Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Karbohidrat Meliputi Fungsi, Jenis-Jenis, Manfaat, Sumber Karbohidrat dan Proses Metabolisme Karbohidrat Secara Lengkap

Pengertian Karbohidrat, Sumber dan Fungsi Karbohidrat
Karbohidrat atau Hidrat Arang adalah suatu zat gizi yang fungsi utamanya sebagai penghasil enersi, dimana setiap gramnya menghasilkan 4 kalori. Walaupun lemak menghasilkan enersi lebih besar, namun karbohidrat lebih banyak di konsumsi sehari-hari sebagai bahan makanan pokok, terutama pada negara sedang berkembang. Di negara sedang berkembang karbohidrat dikonsumsi sekitar 70-80% dari total kalori, bahkan pada daerah-daerah miskin bisa mencapai 90%. Sedangkan pada negara maju karbohidrat dikonsumsi hanya sekitar 40-60%. Hal ini disebabkan sumber bahan makanan yang mengandung karbohidrat lebih murah harganya dibandingkan sumber bahan makanan kaya lemak maupun protein.
Karbohidrat banyak ditemukan pada serealia (beras, gandum, jagung, kentang dan sebagainya), serta pada biji-bijian yang tersebar luas di alam.


Definisi

Secara umum definisi karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung atom Karbon, Hidrogen dan Oksigen, dan pada umumnya unsur Hidrogen clan oksigen dalam komposisi menghasilkan H2O. Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
Sumber karbohidrat nabati dalam glikogen bentuk glikogen, hanya dijumpai pada otot dan hati dan karbohidrat dalam bentuk laktosa hanya dijumpai di dalam susu. Pada tumbuh-tumbuhan, karbohidrat di bentuk dari basil reaksi CO2 dan H2O melalui proses foto sintese di dalam sel-sel tumbuh-tumbuhan yang mengandung hijau daun (klorofil). Matahari merupakan sumber dari seluruh kehidupan, tanpa matahari tanda-tanda dari kehidupan tidak akan dijumpai.

Fungsi Karbohidrat

Ada banyak fungsi dari karbohidrat dalam penerapannya di industri pangan, farmasi maupun dalam kehidupan manusia sehari-hari. Diantara fungsi dan kegunaan itu ialah :
  • Untuk sumber Energi utama tubuh
Karbohidrat ialah untuk sumber energi utama tubuh dan mempunyai Fungsi yang utama yang mempunyai peran sebagai pasokan energi tubuh, setiap gram Karbohidrat mengandung 4 kalori.
  • Cadangan Energi dalam otot dan hati
Fungsi nya yiatu untuk keberadaan karbohidrat didalam tubuh manusia, sebagian terdapat dalam darah sebagai glukosa untuk sebuah energi tubuh, karbohidrat terdapat pada Hati dan jaringan otot yang diubah menjadi sebuah Glikogen, dan sebagian kabohidrat Diubah menjadi lemak dan disimpan didalam sebuah jaringan otot yang berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.
  • Untuk memperlancar pencernaan
Karbohidrat juga berfungsi untuk memperlancar peristaltik usus dan untuk memudahkan pembuangan feses, dan karbohidrat yang tidak bisa dicerna seperti serat bisa membuat rasa kenyang.
  • Sebagai pemanis alami
Karbohidrat berfungsi sebagai pemberi rasa manis alami pada suatu makanan khususnya Disakarida dan jenis karbohidrat Monosakarida.

Jenis-Jenis Karbohidrat

  • Monosakarida atau Monosakrosa
Kata Monosakarida berasal dari bahasa Yunani yaitu mono = satu dan sakchron = gula. Monosakarida juga sering disebut dengan gula sederhana, Monosakarida ini senyawa yang mempuyai sebuah gugus aldehid atau keton bebas. Monosakarida ialah gula sederhana dan tidak dapat dihidrolisis. Rumus umumnya ialah Cn (H2O) n atau CnH2nOn. Monosakarida dibagi menjadi yaitu tirosa, tertrosa, pentosa, heksosa, heptosa dll, dan juga sebagai aldosa atau ketosa tergantung pada apakah mengandung aldehida atau gugus keton.
Contoh monosakarida ialah Fruktosa, Erithrulosa, ribulosa.

