PBVSI Jendral (Pol) Drs. Mochamad Sanusi, perbolavolian makin meningkat baik dari jumlahnya perkumpulan yang ada maupun dari lancarnya system kompetisi yang berlangsung,; sampai dengan kegiatan yang dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri.

Demonstrasi pertandingan yang dibawakan oleh kedua tim, serta penjelasan yang telah disampaikan oleh Morgan-pun telah membawa sebuah perubahan pada Mintonette. Perubahan pertama yang terjadi pada permainan tersebut terjadi pada namanya. Atas saran dari Profesor Alfred T. Halstead yang juga menyaksikan dan memperhatikan demonstrasi serta penjelasan Morgan, nama Mintonette-pun berubah menjadi Volleyball (bola voli). Pemilihan nama Volleyball sebagai pengganti Mintonette-pun tidak dilakukan dengan tanpa pertimbangan.

Nama Volleyball dipilih berdasarkan gerakan-gerakan utama yang terdapat pada permainan tersebut, yaitu gerakan memukul bola sebelum bola tersebut jatuh ke tanah (volley). Pada awalnya, nama Volleyball-pun dieja secara terpisah (dua kata), yaitu “Volley Ball”. Kemudian pada tahun 1952, Komite Administratif USVBA (United States Volleyball Association) memilih untuk mengeja nama tersebut dalam satu kata, yaitu “Volleyball”. USVBA adalah persatuan olahraga bola voli yang terdapat di Amerika Serikat. Asosiasi ini pertama kali didirikan pada tahun 1928, dan pada saat ini USVBA lebih dikenal dengan nama USAV (USA Voleyball). Setelah demonstrasi tersebut, komite YMCA berjanji untuk mempelajari peraturan-peraturan permainan yang telah ditulis dan diserahkan oleh Morgan.


Sejarah Bola Voli di Indonesia

Olahraga bola voli pertama kali masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda tepatnya tahun 1928.Akan tetapi, pada waktu itu bola voli hanya dimainkan secara khusus oleh orang Belanda dan juga para bangsawan.Agar olahraga ini semakin berkembang di tanah jajahan, maka pemerintah kolonial mendatangkan guru-guru pendidikan jasmani dari Belanda.Tidak hanya guru pendidikan jasmani, para tentara pun mempunyai peran yang penting dalam pengenalan dan pengembangan bola voli di Indonesia.Sejarah bola voli di Indonesia mencatat bahwa para serdadu ini sering memainkan olahraga ini di asrama maupun lapangan terbuka. Bahkan saat itu, pertandingan bola voli antar bangsa Belanda kerap dilakukan.


Sejarah Terbentuknya PBVSI

opularitas olahraga bola voli berkembang dengan sangat cepat di Indonesia. Dengan demikian, tidak butuh waktu lama beberapa klub bola voli mulai bermunculan di kota-kota besar. Fenomena ini lalu direspon oleh pemerintah dengan didirikannya PBVSI.

PBVSI adalah singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 22 Januari 1955 di Jakarta. Di prakarsai oleh Ikatan Perhimpunan Volleyball Surabaya (IPVOS) dan Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta (Pervid).PBVSI sendiri pertama kali diketuai oleh Wim J. Latumeten. Bersamaan dengan didirikannya PBVSI, maka kejuaran bola voli tingkat nasional yang pertama pun segera terselenggara.Semenjak berdiri, PBVSI makin aktif untuk mengembangkan kegiatan bola voli di Indonesia.Lebih dari itu, organisasi ini juga terus melakukan pembinaan atlet bola voli dengan mengirimnya untuk berlatih ke luar negeri.


Pembelajaran Teknik Dasar Permainan Bola Voli


Permainan Bola Voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola di udara secara efektif dan efisien dipindahkan ke daerah lawan melalui net dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal.
Teknik Dasar dalam Permainan Bolavoli Yaitu:
  1.  Servis bola voli, servis adalah pukulan pertama untuk memulai permainan, namun pada perkembangannya servis tidak hanya digunakan untuk memulai permainan. Servis ditinjau dari sudut taktik merupakan awal untuk mendapatkan nilai, hal ini dilakukan dengan servis cepat dan keras ke arah lapangan lawan. Macam servis dalam permainan bolavoli dibagi menjadi dua yaitu servis bawah dan servis atas.
  2. Passing bolavoli, Passing adalah mengoperkan bola kepada teman seregunya dengan teknik tertentu, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan. Passing dalam permainan bolavoli juga terdiri dari dua macam yaitu passing bawah dan passing atas.
  3. Smash, Smash atau bisa juga disebut spike dalam permainan bolavoli adalah pukulan keras, tajam, dan menukik ke daerah lawan yang bertujuan untuk mematikan lawan. Smash dilakukan dengan memukul bola tinggi di atas net dengan didahului melakukan lompatan setinggi mungkin dan memukul bola sekeras mungkin agar lawan tidak bisa memainakan bola, dan mendapat point atau nilai.
  4. Blok atau bendungan yaitu gerakan meloncat ke udara atau di atas net dengan merentangkan kedua tangan yang bertujuan untuk membendung serangan atau smash lawan, blok dilakukan sedemikian rupa agar bola tidak masuk ke daerah kita tapi memantul ke daerah lawan.
Demikian penjelasan tentang Pengertian dan Asal Usul Permainan Bola Voli yang dapat saya sampaikan semoga dapat di terima dan dijadikan rujukan dalam pembelajaran permaianan menggunakan bola besar di sekolah.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian dan Asal Usul Permainan Bola Voli
  • pengertian bola voli
  • jelaskan pengertian dan asal usul permainan bola basket
  • sejarah bola voli
  • sejarah bola voli di indonesia
  • jelaskan asal-usul permainan bola basket
  • teknik dasar bola voli
  • jelaskan sejarah perkembangan bola voli di indonesia
  • ukuran lapangan bola voli

Post a Comment for "Pengertian dan Asal Usul Permaianan Bola Voli Secara Singkat dan Jelas"