Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Rokok Meliputi Jenis, Bahan-Bahan Rokok, Dampak Rokok dan Penyakit Akibat Merokok secara Lengkap

Pengertian Rokok dan Jenis-jenisnya

Pengertian Rokok

Rokok adalah lintingan atau gulungan tembakau yang digulung / dibungkus dengan kertas, daun, atau kulit jagung, sebesar  kelingking dengan panjang 8-10 cm, biasanya dihisap seseorang setelah dibakar ujungnya. Rokok merupakan pabrik bahan kimia berbahaya. Hanya dengan membakar dan menghisap sebatang rokok saja, dapat diproduksi lebih dari 4000 jenis bahan kimia. 400 diantaranya beracun dan 40 diantaranya bisa berakumulasi dalam tubuh dan dapat menyebabkan kanker.
Rokok juga termasuk zat adiktif karena dapat menyebabkan adiksi (ketagihan) dan dependensi (ketergantungan) bagi orang yang menghisapnya. Dengan kata lain, rokok termasuk golongan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, Alkohol, dan Zat Adiktif).



Jenis-jenis Rokok

Jenis-jenis rokok biasanya dikelompokkan berdasarkan bahan pembungkusnya, penggunaan filter pada rokok, bahan baku pembuatannya, dan proses pembuatannya.

Jenis Rokok Berdasarkan Bahan Pembungkusnya

  • Klobot – rokok klobot merupakan rokok yang dibuat dengan menggunakan bahan pembungkus kulit jagung.
  • Cerutu – rokok cerutu merupakan jenis rokok yang dibungkus dengan menggunakan daun tembakau.
  • Kawung – rokok kawung merupakan rokok yang dibuat dengan pembungkus daun aren.
  • Sigaret – rokok sigaret merupakan jenis rokok yang dibungkus dengan menggunakan bahan kertas.

Jenis Rokok Berdasarkan Penggunaan Filternya

  • Rokok Filter – rokok filter merupakan rokok yang dilengkapi dengan gabus penghisap.
  • Rokok non Filter – rokok non filter merupakan rokok yang tidak dilengkapi dengan gabus penghisap.

Jenis Rokok Berdasarkan Bahan Bakunya

  • Rokok Putih – rokok putih merupakan rokok yang dibuat dengan bahan baku utama daun tembakau yang diberi tambahan saus sebagai penambah cita rasa.
  • Rokok Klembak – rokok klembak merupakan rokok yang bahan baku utamanya berupa campuran cengkeh, tembakau, dan kemenyan yang diberi tambahan saus untuk meningkatkan cita rasanya.
  • Rokok Kretek – rokok kretek merupakan rokok yang dibuat dengan memanfaatkan bahan baku berupa campuran daun tembakau dan cengkeh yang juga diberi saus sebagai peningkat cita rasa.

Jenis Rokok Berasarkan Proses Pembuatannya

  • Sigaret Kretek Tangan – rokok ini merupakan rokok yang dibuat secara manual menggunakan tangan dan peralatan sederhana.
  • Sigaret Kretek Mesin – rokok ini merupakan rokok yang dibuat dengan menggunakan mesin canggih.