  • Oligosakarida atau Oligosakarosa
Kata Oligosakarida berasal dari bahasa Yunani, yaitu Oligo yang berarti sedikit. Oligosakarida ialah gula senyawa yang menghasilkan 2 sampai 10 molekul monosakarida yang sama atau berbeda pada suatu hidrolisis. Oligosakarida menghasilkan 2 molekul monosakarida pada hidrolisis yang dikenal sebagai disakarida, dan yang menghasilkan 3 atau 4 monosakarida masing-masing yang dikenal sebagai trisakarida dan tetrasakarida dan sebagainya. Rumus umum disakarida ialah Cn(H2O) n–1 dan trisakarida ialah Cn(H2O) n-2 dan seterusnya.
Contoh disakarida ialah sukrosa, laktosa, maltosa dll
  • Polisakarida atau Polisakarosa
Kata Polisakarida berasal dari bahasa Yunani, yaitu poly yang berarti banyak. Polisakarida ialah suatu gula kompleks dan menghasilkan lebih dari 10 molekul monosakarida pada hidrolisis. dan diklasifikasikan tergantung pada suatu jenis molekul yang diproduksi sebagai hasil hidrolisis. monosakarida dari jenis yang sama atau heteropolisakarida yaitu, suatu monosakarida dari berbagai jenis. Rumus umum (C6H10O5) x.
Contoh homopolisakarida ialah pati, glikogen, selulosa, pektin.

Manfaat Karbohidrat

  • Untuk Sumber Energi Tubuh
  • Untuk mengendalikan suatu Berat Badan
  • Untuk mencegah suatu Penyakit yang akan masuk dalam tubuh
  • Untuk memelihara Kesehatan Jantung, agar jantung tetap terlihat sehat
  • Untuk mendukung suatu fungsi Pencernaan dalam tubuh
  • Untuk meningkatkan Penyerapan suatu Nutrisi dalam tubuh
  • Untuk mencegah kerusakan pada jaringan otot
  • Untuk mengatur suatu kenaikan kadar gula dalam darah
  • Untuk mencukupi suatu kebutuhan fitonutrien
  • Untuk mendukung suatu fungsi otak
  • Untuk mengatasi kecemasan
 

Proses Metabolisme Karbohidrat



Proses metabolisme karbohidrat di dalam tubuh itu terjadi dengan menguraikan polisakarida itu menjadi monosakarida. Dibawah ini merupakan penguraian karbohidrat dengan melalui proses hidrolisis (yakni penguraian dengan menggunakan molekul air).
Disaat seseorang itu mengunyah makanan, makanan itu akan bercampur dengan air liur yang mengandung enzim ptialin. Enzim itu ialah suatu α amilase yang disekresikan oleh kelenjar parotis di dalam mulut yang menghidrolisis pati (salah satu polisakarida) itu menjadi maltosa serta gugus glukosa kecil yang terdiri dari tiga sampai sembilan molekul glukosa di dalam waktu singkat disaat makanan berada di dalam mulut. Kemudian diperkirakan tidak  lebih dari 3-5% pati telah atau sudah dihidrolisis saat makanan ditelan.

