Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Listrik Meliputi Pengertian Menurut Ahli, Besaran-besaran Listrik, Manfaat dan Terbentuknya Listrik Secara Lengkap

Pengertian Listrik dan Besaran-besarannya

Pengertian Listrik

Listrik adalah aliran elektron-elektron dari atom ke atom pada sebuah penghantar atau suatu energi yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia sehari-harinya. Energi listrik ini digunakan dan dimanfaatkan untuk menggerakkan berbagai alat elektronik yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Secara umum atau dalam kamus bahasa Indonesia, Listrik dapat diartikan sebagai suatu daya yang muncul akibat terjadinya suatu gesekan atau dikarenakan sebab lain dari suatu proses kimia.
Listrik tersebut terbagi menjadi 2, yaitu listrik statis dan listrik dinamis.

1. Listrik Statis

Listrik Statis merupakan sebuah energi yang dikandung oleh benda yang bermuatan listrik. Muatan yang dikandung benda tersebut dapat positif atau juga negatif. Bila dibahas lebih dalam lagi, semua zat tersebut timbul karena adanya dari sejumlah atom.Setiap atom mempunyai inti atom yang terdiri atas elektron dan proton yang mengitarinya. Proton mempunyai muatan listrik yang bersifat positif, sedangkan untuk elektron mempunyai muatan listrik yang bersifat negatif.Disaat dua zat atau benda contohnya tangan kita dan balon saling digesek-gesekan, material yang memiliki daya tarik lebih lemah yaitu tangan akan ditarik elektronnya dan menempel pada benda yang daya tariknya lebih kuat yaitu balon.
Dari kedua zat tersebut mempunyai muatan listrik, yang dimana material elektronnya hilang, maka dengan demikian akan memiliki muatan positif dan jika material yang mendapat electron tersebut maka muatan akan menjadi negative (kebalikanya).

2. Listrik Dinamis

Listrik Dinamis adalah listrik yang dapat bergerak. Cara mengukur kuat arus pada listrik dinamis dengan cara muatan listrik dibagai waktu dengan satuan muatan listrik adalah coulumb dan satuan waktu adalah detik. Kuatnya arus pada rangkaian bercabang, maka sama dengan kuatnya arus yang masuk dengan kuatnya arus yang keluar.
Selain itu, pada sebuah rangkaian seri, kuatnya arus listrik tetaplah masih sama di setiap ujung-uung hambatan. Dan begitu pula dengan sebaliknya, jika tegangan berbeda pada hambatan pada rangkaian seri, maka untuk tegangan juga bergantung pada sebuah hambatan. Namun, pada rangkaian yang bercabang soal tegangan tidaklah menjadi berpengaruh pada hambatan.
Semua itu telah dikemukakan dalam hukum Kirchoff yang berbunyi “jumlah kuat arus listrik yang masuk sama dengan jumlah kuat arus listrik yang keluar”.


Pengertian Listrik Menurut Ahli

  • Menurut KBBI

    Secara umum menurut KKBI listrik diartkan sebagai suatu daya ataupun energi yang muncul dikarenakan terjadinya gesekan ataupun melalui sebab proses fisika
  • Menurut Aip Saripudin

    Listrik ialah energi yang sangat banyak dimanfaatkan manusia
  • Menurut Mikrajudin

    Listrik ialah salah satu wujud energi. Tidak hanya BBM, listrik sudah jadi wujud tenaga terutama untuk kehidupan kita
  • Menurut thomasnet

    Listrik ialah wujud energi yang gampang diganti jadi bermacam berbagai energi sehingga energi listrik banyak digunakan oleh manusia
  • Menurut Gatut Susanto, serta Sasi Agustoni,

    Listrik merupakan sumber energi yang disalurkan lewat kabel ataupun penghantar yang lain.
  • Menurut Heinz Frick, serta Pujo L,

    Listrik merupakan energi yang bisa diganti jadi energi lain, seperti menciptakan Panas, Sinar, Kimia, Gerak( mekanik).
  • Menurut Hasan Amrin

    Listrik merupakan sesuatu wujud energi dan listrik hanya salah satu dari banyak bentuk energi



