Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sumber Daya Alam Meliputi Jenisnya, Contohnya, dan Pemanfaatannya

Pengertian Sumber Daya Alam

SDA (Sumber Daya Alam) selalu berhubungan dengan berbagai macam materi ataupun potensi yang dimiliki oleh alam yang ada di bumi. Alam memiliki potensi yang besar untuk memberikan manfaat bagi seluruh makhluk, hidup terutama umat manusia. Materi atau potensi yang di berikan oleh alam dapat berupa benda hidup maupun benda mati. Selain itu alam juga selalu menghasilkan energi yang bermanfaat bagi kehidupan. Sehingga semua potensi yang berada di alam yang dinilai sangat berguna bagi makhluk hidup disebut dengan Sumber Daya Alam.Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan alam di bumi yang dapat memberikan manfaat sehingga berguna untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup, trutama manusia. Atau Sumber daya alam yaitu semua kekayaan alam bumi, baik itu biotik dan abiotik yang dapat memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan manusia.



Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli

Untuk memahami lebih dalam mengenai sumber daya alam, ada baiknya kita menelaah pendapat para ahli. Berikut ini adalah pendapat-pendapat para ahli mengenai definisi SDA.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sumber daya alam adalah potensi alami yang dapat dikembangkan untuk menunjang proses produksi.
 

J.A Katili

Menurut J.A Katili, sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
 

Soerianegara

Menurut Soerianegara, sumber daya adalah unsur lingkungan alami, baik fisik maupun hayati, yang dibutuhkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup

Walter Isard

Menurut Walter Isard, sumber daya alam adalah keadaan lingkungan dan bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraannya.
 

Valentine Jackson Chapman

Menurut Valentine Jackson Chapman, SDA adalah hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukannya, yakni persediaan total (total stock), sumber daya (resource), dan cadangan (reserve).


Tahap Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Berdasarkan tahap pemanfaatan, sumber daya alam dapat diklasifikasikan menjadi 4 kategori, yaitu SDA potensial, SDA aktual, SDA cadangan, dan SDA stock.
  • Sumber daya alam potensial adalah SDA yang belum dipakai namun dapat dimanfaatkan di masa depan. Contoh dari SDA potensial adalah minyak bumi yang terjebak dalam batuan sedimen shale yang tidak dapat digunakan hingga dilakukan eksplorasi lebih lanjut. 
  • Sumber daya alam aktual adalah SDA yang telah disurvei, dikuantifikasi, diuji kualitasnya, dan sedang digunakan/dieksploitasi. Contoh dari SDA aktual adalah hutan produksi dan tambang minyak. 
  • Sumber daya alam cadangan adalah SDA yang belum digunakan, namun dapat dimanfaatkan secara menguntungkan di masa depan. 
  • Sumber daya alam stock adalah SDA yang sudah disurvei namun belum dapat dimanfaatkan karena teknologi yang tersedia belum cukup memadai.

Jenis-jenis sumber daya alam

Sumber Daya Alam bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang berada di lingkungan alam dan manusia bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Terdapat beberapa jenis sumber daya alam yang harus Anda ketahui, diantaranya:

Sumber Daya Alam Berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya jenis-jenis sumber daya alam dibagi menjadi 2:
  1. Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui
    Adalah Sumber daya alam yang tidak akan pernah habis seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, air, sinar matahari, dan mikroorganisme lainnya.
  2. Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui
    Sumber daya alam jenis ini mempunyai jumlah yang terbatas. Hal ini dikarenakan proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga digunakan terus menerus akan habis, seperti bahan-bahan galian atau barang tambang.

Sumber Daya Alam Berdasarkan jenisnya

Berdasarkan jenisnya sumber daya alam dibagi menjadi 2:
  1. Daya Alam Hayati (Biotik)
    Sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan.
    Sumber daya alam Hayati dibedakan menjadi 2, yaitu :
    *
    Sumber daya alam yang berasal dari hewan atau binatang seperti telur, daging, ikan, dan lain sebagainya.
    *
    Sumber daya alam nabati adalah SDA yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan merupakan produsen atau penyusun utama dari rantai makanan.
  2. Sumber Daya Alam non hayati (abiotik)
    Sumber daya alam ini berasal dari benda-benda mati. Seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan hasil tambang.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembentukannya

Berdasarkan bentuknya, Sumber daya alam dibagi menjadi 4 jenis. Berikut adalah penjelasan mengenai sumber daya alam berdasarkan bentuknya:
  1. Sumber daya alam materi
    Sumber daya alam yang berupa benda mati dan bisa didapatkan secara langsung dari alam, bisa melalui beberapa proses seperti penambangan dan pengolahan. sehingga bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.
  2. Sumber Daya Alam Energi
    Sumber daya alam yang bisa menghasilkan energi dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Seperti minyak bumi, batu bara, gas bumi, air, udara dan sinar matahari
  3. Sumber Daya Alam Ruang
    Sumber daya alam yang berupa ruang, tempat, atau wilayah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidupn. Sumber daya alam ruang ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti letak astronomis, topografi, maupun reliefnya. Seperti gunung dan lembah
  4. Sumber Daya Waktu
    Sumber daya alam yang keberadaannya tergantung oleh waktu atau musim. Misalnya Air ketika musim kemarau keberdaannya sangat sulit ditemukan, tetapi ketika musim hujan sangat berlimpah.

Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomisnya

Berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomisnya sumber daya terbagi menjadi 4 macam, berikut penjelasan mengenai daya pakai dan nilai ekonomisnya :
  1. Sumber daya alam ekonomis, seperti emas, perak, minyak bumi, batu bara dan timah.
  2. Sumber daya alam non-ekonomis, Contohnya sinar matahari, udara, dan air.

Berdasarkan Lokasinya

Sumber daya alam berdasarkan lokasinya, di bedakan menjadi 2 macam, diantaranya:
  1. Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam hanya dijumpai di daerah perairan. Seperti ikan, rumput laut, terumbu karang, udang, kepiting, dan lain sebagainya.
  2. Sumber daya Alam terrestrial adalah sumber daya alam yang hanya dijumpai di daerah atau wilayah di daratan. Seperti hasil hutan, bahan-bahan tambang, dan lain sebagainya

Berkurangnya Sumber Daya Alam

Belakangan ini, berkurangnya SDA menjadi fokus pembicaraan pemerintah serta organisasi multi nasional seperti perserikatan bangsa bangsa (PBB). Berkurangnya SDA dianggap merupakan permasalahan pembangunan berkelanjutan (sustainable development).
Pembangunan berkelanjutan memilki banyak definisi, namun, orang-orang umumnya menggunakan definisi laporan komisi Bruntland dalam mendefinisikan pembangunan berkelanjutan.
Pada saat ini, hutan hujan tropis merupakan salah satu fokus perdebatan dalam permasalahan berkurangnya sumber daya. Mayoritas penduduk dunia (80%) menggunakan obat-obatan yang didapatkan dari hutan, 3/4 produk obat dunia memiliki bahan dasar berbasis tanaman yang tumbuh di hutan. Jika hutan hujan dirusak, maka bahan-bahan medis ini pun akan terganggu ketersediaannya.
Degradasi tanah juga merupakan permasalahan berkurangnya SDA berupa tanah. Tanah merupakan SDA yang tergolong unik, tanah dapat menjadi terbaharukan jika penggunaannya dikelola dengan baik, namun, tanah dapat dengan mudah menjadi tidak terbaharukan ketika dikelola dengan buruk.
Pertanian modern dengan segala alat-alat, pupuk, dan pestisidanya membuat tanah menjadi terdegradasi. Degradasi tanah ini menyebabkan daerah yang tadinya subur berubah menjadi gersang dalam fenomena penggurunan atau desertification.
Oleh karena itu, praktik pertanian berkelanjutan sangatlah penting dalam menjaga kualitas lingkungan kita serta menjaga keberlanjutan pasokan pangan bagi penduduk dunia yang semakin meningkat.
 

Perlindungan Sumber Daya Alam

Pada tahun 1982, perserikatan bangsa-bangsa membuat world charter for nature yang mengakui bahwa diperlukan langkah-langkah untuk melindungi lingkungan dari eksploitasi manusia.
Charter ini mendorong pemerintah-pemerintah di seluruh dunia agar membuat regulasi untuk mengatur pemanfaatan sumber daya alam dan mendorong pemanfaatan SDA secara berkelanjutan baik oleh perusahaan, masyarakat, ataupun pemerintah itu sendiri.
Selain itu, sudah terdapat banyak perjanjian dan peraturan lain yang dibuat untuk menjaga kelestarian sumber daya. Perjanjian tersebut antara lain adalah REDD untuk hutan, perdagangan karbon untuk meminimalisir pengeluaran CO2, COP21 untuk resolusi perubahan iklim, dan protokol Kyoto untuk mengurangi pengeluaran gas rumah kaca.


Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam

1. Bahan tambang
  • Bijih besi: konsentrat besi
  • Timah: kaleng atau kertas timah
  • Seng: lembaran seng untuk atap rumah
  • Intan, emas, dan perak: perhiasan
  • Tembaga: bahan untuk pembuatan kabel dan barang perunggu / kuningan
2. Bahan penghasil energi
  • Minyak bumi: bensin, pelumas, nafta, dan lain-lain
  • Gas alam: LPG (Liquid Petroleum Gas) dan LNG (Liquid Natural Gas)
  • Batu bara: bahan bakar minyak, semen, dan lain – lain
3. Pertambangan Mineral Industri
  • Batu kapur dan batu granit: bahan bangunan
  • Kaolin: bahan untuk membuat keramik
  • Pasir kuarsa: bahan untuk membuat kaca, piring, dan gelas
  • Yodium: obat penyakit gondok
  • Fosfat: bahan bakar industri pupuk


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Sumber Daya Alam
  • pengertian sumber daya alam menurut para ahli
  • sumber daya alam dan pemanfaatannya
  • contoh sumber daya alam
  • macam macam sumber daya alam
  • jenis-jenis sumber daya alam
  • contoh sumber daya alam di indonesia
  • nama sumber daya alam dan manfaatnya
  • contoh sumber daya alam hayati
  • jenis sumber daya alam lokasi dan manfaatnya
  • gambar sumber daya alam
  • pemanfaatan sumber daya alam
  • klasifikasi sumber daya alam

Post a Comment for "Pengertian Sumber Daya Alam Meliputi Jenisnya, Contohnya, dan Pemanfaatannya"