Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Persediaan Meliputi Fungsi, Tujuan, Jenis, Tipe-tipe dan Manfaatnya dalam Dunia Usaha

Pengertian Persediaan dan Manfaatnya dalam Dunia Usaha
Banyak yang salah paham tentang arti kata persediaan. Barang-barang yang harusnya masuk menjadi aset di masukkan dalam persediaan. Maka dari itu kali ini dosen akuntansi memberikan penjelasan mulai dari pengertian menurut para ahli, jenis-jenis persediaan, sistem pencatatan persediaan dalam jurnal, penentuan kuantitas persediaan, penilaian sampai cara menghitung persediaan yang real selain dengan metode penghitungan harga pokok. Untuk lebih memahami akun yang menjadi akun kunci dalam perusahaan ini mari kita simak lebih lanjut penjelasannya.


Berikut ini beberapa pengertian persediaan (inventory) dari beberapa sumber buku:
  • Menurut Herjanto (2007), persediaan adalah bahan atau barang yang disimpan yang akan digunakan untuk memenuhi tujuan tertentu, misalnya untuk digunakan dalam proses produksi atau perakitan, untuk dijual kembali, atau untuk suku cadang dari suatu peralatan atau mesin. 
  • Menurut Warren (2005), persediaan adalah barang dagang yang dapat disimpan untuk kemudian dijual dalam operasi bisnis perusahaan dan dapat digunakan dalam proses produksi atau dapat digunakan untuk tujuan tertentu. 
  • Menurut Alexandri (2009), persediaan merupakan suatu aktiva yang meliputi barang-barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha tertentu atau persediaan barang-barang yang masih dalam pengerjaan atau proses produksi ataupun persediaan bahan baku yang menunggu penggunaannya dalam proses produksi.
  • Menurut Ristono (2009), persediaan adalah barang-barang yang disimpan untuk digunakan atau dijual pada masa atau periode yang akan datang. 
  • Menurut Nasution dan Prasetyawan (2008), persediaan merupakan idle resources atau sumber daya menganggur yang menunggu proses lebih lanjut. 
  • Menurut Kieso dkk (2008), persediaan adalah pos-pos aktiva yang dimiliki oleh perusahaan untuk dijual dalam operasi bisnis normal, atau barang yang akan digunakan atau dikonsumsi dalam membuat barang yang akan dijual.


Fungsi Persediaan – Inventory

Fungsi produksi suatu perusahaan tidak dapat berjalan lancar tanpaadanya persediaan yang mencukupi. Persediaan timbul karena penawarandan permintaan berada dalam tingkat yang berbeda sehingga material yang disediakan berbeda. Secara umum inventory berfungsi untuk mengelola persediaan barang dagangan yang selalu mengalami perubahan jumlah dannilai melalui transaksi-transaksi pembelian dan penjualan

Tujuan Persediaan – Iventory

  1. Menghilangkan pengaruh ketidakpastian
  2. Mempersiapkan stok apabila ada keperluan mendadak
  3. Mengantisipasi perbuhan harga pada pasar produksi
  4. Memberi waktu luang untuk pengelolaan produksi dan pembelian
  5. Untuk mengantisipasi perubahan pada permintaan dan penawaran

Jenis Jenis persediaan

Jenis-jenis persediaan jika ditinjau dari segi fisiknya terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:
  • Persediaan bahan mentah
Persediaan bahan mentah adalah persediaan bahan yang masih belum memuat elemen-elemen biaya didalam bahan tersebut. misal pada pabrik furniture maka bahan mentahnya masih kayu gelondongan, belum ada penanganan lebih lanjut yang dapat diposting menjadi biaya perusahaan.
  • Persediaan komponen-komponen rakitan
Persediaan komponen-komponen rakitan ini sangat mudah dijumpai di industri elektronik dan otomotif. Setiap pabrik elektronik atau otomotif pasti memiliki pabrik perakitannya sendiri. Dalam sebuah pabrik perakitan tersebut ada bermacam-macam  persediaan komponen-komponen rakitan. Seperti contohnya dalam sebuah pabrik laptop maka hard disk merupakan persediaan komponen-komponen rakitan yang siap dirakit menjadi laptop.
  • Persediaan bahan pembantu atau persediaan bahan penolong
Persediaan bahan penolong ini merupakan katalisator dari produksi bahan tersebut. jadi bahan tersebut bukan merupakan bagian atau komponen barang jadi namun bahan tersebut sangat diperlukan dalam produksi.

  • Persediaan dalam proses
Persediaan dalam proses atau biasa disebut persediaan setengah jadi merupakan persediaan yang merupakan keluaran dari tiap-tiap proses, namun masih belum sempurna dan masih harus dilakukan pengolahan lagi.
  • Persediaan barang jadi
Persediaan barang jadi adalah barang yang sudah tidak memerlukan pengolahan lagi. Tinggal di pasarkan dan siap dijual, yang berarti bahan semua unsur biaya produksi sudah melekat di barang tersebut.



Tipe-tipe Persediaan

Persediaan dapat dibedakan atas beberapa tipe, yaitu:
  1. Supplies (persediaan bahan pembantu), yaitu barang persediaan yang diperlukan dalam proses produksi tetapi bukan merupakan bagian dari produk jadi.
  2. Raw Materials (persediaan bahan mentah), yaitu barang persediaan yang dibeli atau dipasok dari supplier yang akan dijadikan sebagai masukan dalam proses produksi.
  3. In-process (persediaan barang dalam proses), yaitu persediaan barang yang merupakan keluaran dari suatu bagian proses produksi, yang masih perlu diolah atau diproses lebih lanjut lagi untuk menjadi produk jadi.
  4. Finished goods (persediaan barang jadi), yaitu persediaan barang yang sudah diproses dan siap untuk dikirim ke pelanggan.

Manfaat Persediaan dalam Dunia Usaha

Persediaan memiliki banyak sekali manfaat bagi dunia usaha. Beberapa manfaat persediaan dalam dunia usaha yaitu :
  • Sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya keterlambatan kedatangan barang ataupun barang-barang yang dibutuhkan perusahaan dalam aktivitas usahanya
  • Sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya cacat pada barang yang dipesan sehingga harus diretur kembali ke perusahaan asal
  • Sebagai antisipasi terjadinya kelangkaan barang-barang tertentu yang tidak dapat diproduksi sepanjang musim
  • Untuk mempertahankan dan menjaga aktivitas operasional perusahaan sekaligus menjamin keberlangsungan aktivitas produksi dalam perusahaan
  • Untuk mengoptimalkan penggunaan mesin yang dimiliki oleh perusahaan
  • Untuk memberikan tingkat kepuasan optimal untuk setiap pelanggan melalui ketersediaan barang ataupun jasa yang tepat waktu dan juga tepat guna untuk setiap pelanggan
  • Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya produksi yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan
Itulah beberapa pengertian persediaan beserta dengan manfaat persediaan di dalam dunia usaha. Semoga bermanfaat ya!


Penelusuran terkait
  • Klasifikasi PERSEDIAAN
  • Pengertian inventory Menurut para ahli
  • PERSEDIAAN adalah
  • Fungsi PERSEDIAAN
  • Jenis-jenis persediaan
  • Pengertian PERSEDIAAN menurut PSAK
  • Contoh PERSEDIAAN
  • Ciri-ciri PERSEDIAAN

Post a Comment for "Pengertian Persediaan Meliputi Fungsi, Tujuan, Jenis, Tipe-tipe dan Manfaatnya dalam Dunia Usaha"