Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Portofolio Meliputi Cara Membuat Portofolio dan Portofolio Dilihat dari Beberapa Bidang

Pengertian Portofolio Dilihat dari Beberapa Bidang

Definisi Portofolio

Definisi portofolio bisa berbeda-beda tergantung pada bidang-bidang masing-masing. Pada umumnya portofolio adalah kumpulan dokumentasi pencapaian seseorang, lembaga, kelompok, organisasi, dan perusahaan. 
Tujuan adanya portofolio adalah untuk mengumpulkan dokumentasi perkembangan dan progres suatu proses dalam mencapai target yang dibuat. Sedangkan portofolio dalam bidang bisnis adalah kumpulan dokumentasi produk dan bisnis yang berhubungan dengan perusahaan.


Pengertian Portofolio Dilihat dari Beberapa Bidang

  1. Portofolio dalam Bidang Keuangan
Pengertian portofolio di bidang keuangan adalah sekumpulan investasi yang dipunyai oleh perusahaan ataupun korporasi tertentu. Portofolio biasanya menggambarkan bahwa sebuah perusahaan merupakan salah satu atau bagian dari sebuah investasi tertentu. Portofolio sendiri biasanya dibuat untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi dalam sebuah investasi.
  1. Portofolio dalam Bidang Manajemen dan Pemasaran
Dalam dunia pemasaran, istilah portofolio dipakai untuk menggambarkan sekelompok produk, jasa, ataupun merk yang akan ditawarkan kepada konsumen (biasanya perusahaan – perusahaan besar). Orang-orang yang bekerja di bidang manajemen dan pemasaran biasanya menunjukkan portofolio saat ingin menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Dengan menggunakan berbagai macam portofolio yang mereka miliki, diharapkan jalinan kerja sama dapat lebih mudah dibentuk.
  1. Portofolio dalam Bidang Politik dan Pemerintahan
Pengertian portofolio di bidang politik dan pemerintahan adalah sebagai pilar pemerintahan dan juga kewajiban menteri-menteri yang ada dalam kabinet, serta seluruh pejabat yang memegang kendali departemen yang ada di pemerintahan.
  1. Portofolio dalam Bidang Pendidikan
Arti portofolio di bidang pendidikan adalah sebagai catatan ataupun berkas yang digunakan untuk menunjukkan pencapaian ataupun prestasi seseorang. Portofolio di bidang pendidikan biasanya digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk menilai kemampuan seseorang secara akademik. Beberapa berkas portofolio di dunia pendidikan yaitu Ijazah, Rapor, Sertifikat penghargaan akademik, Piagam penghargaan, Sertifikat Pelatihan, Sertifikat kursus, dan berbagai macam berkas lainnya.
  1. Portofolio dalam Bidang Seni
Di bidang seni, istilah portofolio memiliki arti sekumpulan bukti – bukti hasil kerja ataupun karya yang pernah dibuat oleh seorang seniman. Portofolio dalam dunia seni biasanya ditunjukkan ketika seorang seniman, artis, ataupun arsitek sedang mencari pekerjaan ataupun ikut dalam tender tertentu. Beberapa contoh berkas portofolio di bidang seni yaitu foto, cetak biru rancang bangun, kliping, lukisan, dll.



Cara Membuat Portofolio

Setelah tahu pengertian portofolio, sekarang saatnya Quipper Blog mau memberi tahu kamu cara membuatnya. Bagi kamu yang belum pernah membuat portofolio sebelumnya, simak di bawah ini ya langkah-langkahnya!

1. Buat Daftar Isi
Portofolio adalah kumpulan dokumentasi yang menunjukkan prestasi kamu di dunia pendidikan selama ini. Nah, dengan membuat daftar isi, kamu akan memudahkan pembaca untuk melihat dokumentasi kamu.

2. Lampirkan Data Diri
Meskipun portofolio adalah hasil dokumentasi prestasi kamu, tetapi tak ada salahnya tetap memasukkan data diri atau CV singkat sebagai gambaran singkat tentang siapa diri kamu. Berikan data diri berupa informasi kontak seperti e-mail, nomor telepon, sejarah akademik, dan pengalaman kerja atau institusi secara singkat.

3. Beritahu Tujuan Kamu
Hal selanjutnya dari sebuah portofolio ialah menjelaskan tentang tujuan dan pencapaian yang hendak kamu capai. Jelaskan visi dan misi kamu dalam jangka waktu pendek dan jangka waktu panjang. Dengan begini, pembaca bisa menilai bahwa kamu adalah orang yang visioner dan punya tujuan ketika mengambil keputusan.

4. Beritahu Keterampilan dan Pengalaman
Pada bagian ini, uraikan dengan lengkap dan detail perihal keterampilan dan pengalaman kamu. Kamu juga bisa menambahkan apa saja kelebihan kamu supaya bisa lebih meyakinkan. Misalnya, tambahkan kemampuan dalam bidang desain, menulis, atau fotografi. Berikan penjelasan tentang karya-karya kamu selama ini, mulai dari latar belakangnya, kapan, di mana, dan tujuannya.

5. Sertakan Contoh Hasil Karya
Tanpa adanya bukti hasil karya atau penghargaan yang kamu miliki, portofolio tentulah tidak lengkap. Justru bukti-bukti inilah yang membuat portofolio semakin meyakinkan. Dengan bukti-bukti ini, pembaca pun bisa menilai sendiri apakah hasil karya kamu memang patut dijadikan acuan atau tidak. Lampiran ini bisa berupa foto, sertifikat, tulisan, atau video.

6. Melampirkan Testimoni dari Klien
Supaya makin meyakinkan, kamu juga bisa , menyertakan testimoni dari klien kamu yang sebelumnya. Dengan menambahkan testimoni ini, menunjukkan kalau kamu memang dipercaya banyak orang untuk melakukan sesuatu. Sertakan dengan jelas nama lengkap pemberi testimoni, jabatan, dan institusinya.



Itulah sedikit informasi mengenai pengertian portofolio dilihat dari beberapa bidang yang menggunakannya. Semoga bermanfaat!


Penelusuran terkait
  • Pengertian portofolio menurut para ahli
  • Pengertian portofolio dan manfaatnya
  • Pengertian portofolio investasi
  • Pengertian portofolio dalam PEMBELAJARAN
  • Contoh portofolio perusahaan
  • Format portofolio
  • Apa yang dimaksud dengan portofolio
  • Pengertian Portofolio PAUD

Post a Comment for "Definisi Portofolio Meliputi Cara Membuat Portofolio dan Portofolio Dilihat dari Beberapa Bidang"