Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tesis Adalalah - Pengertian , Ciri, Jenis, Fungsi Karakteristik dan Penulisannya Secara Lengkap

Pengertian Tesis, Jenis Tesis, dan Karakteristik Tesis

Definisi dan Pengertian Tesis

Tesis merupakan sebuah pernyataan ataupun teori yang dilandasi oleh berbagai macam argumen yang dinyatakan ataupun ditulis dalam bentuk karangan, yang sengaja dibuat untuk bisa menyelesaikan program pendidikan di tingkat pendidikan tertentu sehingga penulisnya layak dan berhak untuk mendapatkan gelar sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuninya.
Pengertian tesis secara singkat merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang dibuat untuk mendapatkan gelar tertentu pada tingkat pendidikan perguruan tinggi. Tesis merupakan salah satu bukti yang menggambarkan tingkat kemampuan seseorang dalam sebuah disiplin ilmu tertentu. Semakin baik kualitas sebuah tesis yang dibuat, maka semakin terbukti pula kemampuan orang yang membuatnya dalam menguasai disiplin ilmu yang ditekuninya.


Pengertian Tesis Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian tesis menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI pengertian tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen dalam karangan; untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada perguruan tinggi.Pengertin lain dari tesis adalah teori yang dilandasi oleh berbagai macam argumen yang dinyatakan atau ditulis dalam bentuk karangan yang sengajat dibuat untuk dapat menyelesaikan program pendidikan tertentu sehingga penulis patut dan berhak untuk mendapatkan gelar yang sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuninya 

2. Wikipedia
Menurut Wikipedia Pengertian tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh arguman yang dikemukakan dalam karya tulis ilmiah; untuk mendapatkan gelar pada perguruan tinggi.

Ciri-Ciri Tesis

Karena tesis merupakan salah satu bentuk karya ilmiah, maka ciri-ciri karya ilmiah secara umum, yakni:
  1. Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal atau pendahuluan, bagian inti atau pokok pembahasan dan bagian penutup (biasanya berisis kesimpulan).
  2. Komponen karya ilmiah beragam sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah memiliki pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka.
  3. Sikap penulis dalam karya ilmiah objektif, artinya karya tersebut disampaikan dengan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama ataupun kedua.
  4. Bahasa yang digunakan bahasa baku.

Jenis-Jenis Tesis

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis tesis, yaitu :
  1. Tesis Kuantitatif

    Tesis kuantitatif adalah tesis yang dibuat untuk membangun atau mendirikan berbagai jenis pernyataan atau kerangka kerja hipotetis. Tesis kuantitatif sering juga disebut nalar deduktif-hipotektik.
  2. Tesis Kualitatif

    Tesis kualitatif adalah tesis yang dibuat untuk tidak membangun berbagai pernyataan atau kerangka kerja hipotetis. Jenis tesis ini dimaksudkan sebagai penelitian non-kuantitatif. Tesis kualitatif juga sering disebut penalaran induktif non-hipotetis.

Tujuan Tesis

Tesis berada di level satu tinggal di atas skripsi, tesis bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan sebuah fenomena ilmu pengetahuan  dengan komprehensif, merumuskan hipotesis berdasarkan sebuah teori dan menghasilkan sebuah jawaban dari hipotesis tersebut.

Karakteristik Tesis

Berikut dibawah ini merupakan karakteristik tesis, yaitu :
  1. Tesis umumnya difokuskan hanya pada pertanyaan sentral yang ada dalam disiplin pendidikan. Tesis ini cenderung dilakukan sesuai dengan jenis program studi yang diambil oleh mahasiswa yang akan membuatnya.
  2. Tesis umumnya dibangun berdasarkan tes empirik dari posisi teoritis tertentu.
  3. Tesis ini selalu menggunakan data primer sebagai data utama dan ditambahkan dengan beberapa data sekunder sebagai data pendukung atau data perbandingan.
  4. Tesis ini harus ditulis menggunakan kata kata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika program studi yang diambil adalah program studi bahasa asing, tesis juga harus ditulis menggunakan tata bahasa asing yang baik dan benar.


Penulisan Tesis

Seperti halnya skripsi, tesis juga memiliki sistematika penulisannya tersendiri.
Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai berikut.

4.1 Judul

Judul penelitian pada tesis berisi pernyataan yang mencerminkan isi penelitian yang akan dilakukan secara spesifik.
Pada umumnya, judul mencerminkan konsep atau gagasan dari fenomena yang diteliti.

4.2 Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan berisi tanda tangan persetujuan dari komisi pembimbing yang menyatakan bahwa tesis yang diajukan layak untuk diteliti.

4.3 Lembar Pernyataan

Lembar pernyataan ini berisi pernyataan yang menyatakan bahwa tesis yang diajukan adalah asli, belum pernah digunakan untuk mendapatkan gelar akademik di perguruan tinggi manapun, memuat gagasan, ide, rumusan masalah dan penelitian yang secara murni hasil pemikirian penulis sendiri, tanpa bantuan pihak lain, kecuali arahan dan bimbingan dari komisi pembimbing.
Pernyataan pada tesis tersebut tidak terdapat pendapat atau karya-karya yang ditulis dan dipublikasikan oleh orang lain, kecuali memang ditulis sumber pustaka yang dijadikan acuan dan menuliskannya dalam daftar pustaka serta pernyataan tentang persetujuan dari komisi etik penelitian.

4.4 Abstrak

Abstrak berisi cakupan isi tesis yang mengemukakan intisari dari kerangka berpikir penulis, permasalahan penelitian, pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian, temuan-temuan penelitian, dan simpulan.
Uraian abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang masing-masing tulisan tidak boleh lebih dari 500 kata.