Besaran-besaran Listrik

  1. Tegangan Listrik
Tegangan listrik merupakan perbedaan potensial listrik yang terjadi pada dua titik yang ada dalam satu rangkaian listrik. Tegangan listrik biasanya dinyatakan dengan satuan volt dan dihitung atau pun diukur dengan menggunakan voltmeter.
  1. Hambatan Listrik
Hambatan listrik merupakan perbandingan tegangan suatu alat elektronik listrik dengan arus listrik yang melewatinya. Hambatan listrik biasanya dinyatakan dalam satuan ohm dan diukur dengan menggunakan ohmmeter.
  1. Arus Listrik
Arus listrik merupakan jumlah muatan listrik yang timbul dari pergerakan elektron – elektron dalam satu rangkaian listrik yang diukur dalam satu satuan waktu tertentu. Besaran arus listrik biasanya dinyatakan dengan menggunakan satuan amphere dan diukur dengan menggunakan ampheremeter.
  1. Gaya Gerak Listrik (GGL)
Gaya Gerak Listrik merupakan besarnya engergi listrik yang dapat diubah menjadi bukan listrik atau pun besaran energi lainnya yang dapat diubah menjadi energi listrik. Besarnya gaya gerak listrik biasanya dinyatakan dalam satuan volt dan diukur dengan menggunakan voltmeter.
  1. Kapasitansi
Kapasitansi merupakan takaran jumlah muatan listrik yang dapat dicadangkan sebagai potensial listrik yang jumlahnya telah ditentukan sebelumnya.
  1. Muatan Listrik
Muatan listrik merupakan muatan dasar yang dipunyai oleh sebuah benda mengandung listrik yang dapat membuatnya mengalami gaya tertentu terhadap benda listrik lainnya yang ada disekitarnya. Satuan muatan listrik biasanya dinyatakan dengan menggunakan satuan colomb.
  1. Induktansi
Induktansi merupakan sifat rangkaian elektronika yang dapat membuat timbulnya potensial listrik secara proporsional kepada arus listrik yang berada dalam rangkaian listrik tersebut. Besaran induktansi biasanya dinyatakan dengan menggunakan satuan internasional weber per ampere atau pun satuan henry.


Manfaat Listrik

Energi listrik sangatlah penting di dunia serba canggih dan modern saat ini, salah satunya yang jelas sekali terlihat manfaatnya untuk penerangan saat malam hari. Saat perusahaan penyedia jasa layanan listrik memadamkan listrik banyak diantara kita mengeluh sehingga kita tidak bisa mengecas atau mencatu daya untuk perangkat elektronik, apalagi pengusaha dan pabrik-pabrik yang sangat membutuhkan supply daya listrik untuk kelangsungan produksinya, banyak dari mereka mengeluh rugi karena sering terjadi pemadaman listrik. Ada beberapa manfaat energi listrik pada umumnya seperti berikut :
  1. Penerangan pada malam hari yang membutuh energi listrik untuk menghidupkan bola lampu.
  2. Catu daya perangkat elektronik seperti, Televisi, Kulkas, AC, HP, dll.
  3. Bidang kesehatan yang menggunakan listrik untuk peraralatan atau perangkat medis seperti incubator, Oxymeter, Elektrokardiograf, dll.
  4. Listrik juga sebagai penghasil gerak seperti, mesin pompa, kipas angin, mobil, dst.
Manfaat dari energi listrik sebenarnya masih banyak lagi, sehingga energi listrik untuk saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan.
 

Terbentuknya Listrik

Listrik tidak muncul begitu saja, ada beberapa faktor yang menyebabkan listrik dapat dimanfaatkan. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya energi listrik :
  1. Pertama harus ada sumber arus listrik atau sumber tegangan yang sebagai penghasil listrik sehingga listrik dapat disalurkan.
  2. Selanjutnya listrik dapat mengalir karena adanya media penghantar. Penghantar dapat berupa benda-benda yang bersifat konduktor, contoh : tembaga, aluminium, besi, beberapa jenis logam lainnya, bahkan manusia juga merupakan konduktor meskipun bukan konduktor yang baik. 
  3. Perbedaan potensial atau tegangan adalah faktor utama yang menyebabkan listrik dapat mengalir. Tanpa adanya perbedaan potensial maka alat-alat listrik yang dialiri arus listrik tidak akan bekerja. Begitu pula ketika manusia dialiri arus listrik jika tidak ada perbedaan potensial maka manusia tersebut tidak akan terkena sengatan listrik.
Listrik merupakan energi yang dapat diubah menjadi berbagai macam jenis energi lain dengan menggunakan alat tertentu, contoh : energi listrik diubah menjadi energi panas, energi listrik diubah menjadi energi gerak, dan lain sebagainya.



Demikianlah sedikit informasi mengenai pengertian listrik dan besaran – besarannya yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

Penelusuran terkait
  • Pengertian listrik sederhana
  • Pengertian listrik menurut para ahli
  • Pengertian listrik dan contohnya
  • Pengertian listrik untuk anak SD
  • Pengertian listrik PDF
  • Pengertian listrik statis
  • Pengertian listrik dalam KEHIDUPAN sehari hari
  • Pengertian listrik dinamis Menurut Para Ahli

Post a Comment for "Pengertian Listrik Meliputi Pengertian Menurut Ahli, Besaran-besaran Listrik, Manfaat dan Terbentuknya Listrik Secara Lengkap"