Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Genetika Adalah - Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Ruang lingkup dan Perkembangan Ilmu Genetika Dibidang Keperawatan

Pengertian Genetika dan Sejarah Perkembangannya

Defenisi dan Pengertian Genetika

Kata genetika pada dasarnya merupakan kata saduran yang diambil dari bahasa Inggris yaitu kata genetics. Kata genetics sendiri berasal dari salah satu kata yang ada dalam Bahasa Yunani yaitu Genno yang memiliki arti melahirkan. Jika diartikan dari arti katanya, maka genetika merupakan salah satu ilmu yang mempelajari mengenai seluk beluk lahirnya gen makhluk hidup.
Jika diartikan secara lengkap, pengertian genetika adalah sebuah cabang ilmu biologi yang terfokus pada bidang pewarisan sifat yang terjadi pada organisme makhluk hidup (tumbuhan, hewan, dan manusia) maupun suborganisme makhluk hidup (virus dan prion). Sederhananya, genetika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gen dan berbagai macam aspek yang terkait dengannya.


Pengertian Genetika Menurut Para Ahli

  • James Watson (1928-) dan kimiawan Inggris Francis Crick (1916)
Genetika adalah bagian dari molekul yang sangat besar dan kompleks ditemukan dalam inti semua sel, asam deoksiribonukleat (DNA) molekul.
  • Ovisma
Teori ini berpendapat bahwa sifat nyata adalah keturunan dari telur yang dihasilkan oleh induk betina. Sementara sel laki-laki hanya memproduksi cairan berfungsi sebagai penggiat perkembangan telur.
  • Bonnet (1720 – 1793 )
Ditemukan di selsperma sudah membentuk manusia kecil. Hal ini sejalan dengan perkembangan penemuan mikroskop masih sederhana.
  • Wolff (1733-1794),Von baer (1792-1880)
Teori ini terhadap teori-teori sebelumnya dengan teori bahwa sperma dan sel telur tidak memiliki sperti teori pengaturan preformasi, tetapi sel telur dibuahi oleh jantan akan mengadakan sedikit demi sedikit pertumbuhan untuk menjadi individu yang sempurna.
  • Francis Crick
Menjelaskan aliran informasi yang dibawa oleh DNA dalam seri The Central Dogma, yang berbunyi aliran DNA informasi dapat diterukan ke dalam sel serta individu lain dengan replikasi, dapat dinyatakan memediasi sinyal dalam bentuk RNA, yang dapat kemudian diterjemahkan ke dalam polipeptida, unit pembangun fenotip ada organisme.

Sejarah Perkembangan Genetika

Istilah genetika yakni sudah pertama kali digunakan oleh Adam Chadwick dalam tahun 1906, tepatnya di sebuah konferensi internasional yang membahas mengenai genetika. Adam Chadwick yakni telah menemukan dalam suatu istilah genetik dari seorang ilmuwan bernama William Bateson dalam surat yang ditulis terhadapnya.Istilah genetika tersebut yakni dasarnya berasal dari adanya suatu konsep pewarisan dan konsep gen yang telah ditemukan. Konsep genetika sering disebutkan ketika mulai berkembang pada awal 1900 ketika salah satu tulisan Gregor Mendel ditemukan kembali.

Pada masa awal perkembangannya, adanya berbagai orang yang percaya terhadap konsep tersebbut yang telah ditemukan dengan Gregor Mendel. Pada pemeriksaan lebih dekat, konsep teori pewarisan atau pewarisan telah diterapkan dan ditemukan sejak zaman prasejarah.
Pada zaman prasejarah, adanya orang kuno menerapkan pengetahuan mereka di mana anggota keluarga tidak diizinkan untuk menikah. Orang-orang pada saat itu percaya bahwa adanya ikatan pernikahan dengan antara anggota keluarga akan menyebabkan keturunan yang begitu sangat buruk.Setelah beberapa ribu tahun nanti, adanya berbagai teori yang akan muncul yang dibawa dengan para ahli di bidang biologi mengenai teori pewarisan gen dari orang tua kepada keturunan yang masih digunakan sampai sekarang.

Ruang lingkup genetika

Konsep genetika berkembang dari ilmu yang membahas tentang bagaimana sifat diturunkan menjadi lebih luas, yakni ilmu yang mempelajari tentang materi genetik.
Secara luas, genetika membahas mengenai:
  1. Strukturmateri genetik, meliputi gen, kromosom, DNA, RNA, plasmid, episom, dan elemen tranposabel.
  2. Reproduksi materi genetik, meliputi reproduksi sel, replikasi DNA, dan lainnya.
  3. Kerja materi genetik, meliputi ruang lingkup materi genetik, transkripsi, kode genetik dan lainnya.
  4. Perubahan materi genetik, meliputi mutasi dan rekombinasi
  5. Genetika dalam populasi
  6. Perekayasaan materi genetik

Perkembangan Ilmu Genetika Dibidang Keperawatan

Di Indonesia saat ini tampaknya ilmu genetika belum menyentuh dunia pendidikan keperawatan maupun praktik perawatan di pelayanan kesehatan. Kurikulum yang digagas para ahli pendidikan keperawatan belum memasukkan ilmu genetika ini dalam kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa, baik di tingkat pendidikan diploma maupun sarjana. Dengan berjalannya waktu dan pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi genetika, sudah saatnya ilmu genetika dikenalkan kepada calon-calon perawat dan para perawat professional agar dapat memberikan pelayanan perawatan yang komprehensif bagi klien baik dalam tindakan mandiri maupun kolaboratif.

Di dalam pendidikan khususnya pendidikan keperawatan, pengenalan ilmu genetika kepada peserta didiknya dapat dimulai dengan memasukkan kompetensi genetika ini terintegrasi dengan ilmu-ilmu lain yang sudah ada. Sebagai contohnya adalah dengan mengintegrasikan ilmu genetika ini ke dalam ilmu keperawatan anak dan maternitas, keperawatan dewasa, keperawatan jiwa maupun keperawatan komunitas.


Dengan demikian maka peserta didik akan mulai mengenal apa itu genetika dan apa pentingnya dalam praktik keperawatan. Bagi perawat professional yang sudah ada di tataran layanan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuannya tentang genetika melalui kegiatan-kegiatan seminar maupun pelatihan-pelatihan yang mulai banyak diselenggarakan. Pada akhirnya, dengan peningkatan pengetahuan perawat akan ilmu genetika berdampak pada meningkatkan kualitas pelayanan perawat terhadap masyarakat.


Itulah defenisi dan pengertian genetika dan sejarah perkembangannya. Semoga bermanfaat!


Penelusuran terkait
  • Pengertian genetika Menurut para ahli
  • Pengertian genetika tanaman
  • Pengertian genetika dasar
  • Sejarah genetika
  • Pengertian Genetika Mendel
  • Pengertian faktor genetik
  • Prinsip Genetika
  • Contoh genetika

Post a Comment for "Genetika Adalah - Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Ruang lingkup dan Perkembangan Ilmu Genetika Dibidang Keperawatan"