Bahan-Bahan Rokok yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Setiap batang rokok mengandung lebih dari 4000 jenis bahan kimia berbahaya bagi tubuh. Empat ratus diantaranya bisa berefek racun, sedangkan 40 diantaranya bisa mengakibatkan kanker. Ini adalah sebagaian dari contoh-contohnya :
  • Nikotin
Nikotin merupakan zat yang menyebabkan adiksi (ketagihan) dengan toleransi tinggi, yaitu semakin lama dikonsumsi semakin bertambah. Gejala-gejala ketagihan juga terjadi pada seseorang yang mulai berhenti merokok. Memang pada awalnya nikotin dapat merangsang kerja otak, sehingga si perokok menjadi cerdas. Namun, apabila hal ini terjadi secara terus-menerus, maka justru akan melemahkan kecerdasan otak itu sendiri. Hal ini diakibatkan oleh nikotin yang memacu produksi hormon adrenalin. Terpacunya produksi hormon ini akan menyebabkan denyut jantung lebih cepat dan jantung bekerja lebih kuat. Jantung akan memerlukan lebih banyak oksigen dari biasanya. Otomatis, risiko terjadinya serangan jantung koroner akan lebih tinggi.  
  • Karbon monoksida (CO)
Gas berbahaya ini seharusnya hanya ada dalam pembuangan asap kendaraan. Namun, dengan adanya sumbangan dari para perokok, gas yang juga dapat berikatan kuat dengan haemoglobin darah ini menjadi lebih banyak di udara dan di dalam tubuh manusia. Dengan adanya karbon monoksida (CO) yang berikatan dengan haemoglobin darah, maka jantung seorang perokok yang memerlukan lebih banyak oksigen ternyata mendapat oksigen lebih sedikit. Ini akan menyebabkan bertambahnya risiko penyakit jantung dan paru-paru, serta penyakit saluran nafas. Selain sesak nafas, batuk terus-menerus, stamina serta daya tahan tubuh si perokok juga berangsur-angsur akan menurun. Terganggunya sistem peredaran darah normal, yaitu dengan adanya gas karbon monoksida pada darah, juga akan mengakibatkan rusaknya pembuluh darah sebagai distributor aliran darah. Akan terdapat endapan-endapan lemak sehingga pembuluh darah akan tersumbat. Hal ini meningkatkan lagi risiko terkena serangan jantung ataupun mati mendadak.
  • Tar
Tar biasanya digunakan untuk mengaspal jalan raya. Apabila terdapat pada tubuh melalui menghisap rokok, maka secara berangsur-angsur dan pasti, akan menyebabkan kanker. Beberapa contohnya adalah benzoa pyrene, nitrosamine, B-naphthylamine, dan nikel.
  • DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana)
DDT merupakan racun serangga, yang biasanya digunakan untuk membunuh nyamuk, semut, atau kecoa.
  • Aseton
Aseton adalah zat yang digunakan untuk melunturkan cat. Bisa dibayangkan bahayanya, apabila zat ini berada dalam tubuh kita.
  • Formaldehid
Formaldehid atau lebih sering kita kenal sebagai zat formalin, digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Kadmium
Kadmium adalah bahan kimia yang biasanya terdapat pada accu atau aki kendaraan bermotor.
  • Arsenik
Seperti DDT, arsenik merupakan bahan kimia yang sering digunakan untuk membasmi seranga-serangga pengganggu. Biasanya kutu atau serangga sekelasnya akan mempan bila diberantas dengan arsenik ini
  • Ammonia
Ammonia merupakan bahan aktif yang terdapat dalam pembersih lantai.
  • Polonium-210
Bahan ini merupakan salah satu zat radioaktif, yaitu zat yang mampu mengeluarkan radiasi aktif, yang bisa menyebabkan perubahan struktur dan fungsi sel normal. Bahan -bahan radioaktif juga bisa menyebabkan kanker.
  • Hidrogen sianida
Hidrogen sianida merupakan bahan yang digunakan sebagai racun dalam bentuk gas.
  • Vinil klorida
Zat ini biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan plastik.
  • m. Naftalena
Seperti DDT dan arsenik, bahan ini terdapat pada obat-obat pembasmi serangga.


Dampak Rokok Bagi Organ Respirasi

Merokok dapat menimbulkan berbagai dampak pada kesehatan manusia, baik
dampak langsung maupun efek menahun. Dampak ini bisa terkena pada perokok
aktif maupun pasif (Sitepoe, 1997).

1. Dampak langsung merokok:

  • Rambut, baju, badan berbau.
  • Denyut nadi dan tekanan darah meningkat.
  • Peristaltik usus meningkat, nafsu makan menurun

2. Dampak jangka pendek (segera):

  • Sirkulasi darah kurang baik.
  • Suhu ujung-ujung jari (tangan/kaki) menurun.
  • Gigi dan jari menjadi coklat atau hitam (Sitepoe, 1997).12

3. Dampak jangka panjang:

  • Kerja otak menurun.
  • Adrenalin meningkat.
  • Tekanan darah dan denyut nadi meningkat.
  • Rongga pembuluh darah menciut
  • Muncul efek ketagihan dan ketergantungan (Sitepoe, 1997).


