Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Frekuensi dan Cara Menghitung Frekuensi Beserta Contohnya Secara Lengkap

Pengertian Frekuensi dan Jenis-jenis Frekuensi di Dunia Fisika

Definisi dan Pengertian Frekuensi

Istilah frekuensi pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata “frequency” yang artinya ukuran jumlah atau pun tingkat keseringan. Frekuensi dalam kehidupan sehari – hari sering digunakan untuk menggambarkan tingkat keseringan penggunaan tertentu (frekuensi keramas menggunakan shampo misalnya, menggambarkan tingkat keseringan menggunakan shampo).
Dalam dunia fisika sendiri, pengertian frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam satu satuan waktu atau pun jumlah gelombang listrik yang dihasilkan dalam satu satuan waktu tertentu. Dalam dunia fisika, frekuensi biasanya sangat terkait dengan permasalahan suara dan permasalahan media penghantar komunikasi seperti radio, telepon, televisi dan berbagai macam media komunikasi.

Menurut Wikipedia, frekuensi merupakan ukuran jumlah putaran ulang tiap peristiwa atau pun kejadian dalam satu satuan waktu yang diberikan.


Jenis Frekuensi

Salah satu jenis frekuensi adalah frekuensi bunyi, frekuensi bunyi merupakan sebuah getaran frekuensi yang mampu terdengar oleh manusia dengan standar 20 hz hingga s/d 20.000 hz (20 Khz). Frekuensi audio berdasarkan dari hasil sebuah penelitian, telinga manusia hanya mampu mendengar bunyi dengan frekuensi antara 20 Hz hingga s/d 20 KHz.
Untuk batas pendengaran telinga manusia hanya mampu menerima bunyi dengan kekuatan frekuensi 20 Hz s/d. 20.000 Hz. Dari frekuensi ini disebut dengan frekuensi audio atau frekuensi pendengaran. Untuk frekuensi yang kurang dari 20 hz disebut dengan infrasonik, dan jika lebih dari 20 Khz disebut dengan ultrasonik.

Jenis Bunyi Bersadarkan Frekuensinya

  1. Bunyi infrasonik adalah bunyi yang mempunyai frekuensi kurang dari 20 Pada bunyi jenis ini hanya dapat didengar oleh Hewan saja. Namun, tidak pada semua hewan dapat mendengar bunyi ini. Contoh hewan: jangkrik dan anjing,
  2. Bunyi audisonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 s/d 20.000 Hertz, bunyi ini dapat di dengar oleh semua manusia.
  3. Bunyi ultrasonic adalah bunyi yang memiliki frekuensi diatas 20.000 Hertz, rentang jenis bunyi ini dapat didengar oleh hewan seperti lumba-lumba, anjing, kelelawar.


Jenis – jenis Frekuensi di Dunia Fisika

  1. Frekuensi Radio
Frekuensi radio merupakan frekuensi yang mengacu kepada spektrum elektromagnet yang dapat dihasilkan dari pemberian arus bolak – balik menuju antena. Frekuensi radio dapat digunakan untuk mengirimkan pesan suara melalui gelombang udara layaknya frekuensi audio.
Frekuensi radio hingga saat ini dapat dibagi menjadi dua jenis frekuensi yaitu frekuensi radio AM dan frekuensi radio FM.
  1. Frekuensi Audio
Frekuensi audio yang sering juga disebut dengan frekuensi suara merupakan getaran frekuensi yang bisa didengar oleh telinga manusia. Frekuensi ini memiliki standar geratan sekitar 20 hingga 20 ribu Hz.
Frekuensi audio dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu frekuensi infrasonik, frekuensi audible, dan fekuensi ultrasonik. Frekuensi infrasonik merupakan frekuensi audio dengan tingkat getaran sekitar 0 hingga 20 Hz, sedangkan frekuensi audible merupakan frekuensi audio dengan tingkat getaran 20 hingga 20 ribu Hz, dan frekuensi ultrasonik merupakan frekuesni audio dengan tingkat getaran di atas 20 ribu Hz.

