Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli | Tujuan, Manfaat dan Jenis-Jenis Olahraga Secara Lengkap

Pengertian Olahraga Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki tujuan tertentu, seperti halnya melatih tubuh untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Sehingga olahraga yang rutin dapat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dikarenakan metabolisme dalam tubuh dapat berjalan lancar.
Dengan begitu, penyerapan serta distribusi nutrisi dapat bekerja dengan efektif dan efisien. Sehingga pengertian Olahraga secara umum adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur, yang dimana melibatkan gerakan tubuh secara berulang-ulang demi mendapatkan hasil yang baik.
Dengan tujuan sebagai peningkatan kebugaran jasmani maupun rohani tiap manusia. Olahraga juga bisa dilakukan oleh orang dewasa, anak-anak, hingga lanjut usia selagi dia mampu. Olahraga juga telah menjadi bagian hidup dari sebagian masyarakat perkotaan maupun pedesaan.

Yang dilihat dari Kebiasaan gaya hidup seseorang yang suka merokok. Berolahraga dengan teratur, ternyata sangat berpeluang untuk terhindar dari penyakit strok dan jantung. Tidak hanya itu, segala penyakit juga bisa dihindari dengan teraturnya berolahraga.




Definisi dan Pengertian Olahraga Menurut Pendapat Para Ahli

Berikut merupakan beberapa defenisi olah raga yang coba diungkapkan oleh para ahli :
  1. Edward
Menurut Edward, olahraga harus dilakukan dengan spontan dari mulai konsep bermain, games, dan sport.
  1. Dewan Olah Raga Eropa
Menurut Dewan Olah Raga Eropa, pengertian olahraga adalah setiap aktivitas spontan, bebas, yang dilaksanakan dalam waktu luang.
  1. Suryanto Rukmono, S. Si
Menurut Suryanto Rukomono, S. Si, olahraga merupakan setiap kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia sehingga tubuh terasa lebih sehat dan kuat, baik secara jasmaniah maupun secara rohaniah.
  1. Jessica Dolland
Menurut Jessica Dolland, olahraga merupakan media pereda stress yang terbaik yang pernah ada. Olahraga dapat mengalihkan pikiran manusia dari rasa khawatir dengan jalan meredakan berbagai ketegangan otot yang ada pada tubuh.
  1. Hans Tandra
Menurut Hans Tandra, olahraga merupakan setiap gerakan tubuh yang teratur dan berirama yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran tubuh pelakunya.
  1. Cholik Mutoir
Menurut Cholik Mutoir, pengertian olahraga adalah proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dan usaha yang dapat membantu perkembangan atau pun membina potensi – potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan, atau pun anggota masyarakat. Olah raga dapat berupa permainan, pertandingan, serta prestasi puncak di dalam pembentukan manusia yang memiliki ideologi yang seutuhnya dan berkualitas yang didasarkan pada dasar negara dan Pancasila.
  1. Seno Gumira Ajidarma
Menurut Seno Gumira Ajidarma, olahraga merupakan sarana atau pun ajang kompetisi untuk menjadi nomor satu.
  1. Kathryn Marsden
Menurut Kathryn Marsden, olahraga merupakan salah satu sarana pengusir stress terbaik yang pernah ditemukan oleh manusia.
  1. Wikipedia
Menurut Wikipedia, olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh seseorang, baik secara jasmani atau pun rohaniah / kejiwaan (contohnya olah raga catur).


Tujuan Olahraga

Olahraga dapat dilakukan untuk berbagai tujuan. Tetapi pada umumnya orang-orang melakukan olahraga dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan. Selain itu, olahraga juga dapat dilakukan untuk sekadar hobi, mencari keringat, membentuk tubuh, mengisi waktu luang, menurunkan berat badan, dan mencapai prestasi. Bahkan ada juga yang melakukannya untuk karir. Jika dikelompokkan, tujuan olahraga dapat dibagi menjadi empat yaitu olahraga untuk pendidikan, olahraga untuk rekreasi, olahraga untuk prestasi, dan olahraga untuk rehabilitasi.
 
