Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Difusi Adalah - Pengertian, Proses Difusi, Jenis, Faktor dan Contoh Secara Lengkap

Pengertian Difusi

Difusi adalah peristiwa mengalirnya atau berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Perbedaan konsentrasi yang ada pada dua larutan disebut gradien konsentrasi. Difusi merupakan salah satu peristiwa perpindahan massa yang prosesnya sering juga dilakukan dalam industri-industri. Proses difusi minimal melibatkan dua zat, salah satu zat berkonsentrasi lebih tinggi daripada zat lainnya atau dapat dikatakan dalam kondisi belum setimbang, Keadaan ini dapat menjadi driving force dari proses difusi.
Difusi akan terus terjadi hingga seluruh partikel tersebar luas secara merata atau mencapai keadaan kesetimbangan dimana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi. Contoh yang sederhana adalah uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara. Lambat laun cairan menjadi manis. Contoh lain adalah pemberian gula pada cairan teh tawar. Difusi yang paling sering terjadi adalah difusi molekuler. Difusi ini terjadi jika terbentuk perpindahan dari sebuah lapisan (layer) molekul yang diam dari solid atau fluida.


Proses Difusi

Proses difusi terjadi akibat adanya pergerakan suatu partikel zat dari daerah yang berkonsentrasi lebih tinggi menuju daerah yang berkonsentrasi lebih rendah melewati suatu membran sel. Syarat agar partikel dapat melalui membran ketika berdifusi ialah ukuran partikel tersebut sangat kecil dan partikel tersebut dapat larut di dalam air dan di dalam lemak. Proses difusi dapat terjadi pada zat padat, zat cair ataupun zat gas. Proses difusi tidak membutuhkan energi sehingga proses difusi juga disebut sistem transpot pasif. pergerakan partikel pada proses difusi berasal dari gerakan acak partikel-partikel zat yang berdifusi.

Permeabilitas membran dalam proses difusi dibedakan menjadi:
  1. Impermeabel (tidak permeabel)
    Membran yang tidak dapat dilalui oleh partikel zat yang terlarut dan air. Contoh: membran karet.
  2. Permeabel
    Membran yang dapat dilalui partikel zat-zat terlarut dan air. Contoh: membran sel pada kentang
  3. Semipermeabel
    Membran yang tidak dapat dilalui oleh partikel zat terlarut dan hanya dilalui oleh air. Contoh: membran sel pada sitoplasma

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Difusi

Berikut merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kecepatan terjadinya difusi :
  1. Ukuran Partikel
Faktor utama yang paling mempengaruhi tingkat kecepatan difusi adalah ukuran partikel. Seperti yang kita ketahui bersama, semakin besar ukuran sebuah partikel, maka sulit pula partikel tersebut untuk dipindahkan. Nah, dalam proses terjadi nya difusi, ukuran partikel juga berbanding lurus dengan tingkat kecepatan proses difusi (semakin besar ukuran partikel, maka semakin lama pula waktu  yang diperlukan dalam proses terjadinya difusi).
  1. Ketebalan Membran
Faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi yang kedua adalah ketebalan membran sel. Seperti yang telah dijelaskan di atas, difusi merupakan proses perpindahan zat ataupun partikel dari satu bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian berkonsentrasi rendah. Nah, dalam proses perpindahan ini, zat yang akan berpindah biasanya akan melewati membran tertentu. Sama seperti halnya ukuran partikel, ketebalan membran juga berbanding lurus dengan kecepatan terjadinya difusi (semakin tebal membran, maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan dalam proses difusi).
  1. Luas Suatu Area
Faktor ketiga yang mempengaruhi kecepatan difusi adalah luas suatu area. Semakin luas ukuran area terjadinya difusi, maka semakin luas pula bagian yang dapat bersinggungan. Dampaknya, proses perpindahan zat pun berlangsung dengan lebih cepat.
  1. Jarak
Faktor keempat yang mempengaruhi kecepatan difusi adalah jarak antara dua konsentrasi tempat terjadinya difusi. Sama seperti halnya perpindahan normal, semakin jauh jarak konsentrasi yang perlu ditempuh dalam perpindahan partikel, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan oleh partikel tersebut untuk berpindah dari satu konsentrasi ke konsentrasi lainnya.
  1. Suhu
Faktor terakhir yang juga tidak kalah berpengaruh terhadap kecepatan proses difusi adalah suhu. Untuk bergerak dengan lebih cepat, partikel biasanya membutuhkan energi yang besar. Dan salah satu sumber energi adalah panas, sehingga dalam kondisi suhu yang tinggi proses difusi dapat berlangsung dengan lebih cepat dari kondisi normalnya.


Jenis Difusi

Difusi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

1. Difusi Biasa

Difusi ini terjadi pada molekul atau partikel yang tidak berpolar dan terjadi pada sel yang akan mengambil nutrisi. Partikel akan langsung berdifusi tanpa harus memerlukan energi dan juga bisa melewati membran sel langsung.

2. Difusi Khusus

Difusi ini terjadi pada sel yang ingin mengambil nutrisi dan partikel yang memiliki ion hydrolhilic. Pengertian Difusi dan Contohnya – Pada difusi khusus, memerlukan protein yang khusus juga agar partikel dapat melewati membran.



Contoh Difusi

Untuk memperjelas tentang pengertian difusi, pada tulisan ini saya juga akan memberikan contoh difusi. Berikut adalah beberapa contoh difusi :
  1. Ketika menaburkan garam pada makanan, maka proses difusi yang terjadi pada garam dan makanan yaitu ketika garam lebur dan merata .
  2. Ketika menyemprotkan parfum pada salah satu ruangan, maka aromanya akan langsung menyebar pada seluruh ruangan, karena parfum memiliki partikel yang berdifusi pada udara.
  3. Ketika memberikan tambahan gula pada cairan teh tawar, lambat laun cairan teh tersebut akan menjadi manis, hal ini merupakan proses difusi yang terjadi ketika gula melebur dan merata dengan cairan teh.
  4. Konduksi panas, energi suatu benda yang panas bergerak dari suhu yang tinggi ke suhu yang rendah, sehingga membuat benda lain yang akan menyentuhnya menjadi panas.

Itulah pengertian difusi beserta dengan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Semoga bermanfaat!

Penelusuran terkait
  • Pengertian difusi dalam biologi
  • Pengertian difusi dan osmosis
  • Pengertian difusi dan Contohnya
  • Dibawah ini yang merupakan pengertian difusi adalah
  • Pengertian Difusi sederhana
  • Jelaskan pengertian difusi dan osmosis
  • Pengertian difusi dan osmosis Beserta Contohnya
  • Faktor yang Mempengaruhi difusi

Post a Comment for "Difusi Adalah - Pengertian, Proses Difusi, Jenis, Faktor dan Contoh Secara Lengkap"