Beberapa Jenis Penyakit Akibat Merokok

  • Kanker paru-paru
Kanker ialah penyakit yang disebabkan pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel abnormal yang ada dibagian tubuh. Hubungan merokok dan kanker paru-paru telah diteliti dalam 4-5 dekade terakhir ini. Didapatkan hubungan erat antara kebiasaan merokok, terutama sigaret, dengan timbulnya kanker paru-paru. Bahkan ada yang secara tegas menyatakan bahkan rokok sebagai penyebab utama terjadinya kanker paru-paru (Karyadi, 2002).
  • Jantung Koroner
Merokok terbukti merupakan faktor risiko terbesar untuk mati mendadak. Resiko terjadinya penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok. Risiko ini meningkat dengan bertambahnya usia dan jumlah rokok yang dihisap (Karyadi, 2002).13
  • Bronkitis
Bronkitis terjadi karena paru-paru dan alur udara tidak mampu melepaskan mucus yang terdapat di dalamnya dengan cara normal. Mucus adalah cairan lengket yang terdapat dalam tabung halus, yang disebut tabung bronchial yang terletak dalam paru-paru. Mucus beserta semua kotoran tersebut biasanya terus bergerak melalui tabung baronkial dengan bantuan rambut halus yang disebut silia. Silia ini terus menerus bergerak bergelombang seperti tentakel bintang laut, anemone, yang membawa mucus keluar dari paru-paru menuju ke tenggorokan. Asap rokok memperlambat gerakan silia dan setelah jangka waktu tertentu akan merusaknya sama sekali. Keadaan ini berarti bahwa seorang perokok harus lebih banyak batuk untuk mengeluarkan mukusnya. Karena sistemnya tidak lagi bekerja sebaik semula, seorang perokok lebih mudah menderita radang paru-paru yang disebut bronchitis (Karyadi, 2002).
  • Penyakit Stroke
Stroke adalah penyakit deficit neurologist akut yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah otak yang terjadi secara mendadak serta menimbulkan gejala dan tanda yang sesuai dengan daerah otak yang terganggu. Kejadian serangan penyakit ini bervariasi antar tempat, waktu, dan keadaan penduduk (Karyadi, 2002).
  • Hipertensi
Walaupun nikotin dan merokok menaikkan tekanan darah diastole secara akut, namun tidak tampak lebih sering di antara perokok, dan tekanan14 diastole sedikit berubah bila orang berhenti merokok. Hal ini mungkin berhubungan dengan fakta bahwa perokok sekitar 10-12 pon lebih ringan dari pada bukan perokok yang sama umur, tinggi badan dan jenis kelaminnya. Bila mereka berhenti merokok, sering berat badan naik. Dua kekuatan, turunnya tekanan diastole akibat adanya nikotin dan naiknya tekanan diastole karena peningkatan berat badan, tampaknya mengimbangi satu sama lain pada kebanyakan orang, sehingga tekanan diastole sedikit berubah (Bustan, 2007). Menurut Bustan (2007) merokok dimulai sejak umur kurang dari 10 tahun atau lebih dari 10 tahun. Semakin awal seseorang merokok makin sulit untuk berhenti merokok. Rokok juga punya dose-response effect, artinya semakin muda usia merokok, akan semakin besar pengaruhnya terhadap risiko perubahan tekanan darah. Apabila perilaku merokok dimulai sejak usia remaja, merokok dapat berhubungan dengan tingkat arterosclerosis. Resiko kematian bertambah sehubungan dengan banyaknya merokok dan umur awal merokok yang lebih dini.



Demikianlah informasi mengenai pengertian rokok beserta dengan jenis – jenisnya yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat!


Lihat lainnya
  • Pengertian rokok menurut para ahli
  • Pengertian rokok menurut KBBI
  • Pengertian rokok pdf
  • Pengertian rokok menurut Kemenkes
  • Dampak rokok
  • Jenis rokok
  • Sejarah rokok
  • Pengertian rokok konvensional

Post a Comment for "Pengertian Rokok Meliputi Jenis, Bahan-Bahan Rokok, Dampak Rokok dan Penyakit Akibat Merokok secara Lengkap"