Walaupun untuk keberadaan makanan itu hanya beberapa saat saja di dalam mulut untuk kemudian dipecah oleh enzim ptialin ini menjadi maltosa, namun untuk kerja ptialin itu bisa atau dapat berlangsung terus selama satu jam setelah makanan itu memasuki lambung serta bercampur dengan zat yang disekresikan lambung. Selanjutnya, kerja ptialin tersebut akan dihambat oleh zat asam yang disekresikan oleh lambung. Hal ini terjadi disebabkan karna ptialin ini adalah enzim amilase yang tidak aktif di pH medium dibawah 4,0.
Setelah itu, disaat lambung tersebut dikosongkan serta makanan masuk ke dalam duodenum (yakni usus dua belas jari), makanan tersebut kemudian akan bercampur dengan getah pankreas. Makanan yang sebelumnya itu tidak dipecah akan dicernas oleh amilase yang didapat dari sekresi pakreas. Sekresi pankreas ini mengandung α amilase yang memiliki fungsi sama dengan α amilase yang terdapat pada air liur ialah memecah pati itu menjadi maltosa serta polimer glukosa kecil lainnya. Namun, pati ini hampir sepenuhnya di ubah menjadi maltosa serta polimer glukosa kecil lainnya itu sebelum melewati lambung.

Hasil akhir yang diperoleh dari proses pencernaan ialah glukosa, fruktosa, glaktosa, manosa serta monosakarida lainnya. Senyawa-senyawa itu kemudian diabsorpsi itu dengan melalui dinding usus serta dibawa ke hati oleh darah. Glukosa ialah sebagai salah satu hasil dari pemecahan pati itu akan mengalami proses di dalam hati, diantaranya:
Pertama, glukosa tersebut akan beredar bersama aliran darah untuk dapat memenuhi kebutuhan energi sel-sel tubuh. Kedua, jika di dalam hati itu terdapat kelebihan glukosa (gula darah), maka glukosa tersebut akan di ubah menjadi glikogen (gula otot) yakni dengan bantuan hormon insulin serta dengan secara otomatis keseimbangan gula darah ini akan terjaga. Glikogen itu kemudian di simpan di dalam hati, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, glikogen tersebut akan di ubah kembali menjadi glukosa yakni dengan bantuan hormon adrenaline.

Sumber Karbohidrat

Sumber-sumber karbohidrat banyak sekali kita temui yaitu antara lain :
  • Pada biji-bijian, yaitu : Beras, jagung, gandum dan lain sebagainya.
  • Pada Buah-buahan: Pisang dan semua jenis buah yang rasanya manis.
  • Pada Akar/umbi-umbian yaitu antara lain : Ubi jalar, Ubi kayu, Keladi, Kentang dan lain sebagainya
  • Pada Daun-daunan : Sayur-sayuran yang berwarna Hijau.


Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

  • Sebagai Sumber Energi Utama Tubuh
Ini adalah fungsi utama karbohidrat yang bertindak sebagai pasokan energi tubuh, setiap gram karbohidrat mengandung 4 kalori.
  • Cadangan Energi Di Otot Dan Hati
Kehadiran karbohidrat dalam tubuh manusia, sebagian besar ditemukan dalam darah sebagai glukosa untuk energi mereka, sebagian besar ditemukan di hati dan otot jaringan diubah menjadi glikogen, dan sebagian Dikonversi menjadi lemak dan disimpan dalam jaringan otot yang berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.
  • Untuk Memperlancar Pencernaan
Karbohidrat juga berfungsi untuk memfasilitasi gerak peristaltik usus dan memfasilitasi kotoran pembuangan, jika tidak maka tidak dapat dicerna karbohidrat seperti serat untuk memberikan rasa kenyang.
  • Sebagai Pemanis Alami
Karbohidrat juga berfungsi sebagai manis alami saluran dalam makanan, terutama karbohidrat Disakarida dan monosakarida.


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Karbohidrat Meliputi Fungsi, Jenis-Jenis, Manfaat, Sumber Karbohidrat dan Proses Metabolisme Karbohidrat Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat

Penelusuran terkait
  • Pengertian karbohidrat menurut para ahli
  • Pengertian karbohidrat PDF
  • Pengertian karbohidrat dan protein
  • Klasifikasi Karbohidrat
  • Struktur karbohidrat
  • Jenis karbohidrat
  • Karbohidrat adalah
  • Sifat karbohidrat

Post a Comment for "Pengertian Karbohidrat Meliputi Fungsi, Jenis-Jenis, Manfaat, Sumber Karbohidrat dan Proses Metabolisme Karbohidrat Secara Lengkap"