Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Administrasi Negara, Ciri - Ciri, Tujuan, Contoh Dan Pembelajaran Di Dalamnya

Pengertian Administrasi Negara Dan Pembelajaran Di Dalamnya Sumber Gambar: Pahlevi.net

Pengertian Administrasi Negara

Administrasi Negara adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif serta hal- hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

Administrasi Negara adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan aparatur negara/pemerintah untuk mencapai tujuan negara secara efisien. Administrasi negara merupakan suatu bahasaan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif dan eksekutif serta hal-hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, tujuan negara dan etika yang mengatur penyelenggara negara. Terdapat hubungan interaktif antara administrasi negara dengan lingkungan sosialnya, diantara berbagai unsur lingkungan sosial, unsur budaya merupakan unsur yang paling banyak mempengaruhi penampilan (performance) administrasi negara.
 
 
  • Menurut Pfiffner dan Preshtus. administrasi negara adalah suatu proses yang berhubungan dengan pelaksanaan kebijakan negara (Public administration is a procces concerned with carrying out public policies). 
  • Menurut Dimocks administrasi negara adalah kegiatan negara dalam melaksanakan kekuasaan/wewenangan politiknya. (Public administration is the activity of the state in the exercise of its political power)
  • Menurut John M. Pfiffer dan Robert V administrasi negara adalah suatu proses yang bersangkutan dengan pelaksanaan kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah pengarahan kecakapan dan teknik-teknik yang tidak terhingga jumlahnya, memberkan arah dan maksud terhadap usaha sejumlah orang.
  • Menurut Prof Dr. Prajudi Atmosudirjo administrasi negara adalah bantuan penyelenggaraan dari pemerintah artinya pemerintah (pejabat) tidak dapat menunaikan tugas-tugas kewajibannya tanpa administrai negara.

Ciri-Ciri Administrasi Negara

  1. Administrasi Negara merupakan salah satu kegiatan yang tidak dapat dihindari atau Unavoidable, memiliki titik tekan yang mendasar yaitu dalam hubungannya antara Negara dan masyarakatnya yang bersifat pasti, berbeda dengan hubungan masyarakat dan institusi privat (swasta) yang memiliki sifat sementara (temporary). 
  2. Untuk menggunakan wewenang serta kekuasaannya, administrasi Negara memiliki sistem monopoli. Di mana Negara memiliki wewenang untuk dapat memaksakan kehendak pada masyarakat guna menciptakan kepatuhan masyarakat kepada hukum. Kekuasaan yang dilakukan untuk melaksanakan paksaan dapat dipahami sebagai coercive power.Dari hal tersebut, penjelmaan administrasi Negara diwujudkan dalam berbagai lembaga Negara yang ada seperti kepolisian, kejaksaan, dan lain sebagainya. 
  3. Dalam memberikan pelayanan maupun arahan, administrasi di dalam Negara memiliki prioritas. Alasan mengapa administrasi Negara memiliki prioritas karena administrasi di dalam Negara memiliki tanggung jawa moral guna mensejahterakan masyarakat. 
  4. Dalam administrasi Negara, terdapat lingkungan masyarakat di dalam Negara yang meliputi batasan teritorial suatu Negara. Sehingga dapat dikatakan bahwa administrasi di dalam Negara memiliki ukuran yang tidak terbatas. 
  5. Merupakan institusi publik guna memberikan layanan kepada masyarakat dengan tujuan untuk mencapai peningkatan kualitas hidup tatanan Negara. Akan tetapi kualitas pelaksanaan administrasi Negara sangat sulit untuk diukur karena begitu kompleks, multitafsir, serta bersifat politis. 
  6. Management teratas dalam administrasi Negara bersifat politis. Birokrasi dalam administrasi Negara merupakan organisasi masyarakat yang di kepalai oleh pejabat pilihan masyarakat yang memiliki sifat non karier serta menjabat dalam periode tertentu.
Apabila definisi tersebut dikaji secara seksama, maka akan diperoleh beberapa pokok pikiran seperti:
  • Administrasi di dalam Negara merupakan kegiatan yang bersifat penyelenggaraan 
  • Administrasi Negara mengatur kerja sama antar bangsa 
  • Administrasi di dalam Negara diselenggarakan untuk kepentingan umum 
  • Administrasi Negara diselenggarakan untuk aparatur pemerintah dari suatu Negara.