4.5 Kata Pengantar

Bagian ini menuliskan pokok permasalahan yang diteliti.
Dalam kata pengantar diungkapkan pula hal-hal yang mendorong tercapainya pelaksanaan penelitian dan penulisan tesis, serta ungkapan terima kasih kepada berbagai pihak atas kerja sama dan bantuannya selama proses penyusunan tesis maupun penelitian berlangsung.

4.6 Daftar Isi

Daftar isi berisi susunan isi sesuai dengan sistematika penulisan tesis serta halamannya.
Daftar isi hanya memuat bagian-bagian setelah halaman daftar isi.
Selain itu, ditulis juga daftar gambar, daftar tabel, daftar lampiran serta daftar-daftar lainnya yang menunjang penulisan tesis.

4.7  BAB I Pendahuluan

4.7.1 Latar Belakang Penelitian

Bagian ini memuat uraian ringkas mengenai hal yang menjadi latar belakang pemilihan topik penelitian. Selain itu, pada bagian ini juga dikemukakan hasil penelitian serupa yang relevan dengan penelitian.

Latar belakang juga mengemukakan hal-hal yang membuat peneliti tertarik melakukan penelitian pada topik tersebut.

4.7.2 Rumusan Masalah

Bagian ini mengemukakan pernyataan-pernyataan masalah penelitian yang akan diteliti secara spesifik dalam bentuk kalimat pernyataan.

4.7.3 Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian berisi maksud-maksud yang hendak dicapai pada penelitian.
Bagian ini juga memuat sasaran-sasaran penelitian yang sesuai dengan topik yang dikaji.

4.7.4 Kegunaan Penelitian atau Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian memuat manfaat praktis dan manfaat teoritis dari penelitian yang dilakukan.
Dari segi manfaat praktis, hasil penelitian diharapkan mampu bermanfaat dan dapat diterapkan di masyarakat, sedangkan dari segi manfaat teoritis, penelitian diharapkan berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan yang menjadi dasar penelitian.

4.8 BAB II Kajian Pustaka, Kerangka Pemikiran dan Hipotesis

Bab ini berisi kajian pustaka, kerangka pemikiran dan hipotesis.
Berikut adalah penjelasannya.

4.8.1 Kajian Pustaka

Kajian pustaka berisi uraian hasil studi literatur yang telah dilakukan peneliti.
Tinjauan kepustakaan yang diuraikan tersebut harus relevan dengan permasalahan penelitian.
Bagian ini juga membahas teori atau konsep dari hasil penelitian serupa sebelumnya yang telah dilakukan peneliti lain.

4.8.2 Kerangka Pemikiran

Kerangka pemikiran merupakan salah satu unsur yang diturunkan atau dirumuskan berdasarkan teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang akan diteliti.
Kerangka pemikiran dapat memunculkan berbagai asumsi maupun proposisi yang umumnya dipaparkan dalam bentuk diagram alur pemikiran.
Diagram alur pemikiran tersebut selanjutnya dapat disusun menjadi hipotesis operasional.
Hipotesis operasional yang dimaksud dalam hal ini adalah hipotesis yang dapat diuji.

4.8.3 Hipotesis

Hipotesis adalah suatu pernyataan yang secara tentatif menyatakan hubungan antara satu atau lebih variabel.
Jika penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian kuantitatif, hipotesis umumnya dituliskan dalam sub-bab tertentu (sub-bab khusus).

4.9 BAB III Metodologi

Bagian metodologi berisi uraian metode atau tata cara yang digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan data penelitian.

4.10 BAB IV Hasil dan Pembahasan

Bagian ini menyajikan hasil penelitian yang dilakukan serta pembahasannya.
Meskipun begitu, hasil penelitian dan pembahasan yang disajikan haruslah sesuai dengan kebutuhan penelitian.

4.11 BAB V Simpulan dan Saran

Bagian ini memaparkan pemahaman peneliti terkait permasalahan yang diteliti dalam bentuk simpulan dan saran.

4.11.1 Simpulan

Bagian simpulan umumnya menguraikan secara singkat benang merah hasil penelitian.
Bagian ini juga memuat ringkasan hal-hal penting yang ditemukan oleh peneliti dari hasil penelitian.

4.11.2 Saran

Bagian ini merupakan bagian yang berisi saran terkait pengembangan ilmu pengetahuan yang sedang diteliti termasuk jenis penelitian yang diperlukan selanjutnya untuk menunjang pengembangan ilmu pengetahuan tersebut.


4.12 Daftar Pustaka

Bagian ini merupakan bagian yang berisi seluruh pustaka yang digunakan dalam penyusunan tesis.

4.13 Lampiran

Bagian ini merupakan bagian yang berisi lampiran terkait hal-hal yang memperjelas pembahasan yang telah dipaparkan dalam tesis.
Lampiran juga dapat berupa hal-hal penting yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti atau hal yang dirasa penting dan perlu disertakan seperti perhitungan statistik, foto, kuesioner, pedoman wawancara, lampiran data dasar, dan lain-lain.

 Demikianlah sedikit informasi mengenai pengertian tesis, jenis tesis dan karakteristik tesis yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!


Penelusuran terkait
  • Pengertian tesis menurut para ahli
  • Pengertian Disertasi
  • Contoh tesis adalah
  • Tesis S2
  • Contoh kalimat tesis
  • Pengertian skripsi
  • Perbedaan Tesis dan skripsi
  • pengertian skripsi, tesis disertasi

Post a Comment for "Tesis Adalalah - Pengertian , Ciri, Jenis, Fungsi Karakteristik dan Penulisannya Secara Lengkap"