Kelipatan Satuan Hertz (Standar Internasional)

Kelipatan satuan atau sering juga disebut dengan Prefix untuk Hertz adalah menggunakan sistem metrik yaitu kelipatan ribuan keatas yang berupa Kilo, Mega, Giga, Tera dan seterusnya. Sedangkan untuk kelipatan ribuan kebawah adalah desi, senti, mili, nano dan seterusnya. Untuk selengkapnya, silakan lihat tabel kelipatan satuan Hertz dibawah ini.
Prefix Simbol Desimal 10n
gerahertz THz 1.000.000.000.000 1012
gigahertz GHz 1.000.000.000 109
megahertz MHz 1.000.000 106
kilohertz kHz 1.000 103
hertz Hz 1 100
desihertz dHz 1/10 10-1
centihertz cHz 1/100 10-2
milihertz MHz 1/1.000 10-3
microhertz µHz 1/1.000.000 10-6
nanohertz nHz 1/1.000.000.000 10-9
picohertz pHz 1.000.000.000.000 10-12

Menghitung frekuensi

Dalam menghitung frekuensi, harus ditetapkan jarak waktu, menghitung jumlah kejadian peristiwa, dan membagi hitungan ini dengan panjang jarak waku.
Detik merupakan satuan waktu atau periode yang biasanya dilanmbangkan dengan huruf T. Secara sederhana, dalam menghitung frekuensi harus mengetahui periode atau waktu dalam satuan detik.
Berikut rumus menghitung frekuensi:
f = 1/T
Keterangan:
f  = Frekuensi dalam satuan hertz (Hz)
T = Periode dalam satuan detik (sec)

1.Contoh soal:
Waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu siklus gelombang listrik adalah 0,004 detik, berapa frekuensinya?
Rumus menghitung:
f = 1/T sehingga f = 1/0,004 adalah 250 Hz
Sehingga jawabannya adalah 250 Hz. Sedangkan untuk menghitung periode dalam satuan detik (T) menggunakan rumus yang sama, yaitu:
T = 1/f

3. Soal menentukan frekuensi
Diketahui sebuah getaran dari pegas menghasilak frekuensi 50 Hz. Maka berapakah periode getaran tersebut?
Diketahui:
F= 50 Hz
Pertanyaanya T=…?
Jawaban:
T= 1/f
T= 1/50 = 0,02

3. Soal perbandingan antara frekuensi
Diketahui benda A tiap detiknya menghasilkan 75 getaran, kemudian benda B menghasilkan 60 getaran tiap detiknya. Perbandingan frekuensi antara benda A dan B ialah?
Diketahui:
Benda A = 75/detik = 75 Hz
Benda B = 60/detik = 60 Hz
Jawaban:
75 : 60
75/15 : 60/15
= 5 : 4



Alat ukur frekuensi

Meskipun sudah ada rumus perhitungannya, tetap ada alat pengukur frekuensi yang lebih tinggi, yaitu Frequency Counter atau pencacah frekuensi.
Frequency Counter adalah alat yang mengukur frekuensi yang terjadi berulang-ulang dan menampilkan hasilnya pada layar digital. Alat ini menggunhakan loguika digital dalam menghitung periode dalam satuan detik.


Itu tadi beberapa penjelasan mengenai Frekuensi dalam Fisika yang bisa kamu pelajari.

Penelusuran terkait
  • Pengertian frekuensi dan contohnya
  • Pengertian frekuensi bunyi
  • Pengertian Frekuensi secara umum
  • Pengertian Frekuensi dalam Fisika
  • Pengertian periode
  • Pengertian frekuensi gelombang
  • Rumus frekuensi
  • Frekuensi adalah brainly

Post a Comment for "Pengertian Frekuensi dan Cara Menghitung Frekuensi Beserta Contohnya Secara Lengkap"