Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Beserta Perbedaan Jalan Dengan Lari Secara Lengkap


Atletik merupakan olahraga tertua. Istilah athletic dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Jerman mempunyai arti yang luas meliputi berbagai cabang olahraga yang bersifat perlombaan dan pertandingan. Dalam bahasa Yunani Athlos artinya lomba, tetapi sejalan dengan perkembangan jaman dibedakan antara atletik dan cabang olahraga lainnya seperti; Permainan, senam, renang, bela diri dan lainnya.

Baik untuk menyingkat waktu kali ini akan dibahas cabang atletik khususnya nomor jalan dan lari. banyak para siswa jika ditanya tentang pengertian jalan maupun pengertian lari secara spontan mereka akan menjawab jalan adalah langkah lambat sedangkan lari adalah langkah cepat. Memang sepintas antara jalan dan lari dapat dibedakan dari kecepatan langkahya. Untuk lebih jelas silahkan simak Pengertian, Perbedaan Jalan dan Lari berikut ini.


Pengertian Jalan

Jalan merupakan gerak berpindah tempat atau memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkah menggunakan kaki secara bergantian. Gerak tubuh yang kita lakukan dalam berjalan didominasi oleh langkah kaki, meskipun gerak tangan, dan anggota badan lainnya juga di perlukan tetapi gerak langkah kaki sebagai gerak utama. Coba perhatikan gambar jalan berikut:




Pengertian Lari

Secara awam gerakan jalan dengan lari tidak ada perbedaan yang berarti. Baik jalan maupun lari adalah gerakan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkahkan kaki secara bergantian. Jadi pengertian lari juga sama dengan jalan yaitu gerak berpindah tempat atau memindahkan tubuh daei satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkah menggunakan kaki secara bergantian. Namun antara jalan dan lari ada perbedaan yang signifikan terutama kontak kaki dengan tanah. Mari kita bahas kembali Pengertian, Perbedaan Jalan dan Lari berikut.



Lalu apa sebenarnya perbedaan jalan dan lari dalam atletik. Berikut ini merupakan perbedaan jalan dan lari dalam atletik adalah:
  • Kontak Dengan Tanah.
Pada saat berjalan, tentu kita akan merasakan kontak langsung dengan lantai atau tanah sehingga kontak tersebut akan terasa jelas. Sedangkan pada saat berlari, kita tidak akan merasakan kontak yang terlalu jelas karena pada saat berlari terkadang kita akan melangkah yang kemudian tubuh kita akan melayang sepersekian detik dan kemudian jatuh lagi untuk menginjak lantai atau tanah.
  • Anggota Badan
Pada saat berjalan, kita hanya akan menggunakan kaki dan tubuh tidak akan bergerak. Beda halnya dengan lari, seluruh anggota tubuh akan bergerak. Karena itu, olahraga lari lebih berat dilakukan daripada jalan.
  • Tumpuan
Perbedaan yang paling menonjol antara jalan dan lari adalah Untuk jalan, kaki dijadikan sebagai tumpuan. Sedangkan dalam olahraga lari, tumpuan terletak pada ujung jari kaki depan.
  • Sudut lutut
Salah satu perbedaan jalan dan lari adalah pada saat berjalan lutut tidak akan menekuk banyak. Sedangkan dengan berlari, lutut akan menekuk lebih banyak dan beban pada lutut akan lebih besar daripada pada saat berjalan. Pada saat berlari otot quadriceps juga akan bekerja. Karena itu, orang akan merasa cepat letih pada saat berlari ketimbang pada saat berjalan.
  • Kecepatan
Berdasarkan kecepatan, olahraga jalan dan lari sangatlah jauh berbeda. Untuk rata-rata dalam berjalan hanya akan secepat 5 km/jam dan walaupun dilakukan jalan cepat hanya akan 8 km/jam. Beda halnya dengan lari,  kecepatan lari lebih cepat 2 kali lipat daripada berjalan.
Lari tercepat bisa sampai 44 km/jam yang telah dilakukan oleh Usain Bolt. Untuk berlari cepat penting memperhatikan cara memilih sepatu lari yang benar. Karena jika sampai salah, makan kaki akan cidera dan atlet akan gagal.
  • Cidera
Berbeda dengan olahraga lainnya, olahraga jalan adalah olahraga yang paling jarang mengakibatkan resiko atau cidera. Untuk orang yang memiliki kelebihan berat badan, akan lebih baik untuk melakukan olahraga jalan karena jika melakukan olahraga lari, kaki akan terbebani sehingga dapat membuat cidera pada kaki. Terdapat beberapa jenis cedera saat berlari yang mungkin terjadi.




Demikian penjelasan tentang Pengertian, Perbedaan Jalan dan Lari yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

Penelusuran yang terkait dengan Perbedaan Jalan Dengan Lari
  • jelaskan perbedaan antara jalan dan lari
  • perbedaan lari dan jalan cepat
  • perbedaan jalan dengan lari terletak pada
  • sebutkan 3 perbedaan lari dengan jalan cepat
  • tuliskan 3 macam perbedaan jalan dan lari
  • perbedaan jalan dengan lari antara lain ketika melakukan lari,badan terasa
  • perbedaan antara jalan dan lari adalah brainly
  • jelaskan perbedaan jalan lari lompat dan lempar

Post a Comment for "Pengertian Beserta Perbedaan Jalan Dengan Lari Secara Lengkap"