Tujuan Administrasi Negara

Bagi suatu negara yang berdemokrasi, tujuan administrasi negara adalah untuk mencapai tujuan negara sesuai dengan keinginan rakyatnya. Beberapa keinginan yang ditetapkan oleh rakyat diantaranya; keamanan, kesejahteraan, ketertiban, keadilan, sehingga kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.
Dengan begitu, para pelaksana administrasi negara adalah untuk memberikan pelayanan yang baik kepada kepentingan rakyat. Agar tujuan administrasi tersebut dapat tercapai, maka di dalamnya harus terdapat beberapa hal berikut ini:
  • Social Participation, ini adalah tindakan nyata dari masyarakat dengan ikut serta di dalam administrasi negara.
  • Social Responsibility: ini adalah pertanggungjawaban yang harus dilakukan oleh pelaksana administrasi negara kepada masyarakat.
  • Social Support: ini adalah dukungan yang diberikan oleh rakyat terhadap pelaksanaan administrasi negara.
  • Social Control: ini adalah kontrol atau pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat terhadap kegiatan administrasi negara.
Dalam upaya mewujudkan tujuan negara keinginan rakyat, pelaksana harus melakukannya secara demokratis, yang disebut juga dengan democratic administration atau open management.


Ruang Lingkup Administrasi Negara

Ada beberapa ruang lingkup administrasi suatu negara, menurut Nikolaor Henry (1995) ada beberapa ruang lingkup, yaitu:
  • Organisasi publik yang memiliki prinsip suatu model organisasi dan perilaku birokrasi.
  • Management publik. Dalam management publik cakupannya ilmu dan sistem manajemen, anggaran publik, evaluasi program, produktifitas dan lain-lain.
  • Implementasi. Hal ini memiliki arti berkaitan pendekatan untuk kebijakan publik dan implementasi dari kebijakan tersebut, administrasi pemerintah, privatisasi dan etika birokrasi.

Contoh Administrasi Negara

Contoh administrasi negara adalah sebagai berikut, diantaranya:
  • Aturan reshufle kabinet yang dilakukan oleh Presiden
  • Aturan tentang pembentukan badan dan komisi-komisi pemerintahan
  • Tata cara memberi pelayanan terhadap masyarakat


Pembelajaran Di Dalamnya

Banyak pembelajaran dari pengertian administrasi negara yang luas. Beberapa diantaranya adalah untuk mengatur keuangan dalam sebuah lembaga. Memang di sma atau sekolah yang sederajat telah memiliki mata pembelajaran ini. hal ini diterapkan dalam ilmu akuntansi, lalu juga ekonomi yang dikembangkan dengan baik. memang bukan hal yang mudah, tetapi memang pembelajaran ini yang menjadi penting dalam ilmu administrasi. Hal ini untuk mengatur keuangan yang masuk dan juga keluar secara seimbang. Hal ini bisa dijadikan pembelajaran juga tentunya, agar arus kas dapat berjalan lancar dan tidak terjadi kesalahpahaman. Kunci dalam ilmu ini salah satunya adalah pintar menghitung.
Selain pintas menghitung, teliti juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kesalahan angka dan juga kesalahan dalam penanggalan waktu dan hal semacam itu menjadi bermasalah. Mengapa bisa menjadi sangat penting? Karena banyak kesalahpahaman yang akan timbul dengan kita salah mencatat beberapa hal apalagi mengenai keuangan. Selain keuangan, terdapat pula pembukuan untuk surat keluar dan masuk yang sama pentingnya. Ketika seseorang yang bekerja sebagai administrasi negara atau masih kuliah, tidak boleh menyepelekan surat yang masuk dan juga keluar, karena bisa jadi surat itu berisi banyak hal penting untuk atasan, organisasi, atau sebuah lembaga negara, apalagi yang bersifat kenegaraan. Surat merupakan hal yang sangat penting.
Setelah mengetahui tentang surat dan juga pembagian dalam keuangan yang ada di administrasi negara, mengatur ATK atau alat kantor juga tugas administrasi. Karena hal tersebut atau ATK akan digunakan dan dijaga oleh seorang administrator dalam melakukan pekerjaan. Biasanya berupa alat penting seperti inventarisasi agar selalu terjaga dan tidak hilang, serta pengadaan alat kantor yang memang umum seperti bolpoin dan juga kertas untuk printer.

Baca Juga: Pengertian Wirausaha Meliputi Ciri, Tujuan, Keuntungan Dan Kelemahan Wirausaha Secara Lengkap

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian administrasi negara, karakteristik, tujuan, ruang lingkup, dan contoh administrasi negara. Semoga bermanfaat.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Administrasi Negara
  • pengertian administrasi negara menurut para ahli dan bukunya
  • pengertian administrasi negara dan niaga
  • ciri-ciri administrasi negara
  • pengertian administrasi publik menurut para ahli
  • pengertian sistem administrasi negara
  • pengertian hukum administrasi negara
  • contoh administrasi negara
  • contoh kegiatan administrasi negara

Post a Comment for "Pengertian Administrasi Negara, Ciri - Ciri, Tujuan, Contoh Dan Pembelajaran Di Dalamnya"