Terkait dengan tujuannya untuk pendidikan, olahraga dimasukkan ke dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah dengan istilah pendidikan jasmani. Tujuan olahraga di sekolah ini untuk mendorong siswa mengembangkan keterampilan motorik, sikap sportivitas, dan meningkatkan kemampuan fisik.
Sementara itu, olahraga untuk rekreasi memiliki tujuan bersenang-senang. Olahraga untuk prestasi dilakukan dalam kejuaraan tertentu. Sedangkan olahraga untuk rehabilitasi dilakukan dalam rangka memperbaiki keadaan tubuh seseorang yang pernah sakit.

Manfaat Olahraga

Selain dilakukan untuk tujuan tertentu, olahraga juga mempunyai banyak manfaat bagi seseorang yang melakukannya. Dalam hal kesehatan, olahraga secara rutin dapat membantu menjauhkan Anda dari beragam penyakit. Hal ini terjadi karena olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga juga dapat merangsang pertumbuhan ideal dan membuat tubuh Anda menjadi lebih tegap. Gerakan fisik dalam olahraga juga dapat memperlancar peredaran darah. Saat aliran darah lancar, tubuh Anda pun dapat terjaga dari asupan nutrisi dan oksigen sehingga tetap sehat. Lancarnya aliran darah juga membuat konsentrasi Anda semakin baik.
Bukan hanya itu saja, olahraga juga bermanfaat meningkatkan daya pikir dan kinerja otak sebagai pengendali gerak sadar.Selain itu, porang yang berolahraga secara teratur lebih terbiasa bergerak dan mengekspresikan dirinya sehingga bisa lebih percaya diri. Bagi sebagian orang, olahraga juga bisa menjadi aktivitas yang dapat membantu mengurangi stres.


Jenis-Jenis Olahraga


Ada banyak sekali jenis olahraga yang dilakukan oleh manusia sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan dan juga sebagai hobi. Mengacu pada definisi olahraga, adapun jenis-jenis olahraga adalah sebagai berikut:

1. Olahraga Modern

Definisi olahraga modern adalah segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong, mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang dengan proses sistematik, baik sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/ pertandingan olahraga yang telah mengalami perubahan dan peraturan permainan mengikuti perkembangan zaman serta teknologi yang berkembang di dunia.

Berikut ini adalah beberapa cabang olahraga modern:
AirsoftgunBolingKriket
AeromodelingBridgeLayar
AnggarBulu tangkisLoncat indah
Angkat besiCaturMenembak
AtletikDayung/KayakMenyelam
Balap motorFutsalParkour
Balap mobilGolfPanjat dinding
Balap sepedaGulatPolo
BerkudaHokiPolo air
BinaragaIgoPanahan
BiliarJudoParalayang
BisbolKaratePetanque
Bola basketDayung/KanoPilates
Bola voliKempoRenang
RugbiSepak bolaSenam
Ski airTarung derajatTinju
SofbolTaekwondoVovinam
Soft TennisTenis LapanganWushu
SquashTenis mejaSepatu roda
Sepak takrawSeni bela diri
Sumber: wikipedia.org

2. Olahraga Tradisional

Pengertian Olahraga tradisional adalah permainan asli rakyat sebagai aset budaya bangsa yang memiliki unsur olah fisik tradisional. Meskipun tidak sepopuler olahraga modern, hingga saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang tetap melakukan olahraga tradisional.
Berikut ini adalah beberapa olahraga tradisional:
BakiakPacu Jalur
BentengPathol
Congklak/DakonPencak Silat
DagonganPerahu Naga
EgrangPerisaian
Galah AsinPatok Lele
GasingSampyong
LanggaSebanting
Karapan SapiSepak takraw
KelerengSerimbang
Main HadangZawo-zawo
ManggurebeGeudeu-geudeu
MauntiKecikan



Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Olahraga, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Menurut Ahli, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Penelusuran terkait
  • Jelaskan pengertian olahraga
  • Tujuan olahraga adalah
  • Pengertian cabang olahraga
  • Olahraga adalah PDF
  • Manfaat olahraga
  • Olahraga adalah brainly
  • Pengertian olahraga rekreasi menurut para ahli
  • Jenis olahraga

Post a Comment for "Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli | Tujuan, Manfaat dan Jenis-Jenis Olahraga Secara Lengkap"